BAB I PENDAHULUAN A.

Buku Panduan
1. Judul buku 2. Pengarang 3. Penerbit 4. Tahun Terbit 5. Cetakan 6. Kota dan Lembaga Penerbit 7. Tebal Buku 8. Garis Besar Isi Buku a. Diskusi Kelompok b. Pengertian dan Tujuan c. Kelompok Tidak Resmi d. Kelompok Resmi e. Tugas Ketua dan Tugas Partisipan f. Manfaat Diskusi Kelompok g. Aneka Hambatan dan Cara Penanggulangannya h. Ukuran – Ukuran Untuk Menilai Diskusi Kelompok : Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa : Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan : Angkasa : 1981 : Pertama tahun 1979, edisi revisi tahun 2008 : Jakarta, Angkasa : Pada Bab III ada 18 lembar

B. Buku Pembanding
1. Judul buku 2. Pengarang 3. Penerbit 4. Tahun Terbit 5. Cetakan 6. Kota dan Lembaga Penerbit 7. Tebal Buku 8. Garis Besar Isi Buku a. Menghimbau supaya berbuat (bertindak) b. Berusaha menciptakan satu tujuan saja : Teknik Berbicara Yang Meyakinkan dan Efektif : W. George Jehan : Gunung Jati : 1979 : Pertama, Agustus 1979 : Jakarta, Gunung Jati : 226 lembar

Aneka Hambatan dan Cara Penanggulangannya 8. Pengertian dan Tujuan 3. Kelompok Tidak Resmi 4. Diskusi Kelompok 2. Jumlah Sub Bab Pada buku panduan bab 2 ada terdapat 7 sub bab yaitu sebagai berikut : 1. Jumlah Bab Jumlah bab pada buku yang berjudul “Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa” ini terdapat 5 bab. Namun yang menjadi pembahasan adalah bab 5 dengan judul “Menghimbau Supaya Berbuat (Bertindak)” dan bab 10 dengan judul “Berusaha Menciptakan Satu Tujuan Saja”. Tugas Ketua dan Tugas Partisipan 6. B. namun yang menjadi pembahasan adalah bab 3 dengan judul diskusi kelompok. Kelompok Resmi 5. Sementara jumlah bab pada pembanding yang berjudul “Teknik Berbicara Yang Meyakinkan dan Efektif” ada 12 bab. Ukuran – Ukuran Untuk Menilai Diskusi Kelompok Sementara pada buku pembanding tidak terdapat sub bab. .BAB II LAPORAN BAGIAN BUKU A. Manfaat Diskusi Kelompok 7.

demi membangun atau menambah wawasan serta pengetahuan tentang berbicara. Tentang Isi Buku Menurut saya isi dalam buku “Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa” sangat bagus. . karena isi buku banyak menjelaskan tentang berbicara. cara penyusunannya lebih terinci sehingga membantu mempermudah pemahaman sedangkan pada buku yang berjudul “Teknik Berbicara Yang Meyakinkan dan Efektif” khususnya pada bab 5 dengan judul “Menghimbau Supaya Berbuat (Bertindak)” dan bab 10 dengan judul “Berusaha Menciptakan Satu Tujuan Saja”hanya menjelaskan saja. Akan tetapi masih banyak ditemukan kekurangan isi bacaan karena hanya merupakan pembahasan sekilas.BAB III KOMENTAR PENULIS A. B. Pembanding Antara Dua Buku Perbandingan antara dua buku ini terdapat pada isi buku. Pada buku “Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa” khususnya pada bab 3 yang berjudul diskusi kelompok cukup baik dn cukup memuaskan pembaca karena dalam isi bacaan tersebut membahas banyak tentang berbicara khususnya diskusi kelompok. Selain itu. sehingga baik teori maupun contoh analisisnya masih perlu ditambah dari buku – buku lain. tidak terinci sehingga mempersulit pemahaman. isinya ditulis dengan jelas sehingga mempermudah pemahaman terhadap makna yang terkandung di dalam isi buku tersebut.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. sangat membantu untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan lembaga – lembaga diskusi. Mempelajari membaca khususnya pada pembelajaran atau pembahasan diskusi kelompok. Kritik dan Saran Penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak untuk membangun dan memperbaikinya di lain kesempatan. Meskipun masih banyak yang harus ditambahkan dalam buku tetapi sudah cukup baik dan mampu memuaskan pemahaman pembaca. B.BAB IV PENUTUP A. berdiskusi di berbagai hal maupun C. Manfaat Manfaat mempelajari berbicara adalah untuk belajar bagaimana berbicara dalam kehidupan sehari – hari maupun dalam berbicara di muka umum. Pandangan penulis tentang buku yang dilaporkan Menurut pandangan saya tentang buku “Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa” ini bagus karena jika dilihat dari segi penulisannya lebih terinci dan jelas sehingga mempermudah pemahaman terhadap makna dan isi bacaan. .

teman sejawat dan para dosen yang membantu menelaah naskah ini. Laporan bacaan ini ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah keterampilan berbicara. khususnya penerbit dan penulis lain yang naskahnya kami kutip. Penulis mengucapkan terima kasih banyak atas perannya kepada semua pihak.KATA PENGANTAR Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis telah dapat menyelesaikan laporan bacaan ini. Maret 2013 Penulis . Maka penyusun berharap kritik dan saran dari pembaca agar menjadi acuan dan motivasi dalam penyusunan laporan bacaan selanjutnya agar lebih baik. Dengan segala kerendahan hati. Padangsidimpuan. penyusun menyadari bahwa laporan bacaan ini masih jauh dari kata sempurna. Dan semoga laporan bacaan ini bermanfaat bagi kita semua.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful