P. 1
Cara Mengatasi Masalah

Cara Mengatasi Masalah

|Views: 4|Likes:
Published by Kuni Azizah
problem solving
problem solving

More info:

Published by: Kuni Azizah on Apr 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2014

pdf

text

original

Cara Mengatasi Masalah #1: Tetaplah Berpikir Positif Apakah berpikir positif akan mengatasi masalah?

Apakah tidak punya beras bisa diatasi dengan hanya berpikir positif? Yup, tentu saja. Seseorang akan bertindak mencari solusi jika dia memiliki pikiran positif. Orang yang berpikiran negatif akan cepat menyerah sehingga tidak akan mendapatkan solusi. Untuk mengatasi masalah, langkah pertamanya ialah tetaplah optimis bahwa Anda akan mampu mengatasi masalah tersebut. Ini adalah langkah awal yang penting. Saat Anda mengatakan Anda bisa mengatasi masalah, maka hati, pikiran, emosi, dan tubuh Anda akan bekerja selaras untuk mengatasi masalah. Jika Anda berpikiran negatif, merasa masalah tidak mungkin dipecahkan, maka tidak akan lagi usaha untuk memecahkan masalah tersebut. Padahal, sebesar apa pun masalah Anda, insya Allah Anda, sanggup untuk mengatasinya.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya. (QS. Al Baqarah:286)
Jika Anda melihat masalah yang Anda hadapi terlihat tidak mungkin untuk dipecahkan, artinya Anda perlu meningkatkan pola pikir Anda. Bukan masalah yang terlalu berat, tetapi cara berpikir Anda yang masih terlalu sempit. Anda perlu membebaskan pikiran sempit itu. Langkah Kedua: Berpikirlah Kreatif Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru. Ide-ide tersebut diperlukan untuk memecahkan masalah Anda. Jika satu ide tidak berhasil, maka carilah ide lain, dan seterusnya. Jadi, agar Anda tangguh menghadapi masalah apa pun yang datang, Anda perlu berpikir kreatif. Bagaimana agar kita berpikir kreatif? Kuncinya ialah informasi, berpikir mengolah informasi, dan terbuka terhadap hal-hal baru. Anda pun bisa jenius, Anda pun bisa berpikir kreatif, dan mampu menghasilkan ide-ide cemerlang untuk mengatasi masalah Anda.

artinya Anda harus beriman bahwa Allah bisa mengubah apa pun. tetapi sebelum Anda mencari solusi ke luar.Langkah Ketiga: Miliki Motivasi Untuk Bertindak Setelah Anda memiliki ide untuk mengatasi masalah. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Lalu. Ide akan percuma jika tidak Anda aplikasikan. Jadi langkah pertama Anda harus meningkatkan optimisme Anda. . MENGATASI MASALAH DENGAN APA YANG ADA Semua orang ingin mengatasi masalah yang mereka miliki. Mengatasi Masalah Dengan Berpikir Positif Langkah pertama agar Anda bisa mengatasi masalah ialah dengan berpikiran positif. tetapi bagi Allah tidak ada yang tidak mungkin. kenapa ada orang yang merasa tidak mampu? Mari kita lihat.” Jika kita melihat ayat suci Al Quran. Apakah Anda orang beriman? Jika ya. Salah satu ciri orang yang berpikiran negatif adalah merasa tidak berdaya dan tidak punya harapan. apa yang tidak bisa dilakukan oleh Allah? Allah Mahakuasa mengubah apa pun. Tidak ada lagi yang bisa dia lakukan. saya tidak mampu mengatasi masalah.2:286). sebelum Anda merepotkan orang. “Tidak mungkin” sering kali hanya pandangan manusia saja. Anda bisa mengoptimalkan apa yang Anda miliki untuk “Tapi saya sudah mencoba. Bukan tidak bisa. bahwa Allah tidak akan membebani kita diluar kesanggupan kita. Jika Allah berkehendak. Coba pikirkan. langkah berikutnya ialah mengambil tindakan untuk menerapkan ide tersebut. Sayangnya banyak dari mereka mencoba mencari solusi dari luar.” (QS. Dia mampu berdalih atau beralasan bahwa dia tidak bisa apa-apa. terutama Al Quran Surat Al Baqarah ayat terakhir (286). maka jadilah. Untuk itu Anda perlu terus mempertahankan motivasi agar terus bertindak sampai masalah Anda terselesaikan. Itulah mental orang yang berpikiran negatif.

seharusnya kita yakin bahwa apa yang kita miliki bisa digunakan untuk mengatasi masalah kita. . pengalaman. Kemudian berdo’alah. Yasin:82) Tentu saja. karena kita belum tahu mengungkit aset yang kita miliki untuk mengatasi masalah. Memang. tetapi belum bisa menggunakan apa yang mereka sudah miliki untuk mengatasi masalah. bisa jadi kita melihat bahwa aset kita tidak cukup untuk mengatasi masalah. Bisa melibatkan tindakan kita bisa juga tidak. tumbuhkan keimanan akan kebesaran Allah. dan sebagainya). “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Setelah berdo’a dengan yakin. ikutilah kata hati untuk bertindak. Untuk itulah kenapa saya menulis sebuah ebook tentang Daya Ungkit untuk membantu Anda bagaimana mengoptimalkan apa yang sudah Anda miliki. Kalau Anda diam saja. apa pun itu. benarkah ingin mengatasi masalah? Jadi. jangan diam saja! Bisa jadi itu adalah petunjuk Allah.” (QS Ar Ra’d:11) Mengatasi Masalah Memanfaatkan Yang Ada Saat kita membaca ayat “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. baik aset fisik maupun aset non fisik (ilmu. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. untuk mengatasi masalah Anda.” (QS. tetaplah optimis dan gunakan daya ungkit. Kita tidak perlu membatasi. Allah tidak akan mengubah nasib kita jika kita tidak mau mengubahnya.2:286). Jadi untuk bisa mengatasi masalah Anda.” (QS. cara Allah menolong kita banyak caranya. Ada juga yang sadar. Namun saat ada gagasan untuk bertindak. Sayangnya banyak orang yang malah mengabaikan atau tidak menysukuri apa yang sudah dia miliki.“Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah!” maka terjadilah ia.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->