PENGERTIAN, FUNGSI DAN TUJUAN NKRI

BY; VINA ARIEFA NOVALIA D.S KINANTHI NISRINA RISKI EVITA NURPITRIANI

PENGERTIAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA • Negara Republik Indonesia merupakan negara kesatuan.1.” • Para pendiri bangsa (the founding fathers) sepakat memilih bentuk negara kesatuan karena bentuk negara kesatuan itu dipandang paling cocok bagi bangsa Indonesia yang memiliki berbagai keanekaragaman. . untuk mewujudkan paham negara integralistik (persatuan) yaitu negara hendak mengatasi segala paham individu atau golongan dan negara mengutamakan kepentingan umum. yang berbunyi “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Ketentuan bahwa negara Indonesia berbentuk negara kesatuan dapat kita temukan dalam Pasal 1 ayat (1) UUD 1945.

menertibkan atau menindak warganya yang melanggar peraturan yang ada atau mengatur warganya agar berbuat sesuai dengan aturan yang ada sehingga terwujud ketertiban. terutama bagi negara-negara baru.2. Melaksanakan Penertiban Fungsi penertiban yaitu. . Fungsi negara a. b. Mengusahakan Kesejahteraan dan Kemakmuran Rakyat Pada masa sekarang fungsi ini dianggap sangat penting. Pandangan ini di Indonesia tercermin dalam usaha pemerintah melaksanakan pembangunan yang berkesinambungan yang ditujukan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Menegakkan Keadilan Bila hak seseorang atau hukum dilanggar. sehingga tercipta keadilan .c. d. mempertahankan diri dari segala kemungkinan ancaman dan serangan baik dari dalam maupun luar yang dapat membahayakan keberadaannya. Pertahanan Fungsi pertahanan yaitu. maka negara melalui alat-alat negara penegak hukum dan keadilan berkewajiban mengembalikan hak tersebut atau menegakkan hukum.

yakni memberi perlindungan terhadap warga negaranya. f. Perlindungan Negara mempunyai fungsi perlindungan. maksudnya negara dengan alat perlengkapannya berusaha untuk melayani segala keperluan warga negaranya. baik yang ada di dalam maupun di luar negri.e. Pelayanan Negara mempunyai fungsi pelayanan. . baik yang ada di dalam maupun di luar negri.

Sementara itu Charles E. Keamanan ekstern b. Keadilan d. Kebebasan . dan e. Merriam menyebutkan bahwa negara mempunyai 5 macam fungsi. yaitu: a. Ketertiban intern c. Kesejahteraan umum.

Bersatu. Tujuan negara Tujuan dibentuknya negara Indonesia tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 di alinea IV. sebagai berikut : a. dan keadilan sosial Tujuan nasional ini merupakan penjabaran dari cita-cita nasional Bangsa Indonesia. perdamaian abadi. Terdapat 4 tujuan nasional negara Indonesia. berdaulat. . Mencerdaskan kehidupan bangsa d. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia b. Memajukan kesejahteraan umum c.3. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. dan makmur ”. Yang sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Uud 1945 alinia II menginginkan negara Indonesia “… yang merdeka. adil.

Thank you .