LAPORAN PENDAHULUAN

A. Pengertian Miokarditis adalah peradangan jantung yang tidak berkaitan dengan penyakit arteri koroner atau infark miokard (Corwin,2009). Miokarditis adalah peradangan pada otot jantung atau miokardium (Muttaqin, 2009). Sedangkan menurut Smeltzer dan Bare (2001) miokarditis adalah proses inflamasi di miokardium. Dalam kedokteran (kardiologi), miokarditis adalah peradangan otot jantung (miokardium). Ini menyerupai serangan jantung tapi arteri koroner tidak terhalang.

B. Etiologi 1. Virus 2. Jamur 3. Bakteri 4. Parasit 5. Protozoa 6. Spirozeta 7. Proses hipersensitifitas;seperti demam rematik

C. Patofisiologi Terbagi menjadi 3 fase dan setiap fase memiliki respon yang berbeda, yaitu : 1. Invasi oleh virus 2. Respons imun 3. Dilatasi kardiomiopati No. 1. Fase Invasi oleh Virus Respon - Ekspresi cytokine - Respon imun - inflamasi 2. Respon imun - Kematian sel

Kemudian terbentuk neutralizing antibody dan virus akan dibersihkan atau dikurangi jumlahnya dengan bantuan makrofag dan natural killercell (sel NK). dilatasi jantung.Disfungsi myocite . tapi sangat mungkin berasal dari respon imun atau kerusakan endotel akibat infeksi virus. Pada fase berikutnya miokard diinfiltrasi oleh sel-sel radang dan system immune akan diaktifkan antara lain dengan terbentuknya antibody terhadap miokard. Jadi pada dasarnya terjadi spasme sirkulasi mikro yang menyebabkan proses berulang antara obstruksi dan reperfusi yang mengakibatkan larutnya matriks miokardium dan habisnya otot jantung secara fokal menyebabkan rontoknya serabut otot.Fibrosis myokardial 3. Gejala bisa ringan atau tidak ada sama sekali. Walaupun kelainan mikrovaskular belum pasti.Disrupsi ECM . Enterovirus sebagai penyebab miokarditis viral juga merusak sel-sel endotel juga antibody endotel. Fase ini berlangsung beberapa minggu sampai beberapa bulan dan diikuti kerusakan miokard dari yang minimal sampai yang berat (FKUI..Aktivasi beta-Ar Fase akut berlangsung kira-kira satu minggu. Friction rub .replikasi virus dan lisis sel.Aktivasi RAS Kardiomiopati . Akibatnya proses ini mengakibatkan habisnya kompensasi mekanis dan biokimiawi yang berakhir dengan payah jantung. D. 1999). suara jantung tambahan. Manifestasi Klinis Gejala miokarditis akut tergantung pada jenis infeksinya. Pasien mungkin hanya mengalami kelelahan dan dispnea. derajat kerusakan jantung dan kemampuan memulihkan diri. dimana terjadi invasi virus kemiokard. Dilatasi . berdebar-debar dan kadang ada rasa tak nyaman di dada dan perut atas. diduga menjadi penyebab spasme mikrovaskular. Pemeriksaan klinis mungkin mungkin memperlihatkan pembesaran jantung. dan hipertrofi miosit yang tersisa. irama gallop dan bising sistolik. akibat perubahan permukaan sel yang terpajan oleh virus.

2002) menjelaskan bahwa klasifikasi miokarditis antara lain : 1. Diphtheritic Myocarditis adalah mikarditis yang disebabkan oleh toksin bakteri yang dihasilkan pada difteri : lesi primer bersifat degeneratiff dan nekrotik dengan respons radang sekunder. 3. atau perantara respons immunologis. Demam dan takikardia sering ada dan gejala gagal jantung kongestif bisa terjadi. Fibras Myocarditis adalah fibrosis fokal/difus mikardial yang disebabkan oleh peradangan kronik. Parenchymatus Myocarditis adalah miokarditis yang terutama mengenai substansi ototnya sendiri. termasuk bakteri. 8. E. Interstitial Myocarditis adalah mikarditis yang mengenai jaringan ikat interstitial. sel plasma dan makrofag dan oleh dilatasi ventikel. Agen tersebut dapat merusak miokardium melalui infeksi langsung. riketsia. dan fungus. Acute Isolated Myocarditis adalah miokarditis interstitial acute dengan etiologi tidak diketahui. penicillin. Chronic Myocarditis adalah penyakit radang miokardial kronik. termasuk limfosit.perikardial dapat juga terdengar bila pasien mengalami perikarditis. spirochaeta. 9. 4. produksi toksin. 2. Giant Cell Myocarditis adalah subtype miokarditis akut terisolasi yang ditandai dengan adanya sel raksasa multinukleus dan sel-sel radang lain. 6. dan daerah nekrosis yang tersebar luas. Bacterial Myocarditis adalah miokarditis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Klasifikasi (Dorland. Hypersensitivity Myocarditis adalah mikarditis yang disebabkan reaksi alergi yang disebabkan oleh hipersensitivitas terhadap berbagai obat.dan metildopa. 5. . terutama sulfonamide. protozoa. Infection Myocarditis adalah disebabkan oleh agen infeksius . virus. 10. 7. trombi mural. Denyut alternans (denyut dimana terdapat perubahan reguler antara denyut kuat dan lemah) mungkin ditemukan.

bahan kimia. Radio Nuclide Scaning dan Magnetic Resonance Imaging. bahan fisik. dan pada pasien dengan tanggap immune rendah F. Ekokardiograf Pada kedua ventrikel sering didapat hipokinesis. paling sering terjadi pada bayi. Foto thorak Ukuran jantung sering membesar kadang disertai kongesti paru.11. intra ventrikulerconduction defek dan QT memanjang. Evaluasi diagnostik 1. Toxic Myocarditis adalah degenerasi dan necrosis fokal serabut miokardium yang disebabkan oleh obat. 5. Laboratorium Pemeriksaan laboratorium untuk menentukan etiologi.Pada infeksi parasit terdapat eosinofilia sebagai laju endapan meningkat. Kadang ditemukan aritmia arial atau ventrikuler. Tuberculosis Myocarditis adalah peradangan granulumatosa miokardium pada tuberkulosa. 2. Enzim keratin kinase atau laktat dehidroginase (LDH) dapat meningkat sesuai luasnya nekrosis miokard. Adanya penebalan dinding ventrikel. perubahan segmen ST dan gelembung T serta low voltage. bersifat regional terutama di apeks. 4. 14. Viral Myocarditis disebabkan oleh infeksi virus terutama oleh enterovirus . Biakan darah dapat menemukan sebagian besar organisme pathogen. 15. wanita hamil. 3. Elektrocardiograf Muncul kelainan sinus takikardia. trombi ventrikel kiri. Rickettsial Myocarditis adalah miokarditis yang berhubungan dengan infeksi riketsia. . 12. AV block. Rheumatic Myocarditis adalah gejala sisa yang umum pada demam reumatik. 16. pengisian diastolic yang abnormal dan efusi pericardial. 13. Protozoa Myocarditis adalah miokarditis yang disebabkan oleh protozoa terutama terjadi pada penyakit Chagas dan toxoplasmosis. seperti radiasi hewan/toksin serangga atau bahan/keadaan lain yang menyebabkan trauma pada miokardium.

Antibiotik atau kemoterapeutik. 5. 6.Ditemukan adanya perubahan inflamasi dan kronis yang khas pada miokarditis. Penatalaksanaan medis Penanganan pada pasien dengan Miokarditis adalah: 1. pasien harus dirawat di unit yang mempunyai sarana pemantauan jantung berkesinambungan sehingga personel dan peralatan selalu tersedia bila terjadi disritmia yang mengancam jiwa. Obat kortikosteroid. Diagnosis ditegakkan bila pada biopsy endomiokardial didapatkan nekrosis atau degenerasi parasit yang dikelilingi infiltrasi sel sel radang. Lakukan bed rest total atau tirah baring untuk mengurangi beban jantung. 4. 2009) Menurut Brunner dan Suddarth (2002). Bila terjadi disritmia. 3. penatalaksanaan pada pasien miokarditis antara lain : 1. Perawatan untuk tindakan observasi. Pengobatan sistemik supportif ditujukan pada penyakit infeksi sistemik. Pasien diberi pengobatan khusus terhadap penyebab yang mendasari miokarditis (misalnya penisilin untuk kuman steptokokus hemolitikus) 2. G. 6. 2. Terapi komplikasi menggunakan alat pacu jantung (Muttaqin. 3. Pasien dengan miokarditis sangat sensitif dengan digitalis maka pasien harus di pantau dengan ketat terutama toksisitas digitalis yang ditandai . Biopsy endomiokardial Melalui biopsy tranvernous dapat diambil endomiokardium ventrikel kanan kiri. Lakukan evaluasi fungsi jantung dan fungsi tubuh untuk menentukan apakah telah terjadi gagal jantung kongestif. Tirah baring juga dapat mengurangi kerusakan miokardial residual dan komplikasi miokarditis. Tirah baring/pembatasan aktivitas. 4. Hasil biopsy yang positif memiliki nilai diagnostic sedang negative tidak dapat menyingkirkan miokarditis.

2009.aspx. Alih Bahasa H.blogspot. Anonim. bradikardi. muntah.html. Diunduh tanggal 30 September 2012. A. 2011. 2001.Y Kuncara dkk. Apa itu Miokarditis. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Volume 2. Miokarditis.net/health/What-isMyocarditis-(Indonesian).com/2011/02/asuhan-keperawatan-padaklien-dengan. anoreksia. Stoking elastik dan latihan aktif serta pasif dilakukan karena embolisasi dari trombosis vena dan mural trombi dapat terjadi.news-medical. Philadelphia : Lippincott-Raven Publisher. Diunduh tanggal 30 September 2012. sakit kepala dan malaise. Smeltzer & Bare. nausea.html.dengan adanya disritmia. .blogspot. http://keindahanhidupalva. Sumber : Muttaqin. Charisma. http://www. 5. 2012. http://nursecharisma.com/p/miokarditis. 2012. Diunduh tanggal 30 September 2012. Jakarta : Penerbit Salemba. Pengantar Asuhan Keperawatan Dgn Gangguan Sistem Kardiovaskular. Asuhan keperawatan pada klien dengan miokarditis. Alva.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful