P. 1
Proses Pembuatan Baja

Proses Pembuatan Baja

|Views: 2|Likes:

More info:

Published by: Afit'z Zhaphotra AL-khantra on Apr 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2014

pdf

text

original

Proses

pembuatan

baja

Baja diproduksi didalam dapur pengolahan baja dari besi kasar baik padat maupun cair, besi bekas ( Skrap ) dan beberapa paduan logam. Ada beberapa proses pembuatan 1.proses baja antara lain : konvertor

terdiri dari satu tabung yang berbentuk bulat lonjong dengan menghadap kesamping. Sistem Dipanaskan Dimiringkan (± Kembali Udara Setelah dengan tekanan 1,5 – 2 atm dihembuskan untuk dari 1/8 dengan untuk kokas memasukkan dari sampai bahan volume ± 1500 baku kerja 0C, baja. konvertor) ditegakkan. kompresor. hasilnya.

20-25 menit konvertor dijungkirkan

mengeluarkan

proses

Bassemer

(asam)

lapisan bagian dalam terbuat dari batu tahan api yang mengandung kwarsa asam atau aksid asam (SiO2), Bahan yang diolah besi kasar kelabu cair, CaO tidak ditambahkan sebab SiO2 proses dapat + bereaksi CaO Thomas dengan >> SiO2, CaSiO3 (basa)

Lapisan dinding bagian dalam terbuat dari batu tahan api bisa atau dolomit [ kalsium karbonat dan magnesium (CaCO3 + MgCO3)], besi yang diolah besi kasar putih yang mengandung P antara 1,7 – 2 %, Mn 1 – 2 % dan Si 0,6-0,8 %. Setelah unsur Mn dan Si terbakar, P membentuk oksida phospor (P2O5), untuk mengeluarkan besi cair ditambahkan 3 CaO + zat P2O5 kapur Ca3(PO4)2 (terak (CaO), cair)

2.proses

Siemens

Martin

menggunakan sistem regenerator (± 3000 0C.) fungsi dari regenerator adalah :

menghemat Bisa Besi gas dan udara atau menambah landasan temperatur dapur dapur tempat Fundamen/ pemakaian baik besi digunakan kelabu dinding kelabu dilapisi batu maupun silika putih. Keuntungan : Mudah Temperatur Efisiensi mencapai temperatur tinggi dapat dalam waktu singkat diatur termis dapur tinggi Cairan besi terlindungi dari kotoran dan pengaruh lingkungan sehingga kualitasnya baik Kerugian akibat penguapan sangat kecil . bawah karbon murah lebih-kurang di terusir operasi 4. ditambahkan Keuntungan BOF Proses Tidak Phosphor Biaya menggunakan hanya perlu dan Sulfur tuyer dapat bubuk kapur (CaO) dari O2 murni untuk menurunkan BOF tanpa 50 bagian dulu daripada kadar P dan S.sebagai c. dalamnya besi putih dilapisi dengan batu dolomit (40 % MgCO3 + 60 % CaCO3) 3. adalah: Nitrogen menit.proses logam cair Basic dimasukkan ke ruang baker Oxygen (dimiringkan lalu Furnace ditegakkan) Oksigen (± 1000) ditiupkan lewat Oxygen Lance ke ruang bakar dengan kecepatan tinggi.5 %O2) tiap satu ton muatan) dengan tekanan 1400 kN/m2.proses dapur listrik temperatur tinggi dengan menggunkan busur cahaya electrode dan induksi listrik. (SiO2).memanaskan b. (55 m3 (99.a.

Proses pemanasan Bahan pendahuluan kayu dan agar kokas) bebas dinyalakan dari selama uap ± 15 cair. jam. lubang pengeluaran. bakar(arang kokas dan udara dihembuskan dengan kecepatan rendah hingga kokas mencapai 700 – 800 besi 15 kasar menit dan mm baja bekas cair dari kira-kira 10 dikeluarkan – 15 dari dasar % tungku.proses dapur kopel mengolah besi kasar kelabu dan besi bekas menjadi baja atau besi tuang.5. panasnya dapat dimanfaatkan untuk pembangkit . ton/jam dimasukkan. baja Untuk membentuk terak dan menurunkan kadar P dan S ditambahkan batu kapur (CaCO3) dan akan terurai menjadi: akan bereaksi dengan karbon: Gas CO yang dikeluarkan melalui cerobong.

mesinmesin lain. 6.proses dapur Cawan Proses kerja dapur cawan dimulai dengan memasukkan baja bekas dan besi kasar dalam cawan. Kemudian dimasukkan gas-gas panas yang memanaskan sekeliling cawan dan muatan dalam cawan akan mencair. Baja cair tersebut siap dituang untuk dijadikan baja-baja istimewa dengan menambahkan unsur-unsur paduan yang diperlukan . kemudian dapur ditutup rapat.

.

flowline2.gif .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->