P. 1
komunikasi-bisnis

komunikasi-bisnis

|Views: 23|Likes:
Published by Imansari Nurul

More info:

Published by: Imansari Nurul on Apr 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2013

pdf

text

original

Dalam makalah ini akan dijelaskan bagaimana peran komunikasi dalam dunia bisnis serta hal-hal apa saja yang berkaitan dengan pengembangan komunikasi dalam dunia bisnis serta keuntungan yang dapat diambil dari komunikasi tersebut. Suatu komunikasi yang i . Komunikasi merupakan “darah sebagai sumber kehidupan” bagi setiap organisasi dan merupakan kunci sukses dalam karir bisnis dan kehidupan pribadi seseorang. K omunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan berita atau informasi dari seseorang ke orang lain. Rasanya tidak mungkin seseorang hidup sempurna tanpa berkomunikasi dengan orang lain.PENDAHULUAN tepat tidak bakal terjadi kalau tidak penyampaian berita tidak menyampaikan secara patut dan penerima berita menerimanya tidak dalam bentuk distorsi. Masalah komunikasi ini adalah inherent (melekat = sangat penting) terhadap kebutuhan manusia.

.................................................................................................. i DAFTAR ISI ................................................................................................................................................................................................ 9 LANDASAN PEMIKIRAN KOMUNIKASI BISNIS ...................................................................................................... 11 PENUTUP ..................................................................... 14 DAFTAR PUSTAKA ........ 6 PROSES KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN ............... 3 KEUNTUNGAN MENJADI MOTIVATOR KOMUNIKASI DUNIA BISNIS .............................. 15 ii .....................DAFTAR ISI PENDAHULUAN .. ii PEMBAHASAN ...................................... 1 KOMUNIKASI DALAM BISNIS .................................................................................................................... 1 BAB 1 BAB 2 BAB 3 BAB 4 BAB 5 LATAR BELAKANG DAN PERANAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA BISNIS ..........

LATAR BELAKANG PENYELENGGARAAN KOMUNIKASI DENGAN PASAR Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar. merupakan suatu syarat mutlak bagi setiap produsen yang menghasilkan produk secara besar-besaran yang ditujukan kepada para konsumen yang tidak dikenalnya. ada aneka sarana komunikasi perdagangan yang dapat dipergunakan para pengusaha untuk berkomunikasi dengan masyarakat konsumen.BAB 1 LATAR BELAKANG DAN PERANAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA BISNIS A. F. Stoner (Manajemen). Dalam lingkungan bisnis. Komunikasi dapat juga diartikan hubungan kontak antara manusia baik individu maupun kelompok. kunjungan pribadi. 1 . B. percakapan telepon. Sehingga sering terlupakan bahwa keterampilan berkomunikasi adalah merupakan suatu hasil dari belajar manusia. Oleh karena itu komunikasi merupakan dasar tindakan serta dasar kerjasama maka hanya adanya kesepakatan atas dasar tindakan serta kerjasama itulah kegiatan yang ada di dalam setiap lingkungan dapat berlangsung secara harmonis. KONSEP DASAR DAN PERANAN KOMUNIKASI Komunikasi merupakan suatu kegiatan menusia untuk berhubungan satu dengan yang lain secara otomatis. Komunikasi adalah proses dimana seorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar juga berarti suatu syarat mutlak bagi setiap pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup perusahaannya dan terus maju berkembang. pengiriman kawat. Menurut James A. Sarana-sarana komunikasi perdagangan yang tersedia antara lain adalah wujud pengiriman surat. dan lain-lain. Komunikasi pada umumnya diartikan sebagai hubungan atau kegiatan-kegiatan yang kaitannya dengan masalah hubungan atau diartikan pula sebagai saling tukar menukar pendapat.

Komunikasi yang baik pada umumnya mempunyai ciri : a. Memahami orang lain. Penerimaan warta dalam situasi yang tepat / siap c. Pesan / berita / warta (message) d. Cara yang digunakan efisien. kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan. Merangsang pemikiran pihak penerima untuk memikirkan pesan dan rangsang yang diterima. c.C. 2 . c. TUJUAN KOMUNIKASI Yang menjadi tujuan dari setiap proses komunikasi adalah : a. Melakukan tindakan yang selaras sebagaimana diharapkan dengan adanya penyampaian pesan tersebut yaitu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. D. Pesan yang disampaikan jelas b. KOMPONEN-KOMPONEN KOMUNIKASI Bertitik tolak dari pada pengertian komunikasi maka kita dapat mengetahui bahwa variable atau komponen komunikasi meliputi : a. Respon / response yaitu tanggapan e. d. Komunikan / communicate yaitu subjek yang menerima / dituju berita yang dikirimkan. Media / tool / technology yaitu alat yang dipergunakan untuk menyampaikan warta / pesan. b. Menciptakan pengertian yang sama atas setiap pesan dan lambing yang disampaikan b. jangan mereka menginginkan kemauannya. Komunikator / communication yaitu subjek yang menerima pesan / informasi atau berita.

Semakin komplek organisasi maka semakin komplek pula jalur-jalur komunikasi yang terdapat di dalamnya. Komunikasi merupakan “darah sebagai sumber kehidupan” bagi setiap organisasi dan merupakan kunci sukses dalam karir bisnis dan kehidupan pribadi seseorang. PENGERTIAN KOMUNIKASI Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan berita atau informasi dari seseorang ke orang lain. Salah satu factor yang memungkinkan terjadinya disebutkan terakhir ini adalah hubungan yang baik antara pemimpin dengan bawahannya.BAB 2 KOMUNIKASI DALAM BISNIS A. berbicara melalui telepon. Agar terdapat suatu hubungan komunikasi yang baik antara atasan dengan bawahan. berkomunikasi itu pimpinan haruslah tetap memelihara sikap baik. melalui kegiatan seperti tertera dalam fungsi-fungsi manajemen. berbicara langsung. Organisasi merupakan kumpulan orang yang mempunyai tujuan tertentu yang harus mereka capai. C. Bermacam cara untuk mengadakan hubungan komunikasi antara seorang dengan lainnya. dan pemberian perintah. mengirim surat. pemberian petunjuk. Rasanya tidak mungkin seseorang hidup sempurna tanpa berkomunikasi dengan orang lain. B. pemberian laporan. Demikian juga dalam perusahaan untuk mengadakan hubungan dengan orang lain. yaitu dalam pertemuan-pertemuan. Suatu komunikasi yang tepat tidak bakal terjadi kalau tidak penyampaian berita tidak menyampaikan secara patut dan penerima berita menerimanya tidak dalam bentuk distorsi. PENTINGNYA KOMUNIKASI Masalah komunikasi ini adalah inherent (melekat = sangat penting) terhadap kebutuhan manusia. PENERAPAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA BISNIS Suatu perusahaan hanya akan merealisasikan tujuannya jika setiap petugas bekerja secara efisien dan ada kerjasama antara petugas yang satu dengan yang lain. 3 .

pertemuan informal. tidak mengenal secara lengkap akan produk yang dihasilkan maka mereka sulit mengkomunikasikan produk tersebut kepada orang lain di luar perusahaan. E. yaitu bertujuan untuk menjaga kesatuan individu serta bagian-bagian dalam organsasi. yaitu menjaga pertukaran informasi pendapat dan sikap agar individu atau bagian organisasi dapat mengadakan penyesuaian baik antar sub system dalam organisasi ataupun dengan dunia lingkungannya. b. KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI Ada tiga arah umum komunikasi dalam organisasi yaitu : 1. dapat terjadi antara karyawan atau pejabat setingkat yang dapat terjadi seperti dalam konferensi. ataupun grapevine (kabar dari mulut ke mulut atau desas-desus). Komunikasi horizontal. Komunikasi vertical dari bawah ke atas 3. memberi penjelasan tentang kebiasaan dan peraturan yang berlaku dalam perusahaan. Kemudikan komunikasi intern ini sangat penting untuk menjaga kelancaran jalannya organisasi perusahaan sehingga tidak akan timbul miskomunikasi antar bagian-bagian. seksi-seksi dalam perusahaan. yaitu pelaksanaan perintah-perintah pekerjaan. ceramah. 4 . Fungsi komunikasi dalam organisasi ini adalah : a. kritik. Komunikasi horizontal Komunikasi vertical dari atas ke bawah terjadi misalnya dalam menetapkan job instruction. Fungsi integratif. Jika karyawan tidak yakin. Fungsi interaktif. Komunikasi eksternal dilakukan perusahaan dalam hubungan dengan masyarakat. Komunikasi vertical dari atas ke bawah 2. KOMUNIKASI DALAM BISNIS Komunikasi bisnis dapat dilakukan di dalam perusahaan dan diluar perusahaan.D. Komunikasi vertical dari bawah ke atas dapat berupa usulan dari bawahan. pemerintah pada umumnya dan khususnya terhadap para konsumen atau langganan. Di dalam perusahaan komunikasi perlu dibina dengan baik dengan para karyawan agar mereka lebih yakin dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

G. 3. Agar supaya komunikasi ini berjalan/terlaksana secara efisien maka harus diperhatikan bahwa materi komunikasi tersebut hendaknya memenuhi empat macam persyaratan. yang memuat informasi tentang perusahaan 2. Promosi berarti semua usaha yang bertujuan meningkatkan penjualan. TEKNIK KOMUNIKASI BISNIS Banyak cara dapat dilakukan dalam komunikasi bisnis. Publicity Pimpinan perusahaan dapat mengundang para wartawan datang ke lokasi perusahaan. Lengkap (complete) d. Tepat (correct) Komunikasi administrasi pada dasarnya adalah komunikasi tertulis dan banyak dilaksanakan dalam organisasi mengingat bahwa waktu besar artinya baginya tercapai tujuan dan produktivitas usaha. Membuat film documenter Perusahaan dapat membuat film documenter. misalnya menyangkut proses produksi kemudian disiarkan oleh televise dalam bentuk berita pembangunan. Jelas (clear) c. 5 . Mencetak bulletin Diterbitkan secara teratur. Singkat (concise) b. KOMUNIKASI DALAM ADMINISTRASI Komunikasi administrasi adalah bentuk komunikasi yang disampaikan dengan mempergunakan bahasa administrasi. seperti sejarah berdirinya perusahaan.F. yaitu : a. kemudian mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan. Promosi Teknik komunikasi yang paling banyak digunakan dalam bisnis adalah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. antara lain : 1. 4.

dengan logo atau nama perusahaan atau pesan iklan tertentu. Jangan menjatuhkan produk sejenis dari perusahaan lain 6 . hal ini disebabkan terbatasnya pengertian dan pemahaman terhadap kemampuan barang untuk memenuhi kebutuhan. Jangan menilai kualitas produk secara berlebihan c. menyudutkan konsumen tanpa memberi penjelasan yang benar tentang produk tersebut dapat berakibat macetnya komunikasi antara produsen dan konsumen. SEBAGAI SALAH SATU BENTUK KOMUNIKASI PRODUK KEPADA MASYARAKAT Point of sale material atau disebut juga point of purchase material bentuk komunikasi adanya suatu produk atau jasa tertentu yang ditawarkan kepada masyarakat. Point of saleh material biasanya dipasang atau diletakkan di tempat-tempat yang strategis di dekat produk yang ditawarkan di toko pengecer. leaflet. Cara-cara memaksa. Kemudian langkah-langkah selanjutnya : a. POINT OF SALE MATERIAL. display.BAB 3 KEUNTUNGAN MENJADI MOTIVATOR KOMUNIKASI DUNIA BISNIS A. Hal ini disebabkan kekecewaan konsumen karena merasa tertipu oleh bujukan iklan perusahaan tersebut. Bentuknya antara lain : poster. mengarahkan agar konsumen membeli produk dengan merek tertentu. Point of sale material yan baik merupakan bentuk komunikasi dunia bisnis yang vital dan sangat efesien untuk mengiring minat pembeli. hanging flag. asbak. Langkah awal yang harus ditempuh adalah mengetahui dan memperbaiki kebiasaan komunikasi yang buruk. karena kebiasaan ini menjadi konsumen semakin pasif. Jangan memberikan alasan yang sama b. B. PRODUSEN MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN Sebagai konsumen seringkali menghadapi keragu-raguan. kebingungan dalam menentukan pilihan. shelf strip.

d. social. Namun demikian. Komunikasi seringkali diberi makna terlalu sederhana. Tetapi Karena keahliannya. konsumen akan mengalami ketergantungan yang sangat kuat akan produk tersebut. perlu ditegaskan juga bahwa komunikasi semacam itu baru merupan manifestasi dari naluri. harus segera dilakukan juga penelitian (action research) untuk mengetahui poisisi produk dalam format citra dalam masyarakat. Bila citra sebuah produk sudah tertanam. PERILAKU KONSUMEN Inti persoalan pemasaran adalah bagaimana konsumen memberikan jawaban terhadap berbagai rangsangan pemasaran yang bisa diatur oleh perusahaan? Perilaku pembeli sangat dipengaruhi oleh factor-faktor kebudayaan. sehingga memperoleh apa yang diinginkannya. Selain memberikan informasi yang tepat (pemilihan messages) agar komunikasi memperoleh gambaran yang benar terhadap produk yang ada. Artinya setiap orang dapat melakukannya tanpa melalui proses belajar dan berlatih terlebih dahulu. Oleh sebab itu. MENENTUKAN STRATEGI KOMUNIKASI Strategi komunikasi yang digunakan dalam kegiatan bisnis mempunyai berbagai tujuan. Sampaikan informasi yang sewajarnya e. Kadang-kadang mereka memang bukan individu yang memiliki otoritas formal. Strategi pemasaran biasanya tidak akan melupakan peranan opinion leadership. Keberhasilan suatu produk ditentukan oleh citra (image) yang positif dari konsumen (pemakai). Tanggapi dengan segera setiap keluhan konsumen f. Bertindak secara mantap. bila ekspansi pasar telah dilakukan. kearifannya atau mungkin karismanya mereka jadi sangat dipercaya oleh masyarakat lingkungannya untuk memberi nasihat-nasihat tentang pemecahan suatu masalah. Dengan adanya modernisasi 7 . D. komunikasi juga dimaksudkan untuk menghindari efek-efek psikologis yang cenderung disertai prasangka-prasangka yang mengakibatkan tidak tercapainya saling pengertian (mutual understanding). pribadi dan psikologis. Komunikasi sesungguhnya merupakan salah satu cara yang dapat dipergunakan oleh setiap orang untuk mencapai suatu consensus. C.

Ketidaksamaan pengetahuan (frame of reference) Syarat-syarat agar supaya komunikasi menjadi efektif adalah : 1. Pesan dapat komunikan. menumbuhkan suatu penghargaa atau reward di pihak 8 . Pesan dapat menggugah kepentingan di pihak komunikan yang dapat menguntungkan 5. Ketidaksamaan ruang lingkup pengalaman (field of experience) 5. Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan 4. Beberapa hambatan komunikasi : 1. Menciptakan suasana komunikasi yang menguntungkan 2.teknologi di pelbagai bidang telah membuat manusia menciptakan alat-alat untuk mencapai keberhasilan komunikasi. Bahasa (semantic) 2. Teknik (technical factor) 4. Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti 3. Kebisingan (noise factor) 3.

yaitu aspek aktif dan aspek pasif. maka pada pihak yang lain kegiatan itu merupakan pencerminan dari situasi sosialisasi dan kerjasama yang dimaksud. KEGIATAN KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN Sebagai suatu organisasi. Tujuan kegiatan pemberitaan C. Dengan demikian. harus mampu menciptakan komunikasi antar manusia (human relation) yang kondusif. Mengintepretasikan pesan 5. B. integrasi dan peningkatan kerjasama.BAB 4 PROSES KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN A. Komunikator yang mengadakan kegiatan perumusan berita 3. Apabila ada satu pihak kegiatan komunikasi menjadi suatu mekanisme sosialisasi. Pesan yang dirumuskan dan disalurkan 4. pengaruh komunikasi tergantung dari sikap komunikator itu sendiri. Aspek aktif berupa kegiatan yang bertujuan mempengaruhi situasi dan dapat mengubahnya. HUBUNGAN ANTAR MANUSIA Suatu lembaga bisnis. yaitu : 1. sedangkan aspek pasif adalah pencerminan situasi social yang memanfaatkan komunikasi tersebut. Karena itu. maka setiap kegiatan komunikasi mempunyai dua aspek. 9 . setiap perusahaan mempunyai hierarchie (tingkatan) yang mengakibatkan komunikasi di dalamnya. PROSES KOMUNIKASI DALAM PERUSAHAAN Setiap proses komunikasi sekurang-kurangnya mempunyai 5 komponen. yaitu untuk tujuan apa komunikasi itu dilakukan dengan maksud damai atau menimbulkan pertentangan. Ide atau kejadian yang akan diberitakan 2. baik yang bersifat internal (menjalin hubungna baik dengan anggota komunitas) maupun yang bersifat eksternal (menjalin hubungan dengan orang di luar komunitasnya).

untuk mempelajari yang bersifat sebagai pimpinan dan untuk mengetahui keadaan suatu kelompok. Banyak organisasi yang menggunakan metode kelompok secara luas untuk informasi komunikasi yang penting dan membuat keputusan-keputusan. untuk mempelajari bagaimana menyusun sebuah kelompok diskusi. Adapun kerugian metode kolompok ini ada sejumlah pembatasan untuk mempertimbangkannya : 1. 3. 10 . Keputusan yang berkualitas lebih baik 2. 3. 4. empati dan sikap yang berbeda-beda. untuk mempelajari bagaimana menyusun agenda rapat. 2. Ada keuntungan dan kerugian dalam metode kelompok. untuk mempelajari bagaimana cara menciptakan suasana agar pertemuan-pertemuan dapat berhasil. Metode yang digunakan adalah penting untuk berhati-hati dalam menentukan pilihan metode untuk membuat keputusan. Metode kelompok atau rapat meminta keahlian atau keterampilan pemimpin. D. Keputusan kelompok dapat membuat kesalahan dalam menghasilkan dugaan. Metode kelompok memakan waktu yang cukup panjang.Komunikasi antar manusia yang bersifat internal bertujuan mempertahankan integrasi secara psikologis maupun social. Keputusan kelompok membuat pengembangan dukungan yang lebih besar. Komunikasi antar manusia yang bersifat eksternal diperlukan karena pusat pembelian biasanya terdiri dari beberapa orang dengan kedudukan. KOMUNIKASI UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH Tujuannya adalah untuk mempelajari kapan komunikasi tepat untuk berhubungan dengan masalah-masalah bisnis. Alasan utama yang sering disebutkan untuk menggunakan metode kelompok antara lain : 1. Maksudnya tentu saja bahwa diperlukan pendekatan komunikasi yang berbeda-beda agar dapat mencapai orang – orang itu. Keputusan kelompok dapat menghasilkan suatu tekad yang kuat untuk melaksanakan keputusan tersebut. Metode rapat atau kelompok menimbulkan resiko yang lebih efektif dalam proses pengambilan keputusan. Keputusan kelompok kadang-kadang menggambarkan rata-rata keahlian dalam kelompok 4. wewenang. Efek dari stabilitas ini adalah tingkat produktivitas ( baik kuantitas maupun kualitasnya) yang akan meningkat.

PENGERTIAN DAN CAKUPAN Perkembangan pendidikan bisnis mulai meningkat pada saat dimulainya penggunaan mesin ketik pada tahun 1714. B. Itu lebih penting daripada fungsi pesan dan tujuan komunikator. berkairir. 11 . jumlah barang dan jasa yang sedikit atau langka tidak selalu menyebabkan peluang pasarnya menjadi besar. Pendidikan bisnis. pendidikan bisnis yang diperoleh kurang lengkap dan kurang sempurna. Oleh karena itu tanpa pengetahuan ekonomi. BISNIS DALAM PANDANGAN KOMUNIKASI Asas-asas komunikasi modern lebih menekankan kebutuhan komunikan dan kesiapan komunikan dalam proses komunikasi. prinsip-prinsip lebih modern pun lebih memperhitungkan factor peluang daripada produksi. apapun bentuknya sebenarnya tidak lepas dari tujuan : 1.BAB 5 LANDASAN PEMIKIRAN KOMUNIKASI BISNIS A. Dengan demikian orientasi pendidikan bisnis akan terus berubah sesuai dengan tuntutan masyarakat. menyesuaikan diri dengan jabatan dan memberikan pengetahuan perdagangan bebas sehingga ia mampu menjadi produsen yang mempunyai daya saing tinggi. Peluang pasar sebenarnya tidak selalu signifikan dengan penawaran barang dan jasa. Sebaliknya. Mengembangkan keterampilan Dengan tujuan tersebut diharapkan peserta didik mempunyai kemampuan (kognitif dan psikomotoris) dalam berkompetisi. Oleh karena itu. Memberi pelatihan untuk pekerjaan khusus 2. Artinya barang dan jasa dalam jumlah banyak tidak otomatis menyebabkan pasar menjadi jenuh. kemudian semakin berkembang mengikuti perkembangan kebudayaan yang diciptakan manusia.

cara-cara ataupun objek dipersepsikan oleh seseorang sebgai susuatu yang baru. Difusi dan inovasi merupakan problem structural. Kerumitan 4. Innovator (memiliki sifat atau karakter dasar yang memang menyukai barang) 2. masalah komunikasi bukan hanya bagaimana melakukan transformasi ide dan pesan melalui penyebarluasan informasi. Komunikasi diasumsikan mempunyai kekuatan yang dapat digunakan secara sadar untuk mempengaruhi dan mengubah perilaku masyrakat terutama dalam hal penerimaan dan pembayaraan teknologi baru. keinginan dan permintaan terhadap produk atau nilai yang tergantung pada tingkat kepuasan tertentu kemudian menimbulkan transaksi. Inovasi adlaah segala sesuatu tentang ide. baik otoritas formal maupun otorotis personal 3. DIFUSI DAN INOVASI Latar belakang munculnya gagasan difusi dan inovasi merupakan bagian dari studi tentang efek komunikasi (massa) terutama yang berkaitan dengan masalah pembangunan. Keserasian 3. artinya penerimaan dan penyebar luasan ide baru tersebut sangat tergantung pada sifat atau karakteristik lapisan masyarkat. Early adopter (orang-orang yang memiliki otoritas. Dengan demikian. 12 . Definisi pemasaran tersebut bertumpu pada konsep pokok kebutuhan. Suatu inovasi diterima atau tidak diterima oleh masyarrakat tergantung dari beberapa atribut.C. antara lain : 1. antara lain : 1. Dapat dicobakan 5. Keuntungan-keuntungan relative 2. D. PEMASARAN DAN KOMUNIKASI Pemasaran adalah proses social dengan mana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. Leggards (lapisan masyarakat yang menerima inovasi paling belakangan. Dapat dilihat Tahap penerimana inovasi dapat dikelompokkan ke dalam masyarakat penerima inovasi menjadi beberapa tingkatan.

Hendaklah jangan bersifat penilaian 5. Positive feedback 9. Direct feedback atau immediate feedback 4. Hendaklah tentang sesuatu yang khusus dan jelas 3. UMPAN BALIK Umpan balik yang baik diperlukan syarat-syarat. Negative feedback 13 . Internal feedback 3. External feedback 2. Hendaklah mengenai susuatu dimana orang yang bersangkutan dapat berbuat apa-apa 4. Hendaklah mempertimbangkan timming. Hendaklah bersifat hasil oriented 7. tidak ada patokan tentang waktu. Inferential feedback 6. BENTUK-BENTUK UMPAN BALIK Bentuk-bentuk umpan balik antara lain : 1. Hendaklah deskriptif 6. F. Neutral feedback 8. Hendaknya jujur 2. Indirect feedback atau delaiged feedback 5. Zero feedback 7. antara lain : 1.E.

S ecara umum komunikasi sangat berperan penting dalam suatu bisnis. Bila citra sebuah produk sudah tertanam. harus segera dilakukan juga penelitian (action research) untuk mengetahui poisisi produk dalam format citra dalam masyarakat. Oleh sebab itu. konsumen akan mengalami ketergantungan yang sangat kuat akan produk tersebut.PENUTUP perusahaan. melalui kegiatan seperti tertera dalam fungsi-fungsi manajemen. Semakin komplek organisasi maka semakin komplek pula jalur-jalur komunikasi yang terdapat di dalamnya. Organisasi merupakan kumpulan orang yang mempunyai tujuan tertentu yang harus mereka capai. bila ekspansi pasar telah dilakukan. karena bisnis tanpa melakukan komunikasi akan sangat merugikan Komunikasi merupakan “darah sebagai sumber kehidupan” bagi setiap organisasi dan merupakan kunci sukses dalam karir bisnis dan kehidupan pribadi seseorang. Keberhasilan suatu produk ditentukan oleh citra (image) yang positif dari konsumen (pemakai). 14 .

Edisi Diktat Kuliah Universitas Gunadarma. 1995 15 . Komunikasi Bisnis. PT. Jakarta. Komunikasi Bisnis. Redi Panuju. SE. Komunikasi Sebagai Kegiatan Bisnis. Drs. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.DAFTAR PUSTAKA Nawangsari Sri. Bisnis Sebagai Proses Komunikasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->