SILABUS MATA KULIAH Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Semester Masa

Kuliah Pra Syarat Deskripsi Mata Kuliah : S1 Keperawatan : Kep.20723 : Ilmu Dasar Keperawatan V : 3 SKS : II : IDK 1 :

Mata ajar ini berfokus pada pemahaman teori, konsep dasar dan prinsip-prinsip farmakologi dan gizi yang dapat menunjang kemampuan dalam menerapkan praktek keperawatan sesuai dengan peran dan fungsinya dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan. Standar Kompetensi : 1. Mahasiswa dapat memahami berbagai konsep farmakologi yang terkait dengan kemampuan dalam pengelolaan obat. Pemberian obat, jenis obat dan cara kerja serta efek dari obat terhadap tubuh . 2. Mahasiswa dapat memahami dan manerapkan pengetahuan dasar dari ilmu gizi yang terkait dengan kebutuhan gizi didalam tubuh manusia. Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Belajar Materi Ajar Waktu 100 ‘ Alat/ Bahan/ Penilaian Sumber Belajar OHP,LCD, Test essay dan Laptop, Whiteboard, spidol obyektif test

Memahami konsep Setelah mengikuti dasar farmakologi perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan Definisi dari

Mengkaji dan 1. Definisi mendiskusika Farmakologi konsep dasar 2. Farmakodinamik farmakologi 3. Teori reseptor, dosis, respon obat

Silabi S1 Keperawatan

Whiteboard. Pengertian dari mendiskusikan obat analgetik dan jenis-jenis obat antiinflamasi analgetik dan obat 2. Penatalaksana an toksisitas 100 ‘ OHP. Menjelaskan tentang penatalaksanaan toksisitas Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Test essay dan obyektif test Silabi S1 Keperawatan . Ketergantung obat dan an obat toksisitas 3. Mejelaskan tentang toksisitas 4. Toksisitas 4. Interaksi obat dan mekanismenya Mengkaji dan 1. Menjelaskan dan indeks terapi 4. Kesalahan mendiskusikan dalam pemberian berbagai macam obat permasalahan 2. respon obat dan indeks terapi 4. Menjelaskan tentang farmakodinamik 3. Jenis-jenis obat 100 ‘ OHP. Menjelaskan tentang ketergantungan obat 3. Memahami berbagai macam permasalahan obat dan toksisitas Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Laptop. Menjelaskan interaksi obat dan mekanismenya.LCD. spidol Test essay dan obyektif test Memahami jenisjenis obat analgetik dan obat anti inflamasi dan cara Mengkaji dan 1. Laptop. Whiteboard. Menjelaskan kesalahan dalam pemberian obat 2.dosis.LCD.farmakologi 2. Menjelaskan teori reseptor.

Pengertian obat mendiskusikan neurologic dan jenis-jenis obat neuromuscular neurologic dan 2. Menjelaskan jenisjenis obat antibiotik 3. dan antiinflamasi Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Cara kerja dari obat antibiotik 100 ‘ OHP.LCD. Jenis-jenis obat antibiotik 3. Jenis-jenis obat neuromuscular neurlogic dan dan cara kerja neuromuscular dari obat tersebut 3. 3. Pengertian obat antibiotik 2. Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. spidol Test essay dan obyektif test Memahami jenisjenis obat neurologic dan neuromuscular dan cara kerja dari obat tersebut Mengkaji dan 1. spidol Test essay dan obyektif test Silabi S1 Keperawatan . Cara kerja obat neurologic dan neuromuscular 100 ‘ OHP. Whiteboard. Cara kerja dari obat analgetik dan antiinflamasi spidol Mengkaji dan mendiskusikan jenis-jenis obat antibiotik dan cara kerja dari obat antibiotik 1.kerja dari tersebut. Laptop. Laptop. Menjelaskan jenisjenis obat analgetik dan antiinflamasi 3. Menjelaskan pengertian obat neurologic dan neuromuscular 2. obat Memahami jenisjenis obat antibiotik dan cara kerja dari obat antibiotik pengertian dari obat analgetik dan antiinflamasi 2. Menjelaskan jenisjenis obat neurologic dan anti inflamasi dan analgetik dan cara kerja dari antiinflamasi obat tersebut. Menjelaskan cara kerja dari obat antibiotik. Menjelaskan pengertian obat antibiotik 2. Whiteboard.LCD. Menjelaskan cara kerja dari obat analgetik.

Menjelaskan pengertian obat-obat gangguan gastrointestinal 2. Whiteboard.LCD. Menjelaskan jenisjenis obat –obat kardiovaskuler 3.Menjelaskan jenisjenis obat-obat gangguan gastrointestinal 3. Whiteboard. Menjelaskan pengertian obat-obat kardiovaskuler 2.LCD. Menjelaskan cere kerja obat neurologic dan neuromuscular Memahami jenisjenis obat gastrointestinal dan cara kerja dari obat tersebut Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Menjelaskan cara Mengkaji dan mendiskusikan jenis-jenis obat gastrointestinal dan cara kerja dari obat tersebut 1. spidol Test essay dan obyektif test Silabi S1 Keperawatan . spidol Test essay dan obyektif test Memahami jenisjenis obat-obat gangguan kardiovaskuler dan cara kerja dari obat tersebut Mengkaji dan mendiskusikan jenis-jenis obatobat gangguan kardiovaskuler dan cara kerja dari obat tersebut 1. Jenis-jenis obatobat kardiovaskuler 3. Cara kerja dari obat kardiovasuler 100’ OHP.Menjelaskan cara kerja dari obat-obat gangguan gastrointestinal Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1.neuromuscular 3. Laptop. Pengertian obatobat gangguan gastrointestinal 2. Cara kerja dari obat-obat gastrointestinal 100 ‘ OHP. Laptop. Jenis-jenis obatobat gastrointestinal 3. Pengertian obatobat kardiovaskuler 2.

LCD.Menjelaskan cara kerja dari obat antibiotik Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Pengertian obatobat respiratorik 2. Menjelaskan pengertian obat-obat respiratorik 2. Cara kerja dari obat reproduksi dan genitalia 100’ OHP. spidol Test essay dan obyektif test Mengkaji dan 1. Menjelaskan pengertian obat reproduksi dan genitalia 2. Whiteboard. Laptop. spidol Test essay dan obyektif test Silabi S1 Keperawatan .LCD. Menjelaskan jenisjenis obat reproduksi dan genitalia 3. Jenis-jenis obatobat respiratorik 3. Whiteboard. Pengaruh makanan gizi terhadap kesehatan 3.Memahami jenisjenis obat respiratorik dan cara kerja dari obat tersebut Memahami jenisjenis obat reproduksi dan genitalia serta cara kerja dari obat tersebut Memahami konsep dasar ilmu gizi kerja dari obat kardiovaskuler Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Laptop. Pengertian dari mendiskusikan ilmu gizi konsep dasar ilmu 2.LCD. spidol Test essay dan obyektif test Mengkaji dan mendiskusikan jenis-jenis obat reproduksi dan genitalia serta cara kerja dari obat tersebut 1. Pengertian obat reproduksi dan genitalia 2. Laptop. Jenis-jenis obat reproduksi dan genitalia 3. Menjelaskan cara kerja dari obat respiratorik Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Guna makanan 100’ OHP. Mengetahui definisi ilmu gizi Mengkaji dan mendiskusikan jenis-jenis obat respiratorik dan cara kerja dari obat tersebut 1. Cara kerja dari obat-obat respiratorik 100’ OHP. Menjelaskan jenisjenis obat-obat respiratorik 3. Whiteboard.

Menjelaskan pengertian status gizi 2. Penilaian status gizi. Menjelaskan tentang protein 4. Whiteboard. perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Laptop. 3. spidol Test essay dan obyektif test Mengkaji dan mendiskusikan zat-zat yang diperlukan tubuh manusia. 2. Menjelaskan bagi tubuh manusia Mengkaji dan 1. 4. Mejelaskan penilaian status gizi. Laptop. Whiteboard. Menjelaskan tentang lemak 3.LCD. Menjelaskan faktorfaktor yang mempengaruhi status gizi 3. Mengetahui pengaruh makanan terhadap kesehatan 3. 1. Menjelaskan tentang karbohidrat 2. 6. Faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi 3. Menjelaskan tentang vitamin 5. 5. Karbohidrat Lemak Protein Vitamin Mineral Air 200’ OHP. 1.LCD. 2. OHP. Menjelaskan tentang mineral 6. spidol Test essay dan obyektif test Silabi S1 Keperawatan . Memahami tentang Setelah mengikuti zat-zat yang perkuliahan mahasiswa diperlukan tubuh diharapkan dapat : manusia.2. Mengetahui guna Makanan Bagi Tubuh Manusia Memahami tentang Setelah mengikuti status gizi. Pengertian status 100’ mendiskusikan gizi status gizi.

Menjelaskan gizi untuk wanita menyusui 3. Whiteboard.tentang air Memahami tentang Setelah mengikuti gizi-gizi untuk perkuliahan mahasiswa berbagai golongan. Pengertian mendiskusikan pencernaan proses makanan pencernaan 2. Menjelaskan gizi lansia Memahami tentang Setelah mengikuti proses pencernaan perkuliahan mahasiswa makanan. Menjelaskan gizi untuk remaja 6. Proses pencernaan makanan 4. Gizi lansia 100’ OHP.LCD. Gizi wanita mendiskusikan hamil gizi-gizi untuk 2. Menjelaskan gizi untuk bayi 4. Whiteboard. Gizi remaja 6. diharapkan dapat : 1. Menjelaskan gizi untuk wanita hamil 2. Menjelaskan gizi untuk anak 5. Menjelaskan proses pecernaan makanan 4. diharapkan dapat : 1. Organ makanan. Penyerapan dan sistem informasi. Gizi bayi 4. spidol Test essay dan obyektif test Mengkaji dan 1. 100’ OHP. Laptop.LCD. Menjelaskan pengertian pencernaan makanan 2. Menjelaskan Mengkaji dan 1. 3. Menjelaskan tentang organ pencernaan dan fungsinya 3. Laptop. Gizi anak 5. pencernaan dan fungsinya 3. spidol Test essay dan obyektif test Silabi S1 Keperawatan . Gizi wanita berbagai menyusui golongan.

1. Organ tubuh yang berperan dalam proses eksresi 100’ OHP. Menjelaskan pengertian ekskresi 2. lemak dan protein. Menjelaskan pengertian metabolisme 2. 100’ OHP.penyerapan dan sistem transportasi Memahami tentang Setelah mengikuti metabolisme zat perkuliahan mahasiswa gizi dalam tubuh. Whiteboard. Pengertian eksresi 2. Menjelaskan metabolime keterkaitan metabolisme karbohidrat. Menjelaskan metabolisme karbohidrat 3. Memahami tentang Setelah mengikuti eksresi pada perkuliahan mahasiswa manusia. Pengertian mendiskusikan metabolisme metabolisme zat 2. spidol Test essay dan obyektif test Mengkaji dan mendiskusikan eksresi pada manusia. Whiteboard. diharapkan dapat : 1. Metabolisme gizi dalam tubuh. lemak dan protein. karbohidrat 3.LCD. Menjelaskan metabolisme protein 4. Menjelaskan metabolisme lemak 5.LCD. Metabolisme lemak 5. diharapkan dapat : 1. Metabolisme protein 4. Laptop. Laptop. spidol Test essay dan obyektif test Silabi S1 Keperawatan . Menjelaskan organ tubuh yang berperan dalam proses eksresi Mengkaji dan 1. Keterkaitan metabolisme karbohidrat.

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat : 1. Whiteboard. Laptop. spidol Test essay dan obyektif test Silabi S1 Keperawatan .Mengetahui angka kecukupan gizi yang danjurkan dan masalah gizi di Indonesia. Menjelaskan masalah gizi di Indonesia Mengkaji dan 1.LCD. Angka mendiskusikan kecukupan gizi angka kecukupan yang dianjurkan. 100’ OHP. gizi yang 2. Masalah Gizi danjurkan dan di Indonesia masalah gizi di Indonesia. Menjelaskan angka kecukupan gizi yang dianjurkan 2.