P. 1
Etika Pergaulan

Etika Pergaulan

|Views: 108|Likes:
Published by Aqbar Adji
Etika pergaulan dalam Islam
Etika pergaulan dalam Islam

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Aqbar Adji on Apr 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

A.

PENDAHULUAN Manusia tidak terlepas dari karakteristiknya yang selalu membutuhkan orang lain untuk menjalani kegiatannya sehari-hari. Peristiwa interaksi antara manusia yang satu dengan yang lainnya atau dapat dikatakan dengan masyarakat disekitarnya merupakan salah satu bentuk pergaulan. Setiap manusia pasti memiliki teman bergaul baik itu di lingkungan keluarganya maupun dilingkungan sekitarnya. Namun, di era yang modern sekarang pergaulan semakin tak terkendalikan. Banyak masyarakat sekarang seakan tidak memiliki etika dalam bergaul. Meskipun mereka mengetahui etika yang sebenarnya tetapi mereka seakan tidak menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mereka menganggap hal itu hanyalah informasi yang tidak penting untuk dilakukan. Hal ini diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu kurangnya kemampuan dalam menyaring setiap informasi yang diterimanya.

B. PENGERTIAN ETIKA Secara etimologi etika berasal dari bahasa Yunani yaitu “Ethos” yang artinya watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa latin yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores” yang berarti adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk. Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku. Istilah lain yang berkaitan dengan etika yaitu :

Merupakan prinsip-prinsip moral yang termasuk ilmu tentang kebaikan dan sifat dari hak (the principles of morality.J. recognizing respect to a particular dass of human action) Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia ( W.  Manner dan custom Membahas etika yang berkaitan dengan tata cara dan kebiasaan (adat) yang melekat dalam kodrat manusia (In here’nt in human nature) yang terikat dengan pengertian baik dan buruk suatu tingkah laku atau perbuatan manusia. dan etika berarti ilmu akhlak Filsuf Aristoteles dalam bukunya Etika Nikomacheia menjelaskan tentang pembahasan etika. Pengertian dan defenisi etika dari para ahli berbeda dalam pokok pembahasannya antara lain: a. sebagai berikut :  Terminius Techicus Pengertian etika dalam hal ini adalah etika dipelajari untuk ilmu pengetahuannya yang mempelajari masalah perbuatan atau tindakan manusia. yang diakui berkaitan dengan memperhatikan bagian utama dari kegiatan manusia (The rules of conduct. prinsip. Sementara. Pedoman perilaku.1988 ) pengertian etika dimaksud sebagai ilmu tentang apa yang . berarti moral.S Poewadarminto.  Susila (Sansekerta). lebih menunjukkan kepada dasar-dasar. including the science of good and the nature of the right) b. menurut kamus bahasa indonesia ( Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. aturan hidup (sila) yang lebih baik (su). Akhlak (Arab).2002 ) pengertian etika adalah ilmu tentang pengetahuan tentang asas akhlak ( moral ).

Saya sudah dua tahun bergaul dengan orang itu. bercampur berarti berkumpulnya orang-orang menjadi satu seperti: Tua muda. kesopanan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. besar kecil.” (QS. hukum dan lain-lain.baik dan buruk. campur. adat. laki-laki wanita bercampur menjadi satu dalam pesta itu. Al Hujurat <49>:13) . tentang hak dan kewajiban moral. pengertian etika merupakan kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak atau kode etik dan pengertian etika lainnya dimengerti sebagai nilai mengenai benar dan salah yang dianut satu golongan atau masyarakat.Kata “gaul” verba intransitifnya adalah bergaul bererti hidup berteman dalam masyarakat atau berkawan akrab. Masih menurut Kamus besar bahasa indonesia. Dalam Islam kita dianjurkan untuk berrgaul dengan sesama umat lainnya sebagaimana firman Allah berikut ini: “ Hai manusia. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. kenal. Perkataan campur yaitu. sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang lakilaki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. nilai-nilai dan normanorma moral yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Kenal berarti mengerti dan pernah mengetahui seseorang Berdasarakan beberapa defenisi tersebut dapat dikatakan bahwa etika pergaulan yaitu sopan santun atau tata krama dalam pergaulan yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma agama. KONSEP PERGAULAN Pergaulan berasal dari kata dasar gaul. C.

Etika Deskriptif Etika yang menelaah secara krtitis dan rasional tentang sikap dan perilaku manusia. MACAM-MACAM ETIKA DALAM PERGAULAN Dalam membahas Etika sebagai Ilmu yang menyelidiki tentang tanggapan kesusilaan atau etis.D. sebagai berikut : a. Artinya Etika deskriptif tersebut berbicara mengenai fakta secara apa adanya. . serta apa yang dikejar oleh setiap orang dalam hidupnya sebagai sesuatu yang bernilai. Ada dua macam etika dalam melakukan aktifitas kita bergaul dengan masyarakat lain. dan antara makhluk berdiri sendiri dengan Tuhannya. Manusia disebut etis. Agar tingkah laku kita diterima dan disenangi oleh siapa saja yang bergaul dengan kita. ialah manusia secara utuh dan menyeluruh mampu memenuhi hajat hidupnya dalam rangka asas keseimbangan antara kepentingan pribadi dengan pihak yang lainnya. yaitu sama halnya dengan berbicara moral (mores). yakni mengenai nilai dan perilaku manusia sebagai suatu fakta yg terkait dengan situasi dan realitas membudaya. antara rohani dan jasmaninya. Etika Normatif Etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimiliki oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. b. E. PENTINGNYA ETIKA DALAM PERGAULAN 1. Termasuk di dalamnya membahas nilai – nilai atau norma-norma yang dikaitkan dengan etika.

5. 9. 3. Mema`afkan kekeliruan mereka dan jangan mencari-cari kesalahankesalahannya dan tahanlah rasa benci terhadap mereka. 6. Mendudukkan orang lain pada kedudukannya dan masing-masing dari mereka diberi hak dan dihargai. Pandai menempatkan diri 2. Orang yang sebaya harus dihargai Orang yang lebih muda harus disayangi. masing-masing menurut apa yang sepantasnya. Tata krama dan tingkah laku sehari-hari merupakan cermin pribadi kita sendiri 3. 7. lalu pergaulilah mereka. dan tanyakanlah keadaan mereka. dan yang lebih muda. Berbaik sangkalah kepada orang lain dan jangan memata-matai mereka. . kenalilah karakter dan akhlaq mereka. Perhatikanlah mereka. Bermuka manis dan senyumlah bila anda bertemu orang lain. Memudahkan dalam setiap berperilaku 5. kenalilah keadaan dan kondisi mereka. Menjaga dan memperhatikan kondisi orang. sebaya. Dapat membedakan bagaimana sikap kita terhadap orang yang lebih tua. Menumbuhkan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat F. Hormati perasaan orang lain. Berbicaralah kepada mereka sesuai dengan kemampuan akal mereka. 4. Tidak menimbulkan prasangka buruk dari orang lain 4. 8. HAL-HAL YANG DIPERHATIKAN DALAM ETIKA PERGAULAN 1.2. Misalnya :    Orang yang lebih tua / yang dituakan harus kita hormati. tidak mencoba menghina atau menilai mereka cacat.

Bergaul dengan orang lain menjadi satu kebutuhan yang sangat mendasar. 2) Tafahum Memahami.” . antara lain : 1) Ta’aruf Ta’aruf atau saling mengenal menjadi suatu yang wajib ketika kita akan melangkah keluar untuk bersosialisasi dengan orang lain. Islam sangat menganjurkan kepadaummatnya untuk saling menolong dalam kebaikan dan takwa. dan semua ciri khas pada diri seseorang.10. bahkan bisa dikatakan wajib bagi setiap manusia yang “masih hidup” di dunia ini. karakter. agama. 3) Ta’awun Sikap ta’awun (saling menolong). kesukuan. dan janganlah kalian tolong menolong dalam dosa dan permusuhan. Dengan ta’aruf kita dapat membedakan sifat. 11. AlMa`idah ayat ke-2 : “Tolong menolonglah kalian di atas kebaikan dan ketaqwaan. karena sesungguhnya Allah Maha Keras adzab-Nya. kegemaran. Bertaqwa (takut)lah kalian kepada Allah. Etika Pergaulan Menurut Islam Pergaulan adalah satu cara seseorang untuk bersosialisasi dengan lingkungannya. Rasullullah SAW telah mengatakan bahwa “Bukan termasuk umatnya orang yang tidak peduli dengan urusan umat Islam yang lain”. Dengarkanlah pembicaraan mereka dan hindarilah perdebatan dan Mengajak orang lain untuk berbuat baik bantah membantah dengan mereka. setelah kita mengenal seseorang pastikan kita tahu juga semua yang ia sukai dan yang ia benci. Tiga kunci utama dalam pergaulan. Dengan memahami kita dapat memilih dan memilah siapa yang harus menjadi teman bergaul kita dan siapa yang harus kita jauhi.

Dewasa ini.Ta’aruf. SOLUSI UNTUK MENGHINDARI SALAH PERGAULAN Untuk mengatasi masalah ini. bersabar. 3. baik pada perokok aktif maupun pasif. terutama dalam mengenalkan pendidikan agama sejak dini. Meningkatkan iman dan takwa dengan cara bersyukur. Padahal jika dilihat dari sisi kesehatan. 2. kita harus pandai memilah dan memilih teman dekat. 4. moral. merokok dapat menyebabkan banyak penyakit. dan ta’awun tidak akan ada artinya jika dasarnya bukan ikhlas karena Allah. Untuk meghindari salah pergaulan. Sehingga kebiasaan ini tidak hanya akan mempengaruhi dirinya sendiri. Perhatian dari orang tua juga sangat penting. orang-orang menganggap bahwa merokok meningkatkan kepercayaan diri dalam pergaulan. terdapat beberapa solusi untuk menghindari salah pergaulan berdasarkan dalil naqli dan akli sebagai berikut. dan akhlak. Karena pada banyak kasus. tafahum . Memperluas wawasan dan pengetahuan akan sangat berguna untuk menyaring pengaruh buruk dari lingkungan. melainkan juga orang-orang di sekelilingnya. dan beramal sholeh. G. Karena pergaulan akan sangat berpengaruh terhadap etika. 1. H. Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan karakter seseorang. . misalnya kebiasaan merokok. kurangnya perhatian orang tua dapat menyebabkan dampak buruk pada sikap anak. KESIMPULAN 1.

com/2010/11/etika-pergaulan-remaja-dalampandangan.com/doc/34485371/MAKALAH-ETIKA-PERGAULAN http://belajarpsikologi.blogspot.ac.id/alim-sumarno/tata-krama-pergaulan-di-kampus-danmasyarakat http://meilana.scribd.DAFTAR PUSTAKA http://www.htm http://blog.unesa.com/memelihara-etika-pergaulan/ http://assyafieq.wordpress.com/2009/05/21/etika-dalam-bergaul/ .elearning.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->