P. 1
Pengertian Dan Permasalahan Statistik

Pengertian Dan Permasalahan Statistik

4.0

|Views: 689|Likes:
Published by Nita Hebat

More info:

Published by: Nita Hebat on Apr 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2014

pdf

text

original

PENGERTIAN DAN PERMASALAHAN STATISTIK

Tugas ini ditujukan untuk memenuhi mata kuliah statistik Dosen pengampu: Bapak Suyoto.

Oleh Kelompok 1 1. 2. 3. 4. Nur Saidah Bunga Hening Ramadhani Tri Wahyuni Katon Cahyo purnomo (10410378) (10410349) (10410368) (10410065)

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI IKIP PGRI SEMARANG 2012

Selain pengertian statistik dalam makalah ini juga terdapat pembahasan tentang permasalahan statistik yang meliputi. Rumusan Masalah 1. pemencaran atau penyebaran (variability atau dispersion). . saling hubungan (korelasi atau asosiasi). 2. Ketiga permasalahan tersebut akan dibahasa lebih jelas dalam makalah ini. Bagaimana definisi statistik? 2. pengolahan. Apa saja permasalahan statistik? C. penganalisisan. Mengetahui permasalahan statistik. rata-rata (average). yaitu tentang pengumpulan. Latar belakang Statistik adalah kajian tentang seluk beluk data. penafsiran. dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka.PENDAHULUAN A. B. Mengetahui definisi statistik. Tujuan 1.

Cakupan statistik tidak hanya bertumpu pada angka-angka untuk pemerintahan saja.PEMBAHASAN A. Akhirnya . pertanian. Pengertian Luas ( Dalam arti luas) Statistik adalah sekumpulan cara dan aturan tentang pengumpulan.000 rumah tangga tersebut diambil 200 rumah tangga sebagai sampel. Di desa tersebut tinggal 2. pengelolaan. pengolahan. statistik sudah diartikan dalam arti luas karena sudah merupakan metode. Dari pengertian kedua dan ketiga di atas. Pengertian pertama (Dalam arti sempit) Statistik adalah sekumpulan angka untuk menerangkan sesuatu. Dari 2. diolah dan dianalisis. Berikut ini beberapa pengertian statistik sesuai dengan perkembangannya. Contoh : seorang pemilik pabrik bumbu masak merek ajinomoto ingin mengetahui jumlah bungkus bumbu masak merek tersebut yang digunakan tiap rumah tangga. Pada mulanya. Pengertian ketiga (Dalam arti luas) Statistik adalah sekumpulan angka yang menjelaskan sifat-sifat data atau hasil pengamatan. dan dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. kata statistik diartikan sebagai kumpulan bahan keterangan (data) baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (kualitatif). ekonomi. namun telah mengambil bagian di berbagai bidang kehidupan. Dari 200 sampel itu. termasuk penelitian-penelitian pada cabang ilmu sepert. sepert jumlah penduduk dan rata-rata umur penduduk. data dikumpulkan. Contoh : Statistik penduduk yang berarti keterangan mengenai penduduk berupa angka-angka dalam bentuk ringkas. analisis serta penafsiran data yang terdiri dari angka-angka. baik angka yang belum tersusun maupun angka-angka yang sudah tersusun dalam suatu daftar atau grafik. Sosial dan Pendidikan. 1. disebuah desa. 2. penganalisisan. Sains. 3. Seiring dengan perkembangan zaman. yaitu metode yang mempelajari cara pengumpulan. yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara. penafsiran dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka. Pengertian statistik Secara etimologi kata “statistik” berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa inggris) atau kata staate (bahasa belanda).000 rumah tangga .

3. Dr. sudah mencapai KKM atau belum. Dalam arti luas Statistik adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan. Prof. penganalisisan. Supranto Memberikan pengertian statistik dalam dua arti sebagai berikut. yaitu tentang pengumpulan. pengeelolaan. Statistik adalah pengetahuan yang berhubungan dengan caracara pengumpulan data.A. Dari pengertian-pengertian di atas terlihat adanya pergeseran pengertian dari pengertian dalam arti sepit ke pengertian luas. Dalam arti sempit Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk angka (data kuantitatif) b. penyajian. Steed dan torrie Statistik adalah metode yang memberikan cara-cara guna menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif. Dapat disimpulkan statistik adalah kajian tentang seluk-beluk data. 4. . dan analisis data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang menyeluruh. a. mengolah dan menyajikan serta menginterpretasikan data yang berwujud angkaangka. Croxton dan Cowden Statik adalah metode untuk mengumpulkan. 1. penafsiran. Sebagai perbandingan pengertian statistik di atas.Sc.. di bawah ini terdapat beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli.diketahui bahwa rata-rata jumlah bungkus yang digunakan tiap rumah tangga perbulannya adalah berkisar 20 sampai 25 buah. Sudjana. penarikan kesimpulan dari data yang berbetuk angka. B. penganalisisan. Permasalahan tentang rata-rata (average) Contoh : Seorang guru akan mengambil nilai rata-rata yang diperoleh muridnya untuk mengetahui bagaimana kualitas muridnya. J. 2. dan penarikan kesimpulan data dan penganalisisan yang dilakukan. M. Permasalahan Statistik 1. pengolahan. M.

Contoh : Anggapan seorang guru bahwa siswa yang pandai matematika juga pandai dalam ilmu fisika. dan lain sebagainya. kimia. 3. Permasalahan tentang pemencaran atau penyebaran (variability atau dispersion). Contoh : seorang guru akan berkata bahwa kepandaian muridnya kelas A lebih merata (homogen) daripada murid kelas B. Dalam hal ini murid kelas B memiliki perbedaan kepandaian yang lebih tajam daripada murid kelas A. .2. Permasalahan tentang saling hubungan (korelasi atau asosiasi).

yaitu tentang pengumpulan. penafsiran. pengolahan. Sehingga itu menjadi tugas kita semua untuk selalu berinovasi agar manfaat statistik bisa lebih dirasakan. Saran Banyak manfaat yang diperoleh melalui statistik. dalam bidang ekonomi. B. sosial maupun pendidikan. tentang pemencaran atau penyebaran (variability atau dispersion). Simpulan Statistik adalah kajian tentang seluk-beluk data. sains. . pertanian. penarikan kesimpulan dari data yang berbetuk angka. penganalisisan. saling hubungan (korelasi atau asosiasi). Ada tiga permasalahan statistik yaitu rata-rata (average).PENUTUP A.

Danang. Budi Perbayu. Gaspersz. 2002. Armiko. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif). Bandung: CV. Jakarta: Bumi Aksara. Ringkasan statistik deskriptif: Hanindita. Statistika. Vincent. Ashari. Jakarta: PT. Semarang: Penerbit Andi. 1999.DAFTAR PUSTAKA Santoso. Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan. Anis. Iqbal. . Sunyoto. Analisis Statistik dengan microssoft excel dan SPSS. 2005. 1998. Hasan. 2010. Raja Grasindo Persada.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->