Fungsi dan Manfaat Komputer

February 3, 2013 Filled under Komputer, Teknologi No Comments

Fungsi dan Manfaat Komputer – Sahabat Daun Singkong, Tahukah kamu Fungsi dan Manfaat Komputer. Kali ini saya akan memberi info tentang Fungsi dan Manfaat Komputer. Ya Pada zaman sekarang bila seseorang tidak mengerti komputer dibilang ketinggalan zaman, Kuno dan gaptek. Sementara di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer, karena komputer merupakan sarana mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan.

Komputer

Setiap orang memiliki alasan yang berbeda bila mereka di tanya tentang apa fungsinya komputer, jawaban mereka antara lain : 1.Mempermudah pekerjaan. 2.Sebagai Alat komunikasi 3.Sebagai alat untuk hiburan Sebagian besar orang akan menjawab 3 alasan diatas. Juga banyak orang tua yang di lahirkan pada zaman tempo dulu tidak mengerti sama sekali manfaat komputer, sehingga mereka tidak menganggap komputer itu penting dan hasilnya pada generasi penerusnyapun mereka tidak menekankan atau mendidik anak-anak mereka untuk dan harus mengerti bidang komputer. Di dalam dunia komputer semua hal, semua bidang mata pelajaran, perkuliahan dan usaha ada di komputer, bahkan pendidikan dan ilmu pengetahuan lebih komplit bila diperoleh dari komputer dengan media Internet dibandingkan dengan pelajaran atau Ilmu yang di dapatkan dari Sekolah. Sekarang mari kita bahas apa fungsi dan manfaat komputer bagi kita : 1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja. Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.

Komputer Sebagai Sarana Komunikasi. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain : -Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet -Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet -Bermain Game. . Politik. Koran. Biologi. Website Designe. -Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating. Dengan komputer kita dapat : -Berbicara dengan teman atau saudara kita -Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam -Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating) -Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email) -Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll 3. bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah. Power Point . antara lain : => Dari aplikasi yang kita Install. => Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope. Sosial. Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita. Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh). Kebudayaan. dan tempat-tempat kursus. dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis. atau Webcam -Nonton TV. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan. dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet. pengetahuan Agama dll.2. Ekonomi. dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet 4. Komputer Sebagai Alat Pendidikan Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah. Kedokteran atau Kesehatan. dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio. dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi. Autocad . => Selain dari aplikasi yang kita install. kita dapat menggunakan fasilitas telepon. Komputer sebagai Alat Hiburan. tape. Televisi. Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Matematika. dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll. Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan. tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita.

11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. gedung. seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802. seperti jaringan komputer kampus. Pada sebuah LAN. Pada LAN. Dan jika server itu dihubungkan ke internet. 100. atau 1000 Mbit/s. kantor. Gambar Jaringan LAN . yaitu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil. yang mempunyai kecepatan transfer data 10. dan WiFi | komentar (57) 1. semua komputer dalam jaringan LAN tersebut bisa ikut terhubung ke internet hanya dengan satu modem di server.Defenisi Jaringan LAN. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. kampus dll. Biasanya LAN dengan teknologi Wi-fi sudah diterapkan ditempat-tempat seperti mal. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit 3. WAN. saat ini teknologi 802. MAN. dalam rumah. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.3 Ethernet menggunakan perangkat hub atau switch. Jaringan LAN Jaringan LAN adalah istilah kebanyakan orang indonesia yang maksudnya adalah Jaringan Wilayah Lokal atau dalam bahasa inggris LAN (Lokal Area Network). Mempunyai pesat data yang lebih tinggi 2. warnet. cafe. Selain teknologi Ethernet. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer atau scanner. LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut : 1. sekolah atau yang lebih kecil.

MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN. Setiap bank tentunya memiliki kantor pusat dan kantor cabang.2. MAN biasanya mampu menunjang data teks dan suara. area yang digunakan adalah dalam sebuah negara. bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio. Lihat gambar dibawah ini. sebagai contoh yaitu: jaringan pada Bank (sistem Online Perbankan). penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN. Metropolitan Area Network . Jaringan MAN Pengertian Metropolitan Area Network (MAN). Di setiap kantor baik kantor cabang maupun kantor pusat tentunya memiliki LAN.Dalam hal ini jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan LAN ke dalam lingkungan area yang lebih besar.

Keuntungan MAN: Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang. WAN adalah jaringan komputer dengan jangkauan area geografi yang paling luas. Kerugian MAN: Biaya operasional mahal. contoh ATM Bank unluk wilayah nasional) Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail. Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting). antar benua bahkan keluar angkasa (sebagai contoh jaringan internet yang menggunakan sistem koneksi satelit). Wide Area Network Keuntungan WAN: Penggunaan kartu kredit di seluruh dunia Pengambilan uang dengan jaringan internasional (ATM Internasional) . chatting dan Video Conference (ViCon).Jaringan WAN Pengertian Wide Area Network (WAN). Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga. Instalasi infrastrukturnya tidak mudah. antar negara. 3.

. Kerugian WAN: Biaya operasional mahal. mengetahui situasi lalulintas -Informasi Kesehatan. mencari dan memesan tiket transprotasi -Informasi Produk.Komunikasi antar kantor bisa menggunakan e-mail. mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan. 4. 5. mengetahui keadaan cuaca saat ini -Informasi Lalulintas. Pooling data dan up date data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan. rumah sakit dan lain sebagainya. mencari tempat-tempat Hiburan -Informasi Travel. mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri -Informasi Cuaca. Seiring dengan kebutuhan akan akses wireless internet dan telah menjamurnya produk notebook yang terintegrasi dengan WiFi. membuat WiFi mudah dikenal oleh masyarakat. Susah dalam instalasi infrastrukturnya. Dengan didukung oleh keuntungan bila memanfaatkan WiFi maka hampir di setiap sudut kota terutama daerah “hot” telah dipasang apa yang namanya Hotspot. Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti : -Informasi pendidikan. Bahkan dengan memiliki hotspot akan meningkatkan brand image baik dari sisi operator maupun dari pemilik lokasi misalkan kafe. Tempat-tempat Pendidikan -Informasi Hiburan. sekolah. mencari produk yang kita inginkan. menjari lowongan kerja. chatting dan Video Conference (ViCon).Jaringan WIFI WiFi atau dikenal juga dengan Wireless LAN telah banyak digunakan baik untuk keperluan privat maupun keperluan korporasi (perusahaan). Data dapat dikirim melalui e-mail. Rumit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shooting). -Informasi Berita. Komputer Sebagai Sarana Informasi. -Informasi Pekerjaan.

Mempermudah pekerjaan. Selain untuk komunikasi. Komputer Sebagai Sarana Kontrol. dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti : -Mengontrol kamera security -Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik -Mengontrol Escalator -Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman -Pengontrolan peralatan Editing Video -Pengontrolan tata lampu traffic jalan . Perhotelan. -Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan -Membuka Usaha disain Website -Membuka Usaha programer akounting dan keuangan -Membuka Usaha Kursus Komputer -Membuat Jasa Website sebagai media Informasi -Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual -dll 7.-Informasi Politik -Informasi Perdagangan -Informasi Usaha. Dibeberapa pabrik. 6. mencari peluang untuk membuka usaha -dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet. serta alat hiburan. komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain : -Membuat Rental Komputer -Membuat Warnet -Membuat Usaha percetakan -Membuat usaha Vidoe Editing -Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp -Membuat Usaha Sablon -Membuat usaha Service dan Install Komputer Software -Membuka usaha Disain Arsitektur. Komputer Sebagai Sarana Usaha.

tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah segala bidang pekerjaan. yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan.Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chating dan game. seperti belajar.-Pengontrolan system jaringan Network -dll Tapi dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer. 2. 4. Tapi kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya. banyak sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain : 1. orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawap mereka.Dengan mengakses situs2 yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang. serta dapat merusak system orang. 3. .Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker. bekerja dll.Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah. dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk membuat hal yang buruk.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful