P. 1
Perkembangan Kepribadian remaja

Perkembangan Kepribadian remaja

|Views: 23|Likes:

More info:

Published by: Rika Gusneri Part II on Apr 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

Perkembangan Kepribadian

Masa Remaja dan Masa Dewasa

perhatian hubungan heteroseksual.Masa Remaja  Masa peralihan dari ketergantungan dan perlindungan dari orang dewasa  Usia 12 hingga 17-18 tahun  Perubahan fisiologis yang mengarah pada kematangan kematangan fisik dan biologis  Perubahan psikologis antara lain anak mulai tidak tergantung dengan orang tua. persiapan menentukan karir . perasaan frustasi pada ambang kematangan.

Perubahan biologis  Disebut juga dengan masa pubertas  Ditandai dengan perkembangan hormon pada tubuh  Pada anak laki-laki dengan ciri seks primer pertumbuhan gonad atau testes. mimpi basah. suara. ciri seks sekunder : rambut. kulit. otot. . kelenjar. benjolan dada.

rambut. kelenjar. payudara. kulit. otot.Pada anak perempuan  Ciri seks primer : matang reproduksi wanita ditandai dengan datangnya haid  Ciri seks sekunder : perubahan pinggul. suara .

Perubahan psikologis  Emosi yang tidak stabil : kesulitan untuk memahami dan mengerti dirinya sendiri  Perasaan yang kosong : ketiadaan arah pandangan hidup  Masalah otonomi dan disiplin : berkembangnya tanggung jawab dan otonomi  Mementingkan diri sendiri : berkembangnya kebutuhan pada remaja .

lanjutan  Canggung bergaul dan kaku : akibat dari     perubahan fisik Cita-cita yang tinggi : banyaknya keinginan remaja Membentuk kelompok dan budaya kelompok : remaja mulai mengenal teman sebaya Hubungan heteroseksual : ketertarikan pada lawan jenis akibat peribahan fisik Persiapan pemilihan kerja : pengarah minat remaja .

Masa dewasa awal  Individu dianggap dewas jika dia mulai bertanggung jawab unutk membentuk keluarga dan memelihara secara otonom  Pacaran. dan menjadi orang tua  Penyesuaian Diri dalam pekerjaan . perkawinan.

pekerjaan dan sosial tetap dan sampai masa klimaterik dan menopause  Menurunnya kekuatan fisik : ketidak mampuan untuk menghadapi tekanan hidup  Perubahan susunan keluarga : berkurangnya anggota keluarga.Masa dewasa tengah  Ditandai dengan status perkawinan.  Masa menopause dan klimaterik .

kurangnya mobilitas dan pendapatn yang berkurang menyebabkan ia merasa terisolasi dari hubungan sosial. ekonomi.Masa dewasa akhir  Keterbatasan fisik : proses penuaan yabg ditndai dengan berkurangnya ketajaman pancaindera dan berkurangnya mobilitas  Ketergantungan : ketergantungan fisik.  Perasaan makin kurang berguna : berkurangnya tanggung jawab  Perasaan terisolasi : kehilangan teman. dan sosial. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->