Makalah Pengetahuan Bahan Teknik "Komposit

"

Anggota Kelompok PrimeiroDima Mufti (2109100023) Hanggar Sangra Avianto (2109100125) Yesty Magfiroh (2109100025) Jothan Agus H (2109100092) Kevin Yoga P (2109100054) Deanandya (2109100062) Ari Mukti Danang (2109100 )

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya 2010

Serat berfungsi memperkuat matriks karena. Matriks terbuat dari polimer (misal: epoksi). komposit serat acak. Komposit telah dipakai di industri pesawat terbang lebih dari 40 tahun. titanium. komposit hibrid dan komposit serat-logam. Matriks berfungsi melindungi serat dari efek lingkungan dan kerusakan akibat benturan (impact). dan kini. sedangkan laminate adalah gabungan beberapa lamina. komposit serat anyam. komposit ada juga yang dijual dalam bentuk pre-preg (pre-impregnated). Dua istilah penting dalam komposit adalah lamina dan laminate. Jika perpaduan ini terjadi dalam skala makroskopis maka disebut sebagai komposit Kata komposit (composite) merupakan kata sifat yang berarti susunan atau gabungan. Komposit berasal dari kata kerja “to compose” yang berarti menyusun atau menggabung.KOMPOSIT A. umumnya. alumina atau material lainnya. material komposit didefinisikan sebagai campuran makroskopik antara serat dan matriks. keramik dan logam (aluminum. Komposit dikategorikan menjadi beberapa jenis: komposit serat kontinu. Lamina merujuk pada satu lembar komposit dengan arah serat tertentu. Jadi secara sederhana bahan komposit berarti bahan gabungan dari dua atau lebih bahan yang berlainan. aramid. boron. Pengertian dan Sejarah Perkembangan Komposit Komposit merupakan perpaduan dari dua material atau lebih yang memiliki fasa yang berbeda menjadi suatu material baru yang memiliki propertis lebih baik dari keduanya. Serat terbuat dari karbon. tekanan dan temperatur tertentu. Laminate bisa dibuat dengan cara memasukkan prepreg ini ke dalam autoclave (oven bertekanan) dalam waktu. aplikasi komposit telah merambah ke industri lain seperti otomotif (misal: bodi . silicon carbide. serat jauh lebih kuat dari matriks. etc). Di pasaran.

olahraga (misal: raket tenis). memiliki kekuatan lelah (fatigue) yang baik. perkapalan. fibrous composit material. B.mobil balap F1). Boeing memakai komposit sebanyak 50% total struktur pesawat Boeing 787 yang baru di-launch). Komposit memiliki kekuatan yang bisa diatur (tailorability). Skema penyusunan serat dapat dibagi menjadi 3.1 Fibrous composite material Terdiri dari dua komponen penyusun yaitu matriks dan serat. memiliki kekuatan jenis (strength/weight) yang tinggi dan tahan korosi. meski mahal. (FYI. komposit mulai dikenal di industri minyak dan gas setelah sebuah panel anti-api untuk heli-deck dibangun memakai komposit serat gelas (glassfiber reinforced-plastics). Sejak 1980an. 1999:2). komposit masih cukup mahal untuk diproduksi. sehingga hanya komponen atau bagian tertentu saja yang dibuat dari komposit. industri minyak dan gas juga telah memakai komposit untuk membangun infrastrukturnya. Namun demikian. Macam-macam Komposit Secara garis besar komposit dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam (Jones. . yaitu: *Fibrous composites materials *Laminated composites materials *Particulate composites materials *Kombinasi dari ketiga tipe di atas 2.

Yang termasuk Laminated composites (komposit berlapis) yaitu : * Bimetals * Cladmetals * Laminated Glass * Plastic-Based Laminates 2.2 Laminated composites material Terdiri sekurang-kurangnya dua lapis material yang berbeda dan digabung secara bersama-sama. Empat kombinasi yang dapat digunakan sebagai matriks komposit partikel: * Material komposit partikel non-logam di dalam matriks non-logam * Material komposit partikel logam di dalam matriks non-logam * Material komposit partikel non-logam di dalam matriks logam * Material komposit partikel logam di dalam matriks logam C. 2. menurut sebuah analisis dari Associated Press terhadap arsip Badan Pusat Administrasi Jalan Bebas Hambatan. ( c) random discontinous fibres. Dari jumlah total . Partikel logam dan non-logam dapat digunakan sebagai matriks. Aplikasi Penggunaan Komposit Pada tahun 2001.3 Particulate composite material Particulate composite material (material komposit partikel) terdiri dari satu atau lebih partikel yang tersuspensi di dalam matriks dari matriks lainnya.Gambar Skema penyusunan serat. Laminated composite dibentuk dari dari berbagai lapisanlapisan dengan berbagai macam arah penyusunan serat yang ditentukan yang disebut laminat. satu dari empat jembatan (bahkan lebih) di Amerika Serikat dikategorikan sebagai "defisien". (a) continous fibres. (b) discontinous fibres.

Sebagai contoh. memiliki sifat yang lebih superior dari material asli. Walaupun beberapa struktur berada dalam ancaman runtuh. dipimpin oleh Scott White. Peneliti Illinois. sebuah komposit akan lebih kuat atau getas dibandingkan dengan komponen individualnya. dimana ini cukup kuat untuk . Dalam beberapa menit. Dinding dari kapsul-kapsul ini hanya setebal 1 mikron. Namun terobosan terbaru oleh sekelompok peneliti di Universitas Illinois mungkin memberikan suatu harapan terhadap adanya "obat" jangka panjang yang lebih baik: sebuah material komposit yang memperbaiki dirinya sendiri.755 jembatan. Namun bahkan material terkuat pun pada waktunya akan melemah dibawah tekanan dari beribu-ribu kendaraan cepat dan pendedahan konstan terhadap elemennya. DCPD bereaksi dengan sebuah katalis dalam matriks komposit dan mengikat permukaan-permukaan dari retakan.993 diantaranya membutuhkan perbaikan atau terlalu lemah atau terlalu sempit untuk menangani muatan lalu lintas yang ada. Ketika retakan terbentuk dalam komposit. kapsul akan pecah. material yang diperbaiki mendapatkan kembali 75 persen kekuatannya. departemen jalan bebas hambatan dalam beberapa negara bagian telah menutup sebagian jembatan untuk perbaikan atau menerapkan sistem batas beban untuk kendaraan yang melintas. pemerintah pusat sendiri akan menghabiskan lebih dari 20 miliar dolar Amerika untuk perbaikan jembatan atau penggantian. Hidrokarbon ini disisipkan ke dalam kapsul mikro-hingga 200 inci per kubik-dalam sebuah komposit polimer yang mengandung dari resin yang dikeraskan dan serat pendukung. suatu hidrokarbon yang digunakan untuk membuat polimer. melepaskan DCPD. Tim peneliti ini menciptakan kapsul kecil yang terbuat dari campuran urea dan formaldehida yang dikeraskan kemudian diisi dengan disiklopentadiena (DCPD). Tekanan terhadap material komposit menciptakan retakan mikroskopik yang kian dalam seiring waktu. 167. Sebuah komposit ialah senyawa yang terbuat dari dua material yang berbeda yang bila digabungkan. telah menghabiskan enam tahun dalam pengembangan suatu komposit yang menyembuhkan dirinya sendiri sebelum retakan ini menimbulkan kerusakan struktur yang serius. Menentukan ukuran yang tepat dari kapsul bukan merupakan tugas yang mudah. Dalam studi mereka.587. Untuk beberapa tahun kedepan.

Kelebihan dan Kekurangan Kelebihan material komposit diantaranya adalah : * Komposit memiliki densitas (kepadatan) yang rendah * Tahan karat dan korosi * Ringan. seperti satelit. Komposit ini akan tersedia secara komersial dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun ke depan. namun White dan rekan kerjanya sedang bekerja untuk membuat kapisan yang lebih tipis. dan peralatan medis yang diimplan.bertahan dalam proses manufaktur tetapi cukup lemah untuk pecah dengan sendirinya. D. sehingga merupakan suatu masalah untuk menentukan arah mana yang diambil. kita mungkin akan melintasi jembatan dengan support yang terbuat dari polimer berteknologi tinggi ini. Sebagai tambahan. Rentang kemungkinan lain mulai dari papan sirkuit hingga raket tenis. Kapsul-kapsul terkini terukur dengan 10 mikron pada penampang melintangnya. antena angkasa. namun memiliki kekutan yang besar * Mempunyai kekuatan dan kekakuan yang baik * Biaya produksi murah Kekurangan material Komposit * Bebeapa jenis komposit (kevlar untuk baju anti peluru). Dan di masa depan. jika kapsul-kapsul ini terlalu besar mereka justru memperlemah material komposit. harganya cukup mahal * Belum banyak kombinasi bahan yang digunakan E. Metode Produksi Komposit . Ini dapat berguna terutama untuk produk-produk yang sulit atau tidak mungkin diperbaiki. White melaporkan bahwa material ini memiliki aplikasi-aplikasi potensial yang luas.

ditempatkan di lokasi tertentu menggunakan pembentuk preforming atau panduan untuk membentuk profil. Metode-metode tersebut disesuaikan pula dengan bahan yang akan dikombinasikan menjadi bahan komposit. Laminate padat muncul dari pultrusion dengan bentuk yang tepat dari rongga die. Berikut beberapa metode produksi komposit yang banyak digunakan pada manufacturing: 5. dan Bertekstur atau roving bulked digunakan untuk mendapatkan kekuatan dalam salib sumbu atau arah melintang. dan tray kabel komponen listrik dan sekarang jembatan balok dan deck. panas ditransfer diawali dengan kontrol suhu yang tepat untuk bala bantuan dan damar cair. Di dalam die logam. Dimensi dan bentuk die akan menentukan bagian yang selesai dibuat. tenunan dan rajutan). Proses ini biasanya terus menerus dan sangat otodies. Bala bantuan diambil melalui pembersihan resin atau basah-di mana materi adalah sepenuhnya dilapisi atau diresapi dengan resin thermosetting cair. Adapula bahan logam kebanyakan diberi perlakuan berupa tekanan tinggi dan suhu tinggi untuk mencampur menjadi komposit. tikar atau kain. biasanya diberikan perlakuan berupa panas (thermal) dan kimia. sisi rel tangga. Contoh-contoh khas termasuk berbagai batang dan bagian bar. Laminate mengeras ketika .1 Pultrusion Pultrusion adalah proses pencetakan kontinyu yang menggabungkan bala serat dan thermosetting resin. kain (dikepang. The-jenuh bala bantuan resin memasukkan pultrusion logam dipanaskan die. Bahan polimer. Penguatan bahan. misalnya. Kebanyakan pultruded laminasi dibentuk menggunakan roving selaras bawah sumbu utama bagian. Berbagai alur kontinu tikar. Proses pultrusion digunakan dalam pembuatan bagian-bagian komposit yang mempunyai profil penampang konstan. Energi panas mengaktifkan penyembuhan atau polimerisasi dari resin termoset mengubahnya dari cair ke padat. gagang perkakas. seperti keliling.Ada beberapa cara/metode untuk membuat produk komposit.

epoxy .satu sebagai laki-laki dan satu yang perempuan. bagian ini biasanya sembuh dengan panas. dalam berbagai bentuk seperti serat kontinu. Vacuum kadang-kadang digunakan untuk meningkatkan aliran resin dan mengurangi pembentukan void. dimodifikasi dan hibrida resin akrilik seperti polyester dan urethane. eksotermik reaksi resin mungkin cukup untuk menyembuhkan yang tepat.didinginkan dan terus ditarik melalui mesin pultrusion dan dipotong sesuai panjang yang diinginkan. Bala bantuan dapat mencakup berbagai jenis serat. Keuntungan dari proses RTM meliputi: . Biasanya. resin ini disuntikkan untuk mengisi semua rongga dalam set cetakan dan dengan demikian menembus dan membasahi semua permukaan bahan penguat. permukaan . RTM sebagai sebuah proses. 5. tikar atau tenunan jenis konstruksi serta hibrida lebih bahwa satu jenis serat. phenolic . Proses ini didorong oleh sistem ulat atau penarik tandem terletak antara pintu keluar die dan mekanisme cut-off. adalah multi-kompatibel dengan berbagai sistem termasuk resin polyester . vinyl ester . Pada beberapa aplikasi. membutuhkan viskositas resin dari 200600 centerpoise untuk menembus semua permukaan rongga cetakan.2 Resin Transfer Molding (RTM) Resin Transfer Molding atau RTM karena sering disebut adalah "Closed Mold Proses" di mana bahan penguat ditempatkan di antara dua cetakan yang berpasangan. Set pencocokan cetakan kemudian ditutup dan dijepit dan rendah viskositas termoset resin disuntikkan di bawah tekanan moderat (50-100 khas psi) ke dalam rongga cetakan melalui port atau serial port dalam cetakan.

005 inci.  Bentuk cetakan Kompleks dapat dicapai. 5. pembuatan bagian dapat dicapai pada suatu cetakan terbuka tunggal. Kedua proses tersebut menggunakan injeksi resin dalam kombinasi dengan vakum dan ditangkap di bawah rongga untuk benar-benar meningkatkan penguatan serat. emisi lebih rendah cetakan terbuka dibandingkan proses seperti semprotan ke atas atau tangan lay up  Permukaan cetakan dapat menghasilkan hasil akhir berkualitas tinggi (seperti yang di mobil)  Proses ini dapat menghasilkan komponen yang lebih cepat . Bill Seemann ditemukan dan dipatenkan variasi untuk proses VARTM disebut berhemat TM..  Penguatan adalah serat bahan terbatas karena aliran resin dan saturasi. dan proses ini kadang-kadang dibantu dengan vakum. Kekurangan dari proses RTM adalah:  Volume produksi tinggi diperlukan untuk mengimbangi biaya perkakas tinggi dibandingkan untuk membuka teknik cetakan.  RTM menghasilkan toleransi dimensi yang lebih ketat ke dalam ± 0. yang set cetakan yang sesuai atau "cetakan tertutup" digunakan. Unik untuk proses ini adalah metode . Bala bantuan serat biasanya digunakan off line untuk meningkatkan siklus waktu produksi dari cetakan untuk tampil di tingkat produksi yang lebih baik.3 Vacuum Assisted Resin Transfer Molding (VARTM) Dalam proses RTM tradisional. Resin disuntikkan pada tekanan tinggi. Sebagai proses cetakan tertutup.sebanyak 5 -20 kali lebih cepat daripada teknik cetakan terbuka. Vacuum Assisted Resin Transfer Molding (VARTM) berbeda karena berbagai alasan. Pemasangan kabel dan perlengkapan lain dapat dimasukkan ke dalam desain cetakan. Pada akhir 1980-an. Namun. yang Seemann Komposit Resin Infusion Molding Proses.  Ukuran bagian dibatasi oleh cetakan. Pertama. Proses ini telah digunakan dalam aplikasi baru dan banyak besar mulai dari pisau turbin dan perahu untuk mobil rel dan jembatan deck.

Jamur biasanya suhu berkisar dari 350 ° . bentuk-bentuk kompleks dengan serat arsitektur yang unik memungkinkan pembuatan bagian-bagian besar yang memiliki kinerja struktural yang tinggi. Sementara cetakan tetap tertutup. Bagian menggunakan VARTM dibuat dengan menempatkan kain serat kering memperkuat ke cetakan.manufaktur yang memungkinkan proses yang efisien dari VARTM untuk menghasilkan bentuk struktur besar yang hampir kosong-bebas. Proses ini memungkinkan untuk pemantauan visual mudah resin untuk memastikan cakupan yang lengkap untuk menghasilkan bagianbagian yang baik tanpa cacat. Selain itu.400 ° F. viskositas komposit berkurang di bawah panas dan tekanan aproksimasi 1000 psi. menerapkan tas vakum ke permukaan terbuka dan menarik kekosongan sementara pada saat yang sama menanamkan resin untuk menjenuhkan bagian serat sampai sembuh sepenuhnya. Teknik ini melibatkan bahan-bahan cetakan mengompresi berisi suhu-diaktifkan katalis dalam logam yang cocok dipanaskan die menggunakan tekan vertikal. Proses pencetakan dimulai dengan pengiriman tinggi viskositas uncured material komposit untuk cetakan.4 Compression Molding Cetakan Kompresi adalah metode yang paling umum dari cetakan thermosetting bahan seperti SMC (lembar senyawa cetak) dan BMC (senyawa cetak massal). 5. Proses ini telah digunakan untuk membuat keduanya sangat tipis dan tebal laminasi. termoset bahan mengalami perubahan kimia (obat) yang secara permanen mengeras ke dalam bentuk rongga cetakan. kali penutupan . Resin dan isotropically aliran bala bantuan didistribusikan untuk mengisi rongga cetakan. Seperti cetakan menutup.

Dengan memvariasikan perumusan bahan termoset dan bala bantuan. bagian dapat dibentuk untuk memenuhi aplikasi mulai dari A '' otomotif kelas panel bodi eksterior untuk anggota struktural seperti bumper mobil balok. dan instalasi sisipan untuk pengencang. Modal investasi yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan membuka proses cetakan. lukisan. dan komposit. Ketika operasi selesai berkelok-kelok. ikatan.5 Filament Winding Filamen yang berliku proses yang digunakan dalam pembuatan bagian-bagian tabung komposit tank. Ketika cetakan terbuka. saluran. bagian siap untuk menyelesaikan operasi seperti deflashing. Beban utama untuk sebuah pukulan filamen akan ada biaya dari batang berkelok-kelok untuk aplikasi tertentu. keliling untaian Fiberglass yang diresapi dengan resin thermosetting cair dan dibungkus ke sebuah batang yang berputar dalam pola tertentu. damar sudah sembuh atau polimerisasi dan bagian komposit dihapus dari batang . . 5. Khas contoh komposit pipa listrik.Mold bervariasi dari 30 detik hingga beberapa menit tergantung pada bagian desain dan formulasi bahan.