P. 1
pemerintahan megawati

pemerintahan megawati

5.0

|Views: 879|Likes:

More info:

Published by: Balqis Cahyaning Dwi Sedyotami on Apr 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2014

pdf

text

original

5.

Era Kepemimpinan Megawati Pada masa kepemimpinan Megawati justru tidak terlihat kebijaksanaan kepemimpinan yang berpihak pada kesejahteraan rakyat. Padahal Mega sebelumnya dikenal sebagai orang yang dekat dengan rakyat kecil. Penegakan hukum yang diharapkan bisa mengurangi praktek-praktek tindak kejahatan, kekerasan, korupsi dan kolusi sebagaimana yang terjadi pada masa sebelumnya, juga tidak terlihat. Bahkan para pendukungnya yang berharap peristiwa Kudatuli bisa menjadi momen bangkitnya penegakan hukum, ternyata harus menelan kekecewaan. Karena kebijakan dalam bidang hukum tidak terlihat ada perubahan, dampaknya perilaku pejabat di era kepemimpinan Megawati tidaklah lebih baik dari era sebelumnya, bahkan perilakunya jauh lebih buruk. Korupsi terasa lebih marak, bahkan terus menyebar ke daerahdaerah. Para pemimpin di daerah, seolah telah menjadi raja-raja kecil dan banyak yang bergaya hidup mewah. Sementara kehidupan pada rakyat kecil, tidak terlihat adanya perubahan yang lebih baik. Bahkan tindak kekerasan dan tindak kejahatan di masyarakat semakin marak. Kebijakan yang sangat “berkesan” adalah penjualan aset strategis: Indosat dan kapal tanker Pertamina yang dinilai telah merugikan rakyat Indonesia. Kemudian kebijakan libur panjang yang kontadiksi dengan tuntutan kebutuhan negara saat itu, yaitu setiap warga negara diharapkan memiliki etos kerja yang tinggi, agar negara ini bisa segera keluar dari kesulitannya. Karena selama kepemimpinan Megawati, rakyat tidak merasakan adanya perbaikan dalam kehidupan, maka Megawati yang dulu dielu-elukan rakyat karena dekat dengan “wong cilik” , mengalami kekalahan dalam Pemilihan langsung tahun 2004. Megawati Soekarnoputri atau umum dikenal sebagai Mega (lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947; umur 64 tahun) adalah Presiden Indonesia yang kelima yang menjabat sejak 23 Juli 2001 – 20 Oktober 2004. Ia merupakan presiden wanita Indonesia pertama dan anak presiden Indonesia pertama yang mengikuti jejak ayahnya menjadi presiden. Pada 20 September 2004, ia kalah oleh Susilo Bambang Yudhoyono dalam tahap kedua pemilu presiden 2004. Ia menjadi presiden setelah MPR mengadakan Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001. Sidang Istimewa MPR diadakan dalam menanggapi langkah Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang membekukan lembaga MPR/DPR dan Partai Golkar. Ia dilantik pada 23 Juli 2001. Sebelumnya dari tahun 1999-2001, ia menjabat Wakil Presiden di bawah Gus Dur. Megawati juga merupakan ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sejak memisahkan diri dari Partai Demokrasi Indonesia pada tahun 1999.

Angka kemiskinan. dan koma ekonomi politik sejak 1998. Memberikan suasana yang kondusif bagi situasi keamanan dan gonjang-ganjing politik. Berani menghentikan hutang baru. Nilai Kurs Rupiah yang Stabil (Rp. 2 (dua) orang pengemplangnya telah dijebloskan ke penjara. 7. . Megawati: ”sudah terlalu banyak orang berbicara” 4. Indonesia berhasil keluar dari IMF pada tahun 2003 yang menandakan Indonesia sudah keluar dari krisis 1998 dan Indonesia yang lebih mandiri. dengan keberanian menerbitkan Keppres R & D sehingga masalah berat ini tidak perlu diwariskan ke pemerintahan selanjutnya. Hanya seorang mbak Mega yang membuat hangar-bingar politik pada waktu itu mereda. 2. 9. Sejak pertama kali dilantik. pemerintahannya memberikan kondisi yang kondusif untuk membangun kembali ekonomi yang porakporanda sejak terjadinya krisis. hingga 2001.-/USD) dan stabilnya harga bahan-bahan pokok. Kurs Rupiah. Dimulainya pemberantasan KKN dan penegakan hukum dengan menghukum kroni-kroni penguasa yang berpengaruh di masa lalu yang melanggar hukum ke Nusakambangan. Kemauan yang kuat untuk menyelesaikan masalah BLBI sejak 1998. Pada akhirnya kepatutan politik harus dijalankan dan diterima oleh semua pihak ketika Ibu Megawati terpilih secara aklamasi di MPR untuk menjadi Presiden RI yang ke 5. Menyehatkan perbankan nasional yang runtuh setelah 1998 yang ditandai dengan dibubarkannya BPPN pada Feb 2004. 8. 6. pendarahan.Inilah 30 Prestasi Pemerintahan Megawati 1. meliputi inflasi. Menstabilkan fundamental ekonomi makro yang porak poranda sejak 1998. 3. 8500. dan Pertumbuhan Ekonomi. 5. Saat ini perbankan nasional relatif sehat. BI rate.

Meksiko untuk selama 20 tahun ke depan. Negara tidak merugi sepeserpun. Tidak terjadi ledakan privatisasi BUMN untuk menghentikan pendarahan perusahaan BUMN dan kebangkrutan ekonomi. 18. Dan tidak terkurung NeoLiberalisme. Harga BBM yang stabil tidak naik dan tidak berubah berkali-kali. Menyehatkan BUMN. KPK (Komisi Pemberantasn Korupsi) didirikan pada masa pemerintahan Megawati pada tahun 2003 dan Undang-Undang KPK tahun 2002. 13. dan sosial penggunanya. tidak terjadi kelangkaan pasokan minyak. 17. Berhasil menghasilkan 45 milyar USD dari penjualan LNG Tangguh ke China. 16. melainkan kerusakan kejiwaan (mental). dan demi penghormatan kepada mantan pemimpin negara 11. 14. 15. jasmani. Harga kontrak dapat dievaluasi setiap 4 tahun. Mulai membangun sistem ekonomi kerakyatan. dan tidak menjadikannya sebagai sebuah program. Tidak menyeret mantan penguasa ke pengadilan sesuai tuntutan arus reformasi. karena kerusakan memori sehingga pengadilan tidak akan berjalan semestinya.dan tidak terjerumus menilai rakyat kecil dengan membagi-bagikan uang. NB: yang terburuk dari penyalahgunaan narkotika dan obat2an psikotropik bukanlah kematian. Dimulainya pemberantasan kejahatan narkotika secara konsisten. Korea.10. Mulai . Tidak membiarkan pemerintahannya terkooptasi oleh konflik kepentingan konglomerat atau pengusaha bermasalah sehingga tidak terjadi State Capture Corruption. pada saat ekonomi negara bangkrut bagaikan pengemis yang tak dilirik sama sekali. dan melakukan operasi pasar yang efektif untuk menstabilkan harga bahan pokok. Keberanian menerbitkan Keppres no 34/2004 tentang penertiban bisnis TNI 12. Dibangun dan diresmikannya LP Khusus narkotika di Cipinang.

berhasil mengungkap jaringannya. Dimulainya membenahi sistem transportasi dengan Busway. Keberhasilan mengungkap dan menangkap para pelaku terorisme termasuk pelaku bom bali I (satu). Jembatan Surabaya Madura (Suramadu). Kapolri : Dai Bachtiar.membangun infrastruktur di daerah tertinggal. Didirikannya Akademi Intelijen yang pertama di Indonesia 25. NB : Bom Bali II tidak meledak pada masa pemerintahan Megawati 26. menjaga citra kemandirian Indonesia dari kooptasi AS 23. 19. Rel ganda kereta api. Bergairahnya kembali ekonomi dirasakan oleh masyarakat. Diantaranya Tol Cipularang (Cikampek-Bandung) sekaligus dalam rangka peringatan KAA. 22. Menekan defisit anggaran dalam APBN setiap tahun sehingga penghematan yang dilakukan dapat digunakan untuk biaya pendidikan. Memulai dan melakukan pembangunan infrastruktur yang vital setelah pembangunan berhenti sejak 1998. Tol Cikunir. sehingga teror pada tahun berikutnya menjadi berkurang. antara lain dengan stabilnya harga bahan pokok. Berhasil menghasilkan Devisa negara hanya dalam dua tahun mengimbangi perolehan devisa 25 tahun dalam pemerintahan sebelumnya. 21. mobil “murah” Avanza. Beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa yang berprestasi. Berhasil menarik Pajak yang jumlahnya sama dengan pajak sembilan tahun dan menghentikan hutang baru. Membeli pesawat tempur Sukhoi & heli Mi-35 dari Rusia tanpa memberatkan APBN dan gembar-gembor. Xenia. dan bebas biaya pengobatan untuk puskesmas di pinggiran. menjamurnya bisnis pulsa handphone. Politik luar negeri yang lebih bebas dan aktif diantaranya dengan mengutuk agresi militer AS dan menolak permintaan AS untuk menyerahkan tahanan dari Indonesia 24. . 27. Tidak terjerumus dengan kata ‘gratis’ 20. bebas SPP untuk SD sampai SLTP.

dan anggaran. dengan melibatkan wartawan dan jurnalis untuk pengecekan pelanggaran HAM. 35.pembangunan. . juga terorisme. 30. juga melalui perjanjian Helsinski dengan prakarsa Pak Jusuf Kalla (Menkokesra) 31. hanya 5 (lima) menit setelah Presiden Megawati mengunjungi Bursa Efek Jakarta dan menyampaikan pidato singkatnya pada awal perdagangan 2004. 32. Sulawesi Barat. Bergairahnya ekonomi ditandai dengan IHSG yang langsung melejit ke level tertingginya sejak 1998. Hujatan justru datang dari anak bangsa sendiri. Tidak ada satupun pihak luar negeri yang mengkritik dan mengingkari keberhasilan ekonomi dan hukum pemerintahan Ibu Megawati yang telah mengangkat Indonesia berdiri kembali dari lumpur keruntuhan. Ibu Megawatilah yang pertama kali mengomentari bahwa jatuhnya banyak korban adalah andil kesalahan BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) . demi suatu opini pribadi atau ambisi sebagai seorang Presiden. Mengembalikan proporsi pendapatan Arun sebagian besar kepada rakyat Aceh dgn status daerah Otonomi Khusus dan menangkap petinngi GAM dan anggota GAM yang bersenjata dan yang sering melakukan pembakaran dan penarikan pajak tidak sah. Pada waktu setelah terjadi tsunami. Paling Banyak Undang-Undang yang telah disahkan (sekitar 40 UU dan 20 Keppres) dalam waktu 3 tahun untuk memberikan kondisi kondusif bagi legislatif menjalankan fungsinya. dan pidato Ibu Presiden Cut Nyak Megawati di Aceh menggelegar di siang bolong membangunkan dan memberikan harapan bagi rakyat Aceh. 33. ibu Megawatilah yang pertama kali mengatakan untuk kita mewaspadai lingkungan. dan Papua Barat 29. Ibu Megawati tidak pernah ingin mengorbankan masa depan rakyat. waktu. Dimulainya diplomasi-diplomasi internasional dan perjanjian damai RI-GAM (sebelum terjadi tsunami). dll. Sepertinya ibu Megawati sudah lama memikirkan Aceh. 34. 28. Pemerataan pembangunan dengan membentuk propinsi baru berdasarkan kebutuhan yaitu Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. demikian juga sewaktu bom Bali I. Berhasil membebaskan turis yang disandera GAM.

Mengembalikan hak pilih kepada rakyat melalui Pemilu 2004 yang tercatat dalam sejarah demokrasi. Ia juga tidak dapat meneruskan kuliahnya karena keputusannya sendiri.36. . Megawati : “Partai adalah sebuah alat perjuangan” 44. 38. sewaktu menjadi Wapres. Presiden Megawati mendapat gelar Doktor Kehormatan dari Waseda University Japan atas sikap konsisten yang taat hukum. Tidak pernah menggunakan cara-cara rezim yang mengandalkan propaganda di belakang layar. Ibu Megawati selalu bersikap konstitusional dan nasionalis. 45. Gelar itu diberikan atas kontribusinya dalam membangun mutual understanding antara rakyat dan interaksi antar peradaban. atas pengabdiannya kepada lembaga ketahanan nasional. atau gerakan dari bawah tanah. Megawati : “tidak ada negara yang dapat berdiri tegak tanpa konstitusi” Bahkan ketika tidak hadir dalam pelantikan presiden penggantinya bukan dengan alasan “karena sikapnya itu atau ini” tetapi dengan alasan “tidak ada konstitusi yang mengharuskan presiden sebelumnya harus hadir dalam pelantikan” dan beliau sudah mengucapkan selamat secara “konstitusional” melalui pidatonya. Manuver-manuver elite politik dan perbedaan pendapat akan tetap terjadi menjelang Pemilu. 41. pemberantasan KKN. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan pidatonya berjudul ‘keadilan sebagai dasar untuk membangun dunia baru’. yang sering disebut “the Dream Team”. demi sebuah prinsip dan keinginan konsolidasi sesama anakanak bangsa. MGIMO. terpuji. 39. ketika saat itu beliau diharuskan pindah dari organisasi Partai Nasional Indonesia yang dipecah jika ingin melanjutkan kuliah. 42. bersemangat. Berani memilih calon Wapres yang religius (dari kalangan NU) dan dapat dipercaya namun kurang popular pada Pemilu 2004. 43. 37. Mendapat gelar Alumni Kehormatan dari Lemhanas dan berhak memakai atribut Lemhanas. tetapi bedanya kini suara terbanyak rakyatlah yang menentukannya. Penghargaan sebagai Top 8 most powerful women in the world dan artikel majalah Time sebagai the princess who settled for the precidency. dan perannya membangun nilai demokrasi. Mendirikan Yayasan Kebun Raya Indonesia untuk melestarikan kebun-kebun raya yang ada di Indonesia sewaktu menjadi Wapres. rapi. Kebetulan kegemaran ibu Megawati adalah menanam tanaman. Sesuai dengan tradisi. Hali ini sangat baik jika dihubungkan dengan pertanian dan isu pemanasan global. 40. atau dari udara untuk mencapai kekuasaan. Tidak ada resuffle kabinet. Ibu Megawati menerima gelar itu dalam jubah khusus profesor. dengan tim Kabinet “pelangi” yang Baik dan Efektif. Kepemimpinan Ibu Megawati dinilai berhasil dalam waktu singkat 3 tahun. Mendapat gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Kementrian Luar Negeri Rusia.

Makassar. terutama berkaitan dengan pencabutan subsidi beberapa komoditas publik strategis seperti BBM dan listrik. Sementara untuk daerah luar Jawa meliputi Medan. Beliau juga tetap seorang ibu yang menginginkan suatu saat nanti akan ada lagi wanita yang sanggup dan mampu memimpin. Di samping itu. Responden adalah mereka yang 17 tahun dengan pendidikan minimal SLTA. politik yang berhati-hati bicara di depan wartawan tapi tak terbendung. Denpasar. Ibu Megawati juga selalu prihatin akan karakter nasional yang telah rusak dan gagalnya “transfer of knowledge” dalam sistem pendidikan bagi generasi muda. Ketokohannya telah diakui. PERBEDAAN POLA PENYUSUNAN POLITIK STRATEGI NASIONAL INDONESIA ANTARA ERA ORDE BARU & SETELAH REFORMASI .dini1ai banyak kalangan sebagai kurang populer. misalnya -. Sampling kota untuk daerah jawa terdiri dari DKT Jakarta. Kebijakan-kebijakan ekonomi Pemerintahan Megawati di bidang ekonomi -meski sebagian merupakan komitmen terhadap IMF dan Bank Dunia. Sehingga yang dijadikan kerangka sampling adalah buku telepon edisi 2001-2002 di 10 kota sampel. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 1250 responden yang terdistribusi secara proporsional antara daerah Jawa dan luar Jawa. 2001) di 5 kota besar di Indonesia. politik yang santun tapi selalu dikeroyok. Polling dilakukan di 10 kota di Indonesia yang meliputi sejumlah 3 (tiga kota di daerah Jawa dan 7 kota tujuh di luar jawa. Banjarmasin. sebagai tokoh yang dianggap paling memperhatikan dan memihak rakyat. Responden dipilih secara sistematik (systematic sampling). sebagaimana dinyatakan oleh 73% masyarakat. Palembang. yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden. Setelah sekitar selama 6 (enarn) bulan Megawati menggantikan Abdurrabman Wahid sebagai Presiden RI — sebagaimana yang ditunjukkan hasil survai ini -penilaian masyarakat terhadap kinerja Megawati sebagai Presiden mulai merosot. dan Surabaya. Kecenderungan semacam itu setidaknya dapat disimak melalui hasil polling CESDALP3ES tahun lalu (Februari. yang menempatkan Megawati. seperti dalam kasus proses pengadilan HAM yang melibatkan sejumlah petinggi militer. kinerja pemerintah Megawati di bidang politik juga memperoleh tanggapan yang kurang-lebih sama dengan bidang ekonomi. Bandung. Mataram dan Jayapura. Populasi dalam polling ini adalah rumah tangga pemilik telepon di 10 kota di Indonesia. sebagai pemimpin kharismatik dengan politik nasionalis yang berestetika.46.

strategi tidak hanya menjadi monopoli para jendral atau bidang militer. Karl von Clausewitz (17801831) berpendapat bahwa strategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan peperangan. Lebaga-lembaga tersebut adalah MPR. Politik merupakan rangkaian asas. Politics memberikan asas. tetapi telah meluas ke segala bidang kehidupan. Dengan demikian definisi politik nasional adalah asas. Sedangkan strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.Kata “Politik” secara etimologis berasal dari bahasa Yunani Politeia. Penyusunan Politik dan Strategi Nasional Politik dan strategi nasional yang telah berlangsung selama ini disusun berdasarkan sistem kenegaraaan menurut UUD 1945. jalan. UUD 1945. Politics dan policy mempunyai hubungan yang erat dan timbal balik. Kekuasaan 3. Dasar Pemikiran Penyusunan Politik dan Strategi Nasional Penyusunan politik dan strategi nasional perlu memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam sistem manajemen nasional yang berlandaskan ideologi Pancasila. yaitu negara dan teia. berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri. arah. Pelaksanaan tujuan itu memerlukan kebijakan-kebijakan umum (public policies) yang menyangkut pengaturan. pengambilan keputusan. jalan. dan medannya. Distribusi Strategi berasal dari bahasa Yunani strategia yang diartikan sebagai “the art of the general” atau seni seorang panglima yang biasanya digunakan dalam peperangan. pengembangan. pembagian. Dalam bahasa Indonesia. Sedangkan perang itu sendiri merupakan kelanjutan dari politik. Pengambil keputusan 4. Politik secara umum menyangkut proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakannya. kekuasaan. cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki. Negara 2. Dengan demikian. atau alokasi sumber-sumber yang ada. keadaaan. dan pengendalian) serta penggunaan kekuatan nasional untuk mencapai tujuan nasional. dan arah tersebut sebaik-baiknya. yang akar katanya adalah polis. strategi adalah cara untuk mendapat-kan kemenangan atau pencapaian tujuan. . usaha serta kebijaksanaan negara tentang pembinaan (perencanaan. jalan. haluan. Wawasan Nusantara. Politik dan Strategi Nasional Politik nasional diartikan sebagai kebijakan umum dan pengambilan kebijakan untuk mencapai suatu cita-cita dan tujuan nasional. 1. DPA. pemeliharaan. berarti urusan. sejak tahun 1985 telah berkembang pendapat yang mengatakan bahwa jajaran pemerintah dan lembaga-lembaga yang tersebut dalam UUD 1945 merupakan “suprastruktur politik”. dan Ketahanan Nasional. prinsip. kebijakan (policy). politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan negara. Kebijakan umum 5. dan distribusi atau alokasi sumber daya. Dalam pengertian umum. Presiden. sedangkan policy memberikan pertimbangan cara pelaksanaan asas. DPR. Dengan demikian. politik dalam arti politics mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa.

b. dan kelompok penekan (pressure group). Polstanas pada era orde baru Seperti kita ketahui pada masa orde baru negara kita menjalankan politik strategi nasional berdasarkan GBHN yang dibuat oleh MPR dimana saat itu Presiden merupakan mandataris MPR. Namun jauh kebelakang dimasa pemilihan langsung Presiden dan Wakil Presiden mereka telah mengungkapkan semua visi dan misi termasuk janji-janji yang mereka sampaikan. c. yang dilaksanakan oleh presiden sesungguhnya merupakan politik dan strategi nasional yang bersifat pelaksanaan. GBHN yang pada masa orde baru digunakan sebagai acuan penyusunan poltranas kini diganti dengan dengan pidato visi dan misi dari Presiden dan Wakil Presiden yang disampaikan pada saat sidang MPR ketika diangkat secara resmi dan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden. maupun bidang Hankam akan selalu berkembang karena: a. Semakin terbukanya akal dan pikiran untuk memperjuangkan haknya. Semakin meningkatnya kemampuan untuk mengatasi persoalan seiring dengan semakin tingginya tingkat pendidikan yang ditunjang oleh kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. yang mencakup pranata politik yang ada dalam masyarakat. Pandangan masyarakat terhadap kehidupan politik. Polstranas merupakan suatu kebijakan yang disusun berdasarkan pokokpokok pikiran yang terdapat dalam sistem manajemen bangsa kita yang berlandaskan ideology kita yaitu Pancasila. MA. kelompok kepentingan (interest group). berbangsa. Kebijakan ini kemudian berubah dengan adanya pemilihan langsung oleh rakyat terhadap Presiden dan wakil presiden sejak tahun 2004. d. Strategi nasional dilaksanakan oleh para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah non departemen berdasarkan petunjuk presiden. Suprastruktur dan infrastruktur politik harus dapat bekerja sama dan memiliki kekuatan yang seimbang. dengan demikian GBHN tersebutlah yang akan menjadi acuan sebagai politik strategi nasional. Saat ini Presiden dan Wakil presiden terpilih kita Susilo Bambang Yudhoyono dan Budiona tentunya berusaha menjalankan visi dan misinya sebaik mungkin dalam masa periode kepemimpinannya . Dengan berlandaskan hal itulah menjadi acuan dalam menyusun Polstranas.BPK. karena didalamnya terkandung dasar negara. Semakin kritis dan terbukanya masyarakat terhadap ide baru. sosial budaya. media massa. Mekanisme penyusunan politik dan strategi nasional di itngkat suprastruktur politik diatur oleh presiden/mandataris MPR. e. Semakin meningkatnya kemampuan untuk menentukan pilihan dalam pemenuhan kebutuhan hidup. cita-cita nasional dan konsep strategi bangsa Indonesia dan tujuan yang luhur yaitu mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial. Sedangkan proses penyusunan politik dan strategi nasional di tingkat suprastruktur politk dilakukan setelah presiden menerima GBHN. seperti partai politik. UUD 1945. dan bernegara. Sedangkan badan-badan yang ada dalam masyarakat disebut sebagai “infrastruktur politik”. Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional. organisasi kemasyarakatan. Itu sebabnya secara langsung mereka bertanggung jawab secara moral terhadap apa yang mereka sampaikan ketika masa kampanye pemilihan presiden karena kebijakan itu menyangkut keberlangsungan seluruh rakyat Indonesia terutama karena visi dan misi yang telah disampaikan merupakan rangkaian kebijakan yang akan dilaksanakan akan menjadi kebijakan politik strategi nasional selama pemerintahan berlangsung dalam satu periode. ekonomi. Semakin tinggina kesadaran bermasyarakat.

Sebagai akibat dari ditiadakannya GBHN setelah masa reformasi. sosial. memajukan kesejahteraan umum. Periode ini ditandai oleh tiga poin penting. politik. Proses politik dalam penyusunan RPJMN terjadi pada saat Pemilihan Umum dengan anggapan bahwa masyarakat memilih Presiden berdasarkan visi. Dalam penyusunan polstranas tersebut hendaknya presiden tetap memuat tujuan-tujuan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. 3. program Presiden terpilih. Presiden selaku pemimpin pemerintahan dalam melaksanakan semua visi dan misinya sebagaimana diatur dalam UndangUndang Dasar dibantu oleh para menteri dan para menteri yang diangkat oleh presiden yang akan melaksanakan kebijakan politik startegi nasional tersebut. Selanjutnya rancangan Renstra ini disampaikan ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Negara untuk digunakan sebagai bahan penyusunan Rancangan RPJMN. dan program yang ditawarkan selama kampanye. Dengan menggunakan rencana teknokratik serta visi.sebagai kebijaksanaan dasar nasional dalam pembangunan nasional. budaya dan hankam. pada periode ini dirumuskan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) sebagai acuan penerapan Polstranas yang mirip dengan GBHN. Ditiadakannya GBHN sebagai pedoman penyusunan rencana pembangunan nasional. . mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan. yaitu: 1. 2. misi. Rancangan Awal ini dibahas di Sidang kabinet untuk mendapatkan kesepakatan dan komitmen. Penguatan kedudukan lembaga legislatif dalam penyusunan APBN. Dengan disusunnya politik strategi nasional maka sasaran kebijakan yang akan dilaksanakan hendaknya menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dalam proses ini. aspirasi masyarakat yang teramati ataupun sebagai hasil olah pikir para profesional menjadi bahan penyusunan rencana. guna mewujudkan tujuan luhur negara sebagaimana yang telah disampaikan tadi di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Upaya lembaga eksekutif dalam penyusunan Polstranas Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dimulai pada tahun terakhir dari periode RPJMN yang berjalan dengan melaksanakan perencanaan teknokratik baik oleh Kementerian Perencanaan maupun oleh Departemen/Lembaga. Diperkuatnya otonomi daerah dan desentralisasi pemerintah dalam NKRI. misi. Pada masa sekarang ini tentunya peranan warga negara akan semakin tampak dalam hal ini masyarakat sendiri yang akan menjadi pengamat langsung dalam dijalankannya politik strategi nasional yang telah dibuat dan dilaksanakan oleh para penyelenggara negara. Pemerintah harus mengambil langkahlangkah pembinaan terhadap masyarakat dengan mencantumkan sasaran yang dituju pada masing-masing bidang karena hal ini jelas menyangkut kelangsungan bangsa kita baik itu dibidang ekonomi. Kementerian PPN menyusun Rancangan Awal RPJM Nasional. Rancangan Awal yang disepakati ini digunakan pedoman bagi Kementerian/Lembaga dalam menyusun rancangan Renstra mereka. Polstranas pada era setelah reformasi Masa kepemimpinan Presiden SBY (2004-2009) Pada masa kepemimpinan Presiden SBY ini merupakan Polstranas pada era setelah reformasi dan perkembangan demokrasi yang lebih mapan yang ditandai oleh amandemen UUD 1945 yang sangat signifikan sebagai bagian dari gerakan reformasi nasional dan pelaksanaan tahun pertama Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Busway. Dokumen RPJMN memuat prioritas nasional yang menjadi agenda Presiden terpilih Peran lembaga legislatif dalam proses penyusunan Polstranas Lembaga eksekutif tidak sendirian dalam proses penyusunan Polstranas.kurs yg semula 11. Stabilisasi di bidang ekonomi meliputi : .Program moratorium hutan Indonesia dgn China. antara lain: membuat peraturan tentang penyusunan dan pelaksanaan Polstranas. tol Cikunir. 3. Jembatan Suramadu.Rancangan RPJMN dibahas di Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) untuk mendapatkan aspirasi dari para pemangku kepentingan dan masyarakat yang hasilnya digunakan untuk menyempurnakan Rancangan RPJMN menjadi Rancangan Akhir RPJMN. serta membahas dan menolak atau menyetujui usulan tersebut dari eksekutif. 2. misalnya pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan Polstranas dan penggunaan APBN. Kemudian Presiden menetapkan RPJMN dengan Peraturan Presiden.Indonesia mampu menjual lng senilai 47 milyar dolar ke Korea. Fungsi Anggaran.pertumbuhan ekonomi mencapai yg semula 3% meningkat menjadi 5. dll dan dimulai pembangunan tol trans Jawa (yg skrg terbengkalai). Dengan adanya ketiga fungsi tersebut di atas.perbankan semakin sehat ditandai dgn pembubaran BPPN . Fungsi Legislasi. Pemerintah daerah juga menyesuaikan RPJM mereka dengan memperhatikan sasaran-sasaran pembangunan dalam RPJMN tersebut. dan tol Cirebon.Indonesia mencapai swasembada beras untuk kedua kalinya dlm sejarah . Uni Erofa dan Jepang . fungsi ini mencakup kerja lembaga Legislatif sebagai pembuat peraturan. monorail dan banjir kanal timur di Jkt .9% . China dan Meksiko . fungsi ini mencakup kerja lembaga legislatif dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja lembaga eksekutif. diharapkan dalam pelaksanaannya lembaga eksekutif benar-benar menyusun kebijakan Polstranas Indonesia dengan matang dan memihak kepada rakyat. yang mempunyai fungsi tersendiri dalam penyusunan Polstranas. fungsi ini mencakup kerja lembaga Legislatif dalam penyusunan APBN.5% . Diantaranya adalah stabilisasi ekonomi dan politik. serta menerapkan peraturan tentang penggunaan APBN.harga2 kebutuhan yg relatif stabil ditandai turunnya angka inflasi yg pd pemr sebelumnya 12% menjadi 6. antara lain: menyetujui atau menolak dan menetapkan RAPBN menjadi APBN.Indonesia lepas dari IMF dan mengambil program post monitoring sehingga tidak lagi didikte oleh IMF .000 menjadi sekitar 8500 per dolar .Dll . yang selanjutnya digunakan sebagai pedoman bagi Kementerian/Lembaga untuk menyempurnakan Renstranya masing-masing. Mereka juga didampingi oleh lembaga Legislatif.Pembangunan infrastruktur2 besar seperti Tol Cipularang. Tol lingkar luar. yaitu: 1. Pada masa kepemimpinan Megawati selama 3 tahun beberapa prestasi terukir.Blok cepu tidak pernah jatuh ke tangan asing . sehingga dapat mencapai tujuan Nasional bangsa Indonesia. Secara garis besar fungsi lembaga Legislatif dalam proses penyusunan Polstranas terbagi menjadi tiga poin utama. Fungsi Pengawasan.

dll . dll . serta watak neoliberal rejim SBY yang lebih agressif dibanding sebelumnya. soal pencabutan subsidi. Untung Bursah. 2010. supaya rakyat lebih mudah memahami perbedaan era pemerintahan SBY dan pemerintahan sebelumnya. tanpa menimbulkan kegaduhan dan secara independen . dan penjara kelas kakap Nurdin Halid. privatisasi telah mengarah para pengguna jasa untuk membeli dengan harga yang lebih mahal.Citra militer yg bebas dari AS dgn pembelian pesawat Sukhoi dan Mi35 dari Rusia tanpa memberatkan APBN (dgn sistem barter dgn CPO) . Pada kenyataannya. (viii) mempromosikan anti-intervensionisme. sehingga cenderung disebut menihilkan peran negara. Probosutedjo dan Bob Hasan. MK. ketimbang regulasi. Kita tidak akan menggunakan keseluruhan parameter tersebut.Menciptakan suasana politik yg tidak gaduh sehingga DPR bisa menjadi lembaga legislasi paling produktif sepanjang sejarah Indonesia . dan memenjarakan 4 obligor yg tidak kooperatif yaitu David Nusa Wijaya. Kebijakan Privatisasi Secara teoritis. tetapi hanya mengambil beberapa point kebijakan neoliberal yang familiar bagi rakyat luas. Baiklah. bagi penganut neoliberal. (iv) mengurangi subsidi dan jaminan sosial untuk public. mengutip Vincent Navarro. (vi) mempromosikan individualisme dan konsumerisme. Tujuannya. (iii) deregulasi perdangan barang dan jasa. dan liberalisasi ekonomi. sll . (v) privatisasi dan penjualan asset strategis. (ii) deregulasi pasar financial. (i) deregulasi pasar tenaga kerja. serta mengindari distorsi pada makro dan mikro ekonomi akibat pelayanan public gratis (Carlos Vilas). tentu saja. karena perusahaan yang terprivatisasi kini menggunakan kriteria bisnis dan mencari keuntungan (profit). neoliberalisme merupakan teori ekonomi yang benar-benar membebaskan pasar bertindak. KO.Dibentuknya lembaga2 independen penting seperti KPK. KY. yg dikalahkan oleh orang yg kemudian terbukti tidak kompeten dan menang karena kegantengan dan kesantunannya. 10:28:42 PM » Secara teoritik.Melaksanakan pemilu 2004 paling rumit didunia secara bebas dan jurdil Itulah sekelumit prestasi megawati selama 3 tahun menjadi presiden.Arah penyelesaian kasus BLBI yg jelas dan tidak gaduh. seperti soal privatisasi.Awal diberantasnya terorosme di Indonesia tanpa membunuh terorisnya dgn penangkapan Imam Samudra. untuk membuat pelayanan menjadi lebih efisien. privatisasi dimaksudkan sebagai jalan untuk mengatasi masalah kekurangan financial.Diadilinya dan dipenjarakannya kroni2 terdekat soeharto seperti Tommy. melalui penerapan sistim kontrak dan outsourcing. kita memperbandingkan privatisasi di jaman Megawati dan pemerintahan SBY . diantaranya dgn keberanian menerbitkan R&D kpd debitor yg tlh melunasi utangnya. (vii) pengembangan teori dan narasi yang memuji-muji keunggulan pasar. PPATK. Garis Perbedaan Kebijakan Ekonomi Era Megawati dan SBY « on: August 24. Disini. pokok kebijakan neoliberalisme adalah sebagai berikut. utang luar negeri.Di bidang politik : .

Semasa pemerintahan Megawati. Bedanya. khsusunya IMF dan bank dunia. baik dari Bank Dunia. dan bahkan surplus. SBY menjalankan privatisasi memang berdasarkan scenario neoliberalisme. SBY benar-benar “royal” dalam mengobral BUMN dibandingkan pemerintahan sebelumnya. pemerintahan SBY terlalu banyak melakukan kebohongan terhadap publik. di bawah pemerintahan SBY. dsb. sementara megawati menjalankannya sebagai pertimbangan pragmatis dalam situasi darurat. Jika dibandingka dengan era Soeharto pun. Soal utang kepada IMF. 3. Yang terprivatisasi 12 BUMN. 1. kondisi APBN cenderung membaik. 2. misalnya. jumlah utang luar negeri Indonesia bertambah sebesar Rp 12 triliun. 12 BUMN kepada investor strategis. maka SBY menjalankan privatisasi dengan dimandori secara lansung oleh Bank Dunia.sekarang ini. ADB. pemerintah Indonesia 14 kali memprivatisasi BUMN. Paris Club. Seperti diketahui. pertimbangan melakukan privatisasi dijaman megawati adalah untuk mencari pendanaan untuk menutupi deficit APBN. Berdasarkan catatan kami. yaitu 3. Megawati menambah utang rp 4 triliun pertahun. Dalam tiap tahunnya. Soal Utang Luar Negeri 1. dan beberapa BUMN lainnya kepada asing. Periode 1991-2001. 2. menjalankan kebijakan privatisasi berdasarkan desakan dari luar. 662 triliun (2004) menjadi Rp. Dari segi jumlah BUMN yang diprivatisasi. hanya dalam setahun 44 BUMN dilego. Megawati mewarisi sebuah kondisi ekonomi yang compang camping akibat krisis ekonomi 1997. Artinya. melalui stuctrual adjustment program (SAP). sementara pemerintahan SBY menambah utang sebesar 80 trilyun pertahun. SBY mengatakan bahwa jumlahnya semakin menurun. sementara soeharto menambah 1500 trilyun dalam 32 tahun. Habibie. SBY masih jauh lebih “beringas”. Selain itu. maupun dari utang bilateral. tetapi angka kumulatif utang luar negeri terus bertambah dari donatur di luar IMF. Secara faktual. Jadi. dimana SBY menambah 80 trilyun pertahun. tercatat terjadi peningkatan total utang luar negeri secara signifikan dari Rp. Soal kebijakan utang luar negeri. 920 triliun (2009). . Sementara di bawah pemerintahan SBY. 3. bayangkan. jika Megawati hanya melanjutkan kesepakatan yang dibuat pemerintahan sebelumnya. Sedangkan dibawah SBY. SBY jauh lebih agressif ketimbang Megawati. Artinya Pemerintahan SBY “berhasil” membawa Indonesia kembali menjadi negara pengutang dengan kenaikan 392 triliun dalam kurun waktu kurang 5 tahun. situasinya cukup menggemparkan. Apalagi. misalnya. baik pemerintahan Megawati maupun Susilo Bambang Yudhoyono.5 tahun. Sementa itu. privatisasi kali ini disertai penjualan seluruh saham 14 BUMN industri.

ASEAN Jepang FTA. Sebagai misal. 3. pembayaran bunga dan cicilan pokok utang luar negeri menunjukkan tren yang meningkat. dan Indonesia Jepang EPA. sejak tahun 2004 sampai dengan tahun 2008. industri dan investasi. Liberalisasi Perdagangan dan Investasi 1. yang menyebabkan APBN tidak bisa berfungsi untuk mendanai pembangunan dan belanja capital. ASEAN India FTA. ada banyak industri di dalam negeri yang . Selain itu. sementara tingkat kenaikan BBM pada pemerintahan SBY adalah 64%. misalnya. SBY menjadi pengikut setia WTO dalam mendorong penghapusan tariff impor dan ekspor di kawasan Asia Tenggara. Sejak awal masa pemerintahan presiden SBY di tahun 2005 sampai dengan September 2008 total pembayaran bunga dan cicilan pokok pinjaman luar negeri sebesar Rp277 triliun. liberalisasi juga menyebabkan pasokan gas untuk industri juga mengalami kemandekan. banyak sektor Industri yang menderita kekurangan bahan baku. seperti ASEAN EU FTA. Selain itu. maka tingkat kenaikan BBM pada era pemerintahan Megawati adalah 31%. dia berusaha memperpanjang kontrak dengan IMF melalui Post Program Monitoring (PPM). harus tutup. Pada masa pemerintahan SBY. pemerintahan SBY jauh lebih agressif dalam mencabut subsidi BBM. ketika Budiono menjabat menteri keuangan. Di bidang perdagangan. secara factual. Industri rotan. Dua pabrik pupuk besar. Di bidang industri. Untuk diketahui. padahal sidang MPR mengamanatkan kepada pemerintah untuk mengakhiri kerjasama dengan IMF. Hal inilah. 2. harus tutup dan mengalami kebangkrutan karena SBY meliberalisasi rotan Indonesia.4. ASEAN Korea Selatan FTA. 6. liberalisasi ekonomi berlangsung di bidang perdagangan. 5. Soal pencabutan Subsidi Dalam hal pencabutan subsidi BBM. di bawah pemerintahan SBY. Pada tahun 2003. outstanding Utang luar negeri Indonesia sejak tahun 2004-2009 terus meningkat dari Rp1275 triliun menjadi Rp1667 triliun. Di sektor energi. yaitu PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) dan Asean Aceh Fertilizer (AAF). 4. SBY juga aktif dalam mendorong Free Trade Agreement (FTA) dengan negara-negara lain. Sementara itu. Dihitung berdasarkan persentase.

Artinya. selain itu. sebagai dampak penerapan liberalisasi investasi. 25/2007 dan Peraturan Presiden No. SBY juga begitu aktif dalam mengaprove proposal yang diajukan WTO. pada masa pemerintahan Megawati. yaitu Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perlindungan . UU PM ini juga menjamin kepemilikan saham oleh pihak asing hingga 100%. 7. Tidak seperti SBY sekarang ini. Di sektor jasa. Selain itu. 2. pemerintahan SBY menghasilkan RUU BHP yang mengarahkan pendidikan pada mekanisme pasar. dengan UU PM ini. Indonesia tidak punya lagi kedaulatan ekonomi. sekitar 7 juta hektar diserahkan untuk korporasi perkebunan dan sekitar 31 juta hektar diserahkan untuk korporasi kehutanan. puncak liberalisasi di era pemerintahan SBY adalah pengesahan pengesahan UU Penanaman Modal No. Aspek-Aspek Kemandirian dalam Pemerintahan Megawati 1. tidak ada lagi perlakuan yang berbeda antara modal asing dan dalam negeri. selain itu. pemerintahan Megawati berusaha keras untuk keluar dari jebakan IMF. seperti kerjasama pembelian pesawat Sukhoi dengan Rusia dan kerjasama perdagangan dengan China. kerjasama ekonomi dan politik juga dilakukan diluar blok AS dan sekutunya. Di masa pemerintahan Megawati. akibat keputusan pemerintahan SBY meliberalkan sektor energi dan menerapkan kebijakan ekspor bahan mentah. Untuk perlindungan terhadap perempuan dan TKI di luar negeri. pihak asing mengontrol hingga 85-90% pengelolan migas nasional. pemerintahan megawati pernah mengajukan tiga RUU. di sektor migas. 3. dengan menandatangi post program monitoring (PPM) yang berarti melanjutkan campur tangan IMF secara sembunyisembunyi. Sebanyak 65% kepemilikan saham di pasar modal adalah asing. Dalam UU Penanaman Modal yang dihasilkan pemerintahan SBY tersebut. akibatnya 85% produksi migas nasional dikontrol oleh pihak asing. menteri keuangan waktu itu. misalnya. misalnya. dimana benar-benar terfokus dan ditentukan oleh AS dan negara-negara kapitalis maju. khususnya pendidikan dan kesehatan. Di bidang pendidikan. 8. 76 dan 77. kerjasama ekonomi dan politik luar negeri tidak begitu determinis di bawah kendali sebuah negara. Kemudian. Lebih dari 95 juta hektar lahan telah diserahkan kepada perusahaan minyak di sektor hulu dalam rangka ekploitasi minyak. usaha itu dibiaskan oleh Budiono. Hanya saja. Sebesar 14 milyar dollar AS kepemilikan SBI dan SUN adalah asing. sebagai dampak dari liberalisasi yang diperkenalkan SBY. Lebih dari 40 juta hektar diserahkan dalam rangka eksploitasi mineral dan batubara. 6.menderita kekurangan pasokan energi. 5.

14 persen dari total angkatan kerja. Jika mengacu pada BPS yang dikendalikan SBY. dan diklaim prestasi SBY. Seperti dalam kasus penghitungan pengangguran.4% atau inflasi perumahan dan pendidikan yang mencapai 11% dan 9%. klaim penciptaan lapangan kerja baru sebesar 2. meningkat menjadi 69% pada tahun 2008. bahan pangan. Penghitungan ini tidak akurat.Terhadap Korban Kekerasan di Lingkungan Kerja dan Rumah Tangga. 2. BPS juga menggunakan standar minimum dalam menghitung angka kemiskinan. Pekerja informal ini termasuk kelompok unpaid worker (istri. Selain itu. pekerja serabutan dan orang yang ikut kampanye dan kegiatan partai. klaim SBY berhasil mensejahterakan benar-benar menyesatkan. Proses Manipulasi Prestasi Ekonomi Pemerintahan SBY Pengangguran 1. adalah pertumbuhan pekerja informal. Porsi kerja Informal yang pada tahun 2005 hanya 63%. maka tingkat pengangguran terbuka pada Februari 2009 mencapai 9. karena hanya mengacu pada . Jadi. Sebagai misal. apa yang dikatakan sebagai penurunan angka pengangguran dan pembukaan lapangan kerja baru oleh BPS. RUU Pekerja di Luar Negeri. seseorang disebut bekerja bila dapat bekerja sejam dalam seminggu. karena dibasiskan pada metode penghitungan yang tidak tepat. Klaim Swasembada Pangan Disini.6 juta ternyata 41%nya adalah lapangan kerj sector jasa kemasyarakatan. karena tidak didukung data-data dan fakta lapangan. saudara.5% dan 16. 2. penjual asongan. Hal ini jelas manipulatif. pendidikan dan perumahan adalah salah satunya. dan RUU Tindak Pidana Perdagangan Orang. Inflasi makanan dan bahan makanan masing-masing sebesar 12. Dalam penghitungan BPS. angka prestisius SBY itu bertolak belakarang dengan tingginya inflasi untuk makanan. Kemiskinan 1. Dengan metode ini. anak. dapat disebut sebagai pekerja. Padahal. karena akhirnya tidak menjelaskan angka real orang yang bekerja dan memperoleh pendapatan yang layak. dll). Pantas bila pada tahun 2008.26 juta atau 8. maka kelompok pekerja informal termasuk orang yang bekerja menjadi ‘pak ogah' di pagi dan sore. ketiga hal tersebut sangat mempengaruhi pendapatan masyarakat bawah dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. metode penghitungan BPS juga sangat diragukan.

Soal serangan dan gangguan hama.4 persen (periode Oktober 2007-Maret 2008) di atas pencapaian luas tanam pada periode sama 2006/2007. petani harus memperolehnya dengan harga mahal. Ketika pemerintah berkoar-koar mengenai keberhasilan swasembada pangan. menyebabkan produksi pupuk nasional menurun. benih unggul. Menurut Andreas Maryoto. Jawa Tengah (Okezone.500 ton dengan sasaran areal tanam 1. 4.931 ha atau di atas serangan hama yang terjadi pada musim tanam di musim hujan 2006/2007 yang hanya 143. Hampir 5 tahun SBY memerintah. biasanya kualitas bibit yang didapatkan rendah. swasembada pangan pada tahun 2008 berhasil karena adanya peningkatan luas areal penanaman padi. 3. dimana penggunaan benih varietas unggul menjadi salah satu pilihan. berarti klaim pemerintah bahwa sistim irigasi menunjang produksi pertanian adalah bohong.5 juta hektar. ada serangan tikus. kresek.peningkatan areal pertanian padi. Tindak lanjutnya. dan pengelolaan pascapanen. seperti yang dirasakan petani di Sukoharjo. berdasarkan data. Belum lagi bantuan benih dalam bentuk Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU). pada bulan Februari tahun 2008 pemerintah mengimpor beras 500 ribu ton.com). Kalaupun dapat. Tutupnya sejumlah pabrik pupuk. 1. pemerintah mengalokasikan bantuan benih padi dalam APBN sebanyak 37. seperti yang ditulis Kompas edisi 24 februari 09. petani Indonesia tidak pernah berhenti dari kegelisahan karena kelangkaan pupuk. Artinya. ketersediaan air bagi pertanian bukan karena faktor irigasi yang baik. kalau benar sudah swasembada pangan. SBY juga menyebutkan sejumlah faktor yang mendukung pencapaian swasembada. kenapa harus mengimpor lagi? 2. yaitu mencapai 7. pupuk. pada musim tanam di musim hujan 2007/2008. suplai air. Selain itu. yaitu iklim kondusif. Di banyak daerah. tungro. petani masih sering kesulitan mendapatkan bibit. melainkan karena faktor cuaca pada musim kemarau yang cenderung basah seperti pernah terjadi pada 2003. Setidaknya. Baiklah. menurut versi SBY. Produksi pupuk di tahun 2008 diperkirakan hanya 6 juta ton. Jika benar. Pemerintah mengaku punya Program Peningkatan Produksi Beras (P2BN). Kalaupun ada. sementara konsumsi meningkat mendekati 9 juta ton. cadangan benih nasional. dan bantuan benih dalam bentuk subsidi harga kepada petani (Kompas). sistim irigasi sebagai penunjang pokok dalam memacu produksi pertanian berada dalam kondisi buruk. program semacam ini perlu diperiksa akurasinya di lapangan. Akan tetapi. Dan meman demikian faktanya.86 juta hektar atau 3.312 ha. (Kompas) . hama penggerak batang. terdapat 80% sistim irigasi di Indonesia mengalami kerusakan. 5. serangan hama penyakit. dan blas yang terjadi pada 208. kita bantah satu persatu kebohongan dari pemerintahan SBY ini. karena kebijakan ekspor gas pemerintah. Soal ketersediaan pupuk lebih parah lagi.

643 siswa SMP/madrasah tsanawiyah . Jalan di Indonesia sampai 2007 memiliki panjang sekitar 34.94%. Dalam tahun 2008 angka tersebut meningkat.000 siswa sekolah dasar dan 211. Saya mengira bahwa angka ini belum banyak berubah. Bahkan. 4.616 hingga satu juta orang perempuan yang diperdagangkan secara illegal.61 juta penduduk miskin berada di daerah perdesaan dan umumnya terlibat atau berhubungan dengan sektor pertanian.800 km. Swasembada pangan yang digembor-gemborkan oleh pemerintah. Hanong Santono. 2007). 2008). Pemicunya adalah kemiskinan dan perlindungan pemerintah yang lemah. 2. semenjak pemerintahan SBY. 5. . sisanya yang dalam kondisi rusak berat dan ringan 2. akibat keputusan pemerintah memprivatisasi pengelolaan air bersih. di mana sebagiannya merupakan warisan Pemerintah Kolonial Belanda.7 juta jiwa. dikatakan bahwa baru 32. 3. Berdasarkan data. Di bidang pendidikan. 72 persen kelompok petani miskin adalah dari subsektor pertanian pangan (BPS.3% penduduk Indonesia yang mempunyai rumah. terdapat 74. jalan raya yang dalam keadaan baik hanya 9. Sebanyak 23.500 km dan 3. total kepala yang tak mampu dididik oleh Negara hingga tahun 2009 adalah sebesar 13 juta jiwa.000 km.500 km (27. misalnya. menurut data resmi yang dihimpun dari 33 Kantor Komnas Perlindungan Anak (PA) di 33 provinsi. (Departemen PU. jumlah anak putus sekolah pada tahun 2007 sudah mencapai 11. Pelayanan Publik 1. Dari sudut kelayakan. terdapat 119 juta rakyat Indonesia yang belum mengakses air bersih. karena terjadi pertambahan putus sekolah sekitar 841. menurut Koalisi Rakyat untuk Hak Atas Air (KRuHA). pada kenyataannya tidak dapat mengangkat kesejahteraan kepada petani. pada tahun 2005. Jadi. Setiap tahunnya. sementara sisanya hidup memprihatinkan.6.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->