JENIS-JENIS BATUAN

BATUAN BEKU 1. GRANIT

Proses terbentuk : Batuan ini terbentuk dari hasil pembekuan magma berkomposisi asam yang membeku di dalam dapur magma, sehingga batu ini merupakan jenis batu beku dalam. Massa jenis : sekitar 2,2 – 2,3 gram/cm3 Warna : putih, abu-abu, atau campuran keduanya. Batuan ini banyak di temukan di daerah pinggiran pantai dan di pinggiran sungai besar ataupun di dasar sungai. Batu Granit dapat digunakan sebgai : Batu bahan bangunan, Monumen Jembatan, Jebagai dekorasi, Bahan tegel, dll.

2.GABRO

Batu andesit sering digunakan sebagai : Nisan kuburan Cobek Lumping jamu Cungkup (kap lampu taman) Arca untuk hiasan Batu pembuat candi Sarkofagus Punden berundak Meja batu Pusat kerajinan dan pemotongan batu Andesit juga terdapat di daerah Cirebon dan Majalengka Jawa Barat. dalam lingkungan bertekanan tinggi dan temperatur yang luar biasa tinggi dapat bergerak sangat cepat dan menyusun dirinya sedemikian rupa sehingga membentuk suatu bentuk yang teratur dan semakin berukuran besar. Karena di daerah ini banyak terdapat perbukitan yang .8 – 3 gram/cm3 Warna : agak gelap (abu-abu tua).ANDESIT Proses terbentuk :Batuan ini berasal dari lelehan lava gunung merapi yang meletus. Ion-ion penyusun mineral pada batuan.9 – 3.Proses Terbentuk : terbentuk dari magma yang membeku di dalam gunung.Derajat kristalisasi sempurna. coklat bercampur putih Karakteristik lain : Batuan gabro berwarna gelap kehijauan. Merupakan jenis batuan beku luar. Struktur batuan ini adalah massive. Batuan ini masih segar dan tidak pernah terkena gaya endogen yang dapat meninggalkan retakan pada batuan.100 derajat Celsius. bahwa batuan ini secara keseluruhan tersusun atas kristal sehingga disebut holocrystalline. 3. batu Andesit terbentuk (membeku) ketika temperatur lava yang meleleh turun antara 900 sampai dengan 1. Tekstur seperti ini menunjukkan proses pembentukan magma yang lambat.21 gram/cm3 Warna : Gelap kehijauan . Termasuk batuan dalam Massa Jenis :2. Massa Jenis : 2.Batuan ini memeiliki tekstur fanerik karena mineral-mineralnya dapat dilihat langsung secara kasat mata dan mineral yang besar menunjukkan bahwa mineral tersebut terbentuk pada suhu pembekuan yang relatif lambat sehingga bentuk mineralnya besar-besar. tidak terdapat rongga atau lubang udara maupun retakan-retakan. menunjukkan kandungan silika rendah sehingga magma asal bersifat basa.

seperti pada deretan Pegunungan). Termasuk jenis batuan beku dalam Massa jenis : 2.9 gram/cm3 Warna : Kelabu bercampur putih. dan membentuk suatu gunung didalam cordilleran ( subduction sepanjang tepi suatu benua. Terdapat emplaces yang besar berupa batholiths ( banyak beribu-ribu mil-kwadrat) dan mengantarkan magma sampai pada permukaan untuk menghasilkan gunung api gabungan dengan lahar andesite. 4.merupakan daerah tambang Batu Andesit. Massa jenis : 2. Mempunyai ukuran butir yang sangat baik sehingga kehadiran mineral mineral tidak terlihat. biasanya diproduksi pada busur lingkaran volkanis.7 – 3 gram/cm3 Warna : Gelap .DIORIT Proses terbentuk : Merupakan batuan hasil terobosan batuan beku (instruksi) yang Terbentuk dari hasil peleburan lantai samudra yang bersifat mafic pada suatu subduction zone. atau hitam bercampur putih Kegunaan : batu diorit ini dapat dijadikan sebagai batu ornamen dinding maupun lantai bangunan gedung atau untuk batu belah untuk pondasi bangunan / jalan raya 5. Biasanya membentuk lempeng samudera di dunia.8 – 2. Untuk batu Andesit di daerah cirebon umum nya bewarna abu-abu dan terdiri dari 2 Jenis utama: Andesit Bintik dan Andesit Polos.BASALT Proses Terbentuk : Berasal dari hasil pembekuan magma berkomposisi basa di permukaan atau dekat permukaan bumi.

dll) dan sebagai agregat.BATU APUNG .Karakteristik lain : Batuan Basalt lazimnya bersifat masif dan keras. jalan. bahan bangunan / pondasi bangunan (gedung. Berdasarkan komposisi kimianya. yaitu jenis dari batuan basalt yang bernama gabbro. basalt alkali memiliki kandungan Na2O dan K2O lebih tinggi daripada basalt tholeitik. Manfaat : Basalt kerap digunakan sebagai bahan baku dalam industri poles. Obsidian adalah batuan yang disusun secara keseluruhan dari kaca amorf dan sedikit kristal feldspar. bertekstur afanitik. Massa Jenis : 2. basalt dapat dibedakan menjadi dua tipe. Batu ini jarang yang berwarna kuning atau merah putih atau biru. Batu obsidian terbuat dari 70% silicon dioxide bahkan lebih dan jika tercampur mineral mineral tertentu warnanya akan berubah. piroksin. mineral hitam dan kuarsa. Perbedaan di antara kedua tipe basalt itu dapat dilihat dari kandungan Na2O dan K2O. jembatan.5 gram/cm3 Warna : Warnanya bening seperti kaca dan warnanya kadangkadang hitam mulus. plagioklas.36 – 2. Untuk konsentrasi SiO2 yang sama. 6. Batu obsidian sering ditemukan dalam keadaan mengkilau mulus walaupun belum dipoles.OBSIDIAN Proses Terbentuk :Obsidian merupakan batuan yang terbentuk oleh hasil kegiatan erupsi gunung api bersusunan asam hingga basa yang pembekuannya sangat cepat sehingga akan terbentuk gelas atau kaca daripada kristal dominan. 7. Kandungan mineral Vulcanik ini hanya dapat terlihat pada jenis batuan basalt yang berukuran butir kuarsa. merah tua. Amfibol dan mineral hitam. agak hijau atau abu-abu. yaitu basalt alkali dan basalt tholeitik. . terdiri atas mineral gelas vulkanik.

pembersih (cleaner). mineral plagioklas berbutir kasar dalam masa dasar lebih halus. mineral pembentuknya feldspar. batu apung digunakan sebagai bahan pengisi (filler). Misalnya biotit. batuapung juga tahan terhadap api. kuarsa. kondensi. biotit dan mungkin juga mineral berwarna gelap 9. Batu apung mengandung silika tinggi. Jika panerisnya . jamur dan panas. abrasif. Manfaat : Dalam sektor industri lain. 8. dan augit. hornblende. kedap suara. isolator temperatur tinggi dan lain-lain. dan coklat muda Karakteristik lain : dapat terapung di air. kurang lebih 60% feldaspar dan 10-20% biotit atau hornblande. stonewashing.Proses Terbentuk : Batu apung merupakan hasil material erupsi gunung api yang membeku ketika didalamnya masih terdapat udara sehingga mempunyai sifat titik berongga-rongga tersebar secara tidak merata.LIPARIT Liparit merupakan batuan bertekstur porfiris dan umumnya berwarna putih.DASIT Dasit merupakan batuan yang memiliki ciri-ciri berwarna abu-abu terang. Mineral silikat ada dalam jumlah sedikit. dan termasuk jenis batuan beku luar. pemoles/penggosok (polishing). Massa Jenis : dibawah 1 gram/cm3 Warna : Putih. Dasit mengandung 15-20% kwarsa.

Warna skoria coklat kemerahan sampai abu-abu gelap dan hitam 10. yang luabang-lubangnya lebih besar kalau dibandingkan dengan purnice. Kegunaan digunakan sebagai timbunan.SKORIA Skoria merupakan batuan yang terbentuk jika air dan gelombang-gelombang gas lainnya keluar melalui lava yang mampat (stiff lava). . dengan warna putih kekurangan. TUFA GLASS. Tufa Gelas merupakan batuan piroklastik yang disusun oleh material hasil gunung api yang banyak mengandung debu vulkanik dan mineral gelas. disebut dengan porfir dan dasit. Masa dasar dari batuan ini biasanya berbutir halus. abu-abu dan kuning kecoklatan.plagioklas atau kwarsa banyak. tetapi dapat juga secara gradual menjadi glass 10.

terdiri atas fragmen dengan bentuk membundar dengan ukuran lebih besar dari 2mm yang berada ditengah-tengah semen yang tersusun oleh batupasir dan diperkuat & dipadatkan lagi kerikil. Warna : berwarna warni Manfaat : Biasanya batuan tersebut menjadi batuan penyimpan hidrokarbon (reservoir rocks) atau bisa juga menjadi batuan induk sebagai penghasil hidrokarbon (source rocks).KONGLOMERAT Proses Terbentuk :Konglomerat merupakan suatu bentukan fragmen dari proses sedimentasi. seperti ombak pada suatu pantai atau saluran di suatu sungai.BATU PASIR Proses Terbentuk :Batupasir adalah suatu batuan sedimen klastik yang dimana partikel penyusunya kebanyakan berupa butiran berukuran pasir. batuan yang berbutir kasar. Kebanyakan batupasir dibentuk dari butiran-butiran yang terbawa oleh pergerakan air. Dalam pembentukannya membutuhkan energi yang cukup besar untuk menggerakan fragmen yang cukup besar biasanya terjadi pada sistem sungai dan pantai. 2.BATUAN SEDIMEN 1. Butirannya secara khas di semen bersama- .

Warna : merah kecoklatan. coklat Manfaat : sebagai Hiasan Bisa. misalnya di ukir hingga halus membentuk vas bunga. Spesimen yang ditunjukkan di atas memiliki ukuran garis tengah sekitar dua inci (lima sentimeter). batupasir hasil galian dapat digunakan sebagai material di dalam pembuatan gelas/kaca. Batupasir paling umum terdiri atas butir kwarsa sebab kwarsa adalah suatu mineral yang umum yang bersifat menentang laju arus. keemasan.BREKSI Karakteristik : Breksi merupakan batuan sedimen klastik yang memiliki ukuran butir yang cukup besar (diameter lebih dari dua milimeter) dengan tersusun atas batuan dengan fragmen menyudut (tajam).sama oleh tanah kerikil atau kalsit untuk membentuk batupasir tersebut. 4. meja kecil. Nah tetesan-tetesan air .. Air yang larut di daerah karst akan masuk ke lobang-lobang (doline) kemudian turun ke gua dan menetes-netes dari atap gua ke dasar gua. 3.STALAGMIT DAN STALAKTIT Proses Terbentuknya : Stalaktit dan Stalakmit adalah bentukan alam khas daerah Karst. Warna : Coklat dan putih Manfaat : Batupasir mempunyai banyak kegunaan didalam industri konstruksi sebagai suatu kumpulan dan batu-tembok. Ruang antara fragmen besar bisa diisi dengan matriks partikel yang lebih kecil atau semen mineral yang mengikat batu itu bersama-sama. atau asbak.

krem. Warna putih keabu-abuan. dll. Warna Manfaat di jadikan hiasan rumah. Warna Manfaat celengan.BATU LEMPUNG Proses Terjadinya : Type utama batulempung menurut terjadinya terdiri dari lempung residu dan lempung letakan (sedimen). merah. putih : sebagai keindahan alam (biasanya di gua-gua). demngan kenampakan textur aphanitik sampai phanero-cristalin. Stalaktit adalah batu yang terbentuk di atap gua. lempung residu adalah sejenis lempung yang terbentuk karena proses pelapukan (alterasi) batuan beku dan ditemukan disekitar batuan induknya. : kuning. ada juga 5. dapat : Sangat sering di temukan di daerah gua. 6. keemasan. Tempat yang di sekitar air terjun. coklat. bentuknya meruncing ke bawah. sedangkan stalakmit adalah batu yang terbentuk di dasar gua bentuknya meruncing ke atas. Kemudian material lempung ini mengalami proses diagenesa sehingga membentuk batu lempung.yang mengandung kapur ini lama-lama kapurnya membeku dan menumpuk sedikit demi sedikit lalu berubah jadi batuan kapur yang bentuknya runcing-runcing. keemasan.BATU GAMPING : Coklat. patung. . abu-abu : Dapat dijadikan kerajinan. coklat. Batu Gamping merupakan batuan carbonat yang paling banyak terdapat. seperti asbak.

sepertiga bahan tanah. yang kemudian dapat terkonsentrasi dan membentuk clay atau loams yang berwarna merah atau kuning. agak lunak. calcium carbonatnya dapat terlarut.abu-abu. Terdiri dari butiran-butiran batu lempung atau tanah liat. atau kuning. hitam. Berasal dari endapan hasil pelapukan batuan tanah liat. Mudah larut terutama dalam air yang mengandung CO2 sehingga terjadi lubang-lubang. Keras dari limestone sangat berbeda-beda.BATU TRAVERTIN . sepertiga bahan lain termasuk karbonat. oksid besi dan zat-zat organik. dan lainnya oleh adanya kotorankotoran. merah. agak keras. celah-celah. Bila ditetesi HCL memercik/berbuih. dan zat organik. dan sebaginya. Limestone berbutir mulus.BATUAN SERPIH Serpin berasal dari lumpur yang mengendap. coklat. diaklas. feldspar. dan yang tertinggal adalah kotoran-kotorannya. ada yang keras dan ada yang lunak. oleh aksidasi dari mineral-mineral oksida besi. Ciri-ciri: Warna putih keabu-abuan. Selama proses pelapukan dari limestone. besi oksida. Beberapa limestone seluruhnya dapat terdiri dari butir-butir calcit. tergantung dari texturnya. 7. kuning.diaklas dan lainnya. 8. pada umumnya sepertiga terdiri atas kuarsa. Berwarna abu-abu kehijauan. abu-abu gelap. dan bila ditetesi asam membentuk gas karbondioksida. pecahannya conchoidal. Dimanfaatkan sebagi bahan bangunan. tebal dapat dari beberpa centimeter sampai beberapa ratus meter.

atau cokelat. tetapi bila aornya mengandung CO2 maka calcium carbonat itu mudah berubah menjadi biocarbonat. calcium carbonatnya segera diendapkan oleh proses evaporasi. maka daya melarutkan lebih tinggi. terutama bila air tersebut berasal dari tempat yang dalam dengan tekanan yang lebih besar dan kandungan CO2 nya lebih banyak. terjadi pula pengendapan dari calcium carbonat oleh tetesan-tetesan air secara perlahan-lahan yang terdiri dari kristal-kristal halus dan kompak. dan proses ini dapat dipercepat oleh adanya kegiatan dari tumbuh-tumbuhan (algae). Warna putih. yang disebut dengan dripstone. Bila larutan tersebut mencapai permukaan bumi dibawah tekanan atmosfer. . Pada guagua kapur.Calcium carbonat tidak larut dalam air murni. Yang tumbuh dari bawah disebut stalagnite. Calcum carbonat yang doiendapkan di mulut/lubang mata air itu disebut travertine. Jadi dibawah tekanan atmosfer. kuning. air yang banyak mengandung CO2 secara perlahan-lahan melarutkan calcium carbonat.Struktur fibrous atau konsentris.

Asal Warna Ukuran butir Struktur Komposisi Derajat metamorfisme : Metamorfisme siltstone. ungu : Fine – Medium Coarse : Foliated (Schistose) : Mika. horndlende.BATUAN METAMORF 1. Mineral pada batuan ini umumnya terpisah menjadi berkas-berkas bergelombang yang diperlihatkan dengan kristal yang mengkilap. 2. amphibole.GNEISS (ganes) Merupakan batuan yang terbentuk dari hasil metamorfosisme batuan beku dalam temperatur dan tekanan yang tinggi. feldspar. hijau. mika dan amphibole. granit Warna : Abu-abu Ukuran butir : Medium – Coarse grained Struktur : Foliated (Gneissic) Komposisi : Kuarsa. mika Derajat metamorfisme : Tinggi Ciri khas : Kuarsa dan feldspar nampak berselang-seling dengan lapisan tipis kaya amphibole dan mika. grafit. Asal : Metamorfisme regional siltstone. hornblende : Intermediate – Tinggi . basalt : Hitam. Dalam Gneiss dapat diperoleh rekristalisasi dan foliasi dari kuarsa. feldspar.SEKIS Schist (sekis) adalah batuan metamorf yang mengandung lapisan mika. grafit. shale. shale.

kekuningan. Ketika batupasir bermetamorfosis menjadi kuarsit. cokelat. Utamanya tersusun dari kalsium karbonat. dan biasanya tekstur dan struktur asal pada batupasir terhapus oleh proses metamorfosis . dolostone Warna : Bervariasi Ukuran butir : Medium – Coarse Grained Struktur : Non foliasi Komposisi : Kalsit atau Dolomit Derajat metamorfisme : Rendah – Tinggi Ciri khas : Tekstur berupa butiran seperti gula. merah Ukuran butir : Medium coarse Struktur : Non foliasi Komposisi : Kuarsa Derajat metamorfisme : Intermediate – Tinggi Ciri khas : Lebih keras dibanding glass . butir-butir kuarsa mengalami rekristalisasi. Asal : Metamorfisme batu gamping. bereaksi dengan HCl 4.BATU KUARSIT Adalah salah satu batuan metamorf yang keras dan kuat.BATUAN MARMER Terbentuk ketika batu gamping mendapat tekanan dan panas sehingga mengalami perubahan dan rekristalisasi kalsit. terkadang terdapat kristal 3.Ciri khas garnet : Foliasi yang kadang bergelombang. kompak dan tanpa foliasi. Terbentuk ketika batupasir (sandstone) mendapat tekanan dan temperatur yang tinggi. Asal : Metamorfisme sandstone (batupasir) Warna : Abu-abu. Marmer bersifat padat. terkadang terdapat fosil.

TUGAS JENIS-JENIS BATUAN Nama Absen Kelas Sekolah : Fadillah Syifa Nirwana : 12 : V (Lima) : SDN Sidomulyo 01 Kota Batu .