KEPRIBADIAN & DOKTER YG PROFESIONAL

Oleh Dr. Asianto S, SpKJ.DHSM

Kepribadian
• Adalah segala corak kebiasaan manusia yang terhimpun dalam dirinya dan yang digunakan untuk bereaksi serta menyesuaikan dirinya terhadap segala rangsang/impuls baik yang datang dari lingkungan dunia luar maupun yang berasal dari diri pribadinya sendiri/dunia dalam, sehingga corak dan kebiasaannya itu merupakan satu kesatuan fungsional yang khas untuk manusia itu.

Organo biologis 2.3 Faktor utama terbentuknya kepribadian 1. Sosio kultur . Psiko edukatif 3.

3. Berdasarkan Ketuhanan Damai Tolong Menolong Toleran Kesimbangan antara Hak dan Kewajiban 6. 5.Nilai-nilai kemasyarakatan & urgensinya bagi perkembangan kepribadian seorang dokter 1. 2. 4. Berakhlak Mulia . Berperadaban Tinggi 7.

Berdasarkan ke-Tuhan-an • Profesi dokter adalah profesi yang sangat dekat dengan Tuhan dan tandatanda adanya Tuhan. Pembuktian adanya Tuhan sangat mudah dilakukan oleh seseorang yang profesinya sebagai dokter. Dalam kenyataan ini disebabkan karena dokter berdiri diantara dua dimensi yaitu dimensi kehidupan dan dimensi kematian. Akan tetapi disaat yang sama seorang dokter dapat menjadi orang yang paling ingkar terhadap kekuasaan.1. .

• Manusia adalah mahkluk yang diciptakan dengan membawa kecenderungan untuk mencari Tuhan. . hal ini dapat dilihat dari beragamnya agama yang ada di dunia.Lanjutan • Agama memiliki peran dan peluang yang besar dalam mewujudkan sesuatu tataran kehidupan dunia baru yang berwawasan etika.

Damai • Damai adalah rasa tenang dan tentram yang ada dalam diri individu manusia yang melahirkan cinta kasih. • Dalam profesi kedokteran nilai damai dapat diwujudkan dengan memberikan empati kepada pasien yang sakit dengan terus menerus memberikan motivasi dan sugesti bagi kesembuhan pasien.2. .

3. . karena misi utamanya adalah menolong orang lain. Tolong menolong • Tolong menolong adalah keinginan untuk membantu orang lain. • Bagi profesi kedokteran nilai ini sangat penting dimiliki dalam pengembangan kepribadian.

.4. Toleran • Toleran merupakan sikap yang dikembangkan dalam masyarakat madani untuk menunjukkan sikap saling menghargai dan menghormati aktifitas yang dilakukan oleh orang lain.

maka hasil itu harus dipahami sebagai hikmah atau manfaatr dari pelaksanaan ajaran yang benar. .Lanjutan • Toleransi menurut Nurcholis Madjid merupakan persoalan ajaran dan kewajiban melaksanakan ajaran itu. • Bagi profesi kedokteran sikap toleransi merupakan salah satu dari kepribadian yang perlu dikembangkan untuk menjadi seorang dokter atau petugas kesehatan yang profesional. Jika toleransi menghasilkan adanya tata cara pergaulan yang menyeimbangkan antara berbagai kelompok yang berbeda-beda.

5. Keseimbangan antara hak & kewajiban • Dalam hukum tata negara Inodnesia disebutkan bahwa hak yang dimaksud disini adalah hak asasi manusia. yaitu hak yang dibawa sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa .

.Lanjutan • Bagi profesi kedokteran nilai ini perlu dikembangkan dalam kepribadian. Dalam konteks ini seorang dokter memiliki hak dan kewajiban dalam negara dan memiliki hak dan kewajiban yang sama antar sesama warga negara di mata hukum. pada dasarnya dia adalah salah satu warga hidup dalam suatu negara. Karena apapun profesi yang dijalankan oleh seseorang.

Sesungguhnya manusia adalah makhluk yang diciptakan Tuhan untuk dapat membangun peradaban di bumi berdasarkan nilai pengabdian kepada Tuhan. terutama dalam kehidupan masyarakat akademis. Berorientasi pada pengabdian dan kebenaran Ilahi. antara lain : a. yang mendorong lahirnya profesional dibidang kedokteran.6. masyarakat intelektual. . Berperadaban tinggi • Bentuk-bentuk kebudayaan yang sangat penting dan perlu memperoleh perhatian besar dalam kehidupan sosial.

c. Berfikir kritis dan inovatif. Berfikir kritis adalah berfikir secara obyektif dan analistis. Manusia dituntut untuk bekerja keras tanpa mengenal putus asa. Bekerja keras.Lanjutan b. sedangkan berfikir inovatif adalah berfikir kedepan untuk menemukan pemikiranpemikiran baru. . dan seluruh aktifitas kehidupan manusia dinilai oleh Tuhan. Manusia adalah makhluk terbaik yang dianugerahi potnsi besar dalam bentuk akal budi.

Lanjutan d. memanfaatkan pemikiran. kemajuan yang dicapai orang lain sepanjang tetap sejalan dengan nilainilai kebenaran yang ditetapkan Allah. Bersikap terbuka. Sikap terbuka berarti mau menerima masukan dan kebenaran yang datang dari orang lain dan apapun posisinya. Kemajuan akan lebih mudah dicapai dengan sikap terbuka. ..

Dalam kehidupan intelektual. Jujur. kejujuran mutlak diperlukan. maupun dalam bentuk pengakuan akan keberadaan diri pribadi. baik dalam bentuk pengakuan terhadap kebenaran pemikiran orang lain.Lanjutan e. Kejujuran menghindarkan timbulnya kesalahan-kesalahan yang merugikan . Kejujuran akan membimbing manusia dalam proses penemuan kebenaran dan mengemukakan kebenaran secara obyektif.

Adil menunjukkan sikap yang profesional dalam mengambil keputusan dalam berbagai persoalan yang berkait dengan berbagai pihak yang berkepentingan. yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya.Lanjutan f. . Adil.

Tanggung jawab. bersih dari segala unsur-unsur yang mengotori atau mencemari nilai niat seseorang untuk berbuat sebagai wujud dari ketaatan kepada Allah. Ikhlas berarti murni. Berarti kesediaan menanggung segala resiko atau konsekuensi dari setiap perbuatan yang dilakukan. h. . Setiap perbuatan mengandung resiko konsukensi baik dan buruk. Ikhlas.Lanjutan g.

7. Keimanan tidak akan ada nilainya tanpa akhlak. kesopanan atau dengan kata lain akhlak adalah pengetahuan yang menjelaskan tentang baik dan buruk. Akhlak mulia merupakan bukti dari keimanan. tingkah laku. . tabiat. Berakhlak mulia • Akhlak berarti budi pekerti. mengatur pergaulan manusia dan menentukan tujuan akhir dari usaha dan pekerjaannya. • Berakhlak mulia merupakan tujuan pokok dari ajaran agama.

. Karena seseorang yang beriman harus dapat mengejewantahkan ajaran keimanan dalam kehidupan seharihari.Lanjutan • Indikator akhlak yang mulia antrara lain : a. Tertanamnya keimanan di dalam nilai akhlak adalah salah satu indikator untuk mengukur kualitas keimanan seseorang.

tidak menyombongkan ilmu. Memiliki budaya malu. salah satu bentuk sifat malu adalah menjaga pandangan. rendah hati. Amanah. kekayaan. d. Mampu menjaga kepercayaan orang lain dan mensinergikan potensi berdasarkan nilai agama. c. Pemaaf dan sabar e. pangkat. Menjadi teladan yang baik .Lanjutan b.

pengetahuan yang cukup dalam ilmu kedokterannya. .Penutup • Sedangkan kompetensi lain yang masih dibutuhkan untuk pengembangan kepribadian seorang dokter adalah kompetensi dalam hal sebagai seorang profesional yang mampu berkomunikasi secara efektif. Kemampuan berfikir secara klinikal serta yang paling penting adalah mau terus belajar sepanjang hidupnya. memiliki ketrampilan klinik.

TERIMA KASIH SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA .