P. 1
LAPORAN AKHIR ORACLE

LAPORAN AKHIR ORACLE

|Views: 194|Likes:
Published by Winda_Hapsari_538
Dibuat untuk memberikan sedikit pengetahuan untuk pembaca.
Dibuat untuk memberikan sedikit pengetahuan untuk pembaca.

More info:

Published by: Winda_Hapsari_538 on Apr 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2015

pdf

text

original

LAPORAN AKHIR

ORACLE
NAMA NPM KELAS TGGL PRAKTIKUM MATERI : WINDA HAPSARI . H : 18110529 : 3 KA 30 : 20 MARET 2013 : PENGENALAN

Paraf

(....................)

LABORATORIUM SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA 2013

SISTEM INFORMASI – 3KA30 Page 2 .0. perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang. Penggunaan Oracle Pertama membuka oracle dengan cara login terlebih dahulu di http://127. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform). Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison. Pada tahun 1983. Kemudian klik login.1:8080/apex/ . Maka akan muncul lembar kerja oracle yang digunakan untuk menulis script. Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977.0.Oracle | Universitas Gunadarma ORACLE Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. seperti dibawah ini : LAB. Masukkan username dan password yaitu “ system”.

Klik Run kemudian akan muncul deskripsi dari table satu seperti berikut. seperti script disamping. SISTEM INFORMASI – 3KA30 Page 3 . gunakan DESCRIBE nama_tabel. kolom ketiga adalah kelas dengan tipe data varchar(6). Setelah itu klik tombol Run untuk mengeksekusi / menjalankan script tersebut. Untuk melihat deskripsi dari tabel yang baru kita buat. LAB. yang artinya akan menampilkan deskripsi dari table satu. kolom keempat adalah alamat dengan tipe data varchar(20). jika script yang dituliskan benar maka akan muncul “Table created” yang artinya table berhasil dibuat. Kolom kedua adalah nama dengan tipe data varchar(25). dan kolom kelima adalah kota dengan tipe data varchar(20).Oracle | Universitas Gunadarma Membuat tabel dengan nama “satu” Perintah diatas menjelaskan untuk membuat tabel dengan nama satu dengan kolom pertama adalah npm dengan tipe data number(8).

Oracle | Universitas Gunadarma Menginput data sebanyak 3 data pada tabel “satu” INSERT digunakan untuk menambahkan baris pada tabel. Nilai yang berada di antara kutip (‘ ‘) ketiga itu merupakan nilai dari kolom ketiga. lakukan hal yang sama seperti diatas sebanyak 2 kali dengan syarat tidak ada data yang sama. Pada pembahasan kali ini. Untuk nilai yang berada di antara tanda kutip (‘ ‘) pertama itu merupakan nilai dari kolom pertama. yaitu Kota. Menampilkan Tabel “SATU” Perintah SELECT digunakan untuk menampilkan isi dari suatu tabel. Setelah itu klik Run untuk mengeksekusi / menjalankan script tersebut. yaitu Alamat. SISTEM INFORMASI – 3KA30 Page 4 . kita memerlukan 3 data. Nilai yang berada di antara tanda kutip (‘ ‘) kedua itu merupakan nilai dari kolom kedua. Dan untuk Nilai yang berada di antara kutip (‘ ‘) kelima itu merupakan nilai dari kolom kelima. LAB. Isi tabel yang akan tampil adalah banyaknya data yang sebelumnya sudah kita input (yaitu sebanyak 3 data). yaitu Nama. yaitu Kelas. jika script yang dituliskan benar maka akan muncul “1 row(s) inserted” yang artinya 1 baris berhasil dibuat. yaitu NPM. untuk memasukkan data sebanyak 2 data lagi. Singkatnya perintah ini akan menampilkan semua isi dari tabel yang diminta oleh user. Tanda bintang (*) menunjukkan asterisk. yaitu tabel “ SATU”. Nilai yang berada di antara kutip (‘ ‘) keempat itu merupakan nilai dari kolom keempat.

jika syntax yang dituliskan benar. maka akan muncul perintah “Tabel altered” yang berarti data berhasil. Singkatnya perintah ini akan mengubah struktur dari tabel yaitu dengan menambahkan field baru pada tabel tersebut. add artinya menambah. field_baru adalah nama kolom yang akan ditambahkan. maka akan muncul “Tabel created” yang artinya tabel berhasil dibuat seperti dibawah ini : Menambahkan field Uts pada tabel “Nilai” ALTER TABLE nama_tabel ADD field_baru tipe_data. Berikut ini sintax serta tampilan untuk menambahkan kolom uts dan uas dengan tipe data number dan panjang data 3. SISTEM INFORMASI – 3KA30 Page 5 . Alter table artinya mengubah struktur tabel. nama_tabel merupakan nama tabel yang digunakan yang akan ditambah fieldnya. tipe_data adalah tipe data dari kolom yang akan ditambahkan. dilihat dengan berdasarkan npm dimana npm tersebut diambil dari tabel yang sebelumnya sudah dibuat yaitu tabel “satu”. seperti dibawah ini : Penambahan kolom Uts LAB.Oracle | Universitas Gunadarma Membuat tabel nilai Tabel nilai disini dibuat untuk menampilkan hasil dari uts serta uas dari masingmasing mahasiswa. Apabila syntax benar.

LAB. maka akan muncul “1 row(s) update” dengan artinya nilai sudah berhasil diupdate. yaitu tabel “ NILAI”. Isi tabel yang akan tampil adalah banyaknya data yang sebelumnya sudah kita input (yaitu sebanyak 3 data). Menampilkan Tabel “NILAI” Perintah suatu tabel. Karena dari tabel sebelumnya terdapat 3 record.Oracle | Universitas Gunadarma Penambahan kolom Uas Mengubah isi data UPDATE nama_tabel SET field_yang_dirubah=nilai. Update digunakan untuk mengubah isi data dari tabel. SISTEM INFORMASI – 3KA30 Page 6 . maka lakukan syntax yang sama sebanyak 2 kali dengan nilai uts serta uas yang berbeda ditiap mahasiswanya. SELECT digunakan untuk menampilkan isi dari Tanda bintang (*) menunjukkan asterisk. Singkatnya perintah ini akan menampilkan semua isi dari tabel yang diminta oleh user. disini yang akan diupdate adalah tabel dari Nilai dengan menambahkan isi nilai uts dan juga nilai uas dengan ditambahkan kondisi berupa npm dari mahasiswa tersebut. Jika syntax yang dituliskan sudah benar.

Dimana data-data itu diambil dari table satu. SISTEM INFORMASI – 3KA30 Page 7 . Di dalam kolom NPM berisi NPM. Kota diikuti Kota (diambil dari string Kota diambil). Lambang “||” berfungsi untuk penggabungan string.Oracle | Universitas Gunadarma Create or Replace View Perintah tersebut menerang bahwa akan membuat dan menampilkan table baru yaitu biodata_satu yang terdiri dari kolom NPM dan KETERANGAN. Untuk menampilkan nya. Kolom KETERANGAN berisi Nama diikuti Nama (diambil dari string Nama). Setelah itu klik Run untuk mengeksekusi script tersebut. gunakanlah syntax berikut : Maka hasilnya akan seperti dibawah ini : LAB. Alamat diikuti Alamat (diambil dari string Alamat). jika script yang dituliskan benar maka akan muncul “View created”.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->