BOLA TANGAN

Bola tangan adalah olahraga beregu di mana dua regu dengan masing-masing 7 pemain (6 pemain dan 1 penjaga gawang) berusaha memasukkan sebuah bola ke gawang lawan. Permainan ini mirip dengan sepak bola, tapi cara memindahkan bola adalah dengan tangan pemain, bukan kaki. Lapangan bola tangan berukuran 40 m x 20m dengan garis pemisah di tengah dan gawang di tengah kedua sisi pendek. Di sekeliling gawang dibuat garis untuk menandai daerah yang hanya boleh dimasuki penjaga gawang. Bola yang digunakan lebih kecil dari bola sepak. Handball dimainkan selama 2 x 30 menit. Penalti dilakukan dari jarak 7 meter. Handball juga dipertandingkan di Olimpiade Permainan Bola Tangan modern pertama kali dimainkan pada akhir abad ke-19 di Denmark, Jerman dan Swedia. Untuk lapangan, permainan ini mgacu pada permainan "Raffball" (snatch ball) dan "Königsbergerball" (Konrad Koch, 1846 - 1911). Permainan ini dikenalkan oleh G. Wallström kepada masyarakat Swedia tahun 1910. Olahraga ini kemudian berkembang dan menjadi populer pada awal abad ke-20. Ironisnya, orang yang mendukung penyebaran olahraga ini adalah orang Belanda bernama Hirschmann, sekretaris jendral dari Association Internationale de Football, di tahun 1912. Peraturan mengenai olahraga Bola tangan Lapangan ini dibuat pada tahun 1917 oleh Max Heiser. Dan di tahun 1919, seorang guru olahraga di Berlin, Karl Schelenz memainkan olahraga ini di lapangan sepak bola. Beberapa tahun kemudian ia memperbaiki peraturan peraturan tersebut. Hingga sekarang ia dianggap sebagai pelopor dari olahraga ini. International Amateur Handball Federation (IAHF) didirikan pada thau 1928 bersamaan dengan Olympic Games di Amsterdam. Pada tahun 1938, kejuaraan dunia Bola Tangan pertama diadakan di Jerman. International Handball Federation didirikan pada tahun 1946 oleh delapan orang pendiri IAHF. Pada saat itu, lapangan 11 - a - side banyak dimainkan di Eropa sedangkan untuk 7 - a - side lebih banyak dimainkan di dalam ruangan di sekitar Eropa Timur. Antara tahun 1938 hingga 1966, kedua jenis permainan dimainkan dalam kejuaraan yang terpisah. Cabang Bola Tangan Indoor pertama kali tampil di Olimpiade Munich tahun 1972. Sebanyak 16 tim ikut serta dalam cabang olahraga ini dengan Yugoslavia memenangkan medali emas pertama. Untuk kelas wanita, mulai dilombakan pada Olimpiade Montreal tahun 1976. Tim Uni Sovyet memenangkan emas baik di kelas pria maupun wanita.

melempar. -Tangan yang memegang bola diletakkan sedikit di atas bahu dengan siku ditekuk. Bentuk Latihan Menembak ke Gawang 1. Permainan ini terdiri dari dua babak dengan masing -masing babak sepanjang 30 menit yang dipotong dengan sepuluh menit istirahat. 2. . Bola ditembakkan dari arah samping badan melewati bawah lutut.masing tim terdiri dari tujuh orang yang bertugas untuk mengoper. Menembak dari bawah lutut Teknik ini di awali dengan merendahkan kedua lutut dan posisi kaki melangkah. Menembak ke arah gawang B. 2. Teknik ini dilakukan dengan gerak awal 3 langkah. Menembak dari samping a. TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA TANGAN Teknik Permainan Bola Tangan A. 3. Tim dengan gol terbanyak dinyatakan sebagai pemenang. -Berdiri dengan kedua kaki agak dibuka ke samping dan bahu menghadap arah lemparan. 4. melibatkan dua tim dengan masing . menangkap. Tembakan ini dilakukan dari samping badan. Menembak ke arah gawang sambil melayang di atas Garis Daerah Gawang. Teknik menembak setinggi bahu a. c. Teknik Dasar Menembak Beberapa teknik dasar menembak dalam permainan bola tangan antara lain : 1. -Gerakan dilakukan dengan meluruskan lengan atas ke depan atas. kemudian diikuti tembakan ke arah sasaran gawang. Teknik menembak sambil melompat Teknik ini diawali dengan lompatan ke atas. b. dan mendribel sebuah bola kecil dengan tangan mereka sambil berusaha untuk menciptakan gol. b. Bersamaan dengan itu bola dilepaskan dari telapak tangan dan dibantu oleh pergelangan tangan. Menembak ke arah gawang dari luar Garis Daerah Lawan. Posisi bola terletak di antara bahu dan pinggang.Cara Bermain Bola Tangan merupakan permainan dengan irama yang cepat. kemudian pemain menembakkan bola ke arah gawang sambil melayang di atas Garis Daerah Gawang.

2. Saat memantulkan pergelangan tangan tidak kaku (elastis). Untuk menghadang lawan dapat dilakukan dari arah depan. 3. Menghadang Lawan Gerak mengahadang lawan dilakukan untuk mencegah lawan bergerak maju. Teknik Memantul-mantulkan Bola (Menggiring) Menggiring bola merupakan suatu usaha untuk mendekat pada teman maupun ke gawang lawan sehingga lebih mudah untuk melakukan tembakan. Kedua tangan direntangkan dan pandangan tertuju pada lawan yang menguasai bola. Bola dipantulkan di depan agak ke samping. dan memasukkan bola ke keranjang. Latihan ini di awali dengan sikap berdiri. Pandangan mengarah ke depan atau ke bola yang dikuasai lawan. Kedua tangan merentang selebar bahu dan berat badan dibawa ke depan. Pada saat yang tepat dan ada kesempatan dapat dilanjutkan dengan gerak merebut bola. c. Jika bola dipantulkan dengan tangan kanan. belakang. dan samping. secara teknik gerakannya sama tetapi dilakukan dengan posisi samping lawan yang manguasai bola D. Berat badan dibawa ke depan (badan condong). kedua lutut direndahkan dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Teknik ini dapat dilakukan dengan cara mengambil posisi di belakang lawan yang menguasai bola. 2. 3. Kedua kaki sedikit dibuka dengan kedua lutut agak direndahkan. maka posisi kaki kiri depan. Teknik menghadang lawan dapat dilakukan dengan tiga cara sebagai berikut : 1. Menghadang lawan dari depan. Yang perlu diperhatikan dalam memantulkan atau menggiring bola adalah : 1. Memegang atau membawa bola tidak lebih dari tiga langkah. a. Beberapa bentuk latihan memantul-mantulkan bola antara lain : 1. Menghadang lawan dari belakang.C. Latihan memantulkan bola dengan berlati tanpa rintangan . 4. b. Menghadang lawan dari samping. begitu sebaliknya. mengoper bola pada teman main.

c. Memasuki daerah kiper. pemain lain tidak boleg masuk. c. Pada awalnya dapat dilakukan dengan berjalan atau lari pelan-pelan. b. c. Membawa bola lebih dari tiga langkah. Pemain penyerang boleh menembak sambil melayang di atas daerah kiper. h. e. Dan segala tindakan yang menurut wasit merugikan . Kiper boleh membawa lari bola di dalam daerah kiper. Buatlah rintangan 5 (lima) tiang dengan jarak 1. mendorong. g. Lakukan secara bergantian 2. Memukul. Memegang bola lebih dari tiga detik. Lakukan latihan memantulkan bola sambil berlari ± 15 meter. lebar 3 meter. Kiper boleh menendang bola sebelum disentuh. Daerah kiper a. Dengan sengaja me. Jumlah Pemain Permainan bola tangan dimainkan oleh regu. d.5 meter. Pokok-pokok Peraturan Permainan Bola Tangan 1. E. f. menarik. Kiper boleh keluar daerah kiper. 5. tetapi bola sudah harus di lepas sebelum kaki mendarat. istirahar 10 menit 4. d. 6.empar boa ke lawan. Untuk Putra : 2 x 35 menit. Bola yang berada di daerah kiper menjadi kekuasaaan kiper. Menyentuh bola dengan tungkai bawah. Kiper boleh menahan bola dengan semua bagaian badan. Kiper a. menjauhkan lawan. Ukuran lapangan Ukuran lapangan bola tangan adalah 40 meter. Hanya untuk kiper. b. d. 3. Latihan memantulkan bole dengan pola zig-zag a. Lakukan memantulkan bola berkelok-kelok melewati tiang tersebut. b. b. Lama permainan a. b. Pelanggaran-pelanggaran a. kemudian ditangkap lagi sebelum bola menyentuh pemain lain. istirahar 10 menit b. tetapi kehilangan haknya sebagai kiper.a. Untuk Putri : 2 x 30 menit. kemudian kembali ke tempat semula. Latihan di tingkatkan dengan berlari cepat dan di ulang beberapa kali. lebar 20 meter ukuran gawang adalah tinggi 2 meter. Melempar bola ke atas. c. masing-masing regu terdiri 7(tujuh) 2.

agar memudahkan terciptanya peluang untuk membobol gawang lawan. apabila gawang kami kemasukan bola. agar terjadi keseimbangan dalam permainan. MCCLEAN CETERA JR XI IPS 2/ 25 . Seperti biasanya di setiap permainan haruslah membagi posisi/letak pemain yang tepat. Masing-masing memiliki kekuatan yang cukup berimbang. Pada permainan bola tangan ini terbagi menjadi 2 grup. Apabila pemain itu memiliki skill bertahan harus ditempatkan sebagai bek/ pemain bertahan. Membaca arah bola dalam bola tangan sangatlah sulit daripada membaca arah bola dalam permainan futsal. Posisi pemain haruslah dilihat dari kemampuan yang dimiliki oleh pemain itu sendiri.Pengalaman saya pada saat bermain bola tangan sangatlah senang. Permainan bola tangan membutuhkan konsentrasi. Tetapi kami gagal. Sulit karena harus membagi konsentrasi menjadi lebih banyak. haruslah meninggalkan rasa keegoisan. Sedangkan apabila pemain itu memiliki naluri menyerang harus ditempatkan sebagai penyerang. Masing-masing babak terdiri dari 10-15 menit. sebagai tim yang harus menerima gawangnya kemasukan haruslah menerima hukuman push up sebanyak 5 kali. Kalau saja tidak ada pembagian tugas sangatlah mudah bagi lawan untuk membobol gawang dan konsentrasi kiper tetap terjaga dan fokus terhadap arah bola. Bermain bola tangan sangatlah menyenangkan. sehingga teman-teman kami lebih banyak berkumpul di depan daripada di belakang. berbuat kesalahan sedikit saja dapat berakibat fatal. Dalam permainan bola tangan membutuhkan tempo permainan yang cepat . Hanya saja dalam permainan kali ini. tidak bisa menganggap enteng. Dalam permainan ini haruslah berhatihati memainkan bola di area sendiri. Dalam permainan bola tangan ini saya bertindak sebagai kiper/penjaga gawang. Kerja sama dan sportivitas haruslah dijaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan gawangnya kami juga menggunakan gawang futsal. Peraturannya tidak cukup menyulitkan. Dalam permainan bola tangan ini kami menggunakan lapangan futsal. Menjadi penjaga gawang dalam permainan ini sangatlah sulit. Sebagai tim yang solid. bukan kita mengikuti irama permainan lawan. Kita harus membuat lawan mengikuti irama/ tempo permainan kita. Kami bermain dalam beberapa babak. Itulah kesalahan besar dan menjadi bahan pelajaran bagi kami. karena ada 3 bola yang dimainkan secara bersamaan. karena terlalu fokus pada penyerangan. Komunikasi di setiap lini harus tetap terjaga.