P. 1
Membuat Struktur Gaji

Membuat Struktur Gaji

|Views: 1,635|Likes:
Cara sederhana membuat struktur gaji pada perusahaan kecil
Cara sederhana membuat struktur gaji pada perusahaan kecil

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: Didik Hendro Purnomo on Apr 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

05/04/2014

$0.99

USD

pdf

text

original

MEMBUAT STRUKTUR GAJI

Untuk rekan-rekan pemula yang kebetulan sedang ikut membangun Perusahaan baru atau yang sedang merencanakan struktur gaji baru, sebaiknya dimulai dulu dari membangun struktur organisasi Perusahaan yang baku lengkap dengan level tiap jabatannya. Struktur organisasi Perusahaan ini sangat penting selain Peraturan Perusahaan, karena sebagai dasar menentukan struktur gaji baru dan kebijakan SDM lainnya. Kalau sudah ada, tinggal merevisinya lalu dilegalkan kepada Pimpinan. Merancang struktur gaji tidak perlu dengan model yang rumit dengan istilah tunjangan yang macam-macam yang pada akhirnya nanti akan menyulitkan kita sendiri. Buatlah yang sederhana dan luwes sesuai dengan kebutuhan Perusahaan saat ini dan masa yang akan datang. Banyak alternatif cara menyusun struktur gaji. Tidak ada model yang salah. Semua model struktur gaji adalah benar asal bisa dijalankan dan bisa diterima oleh kedua belah pihak antara Pengusaha dan Pekerja serta tidak sampai menimbulkan masalah perselisihan hubungan industrial. Yang standard komponen gaji biasanya adalah ada : gaji pokok plus tunjangan tetap terdiri dari tunjangan jabatan dan tunjangan Operasional. Tunjangan tidak tetap terdiri dari tunjangan transport dan uang makan atau dalam bentuk premi dll. Yang penting model susunan komponen tersebut bisa diterima oleh Pimpinan Perusahaan, tidak melanggar Undang-undang Tenaga Kerja dan sesuai dengan Struktur Organisasi Perusahaan. Sedangkan salah satu contoh membuat struktur organisasi Perusahaan sederhana (sebagai langkah awal menyususn struktur gaji) yang ada level jabatannya bisa dilihat dibawah ini. Struktur organisasi Perusahaan ini bisa dibuat dengan berbagai macam model, tergantung jenis dan besarnya Perusahaan. Juga bisa direvisi setiap bulan sesuai dengan dinamika perkembangan Perusahaan.

uang makan. Level General Manajer perlu dibuatkan struktur gaji yang jelas yaitu minimal ada : gaji pokok. Level Top Manajemen atau Direktur biasanya tidak perlu masuk kedalam struktur gaji yang kita rancang. tunjangan transport. tunjangan operasional. 4. 2. Level Manajer atau Kepala Bagian yaitu minimal ada : gaji pokok. Level Foreman atau Kepala Regu yaitu minimal ada : gaji pokok.Keterangan Struktur : 1. tunjangan transport. tunjangan jabatan. uang makan. tunjangan transport. uang makan. uang makan. . Level Supervisor atau Kepala Seksi yaitu minimal ada : gaji pokok. 5. tunjangan jabatan. tunjangan operasional. tunjangan jabatan. Karena sudah ada ketentuan tersendiri dari Dewan Komisaris atau owner pemegang saham. tunjangan jabatan. tunjangan transport. 3. tunjangan operasional. tunjangan operasional.

kita yang ketinggalan informasi tentang perkembangan gaji.000 x ( 2.960. Sedangkan yang diminta oleh Calon Karyawan tersebut melebihi batas maksimal gaji.400.000 3. Pelaksana Operasional :1.744.744.000. Level Operator pelaksana tidak perlu ada tunjangan jabatan tapi punya hak lembur.960. tunjangan transport.600 Kelemahan model struktur gaji yang sudah dipatok batas maksimalnya.744.000 x 40%) = 2. Komponen gaji Operator cukup gaji pokok.000 x 40%) = 1. Supervisor/Kasi : 1.000 x 40%) = 3.000 (terendah) 2. Kalau sebagai gambaran yang wajar antara 30%.000 x 40%) = 1. Foreman/Karu :1. Manager 5. Misalnya sebagai uji coba.000.400.6. gaji Karyawan terendah s/d tertinggi dengan perbedaan 40% : 1. tunjangan operasional.000 x (1. s/d 50% perbedaan gaji (take home pay) tiap level-nya.400.000 x ( 1.000 : 2.000.960. Rumus sederhana komponen gaji adalah :        Gaji plus tunjangan tetap 75% dari take home pay ( P ) Tunjangan tidak tetap Gaji pokok = 75% x P Tunjangan jabatan = 60% x P Tunjangan Operasional = 40% x P Tunjangan transport = 60% x Q Uang makan = 40% x Q 25% dari take home pay (Q ) Sedangkan rumus Perbedaan Gaji Tiap Level Jabatan tergantung budget yang diberikan oleh pihak Manajemen. Sedangkan jabatan Foreman keatas punya tunjangan jabatan tapi tidak punya hak lembur. Berapa prosen Limit Labour Cost yang dapat ditolerasi dari keseluruhan biaya Produksi.000 x (1. . Atau bahkan pasaran gaji diluar sudah berubah naik. GM : 1. akan kesulitan mendapatkan Calon Karyawan yang berpotensi tinggi atau Calon Karyawan yang berkeahlian langka karena gajinya sudah mentok pada batas maksimal gaji.841.000 4. dan uang makan.

Hasanudin 6.-/bln Gaji take home pay Rp.2.B.200. Rumus komponan gaji ini mudah untuk dijalankan apabila sewaktu-waktu ada kebijakan Manajemen naik gaji kali X% dari gaji pokok dan cocok untuk dasar perhitungan lembur Karyawan non jabatan. Masih banyak model rumus komponen gaji yang lain. Semua model diatas adalah rumus sederhana tapi mudah untuk dipraktekkan (reverensi dari pengalaman pribadi).500.000.000.-/bln Gaji take home pay Rp. Jalaludin 4. Tidak keburu resign melompat ke Perusahaan sebelah.A.000.-/bln Gaji take home pay Rp.D. Aminnudin 3. bisa mendapatkan calon Karyawan yang berpotensi tinggi dan bisa mempertahankan Karyawan lama untuk lebih betah didalam Perusahaan.F. Sedangkan untuk level Supervisor s/d GM diberlakukan standard hasil nego gaji.1. sebaiknya patokan gaji maksimal hanya untuk level 'Pelaksana Operasional s/d Foreman' saja. Dengan rumus sederhana tersebut kita bisa membuat simulasi gaji non jabatan sbb (misalnya) : 1. Nasarudin 2. Sehingga lebih luwes.2.600.000.1.-/bln Gaji take home pay Rp.000. lebih rumit lagi.E. Syafiqudin Gaji take home pay Rp.000.Untuk itu.800.000. Baharudin 5.-/bln Daftar komponen gaji Karyawan Non Jabatan adalah sbb : .-/bln Gaji take home pay Rp.000.3. Apalagi komponen gaji model Perusahaan PMA.2.C.

Komarudin GM Manajer Gaji THP Rp.000.-/bln Contoh komponen Gaji Karyawan Pemegang Jabatan menjadi sbb : .-/bln Supervisor Gaji THP Rp.000. Baharudin 2.000.D.000.000. Zaenudin 4.000.Contoh simulasi gaji Karyawan pemegang jabatan (misalnya) sbb : 1.10.B.25.000.20.C. Nurudin 3.-/bln Gaji THP Rp.000.15.-/bln Foreman Gaji THP Rp.A.

Uang THR 2.Contoh-contoh komponen gaji tersebut diatas belum termasuk komponen :  Pengurang Pendapatan antara lain : 1. Gaji ke 13 3. Potongan hari kerja bagi yg belum genap 1 bulan 4. Potongan iuran asuransi/pensiun/jamsostek 3. Potongan pajak gaji Pph 21 2. Potongan akibat punishment dan yang lain-lain.  Penambah Pendapatan antara lain : 1. Lembur 4. Bonus dll .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->