Kriteria Lingkungan Untuk Kelangsungan Hidup

Kelompok Kelas Anggota :7 : XI-IPA 4 : Alfi Ligandhi Lathifa Noviansyah Melati Berliani

1

yang didorong oleh keinginan manusia untuk menjaga kelangsungan hidup hayatinya.Kualitas Lingkungan Untuk Kelangsungan Hidup Secara sederhana kualitas lingkungan hidup dapat diartikan sebagai keadaan lingkungan yang dapat memberikan daya dukung yang optimal bagi kelangsungan hidup manusia disuatu wilayah. melainkan juga masyarakatnya dan terutama kelangsungan hidupnya sebagai jenis melalui keturunannya. Kualitas lingkungan hidup dapat diukur dengan kriteria sebagai berikut : 1. Kebutuhan ini terdiri atas udara dan air yang bersih. Kualitas lingkungan itu dicirikan antara lain dari suasana yang membuat orang betah/ kerasan tinggal ditempatnya sendiri. kesempatan untuk mendapatkan keturunan serta perlindungan terhadap serangan penyakit dan sesama manusia. Derajat dipenuhinya kebutuhan untuk hidup sebagai makhluk hayti. pangan. Kebutuhan ini bersifat mutlak. Kelangsungan hidup hayati tidak hanya menyangkut dirinya. .

1. Hal ini hanya dapat terjadi. Jika kecenderungan itu terus berlangsung. Untuk menghindari kehancuran ini haruslah diusahakan agar kenaikan kualitas hidup terjadi bersamaan dengan penurunan konsumsi sumber daya dan pencemaran. budaya. Batas kemampuan itu disebut daya dukung. apabila kualitas hidup kita tidak hanya bertumpu pada materi saja. Derajat dipenuhinya kebutuhan untuk kelangsungan hidup manusiawi. filsafat. Kecenderungan yang sekarang terjadi ialah kenaikan kualitas hidup disertai oleh kenaikan konsumsi sumber daya dan pencemaran serta naiknya ketegangan sosial. seni. Derajat kebebasan untuk memiliki. . melainkan juga pada non materi seperti. Kemampuan lingkungan untuk memasok sumber daya dan untuk mengasimilasi zat pencemar serta ketegangan sosial adalah terbatas. 3. pada suatu ketika daya dukung lingkungan harus terlampaui. Derajat dipenuhinya kebutuhan untuk kelangsungan hidup hayati. dan ilmu yang juga akan berfungsi untuk mengubah ketegangan sosial menjadi infornasi soaial untuik perkembangan masyarakat dan bangsa. Konsekuensi ini ialah terjadinya kehancuran kehidupan manusia. 2.

walaupun ada kaitannya dengan kebutuhan hidup jenis pertama di atas.2. melainkan sebagai tempat hidup yang mensyaratkan adanya keserasian antara manusia dengan lingkunagn hidupnya. rumah dan pakaian misalnya. Kelangsunagn hidup manusia tergantung dari kebutuhan lingkungan hidupnya. Pada kondisi iklim Indonesia. Kebutuhan hidup ini bersifat relatif. Lingkungan hidup di bumi tidak semata-mata sebagai sumber daya yang harus dieksploitasi. Derajat dipenuhinya kebutuhan untuk hidup manusiawi.yaitu dalam lingkungan yang berkualitas tinggi terdapat potensi untuk berkembangnya hidup dengan kualitas yang tinggi. bukanlah kebutuhan mutlak untuk dipenuhi segera tetapi termasuk dalam kelompok kebutuhan primer. Kualitas lhidup ditentukan oleh tiga komponen : . Kualitas lingkungan hidup dapat diukur dengan menggunakan kualitas hidup secra acuan.

.

Click to edit Master title style .

Click to edit Master title style .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful