1. ALAT ORAL DIAGNOSTIK a.

KACA MULUT /MOUTHMIRROR/SPIEGEL CIRI-CIRI : Alat yang tangkainya dari logam / non logamdengan diujungnya terdapat kaca berbentuk bulat. Macam permukaan kaca : - datar - cembung Diameter kaca ada beberapa macam mulai dari nomor 3 sampai nomor 6. KEGUNAAN -Melihat permukaan gigi yang tidak dapat dilihat langsung mata -Membantu memperluas daerah pekerjaan yaitu dengan menahan pipi, lidah dan ,bibir. -Mengetahui adanya debris, karang gigi, lubang gigi. -Melihat hasil preparasi, tumpatan. -Melihat kelainan di dalam rongga mulut, lidah, gusi, palatum. PEMELIHARAAN : Setelah selesai dipakai, cuci bersih dan sterilkan. Disimpan/digunakan sesuai dengan fungsinya Bila kaca pecah/sdh buram kaca baru dpt diganti tanpa mengganti handle baru. KETERANGAN : Kurang atau semi kritis b. PINSET (DENTAL PINSET) CIRI-CIRI : Alat penjepit dari stainless steel dengan ujung jepitan melengkung/membentuk sudut. KEGUNAAN : Untuk menjepit kapas, kasa, tampon, cotton roll, cotton pellet, mata bur gigi. PEMELIHARAAN : Setelah selesai dipakai dicuci bersih dan disterilkan. Disimpan KETERANGAN : Alat kritis c. SONDE / PROBE / EXPLORER CIRI-CIRI : -Alat dari stainless steel/logam dengan bagian ujung yang runcing. -Ujung yang runcing hanya pada satu sisi ( single end atau di kedua sisi ( double end ). -Macam : Sonde bengkok/melengkung ½ lingkaran. Sonde lurus

KEGUNAAN : Mencari caries & mengukur kedalamannya Memeriksa adanya debris dan calculus. terutama di daerah yang tersembunyi atau di antara gigi. Alat-alat di atas merupakan alat utama yang pasti dipakai oleh dokter gigi ketika memeriksa ada-tidaknya kelainan untuk pertama kali. jika kita rajin berkunjung secara rutin dan teratur setiap 6 bulan sekali. 4.Disimpan KETERANGAN : Alat kritis d. yang digunakan yang tajam. -Bentuk ujungnya mempunyai berbagai ukuran. alat yang kedua ujungnya berbentuk seperti sendok. Pinset. tentunya bor dan tang yang jadi “momok” itu tak perlu dipergunakan. Kaca mulut.kotorannya atau sisa makanan -yang terdapat di dalam kavitas. mulai dari nomor nol s/d no. karena gigi kita telah terawat secara teratur. cement. Jadi. 6. -Mengambil kelebihan fletcher. Excavator. amalgam 1. Alat ini akan dimasukkan ke dalam rongga mulut untuk melihat keadaan gigi dan jaringan di sekitar gigi. Gunanya untuk mendeteksi adanya karies atau lubang gigi. Dengan ujungnya tersembunyi bisa dideteksi. Memeriksa adanya ferforasi atap pulpa. pinset digunakan untuk mengambil berbagai macam benda. PEMELIHARAAN : Setelah selesai dipakai dicuci bersih dan disterilkan. . lubang yang tersembunyi dapat dilihat oleh dokter gigi. 3. yaitu sebuah kaca kecil berbentuk bundar dan diberi gagang. karies yang kecil berupa titik atau yang untuk mengorek/membersihkan kotoran di dalam karies. Di bidang kedokteran gigi. yang digunakan utuk mengambil sesuatu. Tankainya bisa untuk tes perkusi Mengetahui tumpatan atau tepi tumpatan sudah rata/belum. bisa berbentuk melengkung atau lurus. Dengan alat ini. -Membongkaran tumpatan sementara. dari dalam rongga mulut. yaitu alat yang ujungnya tajam. 2. KEGUNAAN : -Membersihkan jaringan karies yang lunak dan kotoran. Sonde. EXCAVATOR CIRI-CIRI : -Alat dari stainlees steel dengan bagian ujungnya menyerupai sendok kecil. baik kapas maupun kotoran. Kaca mulut merupakan peralatan utama.

tapi agak sedikit rempong dan aneh tampaknya. . Fungsinya untuk memudahkan penglihatan doktergigi mencapai bagian mulut/ gigi di belakang -yang notabene semakin menyempit. 2.. Sonde Sonde ini. 1. Bisa aja make kaca spion. Kaca mulut juga digunakan untuk memantulkan bagian dalam gigi yang telah dibor. bentuknya ada yang melengkung kayak bulan sabit dan ada yang lurus. Tiap bentuk memiliki fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan dokter gigi.dan memantulkan cahaya dari kursi lampu gigi. Kaca Mulut Alat dasar dokter gigi ini digunakan untuk memeriksa bagian gigi mulut yang sempit dan gelap.Berikut fungsi khusus dari alat-alat dasar doktergigi tersebut. untuk membantu mengeluarkan „kotoran‟ yang ada didalamnya.

yang sulit dilakukan menggunakan jari. Bisa terlambat mencegah lubang gigi. dengan bentuk seperti sendok. Kalo ujungnya gag tajem. Juga digunakan untuk memasukkan bahan tertentu ke dalam gigi. alat dasar dokter gigi ini memiliki ujung ganda. nanti gag bisa nyangkut. bisa jadi itu adalah awal karies [lubang] gigi. 3. Excavator. dengan bagian bawahnya yang cembung. Fungsinya. . sesuai asal katanya. adalah untuk mengeruk [ekskavasi] bagian dalam gigi yang kotor [sisa ruang pulpa mati] atau menekan bahan yang dimasukkan ke lubang gigi. Kalu pada saat digesekkan ke permukaan gigi ada yang sangkutan.Berujung tajam. seperti buntalan kapas kecil (cotton-pellet). Berasal dari kata excavator [mengeruk]. karena digunakan untuk „disangkutkan‟. pecahan gigi atau tulang saat pencabutan gigi. Pinset Gigi Alat dasar dokter gigi ini digunakan untuk mengambil benda kecil. misalnya pada perawatan syaraf. 4.

Excavator : membuang jaringan keras yang lebih lunak. Dental pinset d.. Kaca mulut : menarik pipi dan bibir. Sonde tajam : mengetahui dalamnya karies c. dan untuk mengontrol cahaya b. lubang yang tersembunyi dapat dilihat oleh dokter gigi. membuang tumpatan sementara. Alat ini akan dimasukkan ke dalam rongga mulut untuk melihat keadaan gigi dan jaringan di sekitar gigi. Kaca mulut merupakan peralatan utama. carving pada tumpatan amalgam Kaca mulut. Dengan alat ini. untuk mengontrol lidah.. . yaitu sebuah kaca kecil berbentuk bundar dan diberi gagang.a.