PERANCANGAN SISTEM APLIKASI ADMINISTRASI NILAI SISWA PADA LPK MUHAMMADIYAH DI JAKARTA

Skripsi ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar sarjana pada jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Disusun Oleh :

Nama : Nia Rosniawati N.R.P : 203.513.007

FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAKARTA 2008

1

LEMBAR PENGESAHAN

Skripsi ini telah disetujui dan disyahkan di Jakarta, Juni 2008

Disetujui oleh : Pembimbing Skripsi

Titin Pramiyati, S.Kom., MSi

Disyahkan oleh : Ketua Jurusan Sistem Informasi

Titin Pramiyati, S.Kom., MSi

2

SURAT KETERANGAN LULUS TUGAS AKHIR
Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa :

Nama N.R.P Judul Skripsi

: Nia Rosniawati : 203.513.007

PERANCANGAN SISTEM APLIKASI ADMINISTRASI NILAI SISWA PADA LPK MUHAMMADIYAH DI JAKARTA

Telah Lulus Tugas Akhir Pada tanggal :

Tim Penguji
No Jabatan Nama Penguji Tandatangan

1

Ketua

Drs. Achmad Sunarto, BE

2

Anggota

Husein, S.Kom

Jakarta, Juni 2008

Ketua Jurusan

( Titin Pramiyati, S. Kom., MSi )

3

Hampir disegala bidang komputer digunakan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan kita. 4 . Salah satu alat teknologi yang membuat semua ini mungkin terjadi adalah komputer. membuat kita harus mulai memikirkan untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin dalam rangka membantu tugas dan pekerjaan kita sehari-hari. Untuk memudahkan pengaturan ini langkah terbaik diambil adalah dengan penggunaan sistem komputerasi.ABSTRAKSI Saat ini kita memasuki suatu era yang kerap disebut dengan era Millenium. Alat canggih ini digunakan bukan saja diperusahaan-perusahaan swasta. tetapi juga dilembaga-lembaga pendidikan. sebuah unit yang sangat menunjang kelancaran proses belajar mengajar adalah bagian administrasi. namun tidak cukup hanya itu. maka sistem komputer tidak berjalan sebagaimana mestinya dan pada akhirnya pekerjaan kita menjadi terhambat karenanya. Begitu pentingnya peranan komputer dalam bidang apapun didunia ini. baik dalam perangkat maupun kegunaannya. Karena mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat sampai saat ini. Dunia terasa semakin sempit karena suatu peristiwa yang terjadi dibelahan dunia yang dapat dengan mudah diakses bahkan dalam hitungan detik dibelahan dunia lainnya. dimana teknologi berkembang begitu pesat seakan membawa kita kedunia dengan peradaban baru. Kitapun harus memikirkan untuk pemeliharaannya (maintance) karena jika suatu komponen saja mengalami kerusakan. Komputer sebagai “Kaki Tangan” manusia yang semakin berkembang. Hilir mudiknya arus proses administrasi baik keuangan maupun proses memasukkan nilai siswa tampaknya menjadi hal penting yang harus dikelola dengan baik. Dalam dunia pendidikan.

Bapak Ir. Dan penulis mengambil judul tugas akhir sebagai berikut : “PERANCANGAN SISTEM APLIKASI ADMINISTRASI NILAI SISWA PADA LPK MUHAMMADIYAH JAKARTA” Tugas akhir ini merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh Sarjana Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.. Mustaqiem Selaku Pimpinan Yayasan Muhammadiyah Cabang Cipulir DI 5 .Kom. Bapak Drs. atas segala berkah dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Bu Titin Pramiyati S. Dalam penulisan ini penulis telah mendapat bantuan dari berbagai pihak. Budiman Joko Said M.Dwi Nugroho M.Sc Selaku Dekan Fakultas Komputer Unversitas Pembangunan “Veteran” Nasional Jakarta 3. Bapak Dr. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih sebesarbesarnya kepada : 1. MSi Selaku pembimbing dan sekaligus Ketua Jurusan Sistem Informasi Fakultas Komputer UPN “Veteran” Jakarta 4. H.M Selaku Rektor Unversitas Pembangunan “Veteran” Nasional Jakarta 2.KATA PENGANTAR Alhamdulillah dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT.

Seluruh Staff Tata Usaha dan Staff Guru LPK Muhammadiyah yang telah banyak membantu 8. Penulis menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih jauh dari sempurna. namun telah banyak memberikan bantuan dan saran sehingga selesainya tugas akhir ini.5. oleh karena itu semua kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan penulisan ini. Kepada suami dan anak yang telah mendukung dan memberikan sport moral ataupun moril 10. Bapak Aryo Harjianto Selaku Direktur LPK Muhammadiyah Jakarta 6. Juni 2008 Penulis 6 . Dan semua pihak yang telah membantu dan tidak dapat disebutkan satu persatu. Kedua orang tua tercinta yang telah banyak membantu baik dari materil ataupun moril 9. Jakarta. Besar harapan penulis semoga penulisan ini berguna dan bermanfaat bagi Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Bapak Malkan Nur Sebagai Pembimbing pada LPK Muhammadiyah Jakarta 7.

Ruang Lingkup……………………………………………….. Maksud Dan Tujuan …………………………………………. DAFTAR ISI …………………………………………………………………. 8 9 1 3 3 4 6 C.. 10 D. Latar Belakang ……………………………………………….. C. Komponen Pendukung ………………………………………..DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL LEMBAR PENGESAHAN ABSTRAK KATA PENGANTAR ………………………………………………………. Metode Penelitian……………………………………………. Pengolahan Data ……………………………………………. Administrasi Nilai Siswa ……………………………………. 18 7 . B. D. xii DAFTAR LAMPIRAN ………………………………………………………. B. Sistem Informasi ……………………………………………. i iii DAFTAR SIMBOL……………………………………………………………. E. Sistematika Penulisan……………………………………….. xi DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………. xiii BAB I PENDAHULUAN A. BAB II KAJIAN PUSTAKA A. vii DAFTAR TABEL…………………………………………………………….

33 C. Diagram Alir Data ………………………………………. Teknologi Yang Digunakan ……………………………. 37 5. 36 4.. Masalah Pokok ……………………………………………. Profil Sekolah ………………………………………………… 20 1. 26 1. 31 a..BAB III SISTEM YANG BERJALAN A. 34 2. 27 c. Diagram Konteks……………………………………… 31 b. Dokumen Masukan …………………………………… 26 b. Dokumen Sistem Berjalan ……………………………….. 39 D. Rancangan Umum Sistem Usulan …………………………… 39 1. Analisa Permasalahan ………………………………………… 34 1. Diagram Nol …………………………………………. Dokumen Simpanan …………………………………. Analisa Pemecahan Masalah ……………………………. Perancangan Sistem Administrasi Pada LPK Muhammadiyah ………………………………………………. 39 8 . Prosedur Sistem Berjalan ………………………………… 29 3. Visi Dan Misi …………………… 20 2. Identifikasi masalah ……………………………………… 35 3.. Pemecahan Masalah ………………………………………. Dokumen Keluaran …………………………………… 28 2. Analisa Kebutuhan Informasi ……………………………. Metode Pengembangan Yang Digunakan ……………….. Urian Sejarah Singkat.. 26 a. Struktur Organisasi Uraian Fungsi Dan Tugas …………… 22 B.. 38 6.

. Rancangan Masukan …………………………………….. 43 1. 44 a. 55 a.. Diagram Rinci ………………………………………. 55 1. Diagram Alir Data ………………………………………. Bentuk Normal Kedua (2NF)………………………. Struktur Menu Pengoperasian ………………………. 52 d. Pembagian Modul Pengolahan ……………………… 57 c. Bagan Pengolahan ……………………………………….. Rancangan Logik ……………………………………………. Rancangan Program …………………………………. 52 3. Bentuk Normal Ketiga (3NF) ………………………. Diagram Hubungan Entitas (ERD)………………………. Tujuan Dan Saran …………………………………………… 42 B. 55 C. 49 2. Bentuk Tidak Normal (Un-Normal) ………………… 51 b. 58 d. Diagram Konteks ……………………………………. 44 b. Teknologi Yang Digunakan BAB IV RANCANGAN USULAN …………………………….. 60 3. Diagram Nol ………………………………………… 45 c. 46 d. Uraian Proses ………………………………………. Rancangan Keluaran …………………………………… 61 9 . Bentuk Normal Pertama (1NF) ……………………… 51 c. Bagan Pengolahan Terstruktur………………………… 56 b..2. Normalisasi ……………………………………………… 51 a. 59 2.. 40 A. Rancangan Fisik Sistem Usulan ……………………………...

71 2. Keamanan Komputer ………………………………………. 64 D. Rancangan Data ………………………………………… 62 5. Spesifikasi Perangkat Lunak ……………………………. Rancangan Kode ………………………………………. Spesifikasi Perangkat Keras ……………………………. 68 E. Jadwal Implementasi ……………………………………. 69 F... Kesimpulan ………………………………………………… 75 B.4. 67 2. Implementasi ……………………………………………… 70 1. Uraian Kegiatan ………………………………………….. Saran ………………………………………………………… 76 Daftar Pustaka ………………………………………………………………... 67 1. 77 10 . Konfigurasi Sisitem Komputer ……………………………. 74 BAB V PENUTUP A..

Data Store Digunakan untuk menggambarkan suatu tempat untuk menyimpan atau mengambil data 4. 1. Simbol Enternal Entity Simbol yang menggambarkan orang atau Penjelasan / Arti organisasi yang menjadi sumber atau tujuan dari informasi 2. Process Digunakan untuk menggambarkan suatu proses yang sedang berlangsung didalam sistem 3. Diagram Alir Alir Data No.DAFTAR SIMBOL 1. Data Flow Digunakan untuk menggambarkan suatu aliran data 11 .

3. Merupakan simbol pengulangan dari komponen yang tertutup Merupakan symbol primary key 6.2. 7. 4. untuk 5. Merupakan symbol foreign key 12 . Kamus Data No. Simbol Penjelasan / Arti Merupkan symbol pembuatan / pemasukan data pertama kali kedalam aliran data Merupakan symbol dari data yang dimasukan kedalam diagram aliran data Merupakan symbol yang digunakan menutup komponen yang sudah dipilih Merupakan symbol yang memiliki salah satu pilihan digunakan untuk = + ( ) [ ] { } @ # 2. 1.

13 . Hubungan suatu entitas dari suatu ke satu (one to one) dimana setiap entitas pada himpunan A 2. berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan B begitu pula sebaliknya Hubungan suatu entitas dari satu ke banyak (one to many) dimana setiap entitas pada suatu 3.3. Simbol Penjelasan / Arti Entitas yang keberadaanya mandiri dan harus ada dalam suatu sistem 1. Diagram Hubungan Entitas No. himpunan dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas lainnya Hubungan suatu entitas dari banyak ke satu (many 4. himpunan entitas lainnya. Hubungan suatu entitas dari banyak ke banyak (many to many) dimana setiap entitas pada suatu 5. to one) dimana setiap entitas berhubungan paling banyak dengan satu entitas lainnya.

dengan modul lainnya LOOPING Suatu perulangan didalam modul 5. dikirimkan dari modul kemodul lainnya 14 . Bagan Terstruktur No. KOPEL Menunjukan data dan elemen control yang 6. Simbol MODUL Simbol yang menunjukkan suatu modul 1. hanya bias diifenitasikan melalui namanya KONEKSI Digunakan untuk mengubungkan suatu modul 4.4. Penjelasan / Arti DECISION Simbol yang menunjukkan pilihan dalam 2. mengerjakan modul PREDEFINE MODUL Suato proses yang ditentukan terlebih dahulu dan 3.

1. 74 15 . Jadwal Implementasi ………………………………………………..DAFTAR TABEL Tabel 4.

Pembagian Modul Input Data …………………………………… 57 Gambar 4.5. Konfigurasi Komputer……………………………………………. Diagram Rinci 1. 46 Gambar 4..0 ………………………………………………. Diagram Konteks Sistem Usulan ………………………………… 44 Gambar 4.3. Diagram Nol Sistem Berjalan …………………………………… 33 Gambar 4.2. Diagram Rinci 3. Diagram Rinci 2.1. 58 16 .0 ………………………………………………..7. 45 Gambar 4. Bagan Pengolahan Terstruktur…………………………………… 56 Gambar 4.2.. Pembagian Modul Laporan ……………………………………. Diagram Nol Sistem Usulan …………………………………….1..3.4. 11 Gambar 3.9. 54 Gambar 4.0 ……………………………………………….DAFTAR GAMBAR Gambar 2. Entity Relationship Diagram Usulan ……………………………. Struktur Organisasi LPK Muhammadiyah………………………. 48 Gambar 4. 57 Gambar 4..6.8 Pembagian Modul Login…………………………………………. 47 Gambar 4...10.. 22 Gambar 3.1. Diagram Konteks Sistem Berjalan ……………………………… 31 Gambar 3..

Kamus Data ……………………………………………………. Dokumen Keluaran Lampiran B2-1 Laporan Data Instruktur ……………………………. Dokumen Masukan Lampiran B1-1.DAFTAR LAMPIRAN LAMPIRAN A ( DOKUMEN SISTEM BERJALAN ) I.. 88 Lampiran A3-3 Daftar Nilai Siswa…………………………………… 89 LAMPIRAN B (DOKUMEN SISTEM USULAN) I. Daftar Nilai ………………………………………….... 82 III. Daftar Instruktur …………………………………… 87 Lampiran A3-2 Daftar Biodata Siswa ………………………………. Biodata Siswa ………………………………………. 81 II. Dokumen Simpanan A2-1... Dokumen Keluaran Lampiran A3-1. 92 Lampiran B1-4 Data Nilai Siswa ……………………………………. 94 Lampiran B2-2 Laporan Data Siswa…………………………………. 95 Lampiran B2-3 Laporan Nilai Siswa …………………………………. Dokumen Masukan Lampiran A1-1. Surat Tugas Instruktur………………………………. 96 17 . 79 Lampiran A1-2. 93 II.. 91 Lampiran B1-3 Data Siswa …………………………………………. Data Mata Diklat …………………………………… 90 Lampiran B1-2 Data Instruktur ………………………………………. 80 Lampiran A1-3.

.104 Laporan Data Siswa ………………………………...100 Lampiran B3-5 Input Data Siswa ……………………………………101 Lampiran B3-6 Input Nilai Siswa …………………………………. 97 Lampiran B3-2. Rancangan Nilai Siswa ………………………………. Menu Login ……………………………………….112 Lampiran C-5.III. 99 Lampiran B3-4 Input Data Instruktur ………………………………..103 Lampiran B3-8 Lampiran B3-9 Laporan Data Instruktur ………………………….113 18 . Rancangan Data Instruktur …………………………. Rancangan Data Mata Diklat …………………………109 Lampiran C-2. 98 Lampiran B3-3 Input Mata Diklat …………………………………. Tampilan Menu Program Lampiran B3-1.106 IV. Menu Utama ……………………………………….105 Lampiran B3-10 Laporan Nilai Siswa ……………………………….111 Lampiran C-4.102 Lampiran B3-7 Laporan Data Mata Diklat …………………………. Rancangan Data Siswa ……………………………….110 Lampiran C-3. Kamus Data Lampiran B4-1 Kamus Data …………………………………………107 LAMPIRAN C (SPESIFIKASI FILE) Lampiran C-1.. Rancangan User……………………………………….

117 Lampiran D-4.128 Lampiran D-10. Modul Input User ……………………………………115 Lampiran D-3.121 Lampiran D-6. Modul Input Data Siswa……………………………. Modul Utama ………………………………………114 Lampiran D-2.. Modul Laporan Mata Diklat…………………………126 Lampiran D-8.LAMPIRAN D ( MODUL PENGOLAHAN) Lampiran D-1. Modul Laporan Rekap Nilai ………………………129 19 . Modul Input Nilai Siswa …………………………….123 Lampiran D-7. Modul Input Mata Diklat……………………………. Modul Laporan Data Siswa…………………………. Modul Input Data Instruktur…………………………119 Lampiran D-5. Modul Laporan Data Instruktur ……………………127 Lampiran D-9.

Komputer adalah sarana yang digunakan untuk membantu mencapai hasil kerja yang maksimal dan dapat menunjang informasi yang cepat dan akurat.BAB I PENDAHULUAN A. menghitung. Hilir mudiknya arus memasukkan nilai tampaknya menjadi hal penting yang harus dilakukan dengan baik. Untuk memudahkan pengaturan ini langkah terbaik diambil adalah dengan penggunaan sistem komputerisasi. Dalam hal ini komputer merupakan alat yang memainkan peranan yang sangat besar. Didalam kebudayaan yang semakin maju diperlukan suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pekerjaan rutin. Latar Belakang Dalam dunia pendidikan. semakin memudahkan programer dalam membuat suatu aplikasi yang berbasis database 20 . mengambil data dengan cepat secara acak (random) maupun urut (sequential) dan menyelesaikan persoalan rumit serta banyak perhitungan dalam waktu yang cepat. sebuah unit yang sangat menunjang kelancaran proses belajar mengajar adalah bagian administrasi. Kehadiran komputer didalam suatu organisasi atau sekolah akan sangat menunjang efisiensi kinerja sehingga akan mendapatkan dampak yang positif didalam suatu aktifitas sekolah. Maraknya perkembangan bahasa pemograman disaat sekarang ini. menyimpan informasi dalam jumlah besar.

Dengan adanya sistem komputerisasi ini diharapkan akan terciptanya efisiensi dan efektifitas yang baik. Menganalisis sistem yang sedang berjalan agar masalah yang selama ini dihadapi. Bagian administrasi nilai yang penulis pilih sebagai tempat untuk melakukan kegiatan ini adalah LPK Muhammadiyah Jakarta. B.sehingga didalam pembuatan aplikasi tersebut para pemogram dapat berinteraksi langsung dengan media pemrograman yang dihadapi. pengetahuan dan hiburan. Salah satu unsur terpenting dewasa ini adalah penguasaan komputer sebagai media komunikasi. Begitu pentingnya peranan media komputer dalam era globalisasi menyebabkan semakin banyaknya instansi atau perusahaan yang telah memanfaatkan media tersebut. dapat ditemukan solusi sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan 21 . Mengandalkan pengolahan data yang baik sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi karena dengan pengolahan data yang terkomputerisasi dapat mempercepat pengambilan keputusan oleh pihak diinginkan sehingga organisasi atau pengolahan tersebut dapat meningkatkan kinerjanya Dengan mengacu pada pemikiran inilah. terutama dalam hal pelayanan pada administrasi sekolah tersebut. Alasan penulis memilih tempat tersebut adalah karena pada LPK Muhammadiyah Jakarta ini belum memiliki sistem Komputerisasi. penulis tertarik untuk melakukan perancangan program komputerisasi di bagian administrasi. Maksud Dan Tujuan Penulisan Adapun maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah : 1.

D. Data Rekapitulasi Nilai Siswa dan sampai pembuatan laporan. Memberikan kemudahan dalam pengadministrasian nilai. Memberikan informasi mengenai perubahan data secara cepat dan akurat 3. penulis membatasi pembahasan permasalahan yaitu mengenai masalah pada administrasi nilai siswa. 5. Merancang dan membuat Aplikasi administrasi nilai dengan studi kasus untuk LPK Muhammadiyah. Perencanaan Dalam pembuatan tugas ini ada beberapa tahap yang harus dilakukan diantaranya perencanaan yang bertujuan untuk : 22 . Pembuatan sistem aplikasi yang cepat bagi LPK Muhammadiyah 4. 2. Meningkatkan mutu SDM yang lebih maju dari sebelumnya melalui Aplikasi administrasi nilai C. Ruang Lingkup Dalam penulisan skripsi ini. Sedangkan tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah : 1.2.. Merancang dan memperbaiki sistem dengan menggunakan sebagai penerapan perkembangan teknologi sehingga memudahkan dalam proses administrasi nilai. meliputi : Data Instruktur. Data Siswa. Metode Penelitian Untuk mendapatkan data serta masukan dalam penyusunan tugas akhir penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: a.

Desain terinci dimaksudkan untuk pemrogram komputer dan ahli teknik lainnya yang akan mengimplementasi sistem 23 . ada beberapa langkah yang harus dilakukan : 1. 2. 3. c. Menentukan ruang lingkup penulisan b. Menganalisis & menyusun biaya-biaya serta keuntungan dari sistem yang baru 5. Mengumpulkan & menganalisis formulir. Analisa Penelitian sistem yang ada dengan target merancang sistem yang baru dan diperbaharui. file yang berkaitan dgn sistem yang berjalan. dokumen . Desain sistem secara umum merupakan persiapan dari desain secara terinci. Mengatur urutan tugas b. Perancangan Tujuan dari desain sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran secara umum kepada user tentang sistem yang baru. Menyusun dan menyajikan laporan perbaikan (rekomendasi ) dari sistem yang berjalan kepada user. 4. Mengawasi semua kegiatan dalam penerapan sistem yang baru. Merancang suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasikan aplikasi aplikasi untuk penerapannya pada komputer.a. Desain secara umum mengidentifikasikan komponen-komponen sistem informasi yang akan didesain secara rinci. Mengacu berbagai area permasalahan potensial c.

juga untuk mempermudah penyusunan dalam penulisan laporan ini. 24 .Adapun langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut : a. Memilih konfigurasi terbaik e. maksud dan tujuan penulisan. Metode Wawancara Wawancara dilakukan secara langsung dengan pihak-pihak yang dapat memberikan informasi atau keterangan-keterangan yang dibutuhkan E. Menyiapkan usulan penerapan. e. Mengidentifikasi berbagai alternative konfigurasi sistem c. Sistematika Penulisan Untuk mempermudah pemahaman dari laporan Tugas Akhir ini. ruang lingkup dan sistematika penulisan. Metode Studi Pustaka Studi Pustaka dilakukan dengan berbagai buku-buku bacaan serta literatur yang sesuai dengan isi materi tugas akhir ini. Mengevaluasi berbagai alternative sistem d. Menyiapkan rancangan sistem yang terperinci b. d. maka penulis menguraikan masalah-masalah dengan membuat sistematika sebagai berikut: BAB I : PENDAHULUAN Bab ini membahas tentang penjelasan umum mengenai alasan pemilihan judul. metode penelitian.

spesifikasi bentuk keluaran. Dan langkah-langkah pembuatan program dan lain sebagiannya. struktur organisasi dan fungsi. konsep teori merancang program. analisa pemecahan masalah. normalisasi file. kamus data. 25 . BAB V : PENUTUP Bab ini berisi kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan serta saran-saran untuk memperbaiki masalah yang ada. flowchart. spesifikasi file. spesifikasi program struktur kode. masalah dihadapi. analisa sistem berjalan BAB IV : SISTEM USULAN Dalam Bab ini berisikan spesifikasi rancangan program yang meliputi spesifikasi bentuk masukan. program flowchart. Pendukung dalam perancangan program yang meliputi konsep teori normalisasi. kamus data.BAB II : KAJIAN PUSTAKA Dalam bab ini diuraikan mengenai konsep dasar dari program yang dibahas dalam ruang lingkup penulisan tugas akhir yang berhubungan dengan bidang sistem informasi. Peralatan pendukung (tools sytem) memberikan penjelasan secara teoritis tentang peralatan (tools). dan sebagainya. BAB III : SISTEM BERJALAN Bab ini menjelaskan tentang gambaran umum LPK Muhammadiyah Jakarta yang terdiri : sejarah singkat. dan listing program. analisa sistem yang sedang berjalan.

Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (Integrated). Dalam konsep Model Newell-Siman sistem informasi didefinisikan sebagai berikut : Sistem informasi harus membantu dalam mendefinisikan ruang persoalan dan dalam proses mencari suatu pemecahan. Sistem Informasi Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dan suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan. berkumpul dan bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan sasaran tertentu. Informasi adalah merupakan hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dapat dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak langsung pada saat mendatang. 26 . Format harus berusaha melonggarkan batas-batas ikatan rasionalitas sistem harus menggunakan ingatan yang sesuai dengan tugas. manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.BAB II KAJIAN PUSTAKA A. yang menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi.

Lebih-lebih akan menjadi terasa. untuk menunjang segenap fungsi dalam sebuah perusahaan. Sistem informasi tidak hanya data digunakan oleh satu unit usaha. menyimpan. Perorangan Untuk perorangan diperlukan dalam pengambilan keputusan yang sesuai dengan peranan masing-masing individu harus membantu keputusan memerlukan informasi yang akurat. jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang menggunakan laba financial sebagai orientasi keberhasilannya. 27 . Sedangkan fungsi dari Sistem Informasi itu sendiri adalah : Sistem informasi mulai dapat berkomunikasi dengan sistem yang lain sehingga mendatangkan sinergi yang luar biasa. Bagi Perusahaan Bagi perusahaan diperlukan untuk mengolah data dan menjadi informasi sehingga pihak yang membuat keputusan dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan yang bagus. memproses dan menyajikan dalam berbagai bentuk laporan. tetapi berbagai perusahaan yang dapat saling berbagi memakai Sistem Informasi. b. Pengolahan Data Pengertian pengolahan data bisa disederhanakan sebagai sebuah mekanisme untuk menerima data.Manfaat informasi dibagi beberapa macam yaitu : a. mengkomunikasi ke berbagai pihak yang berkepentingan. B.

Perangkat Keras Spesifikasi yang penulis gunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah sebagai berikut : Processor RAM Floppy Drive Hardisk Keyboard Mouse Monitor Printer : Intel Pentium IV : 256 MB SDRAM : 3½ Inch.44 MB : 40 Giga Byte (GB) : PS/2 (101/102 Key) : PS/2 Optic : SVGA (Trigem 800 x 600) : Desk Jet Meskipun demikian. Pengadaan peralatan pendukung hendaklah sesuai dengan ketentuan yang ada. 1.C. sangat penting didukung peralatan yang memadai agar program aplikasi yang penulis buat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. program aplikasi tersebut masih memungkinkan untuk diuji coba dengan spesifikasi yang lebih rendah lagi. Komponen Pendukung Dalam pembuatan program aplikasi ini. Akan tetapi sebaiknya dengan spesifikasi yang penulis gunakan bukan sebagai standarisasi untuk menjalankan program tersebut tetapi sebaiknya digunakan spesifikasi yang lebih 28 . Adapun peralatan pendukungnya adalah : 1. baik itu perangkat keras (Hardware) ataupun perangkat lunak (Software). agar terhindar dari beberapa masalah yang membuat program aplikasi ini tidak berjalan dengan semestinya.

tinggi lagi.1 Konfigurasi Komputer 2. alasan penulis menggunakan bahasa pemrograman tersebut 29 . sehingga program aplikasi dapat bekerja dengan baik. Perangkat Lunak Software atau perangkat lunak adalah program-program yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras. diantaranya adalah : bahasa pemrograman yaitu Visual Basic 6.0. Berikut ini adalah gambar dari spesifikasi yang penulis gambarkan melalui konfigurasi sebagai berikut : Keyboard & Mouse Hardisk CPU Monitor Printer Gambar 2.

Dan lebih dari itu penulis menganggap bahwa program Microsoft Visual Basic 6. c Pengkodean dari algoritma yang sudah dibuat. apakah program tersebut sudah benar dan bebas dari unsur kesalahan atau masih harus direvisi atau diperbaiki kembali. serta apa saja yang akan dihasilkan sebagai Output program yang dibuat. yang mana proses ini penting untuk dilakukan untuk pengembangan program selanjutnya. diterjemahkan kedalam bentuk statement yang sesuai dan terdapat didalam bahasa pemrograman yang digunakan. e Melakukan pendokumentasian program sebagai Back-Up (cadangan). program ini juga mudah dipergunakan untuk pembuatan program. d Melakukan test program dari proses logika yang dibuat. 30 . kemudian mengembangkan suatu urutan proses logika untuk menyelesaikan masalah tersebut diatas dalam bentuk logaritmatika b Menentukan bentuk data apa yang diperlukan. sebagai input dalam program yang akan dibuat. Operating sistem pendukung lainnya adalah Microsoft Windows XP. Dan dalam pembuatan langkah-langkah program adalah sebagai berikut: a Menganalisa dan memahami persoalan yang ada. dan bisa berinteraksi dengan programprogram lainnya.0 Banyak pendukung untuk aplikasi database diantaranya adalah Microsoft Acces.karena banyak kalangan programmer pada masa sekarang dan bahasa pemrograman ini bisa masuk dalam sistem yang berbasis windows baik level rendah dan level yang paling tinggi saat ini.

atribut sama. d Entitas Entitas adalah suatu yang dapat diidentifikasikan dalam lingkungan kerja user. Sesuatu user yang ingin ditelusuri sebuah kelas entitas adalah sekumpulan entitas dan digambarkan oleh struktur atau format entitas dalam kelas tersebut. Database Database adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file lainnya sehingga membentuk satu bagan data yang menginformasikan satu perusahaan. Adapun pembagian attribute adalah sebagai berikut : 31 . namun beda data valuenya c Value Value adalah data actual atau informasi yang disimpan pada tiap data elemen atau atribut.3. instansi dalam batasan tertentu. e Atribut Entitas memilki atribut yang menggambarkan karakteristik entitas. Dalam database terdapat bagian unsur-unsur yang lain diantaranya : a Record Record adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap b File Kumpulan record-record sejenis yang mempunyai panjang elemen yang sama.

Foreign Key Suatu atribut atau satu set atribut yang melengkapi satu relationship (hubungan) yang menunjukkan keindukannya. Adapun kegunaan database adalah sebagai berikut : a. Candidate Key Suatu atribut atau satu set minimal atribut yang mengidentifikasikan secara unik suatu kerja kejadian spesifik dari entity. Multiuser (banyak pemakai) e. Primary Key Suatu atribut atau satu set minimal atribut yang tidak hanya mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian yang spesifik tapi juga dapat mewakili setiap kejadian dari suatu entity. 2. 3. Kesulitan pengaksesan data c. Masalah keamanan (security) f. Isolasi data untuk standarisasi d. Masalah Integrasi (kesatuan) g. Alternate Key Kunci kandidat yang tidak dipakai sebagai primary key 4. Masalah data independence (kebebasan data) 32 .1. Redudansi dan Inkonsistensi b.

DAD bisa digolongkan sebagai berikut : a Proses Adalah suatu yang melakukan transformasi terhadap data yang terjadi. Hubungan Satu Kebanyak (One To Many) Merupakan hubungan file pertama dengan file kedua yaitu jenis hubungan yang hanya dapat dilakukan dengan satu entity/atribut dengan beberapa entity /atribut lainnya.4. Hubungan Satu Satu (One To One) Merupakan hubungan file pertama dengan file kedua yaitu jenis hubungan yang hanya dapat dilakukan dengan entity pertama yang hanya mempunyai hubungan dengan satu kejadian pada entity kedua dan sebelumnya. aliran data yang menggerakkan data. 5. b. Data Flow Diagram Diagram Aliran Data (DAD) Data Flow Diagram (DFD) adalah fungsional dari nilai yang dihitung oleh sistem DAD memuat proses yang mentransformasikan data. Entity Relationship Diagram Diagram hubungan entitas adalah diagram yang memperlihatkan entitas yang terlibat dalam suatu sistem serta hubungan-hubungan (relasi antar entitas tersebut). b Aliran Data Aliran data menghubungkan keluaran dari suatu objek/proses yang terjadi pada satu masukan. 33 . Entity Relasi dapat digolongkan sebagai berikut : a.

dimana kondisi yang diuji apakah mengalami kesulitan pada saat Insert (menambah) Delete (menghapus) Update (mengubah). dan atribut bukan kunci yang tidak merupakan bagian kunci primer 34 . Adapun bentuk-bentuk dari normalisasi adalah sebagai berikut : a. b. Dan tidak ada yang terduplikasi. Normalisasi Normalisasi adalah merupakan proses pengelompokan data elemen menjadi tabel-tabel yang menunjukkan entity dan relasinya. semua atribut bukan kunci memiliki defenisi sepenuhnya terhadap kunci primer. c. Bentuk Tidak Normal Adalah data yang direkam dengan baik memperhatikan format tertentu. Refieve (Membaca).c. Bentuk Normal Kedua (2NF) Suatu relasi berada dalam normal ke-2 jika dan hanya berada pada bentuk normal pertama. 6. Hubungan Banyak ke Banyak (Many To Many) Merupakan hubungan file pertama dengan file kedua yaitu hubungan yang dilakukan dengan beberapa entity/atribut dengan beberapa entity/atribut lainnya. Bentuk Normal Kesatu (1NF) Suatu relasi dikatakan dalam bentuk normal pertama jika dan hanya jika setiap atribut bernilai tunggal untuk setiap baris.

Bentuk Normal Ketiga (3NF) Bentuk ketiga adalah relasi harus dalam bentuk normal kedua dan semua atribut bukan primer tidak mempunyai hubungan yang transitif terhadap kunci primer. Flowchart Flowchart adalah simbol-simbol yang digunakan untuk menggambarkan proses yang terjadi didalam suatu program komputer secara sistematik dan logis. ADMINISTRASI NILAI SISWA a. 7. Dalam sistem flowchart adalah menggambarkan urutan prosedur secara detail didalam suatu sistem komputerisasi dan bersifat fisik. Nilai Rata-Rata Ulangan b. Dalam pembuatan program memiliki beberapa simbol yang bisa digunakan untuk menggambarkan rangkaian proses yang harus dilaksanakan. Ketentuan Penilaian Ketentuan penilaian yang ada pada LPK Muhammadiyah adalah sebagai berikut : 1) Aturan dalam proses nilai a.d. Nilai Mid Semester d. D. Nilai Semester 35 . Nilai Rata-rata Tugas c. untuk lebih jelas mengenai simbol-simbol flowchart dapat dilihat pada daftar flowchart.

Rata-rata tugas. Pengolahan Penilaian Dalam pengolahan penilaian yang selama ini ada dalam LPK Muhammadiyah adalah sebagai berikut : Guru mengentry / memasukkan data ke dalam buku nilai yang ada dengan ketentuan .2) Pengisian nilai Pengisian nilai yang dilakukan dalam memasukkan data nilai dengan ketentuan nilai menggunakan puluhan mulai dari 10 (sepuluh) dan maksimal 100 (seratus) 3) Penentuan predikat Untuk predikat pada pengisian nilai adalah sebagai berikut : A (Istimewa) = ( 90 – 100 ) B (Baik) C (Cukup) D (Kurang) = ( 80 – 89 ) = ( 70 – 79 ) = ( 60 – 69 ) b. rata-rata ulangan. 36 . Penilaian ini juga bisa diisi oleh petugas tata usaha kedalam form nilai yang telah disediakan oleh bagian kurikulum Setelah data itu dimasukkan kedalam form yang telah disediakan maka petugas tata usaha memasukkan kedalam pengolahan data untuk melakukan penyimpanan file untuk diolah menjadi data yang berkesatuan. mid semester dan semester.

Setelah pengolahan data yang diolah selesai maka bisa dituangkan dalam bentuk laporan yang diberikan kepada Kepala LPK. Untuk dijadikan nilai raport yang sudah lengkap dengan nilai dan predikat yang sudah diberikan secara otomatis. maka file tersebut diolah untuk bisa dimasukkan kedalam nilai raport dan diberikan predikat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 37 .Setelah data direkam dalam satu file. Guru dan Unit.

Dengan modal keyakinan dan semangat yang tinggi awal pembuatan Lembaga Pendidikan Komputer menggunakan 20 komputer dalam 1 ruangan praktek yang saat itu masih berbasis DOS.E. Maka Bapak H. Lotus dan lain-lain.Munif untuk mendirikan Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) dan mendapatkan lampu hijau untuk bisa mendirikan Lembaga tersebut. Bapak H.BAB III SISTEM YANG BERJALAN A. 1. Cipulir – Kebayoran Lama. Visi Dan Misi Pada bulan 01 Juli 1992. Dan saat itu masih menggunakan 1 ruangan 38 . PROFIL SEKOLAH Dengan memperhatikan perkembangan zaman yang semakin maju serta kesadaran masyarakat semakin tinggi tentang pentingnya pendidikan komputer khususnya dilingkungan Muhammadiyah Cipulir. Bulan Juli 1992 Bapak H. Word Star.Sugu Purwogunanto S.Sugu Purwogunanto S. Uraian Sejarah Singkat.Sugu Purwogunanto S.E mempunyai gagasan untuk mengembangkan dan merintis Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) di Jalan Panjang. berkonsultasi dengan Pimpinan perguruan yang yang saat itu dijabat oleh Bapak H.E membuat permohonan berdirinya Lembaga Pendidikan Komputer yang telah diajukan ke KANWIL DIKBUD bidang DIKMENJUR DKI.

Pada saat ini Lembaga Pendidikan sudah menggunakan jaringan Internet untuk mendukung fasilitas belajar siswa. karena kemajuan teknologi yang semakin cepat berkembang dan dilengkapi pula dengan jaringan Hotspot dengan jarak 300 meter dalam ruang lingkup Lembaga Pendidikan Komputer. Visi Terwujudnya Sumber Daya Manusia Yang Terampil Dan Profesional Yang Dilandasi Iman Dan Takwa Serta Perilaku Santun b. maka Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) Muhammadiyah mengembangkan dari 1 ruangan menjadi 2 ruangan dan masing-masing ruang terdiri dari 30 komputer yang sudah terdapat fasilitas jaringan. a.Karena kebutuhan Lab Komputer yang dituntut oleh banyak khalayak. Potensi Dasar Dan Kreatifitas Peserta Didik Mengembangkan Semangat Kemandirian 39 . SMP. Misi 1 2 3 Memantapkan Sekolah Sebagai Pusat Budaya Yang Positif Dan Islami Menumbuhkembangkan Bakat. SMA dan SMK. khususnya wali murid dari unit SD.

S. JOKO SUHARTO TATA USAHA EDI PURWANTO INSTRUKTUR NIA ROSMAWATI.1 Struktur Organisasi LPK Muhammadiyah KESISWAAN MALKAN NUR.Kom 22 . ADI ARDIANSYAH.Kom. S. MILA RAHMAWATY.2. S. STRUKTUR ORGANISASI KEPALA LPK ARYO KURIKULUM DRS.Kom Gambar 3. S.Kom. PERMANASARI. ASMUNI JAMHUR.

Pengorganisasian c. Mengadakan kerjasama yang baik dengan Depdiknas serta instansi terkait g. Bertanggung jawab kepada Dinas Dikmenti DKI Jakarta i. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran sesuai kurikulum yang berlaku dan berusaha mengembangkannya c. Melaksanakan bimbingan dan penyuluhan serta bimbingan kerja bagi peserta didik d. Melaksanakan pendidikan formal selama jangka waktu tertentu sesuai dengan jenjang sifat sekolah b. Berusaha meningkatkan kualitas pendidikan 2. Menyusun Perencanaan b. KURIKULUM Membantu Kepala LPK dalam bidang : a. Membina personil pimpinannya e. KEPALA LPK a. Membina dan melaksanakan ketatausahaan f. Pengarahan d. Pengawasan f. DUDI h.TUGAS DAN FUNGSI 1. Penilaian . Ketenagaan e. Membina kerjasama dengan wali murid. masyarakat.

Ketenagaan e. Membimbing dan mengarahkan siswa dalam pelaksanaan belajar mengajar f. Mengkoordinasikan pemakaian bahan dan alat praktek program studi yang bersangkutan e. Menyusun perencanaan kegiatan b. Pengarahan d. KESISWAAN Membantu Kepala LPK dalam bidang : a. Pengorganisasian c.3. Berperan melaporkan kegiatan kepada kepala LPK 2 . c. Merencanakan dan melaksanakan program-program pengajaran yang sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan. Penilaian g. INSTRUKTUR a. Identifikasi dan pengumpulan penyusunan laporan 4. Pengawasan f. Membuat program pengajaran baik tahunan dan semester sesuai dengan program yang telah ditentukan d. Mengajar pada jam kerja yang ditentukan b.

melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan langsung sesuai keperluan B. membuat laporan keluar (bulanan. mengatur administrasi perlengkapan k. mengkoordinir pekerjaan tata usaha sekolah c. mengatur administrasi pegawai j. Dokumen Masukan Dokumen masukan yang diperlukan untuk mengolah data pada sistem berjalan adalah sebagai berikut : 3 . tahunan dan lain-lain) l. target kurikulum. diperlukan data-data yang diproses sesuai dengan yang diinginkan. melaksanaan pekerjaan pengetikan m. mengatur dan pengadaan administrasi/alat tulis kantor h. mengatur administrasi siswa i. membuat statistik tenaga kependidikan dan DUK (PNS) f. TATA USAHA a. pendataan dan pembuatan grafik : nilai belajar siswa. mengerjakan daftar siswa menurut abjad kedalam buku laporan d. Adapun masukan yang diperlukan dalam administrasi nilai siswa Bentuk-bentuk dari spesifikasi masukan tersebut adalah sebagai berikut: a. Dokumen Sistem Berjalan Dalam pengolahanan data. menyusun program ketatausahaan b. dan daya serap e. membuat statistik siswa g.5. PERANCANGAN MUHAMMADIYAH SISTEM ADMINISTRASI PADA LPK 2. triwulan.

Dokumen Simpanan Dokumen simpanan yang diperlukan untuk mengolah data pada sistem berjalan adalah sebagai berikut : 1) File Instruktur Fungsi Media Sumber : Untuk menyimpan data instruktur : Kertas : Tata Usaha 4 .1) Data Instruktur Fungsi Media Sumber Frekuensi : Untuk mendata jumlah instruktur : Kertas : Tata Usaha : 1 Tahun Bentuk Lampiran : Lampiran A1-1 2) Data Siswa Fungsi Media Sumber Frekuensi : Untuk mengetahui data siswa : Kertas : Guru/Instruktur : 1 Tahun Bentuk Lampiran : Lampiran A1-2 3) Daftar Nilai Fungsi Media Sumber Frekuensi : Untuk mengetahui nilai keseluruhan siswa : Kertas : Guru : 3 bulan Bentuk Lampiran : Lampiran A1-3 b.

Frekuensi : 1 Tahun Bentuk Lampiran : Lampiran A2-1 2) File Siswa Fungsi Media Sumber Frekuensi : Untuk menyimpan data siswa : Kertas : Guru : 1 Tahun Bentuk Lampiran : Lampiran A2-2 3) File Nilai Fungsi Media Sumber Frekuensi : Untuk menyimpan data nilai siswa : Kertas : Guru : 3 bulan Bentuk Lampiran : Lampiran A2-3 c. Dokumen Keluaran Dokumen keluaran yang diperlukan untuk mengolah data pada sistem berjalan adalah sebagai berikut : 1) Laporan Data Instruktur Fungsi Media Distribusi Sumber Frekuensi : Untuk mengetahui data instruktur : Kertas : Kepala LPK : Tata Usaha : 1 Tahun Bentuk Lampiran : Lampiran A3-1 5 .

Penilaian ini juga bisa diisi oleh petugas tata usaha kedalam form nilai yang telah disediakan oleh bagian kurikulum 6 . mid semester dan semester.2) Laporan Data Siswa Fungsi Media Sumber Distribusi Frekuensi : Untuk mengetahui data siswa : Kertas : Guru : Kepala LPK. Kesiswaan : 3 Bulan Bentuk Lampiran : Lampiran A3-3 3. Prosedur Sistem Berjalan Dalam pengolahan penilaian yang selama ini ada dalam LPK Muhammadiyah adalah sebagai berikut : a. Wakil Kesiswaan : 1 Tahun Bentuk Lampiran : Lampiran A3-2 3) Laporan Data Nilai Siswa Fungsi Media Sumber Distribusi Frekuensi : Untuk mengetahui data nilai siswa : Kertas : Guru : Kepala LPK. Tata Usaha. Guru. rata-rata ulangan. Memasukkan Nilai Guru mengentry / memasukan data kedalam buku nilai yang ada dengan ketentuan . Guru.Rata-rata tugas.

7 . Proses Data Setelah data direkam dalam satu file. c. maka file tersebut diolah untuk bisa dimasukkan kedalam nilai raport dan diberikan predikat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Laporan Penilaian Setelah pengolahan data yang diolah selesai maka bisa dituangkan dalam bentuk laporan yang diberikan kepada Kepala LPK.b. Guru dan Unit. Untu dijadikan nilai raport yang sudah lengkap dengan nilai dan predikat yang sudah diberikan secara otomatis.

4. Diagram konteks berjalan a Guru InputNilaiSisw a LaporanRekapNilai LaporanDataSisw a LaporanRekapNilai c Kesisw aan P1 LaporanRekapNilai LaporanDataSisw a LaporanDataInstruktur Sistem Administrasi Nilai Sis w a InputNilaiSisw a InputDataInstruktur InputDataSisw a b Kepala LPK e Tata Us aha LaporanDataSisw a LaporanDataInstruktur d Kurikulu m Gambar 3. Diagram Aliran Data Adapun aliran data dan urutan proses yang akan diusulkan akan digambarkan dalam bentuk DAD dan ERD.2 Diagram Konteks 8 . a.

untuk kesiswaan mendapatkan laporan data siswa dan rekap nilai siswa. sedangkan kurikulum hanya mendapatkan laporan data instruktur dan laporan data siswa dan untuk Kepala LPK memasukkan data instruktur dan mendapatkan laporan data mata diklat. 9 . laporan data instruktur. dan mendapatkan laporan data siswa dan laporan rekap nilai yang berfungsi untuk arsip. laporan data siswa dan laporan data rekap nilai. untuk tata usaha memasukkan data siswa dan memasukkan nilai siswa (hanya membantu guru yang bersangkutan).Diagram diatas menjelaskan guru memasukkan data nilai siswa dan data mata diklat dan hanya mendapatkan laporan rekap nilai siswa.

b. Diagram Nol Sistem berjalan

a Guru

InputNilaiSisw a InputDataInstruktur InputDataSisw a InputNilaiSisw a

P1 Input Nilai InputDataInstruktur

DataSis w a DataInstruktur D1 FormDataSisw a D2 FormIns truktur

DataNilai

D3 FormNilai

DataInstruktur

e Tata Us aha DataSis w a

P2 DataNilai Pengola h Nilai

b Kepala LPK

DataSis w a DataInstruktur D1 FormDataSisw a D2 FormIns truktur

DataNilai

D3 FormNilai

DataInstruktur DataSis w a P3 LaporanDataInstruktur LaporanDataSisw a LaporanRekapNilai Cetak Laporan LaporanRekapNilai LaporanDataInstruktur LaporanDataSisa LaporanRekapNilai DataNilai

c Kesisw aan LaporanDataSisw a LaporanRekapNilai LaporanDataSisa LaporanDataInstruktur

d Kurikulum

Gambar 3.3 Diagram Nol Sistem Berjalan

10

Dari diagram diatas bisa dijelaskan ada beberapa proses sistem yang dilakukan untuk memasukkan data dan menghasilkan laporan data-data yang telah diinput. Proses yang dilakukan adalah :  Guru/Instruktur memasukkan nilai siswa dan mendapatkan laporan rekap nilai  Kepala LPK memasukkan data Instruktur dan mendapatkan laporan data isntruktur, laporan data siswa serta laporan rekap nilai  Kepala Unit dari pengolahan nilai diatas mendapatkan laporan data siswa dan rekap nilai siswa  Yayasan juga mendapatkan laporan data siswa dan laporan data instruktur  Untuk Tata usaha menginput data siswa dan nilai siswa serta mendapatkan laporan data siswa dan laporan rekap nilai untuk keperluan arsip Arsip.

C. ANALISA PERMASALAHAN
a. Teknologi Pengolahan Yang Digunakan Dalam pengolahan data sistem ini mempergunakan spesifikasi komputer yang harus dipenuhi, sebagai berikut : 1) Perangkat Keras  Processor  RAM  Floppy Drive  Hardisk  Keyboard  Mouse  Monitor  Printer : Intel Pentium IV : 256 MB SDRAM : 3½ Inch, 1,44 MB : 40 Giga Byte (GB) : PS/2 (101/102 Key) : PS/2 Optic : SVGA (Trigem 800 x 600) : Desk Jet

11

2) Perangkat Lunak  Menggunakan Sistem operasi Windows XP  Menggunakan Ms. Acces untuk penyimpanan database

b. Identifikasi Masalah Dari hasil penelitian yang dilakukan menurut kaedah pemecahan PIECES, adapun permasalahan yang terjadi pada administrasi nilai pada LPK Muhammadiyah dapat diketahui sebagai berikut : a. Performance dari sistem yang berjalan Pemasukan data nilai yang dilakukan masih banyak kerangkapan pada masing-masing data. Dalam pengolahan data, baik pembuatan laporan belum tersusun dengan baik. b. Informasi data yang kurang akurat Untuk mencari data yang dilakukan sangat tidak akurat akibat rangkap pembuatan no peserta, dan sering terlambat dalam pembuatan laporan bulanan ataupun laporan akhir tahun. c. Ekonomi Dalam pembuatan laporan banyak data yang berulang yang dilakukan dalam pembauatan laporan dan mengakibatkan pemborosan pembiyaian dari segi ekonomisnya, karena pembuatan data yang sangat tidak akurat akibat terjadi perulangan. d. Control/keamanan Penyimpanan data yang masih banyak data-data yang berpencar/tidak menyatu dalam satu file, dan penyalahgunaan data oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

12

Efesiensi yang kurang Komputer yang digunakan masih terbatas hanya penggunaan aplikasi pengolah data dan pengolah angka.e. Analisa Kebutuhan Informasi Dalam pembuatan perancangan sistem yang telah berjalan tentunya memenuhi kebutuhan informasi kepada beberapa komponen yang membuntuhkan beberapa informasi. Pembuatan penilaian tidak sistematis d. Proses memasukkan nilai tidak efisien karena dikerjakan secara manual 2. Masalah Pokok 1. akan mengakibatkan pelayanan yang kurang maksimal c. Pencarian data yang tidak efektif dan effesien 4. Rekap nilai seluruh siswa untuk kepentingan belajar mengajar b. Laporan rekap nilai yang berfungsi untuk evaluasi pembelajaran untuk menentukan pengambilan keputusan untuk pengembangan kurikulum 13 . f. Perhitungan kurang teliti di bagian administrasi sehingga terjadi kesalahan yang mengakibatkan sangat fatal 3. untuk pengolahan data yang membutuhkan adalah sebagai berikut : 1) Kepala Unit a. Service/pelayanan Dalam pencarian data yang relative lama untuk pencarian data siswa dan data nilai yang dibutuhkan oleh siswa.

2) Kepala LPK a. Rekap data siswa dan rekap nilai siswa untuk kepentingan system belajar mengajar b. Laporan Rekap nilai untuk keperluan evaluasi pembelajaran yang sedang berlangsung dan sebagai evaluasi untuk menentukan kebijakan pengembangan LPK Muhammadiyah 3) Instruktur Laporan Nilai Siswa berfungsi untuk mengetahui nilai siswa pada masingmasing pelajaran dan untuk kepentingan evaluasi untuk langkah-langkah sistem pengajaran. 4) Tata Usaha Laporan nilai siswa sebagai arsip LPK Komputer

e. Analisa Pemecahan Masalah Beberapa pemecahan masalah yang bisa diusulkan yaitu sebagai berikut : a. Menggunakan sistem LAN (Local Are Network) Dalam penggunaan sistem ini ada beberapa keuntungan yang bisa diambil yaitu :  Bisa menggunakan sharing file  Lebih mudah dalam pengeloalaan file Dan ada beberapa kekurangan sebagai berikut :  Karena sistem bisa diakses secara jaringan (network) maka setiap user bisa mengakses nilai dan keamanan yang belum terjamin  Untuk pengaksesan file yang bersamaan bisa mengakibatkan kegagalan dalam penyimpanan

14

b. Menggunakan sistem Stand Alone Dalam penggunaan sistem ini bisa dikategorikan beberapa keuntungan sebagai berikut :  Penyimpanan database bisa berjalan dengan baik  Bila menggunakan sistem stand alone ini maka keamanan bisa terintegerasi dengan seluruh user Dan ada beberapa kekurangan yang bisa dikategorikan sebagai berikut:  Tidak bisa diakses dari luar ruangan (Jaringan)  Perlu sumber daya untuk mengelola data

f. Pemecahan Masalah Untuk memudahkan pengolahan administrasi nilai maka diperlukan suatu program aplikasi yang bisa meningkatkan pelayanan dalam pengolahan nilai dan menghasilkan data yang akurat, tepat dan memudahkan untuk sistem pengolahan administrasi nilai. Dengan membuat “PERANCANGAN SISTEM APLIKASI

ADMINISTRASI NILAI SISWA”, akan bisa membantu pengolahan data yang akurat dan effisien.

D. RANCANGAN UMUM SISTEM USULAN
Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang dimiliki masing-masing sistem yang diusulkan maka ada beberapa alternatife yang bisa memaksimalkan sumber daya manusia untuk mengoptimalkan perancangan sistem yang ada. Dari alasan yang disebutkan diatas maka sistem yang dibuat untuk mengoptimalkan perancangan sistem administrasi ini menggunakan sistem “Stand Alone” dan bisa dikembangkan dalam bentuk jaringan (LAN), Namun sistem ini bisa 15

diakses dari komputer jaringan (LAN), Namun hanya bisa melihat, karena demi keamanan sistem administrasi nilai untuk kepentingan bersama. 1. Metode Pengembangan yang digunakan Pada LPK Muhammadiyah sangat berupaya untuk mengembangkan sistem yang baru untuk meningkatkan khususnya dalam pengolahan administrasi nilai agar masalah yang selama ini dialami teratasi dengan baik dengan menggunakan sistem yang baru dan tentunya berdampak positif pada LPK Muhammadiyah khususnya bagian administrasi Untuk pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode

pengembangan sistem terstruktur. Pendekatan terstruktur (Structured Approach). Pendekatan terstruktur dilengkapi dengan alat-alat (tool) dan tekhnik (techigues) yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem, sehingga hasil akhir dari sistem yang dikembangkan akan didapatkan sistem yang strukturnya didefinisikan dengan baik dan jelas. DAD meerupakan alat untuk structured analisis. Pendekatan terstruktur ini mencoba untuk menggambarkan sistem pertama kali secara garis besar (top level) dan dibagi menjadi bagian yang lebih terinci (lower level). DAD yang pertama digambarkan adalah level teratas (top level) dan diagram ini disebut context diagram. Dari content diagram ini kemudian akan digambarkan dengan lebih terinci lagi yang disebut overview diagaram (level 0). Tiap-tiap overview diagram akan digambarkan secara lebih rinci dan disebut level 1 dan seterusnya sampai tiap-tiap proses tidak dapat digambarkan terinci lagi. 2. Teknologi yang digunakan Mengenai teknologi yang perlu digunakan adalah dengan menerapkan Siklus Pengembangan Sistem (SDLC), yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perancangan sistem yang digunakan untuk menentukan dan mendefinisikan sistem informasi apa yang akan digunakan untuk kepentingan pengembangan pelaksanaan

16

sehingga memberikan keuntungan dan nilai lebih untuk kegiatan LPK Muhammadiyah secara keseluruhan. yaitu sebagai berikut : a. Perlu adanya pengunaan konfigurasi yang baik dari komponen-komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Untuk rancangan aplikasi. penulis akan coba memberikan rancangan aplikasi dalam bentuk Aplikasi yang berbasis Stand Alone. 17 . Dalam upaya pengembangan sistem yang berjalan. Dalah hal ini. Data Nilai Siswa yang didokumentasikan didalam database Master RekapNilai. Data instruktur yang dibuat dan didokumentasikan dalam sebuah database Master Instrtruktur. dan juga merancang sistem untuk penyelesaian kegiatan LPK Muhammadiyah. untuk dikembangakan sebagai alternative pemecahan masalah. penulis menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dengan menggunakan Database Microsoft Acces. c. Data Siswa yang dibuat dan didokumentasikan dalam sebuah database Master DataSiswa. bentuk-bentuk usulan yang diberikan oleh penulis dilihat dari analisa kebutuhan informasi yang ada. d.kegiatan pada LPK Muhammadiyah. guna membantu mengolah data nilai dan lainnya yang tersimpan dalam media penyimpanan dalam bentuk database yang dapat dipergunakan untuk mengintegerasikan seluruh data yang ada guna mempermudah dalam hal pembuatan laporan. Pembuatan laporan untuk mengetahui data siswa dan rekap nilai untuk keperluan penilaian persemester. b.

Penghematan waktu dengan akurasi yang tinggi 2. mempermudah dalam pengontrolan dokumen memasukan dan keluaran 4. Sasaran dari perancangan sistem yang baru ini adalah untuk mengatasi masalah yang ada pada sistem yang sedang berjalan. Tujuan Dan Saran Untuk menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar diperlukan administrasi yang cepat. Meningkatkan pengolahan administrasi nilai Maka secara umum dapat dikatakan bahwa rancangan sistem ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan penyelesaiaan masalah yang ada pada sistem yang sedang berjalan. Dengan adanya sistem yang baru ini diharapkan akan dapat membantu kebutuhan penggunaan dalam hal: 1. tepat dan akurat. Pada saat ini sistem yang dibutuhkan adalah sistem informasi dengan database yang baik secara dan ditunjang oleh perangkat komputer yang memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan sehingga memberi kemudahan dalam menyajikan informasi secara cepat dan tepat untuk perkembangan dimasa sekarang dan akan datang. 18 . Kemudahan untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat 3. sedangkan secara khusus sasaran perancangan sistem ini adalah memberikan efektifitas prosedur kerja dan informasi terinci sesuai dengan kebutuhan sekolah. kemudahan dan penganganan pengoperasian sistem pengolahan data untuk proses pengolahan nilai sangat penting dan diharapkan agar pemeliharaan sistem dapat dipenuhi.BAB IV RANCANGAN USULAN B.

Gambaran umum dari sistem usulan ini dapat sebagai berikut: 19 .C. Diagram Alir Data Diagram alir data digunakan untuk menggambarkan proses atau fungsi-fungsi yang dilakukan oleh sistem secara keseluruhan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa perubahan dan penambahan sistem yang diusulkan. Rancangan Logik Pada sistem usulan ini mengalami beberapa perubahan dari prosedur sistem yang berjalan diantaranya pada proses pengolahan nilai. proses ini ditiadakan karena pada sistem usulan nilai sudah dibuatkan rumus perhitungan. 1. proses-proses dari sistem usulan digambarkan secara logika dengan menggunakan aliran data.

1. Diagram Konteks a Guru LaporanRekapNilai UserName&Password KonfirmasiPassword b Sis wa InputDataInstruktur P1 LaporanDataSiswa LaporanRekapNilai Sistem LaporanRekapNilai Administ rasi LaporanDataInstruk tur Nilai Siswa LaporanDataSiswa InputDataSiswa InputNilaiSis wa c Kepala LPK LaporanDataSiswa LaporanRekapNilai LaporanDataIns truktur d Tata Usaha LaporanDataInstruktur LaporanDataSiswa LaporanRekapNilai LaporanDataSiswa f Kurikulum e Kesiswaan Gambar 4.1 Diagram Konteks Sistem Usulan 20 .1.

1.2.2 Diagram Nol Sistem Usulan 21 . Diagram Nol P1 UserName&Password KonfirmasiP assw or d Login KonfirmasiP assw or d UserName&Password DataUser D5 DataUser a Guru P2 Memasukan Administrasi Nilai InputDataInstruktur InputDataSisw a InputNilaiSisw a InputMataDiklat DatatInstruktur DataMataDiklat DataSiswa D1 MataDiklat D3 DataSiswa DataMataDiklat DataNilai D2 Instruktur D4 RekapNilai d Tata Usaha DatatInstruktur DataNilai DataSiswa c Kepala LP K P3 Mencetak Laporan LaporanDataInstruktur LaporanDataSiswa LaporanRekapNilai LaporanRekapNilai LaporanDataSiswa LaporanRekapNilai LaporanDataInstruktur e Kesisw aan LaporanDataSiswa LaporanDataSiswa LaporanRekapNilai LaporanDataInstruktur f Kurikulum LaporanRekapNilai b Siswa UserName&Password KonfirmasiP assw or d Gambar 4.

0 22 . Diagram Rinci 1.3.1.1. Diagram Rinci 1 Proses Login b Sis wa UserName&Pass word a Guru UserName&Pass word P1.3. 1 UserName&Pass word d Tata Usaha Login Dat aUser D5 Dat aUser Gambar 4.3 Diagram Rinci 1.

4 Diagram Rinci 2.1. 1 InputDataIns truktur InputMataDiklat InputDataSiswa InputNilaiSis wa Sistem Administ ras i Nilai Siswa Dat aMataDiklat D1 MataDiklat Dat atInstruktur D2 Instruktur d Tata Usaha Dat aSiswa D3 Dat aSiswa Dat aNilai D4 RekapNilai P2.3. 2 Dat atInstruktur Dat aSiswa Dat aNilai Cet ak Dat a Dat aNilai Dat aSiswa Dat atInstruktur Gambar 4. Diagram Rinci 1 Proses Memasukan Nilai P2.2.0 23 .

5 Diagram Rinci 3.1 Cetak Laporan Data Siswa LaporanDataSis wa DataNilai InputDataSi swa DatatIns truktur DataMataDi kl at e Kesis waan LaporanDataSis wa DataMataDi kl at D1 MataDiklat DatatIns truktur D2 Instr uktur c Kepal a LPK DataSi swa D3 DataSi swa DataNil ai D4 RekapNil ai P3.2 LaporanRekapNi lai LaporanRekapNi lai Cetak Laporan Rekap Ni lai LaporanRekapNi lai LaporanDataSis wa a LaporanRekapNi lai Guru P3.0 24 .1. Diagram Rinci 2 Proses Cetak Laporan f Kurikulum LaporanDataSis wa P3.3 Cetak Laporan Raport LaporanRekapNi lai LaporanRekapNilai LaporanDataSis wa LaporanRekapNi lai b Si swa LaporanRekapNi lai d Tata Usaha LaporanRekapNilai Gambar 4.3.3.

Uraian Proses Untuk uraian proses usulan diatas adalah sebagai berikut : 1. nilai mid semester dan nilai semester yang langsung tersimpan dalam data penyimpanan RekapNilai 25 . Administrator b. Proses Memasukan Nilai Deskripsi : Untuk bisa memasukkan nilai dan dicetak diserahkan kepada pihak yang bersangkutan maka harus dimasukkan beberapa data diantaranya adalah jenis Mata Diklat (Mata Pelajaran). Adapun urutan prosesnya dalah sebagai berikut : a. Jika sudah memasukkan data tersebut baru bisa memasukkan data nilai baik ulangan. Guru c. nilai ulangan. Data-data tersebtu direkam (disimpan pada tabel yang berkaitan). tugas.1.4. Data yang sudah dimasukan bisa diperbaiki kembali (dikoreksi) jika ada penambahan ataupun kesalahan dalam memasukan data. level yang ada adalah sebagai berikut : a. midsemester dan semester dan bisa dicetak sesuai dengan yang diingkan. Nama Instruktur dan Data Siswa. Merekam Nilai Guru merekam nilai siswa yang terdiri dari nilai tugas. Siswa 2. Proses Login Deskripsi : Untuk bisa masuk kedalam Aplikasi Nilai yang ada seluruh user memasukkan nama user dan password beserta level yang ada.

Cetak laporan nilai perkelas f. Cetak laporan hasil belajar 2. dimana urutan proses sebagai berikut : d. tabel Instruktur. Proses Pencetakan Laporan Deskripsi : Pembuatan laporan diambil dari data store Rekap guru yang berhubungan dengan tabel MataDiklat. Tabel DataSiswa. jika terdapat kesalahan maka guru yang bersangkut bisa memperbaharui dan kembali disimpan pada data RekapNilai. Bentuk Tidak Normal Suatu relasi dikatakan dalam bentuk Unnormalisasi karena diantara atribut memiliki nilai yang sama 26 .b. tabel MataDiklat. Dan menghasilkan rekap nilai yang diserahkan kepada guru yang bertujuan agar guru dapat mengoreksi atau mengecek kembali data nilai yang sudah dimasukan. tabel DataSiswa yang kemudian diolah. a. Mencetak Nilai Untuk mencetak nilai siswa dari data Rekap nilai yang dihubungkan dari tabel Instruktur. Normalisasi Data Normalisasi merupakan proses pengelompokan elemen data menjadi tabel-tabel yang menunjukkan entity dan relasinya. 2. Cetak laporan nilai semester e.

KodeMata + {MataPelajaran + Nim + NamaSis} + Kelamin + Tempat + Tanggal + Unit + Kelas + Jurusan + Paralel + Alamat + Telp + Jam + Hari + Lab + {NamaIns + Editing} + Jenjang + Ulangan1 + Ulangan2 + Ulangan3 + Ulangan4 + Ulangan5 + Tugas1 + Tugas2 + Tugas3 + Tugas4 + Tugas5 + MidSemester + Semester + User + Password + Akses b. Bentuk Normal Kedua 2NF Suatu relasi dikatakan dalam bentuk 2NF jika dan hanya jika : Berada pada bentuk 1NF dan semua atribut bukan kunci memiliki depensi terhadap MataDiklat = @KodeMata + MataPelajaran Instruktur DataSiswa = @KodeIns + NamaIns + MataDiklat + Hari + Editing = @Nim + NamaSiswa + Kelamin + Tempat + Tanggal + Unit + Kelas + Jurusan + Paralel + Alamat + Telp + MataPelajaran + Jam + Hari + Lab + NamaIns + Editing RekapNilai = @Nim + NamaSiswa + NamaIns + MataPelajaran + Jenjang + Ulangan1 + Ulangan2 + Ulangan3 + Ulangan4 27 . Bentuk Normal Pertama 1 NF Bentuk normal pertama mempunyai ciri setiap data bentuk dalam suatu record dan mengandung nilai atomic tunggal dengan kata lain tidak ada atribut yang berulangulang atau nilai ganda KodeMata + MataPelajaran + Nim + NamaSis + Kelamin + Tempat + Tanggal + Unit + Kelas + Jurusan + Paralel + Alamat + Telp + Jam + Hari + Lab + NamaIns + Editing + Jenjang + Ulangan1 + Ulangan2 + Ulangan3 + Ulangan4 + Ulangan5 + Tugas1 + Tugas2 + Tugas3 + Tugas4 + Tugas5 + MidSemester + Semester + User + Password + Akses c.

+ Ulangan5 + Tugas1 + Tugas2 + Tugas3 + Tugas4 + Tugas5 + MidSemester + Semester + + Editing Login = @User + Password + Akses d. Bentuk Normal Ketiga 3NF MataDiklat = @KodeMata + MataPelajaran Instruktur DataSiswa = @KodeIns + NamaIns + MataDiklat + Hari + Editing = @Nim + NamaSiswa + Kelamin + Tempat + Tanggal + Unit + Kelas + Jurusan + Paralel + Alamat + Telp + MataPelajaran + Jam + Hari + Lab + Instruktur + Editing RekapNilai = #Nim + NamaSiswa + Instruktur + MataPelajaran + Jenjang + Ulangan1 + Ulangan2 + Ulangan3 + Ulangan4 + Ulangan5 + Tugas1 + Tugas2 + Tugas3 + Tugas4 + Tugas5 + MidSemester + Semester + Editing Login = @User + Password + Akses 3. Diagram Hubungan Entitas (ERD) ERD berikut ini merupakan alat bantu untuk menganalisa suatu data dalam membuat suatu aplikasi program dan juga menjelaskan hubungan antara entitas guru dengan entitas murid dalam pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Administrasi 28 .

6 Entity Relationship Diagram Usulan 29 .Gambar 4.

rancangan proses dari pembagian modul pengolahan rancangan program. dan rancangan kode. mendefinisikan dan mengilustrasikan organisasi dari sistem informasi secara berjenjang dalam bentuk modul dan sub modul. 1. 30 . Menunjukkan hubungan elemen data. b.D. Bagan Pengolahan Terstruktur Bagan pengolahan terstruktur digunakan untuk : a. struktur menu pengoperasian. modul dan hubungan antar modul. elemen control. rancangan masukan. Rancangan Fisik Sistem Usulan Disini dijelaskan tentang pengolahan bagan terstruktur.

7 Bagan Pengolahan Terstruktur 31 .a. Bagan Pengolahan Terstruktur Gambar 4.

9 Pembagian Modul Input Data 32 .b.8 Pembagian Modul Login Hapus User Input Data Input Mata Diklat Input Instruktur Input Data Siswa Input Nilai Siswa Gambar 4. Pembagian Modul Pengolahan Login Input User Rubah Password Gambar 4.

Input Instruktur (Lampiran B3-4) c.10 Pembagian Modul Laporan c. Laporan Data Nilai (Lampiran B3-9) d. Input Mata Diklat (Lampiran B3-3) b. Input Data Siswa (Lampiran B3-5) d. Input Rekap Nilai (Lampiran B3-6) 4) Laporan a. Laporan Data Instruktur (Lampiran B3-8) c. Laporan Rekap Nilai (Lampiran B3-10) 33 . Laporan Data Mata Diklat ( Lampiran B3-7) b. Input User (Lampiran B3-2) 3) Input Nilai a. Rancangan Program Adapun spesifikasi rancangan programnya sebagai berikut : 1) Sistem Administrasi Nilai (Lampiran B3-1) 2) Login a.Laporan Laporan Mata Diklat Laporan Instruktur Laporan Data Siswa Laporan Nilai Siswa Gambar 4.

d. Menu Utama Digunakan untuk memilih jenis-jenis aplikasi yang ada dalam program aplikasi seperti : input data siswa. Rancangan Masukan i. perubahan data. Menu Keluar Menu ini berfungsi untuk keluar dari aplikasi yang akan ditutup atau diakhiri suatu program aplikasinya oleh pengguna atau user b. e. Input Data Mata Diklat Deskripsi : Digunakan untuk mengisi daftar namanama pelajaran yang akan diajarkan Sumber Media Bentuk : Guru : Kertas : Lampiran B1-1 34 . Struktur Back Office c. memperbaiki data atau menghapus data. untuk membuat laporan dan lain-lain d. f. Menu Input Nilai Untuk memasukkan data nilai yang akan diolah baik itu membuat baru. Menu Laporan Digunakan untuk membuat aplikasi laporan baik itu pencetakan atau hanya sekedar untuk melihat saja. hapus data dan pencetakan data. Adapun penjelasannya sebagai berikut : a. Struktur Menu Pengoperasian Dalam suatu program aplikasi banyak user menggunakan memasukkan data.

Input Rekap Nilai Deskripsi : Digunakan untuk memasukkan nilai-nilai siswa baik itu ulangan harian. mid semester dan semester Sumber Media Bentuk : Guru : Kertas : Lampiran B1-4 35 . Input Data Siswa Deskripsi : Digunakan untuk memasukan biodata siswa yang aktif belajar Sumber Media Bentuk : Guru : Kertas : Lampiran B1-3 iv. tugas-tugas. Input Instruktur Deskripsi : Digunakan untuk mengisi daftar namanama Insturktu/Pengajar Sumber Media Bentuk : Yayasan : Kertas : Lampiran B1-2 iii.ii.

Rancangan Keluaran i. Laporan Data Siswa Deskripsi Distribusi : Merupakan laporan data-data siswa : Guru. Yayasan. File yang telah dibuat guna mengetahui fungsi file. Kepala LPK dan Kepala Unit Media Bentuk : Kertas : Lampiran B2-2 iii. Laporan Data Instruktur Deskripsi Distribusi Media Bentuk : Merupakan laporan data instruktur : Yayasan : Kertas : Lampiran B2-1 ii.c. Adapun rincian spesifikasi file dalam penulisan ini adalah : 36 . tentunya ada beberapa file dan spesifikasi program yang dibuat. tipe file dan lain sebagainya yang berhubungan dengan file tersebut. Kepala Unit dan Guru : Kertas : Lampiran B2-3 d. Rancangan Data Dalam pembuatan program. Laporan Rekap Nilai Deskripsi Distribusi Media Bentuk : Laporan rekap nilai keseluruhan : Kepala LPK.

Nama File Isi file Fungsi Bentuk : : : : Data Siswa Berisi data-data Siswa Untuk menyimpan untuk data siswa Lampiran C-3 e.a. Nama File Isi file : : Login Berisi data user yang bisa mengakses aplikasi tersebut Fungsi Bentuk : : Untuk menyimpan data user Lampiran C-5 b. Nama File Isi file Fungsi Bentuk : : : : RekapNilai Berisi data-data nilai Untuk menyimpan untuk data nilai Lampiran C-4 37 . Nama File Isi file : : MataDiklat Berisi data-data tentang mata pelajaran yang akan diajarkan Fungsi Bentuk : : Untuk menyimpan data mata pelajaran Lampiran C-1 c. Nama File Isi file Fungsi Bentuk : : : : Instruktur Berisi data-data Instruktur Untuk menyimpan untuk data isntruktur Lampiran C-2 d.

Rancangan Kode Untuk mengklasifikasikan data masukan dan mempermudah dalam pencarian data dibuatlah kode yang terdiri dari angka. Menghindari kesalahan akibat penulisan ulang Mempercepat pengolahan data Menghemat tempat atau space pada penyimpanan data Data mudah diidentifikasi karena lebih sederhana Adapun contoh pengkodean adalah sebagai berikut : 1. Adapun struktur kode yang digunakan. iii. Adapun manfaat dari pengkodean adalah sebagai berikut : i. ii. iv.e. Nama Kode Panjang Struktur Keterangan : : : : 9 01 Contoh : 9 01 9 KodeMata 3 9 0 1 : Adalah No unik : No Urut 0 1 : No Unik : Mata Pelajaran Microsoft Word 38 .

2. Nama Kode Panjang Struktur Keterangan : : : : KodeIns 7 9 901 01 0 1 0 1 0 1 : Kode Mata Pelajaran : Kode Hari Keterangan : 01 : Senin 02 : Selasa 03 : Rabu 04 : Kamis 05 : Jum`at 06 : Sabtu 01 Contoh : 9 901 01 01 : No Urut 0 1 0 1 0 1 : Mata Pelajaran Microsoft Word : Mengajar Hari Senin : No Urut 01 39 .

3. Nama Kode Panjang Struktur Keterangan : : : : NIM 9 0 04 4 0 0 5 0 0 0 1 : Kode Unit Keterangan : 01 : SD 02 : SMP 03 : SMA 04 : SMK 005 : Kode Jurusan Keterangan : 001 : IPA 002 : IPS 003 : Akuntansi 004 : Administrasi Perkantoran 005 : Multimedia 006 : SD Dan SMP 0001 Contoh : 0 04 005 0001 : No Urut 4 0 0 5 0 0 0 1 : Unit SMK : Jurusan Multimedia : No Urut 0001 40 .

program aplikasi tersebut masih memungkinkan untuk diuji coba dengan spesifikasi yang lebih rendah lagi.E.44 MB : 40 GB (Giga Byte) : PS/2 (101/102 – Keys) : PS/2 Optic : SVGA (Philips) : HP 3940 Meskipun demikian. agar terhindari dari beberapa masalah yang membuat program aplikasi ini tidak berjalan dengan semestinya. sangat penting didukung peralatan yang memadai agar program aplikasi yang penulis buat berjalan dengan yang direncanakan. sehingga program dapat bekerja dengan baik. 41 . Tetapi sebaiknya digunakan spesifikasi yang lebih tinggi lagi. Adapun peralatan pendukungnya adalah : a. baik itu perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunak (Software) Pengadaan peralatan pendukung hendaklah sesuai dengan ketentuan yang ada. 1. Spesifikasi Perangkat Keras (Hardware) Spesifikasi perangkat keras adalah sebagai berikut : Processor RAM Floppy Drive Hardisk Keyboard Mouse Monitor Printer : Intel Pentium IV : 256 MB SDRAM : 3 ½ Inch. Konfigurasi Sistem Komputer Dalam pembuatan program aplikasi ini.

Melakukan test program dari proses logika yang sudah dibuat. Spesifikasi Perangkat Lunak (Software) Software atau perangkat lunak adalah program-program yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras. serta apa saja yang akan dihasilkan.b.0. iii. diantaranya bahasa pemrograman yaitu Visual Basic 6. Melakukan pendokumentasian program sebagai Back-up (cadangan. apakah program tersebut sudah benar dan bebas dari unsur kesalahan atau masih harus direvisi atau diperbaiki kembali. sebagai output dari program yang dibuat. Operating sistem pendukung lainnya adalah menggunakan Microsoft Windows XP. Dan selain menggunakan Visual Basic untuk menuliskan program atau bahasa pemrograman penulis juga menggunakan Microsoft untuk pembuatan database dan bisa berinteraksi pula dengan program-program lainnya. Pengkodean dari algoritma yang sudah dibuat. Menganalisa dan memahami persoalan yang ada. sebagai input dalam program yang akan dibuat. untuk usaha pengembangan program selanjutnya. diterjemahkan kedalam bentuk statement-statement yang sesuai dan terdapat didalam bahasa pemrograman yang digunakan iv. Menentukan bentuk data apa yang diperlukan. kemudian mengembangkan suatu urutan proses logika untuk menyelesaikan masalah tersebut diatas dalam bentuk algoritma. 42 . alasan penulis mengggunakan bahasa pemrograman tersebut karena banyak digunakan oleh kalangan programmer saat ini dan bisa kompetibel dengan program-program aplikasi lainnya. yang mana proses ini penting untuk dilakukan. v. ii. Dan dalam pembuatan program adalah sebagai berikut : i.

Proteksi Data Setelah sistem diimplementasikan dan sesuai dengan yang diharapkan maka yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah keamanan terhadap sistem. Untuk melindungi seluruh sistem dari gangguan luar maka penulis menggunakan sistem pelindung untuk aplikasi database dengan memproteksi data yaitu database yang sangat riskan untuk bisa diakses oleh user atau pengguna yang tidak berkepentingan dan diharapkan dapat meminimalkan gangguan terhadap sistem dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan b. Administrator Administrator merupakan seorang pengguna atau user yang diberikan hak secara penuh untuk merubah. pembuatan instruktur dan pembuatan mata diklat (mata pelajaran) 43 . yaitu pembuatan user. karena pada konsepnya sistem dapat diapakai oleh semua user atau pengguna. mengedit serta mengatur keseluruhan isi dan serta tampilan yang ada pada program aplikasi. Keamanan Komputer a.F. Guru Merupakan seorang user yang mempunyai akses seperti administrator. namun ada beberapa akses yang dibatas. Hak Otorisasi Hak otoritas dimaksudkan untuk memberikan hak pengguna terhadap piranti perangkat lunka ini sesui dengan batasan-batasam yang berlaku sesuai dengan hak yang diatur melalui user dan passwordnya i. dalam hal ini pengguna adalah Karyawan LPK Muhammadiyah. ii. Orang yang bisa mengakses ini merupakan orang yang paham tentang program aplikasi yang disajikan serta bisa dipercaya untuk bisa mengembangkan sistem aplikasi ini.

Kesalahan dari program yang mungkin terjadi dapat diklasifikasikan dalam bentuk : 1. Oleh sebab itu harus dilakukan pengujian terhadap program untuk menemukan kesalahankesalahan yang mungkin dapat terjadi. Implementasi Rencana implementasi sistem adalah suatu rencana kerja yang menjelaskan suatu tentang penerapan sistem secara keseluruhan. Kesalahan logika (Logical error). 44 . G. merupakan kesalahan yang terjadi sewaktu execute program dijalankan yang akan menyebabkan proses program berhenti sebelum selesai pada saatnya 3. a. yang dioperasikan harus bebas terlebih dahulu dari kesalahan-kesalahan.iii. merupakan kesalahan dari logika program yang dibuat. Tujuannya untuk mewujudkan suatu sistem yang diusulkan dan menilai apakah sistem yang diusulkan layak atau tidak untuk dibuat. Program. Pembuatan dan pengujian program Kegiatan ini dilakukan mulai dari kegiatan menyusun atau membuat program dengan menggunakan spesifikasi program yang dibuat. Uraian Kegiatan i. Kesalahan bahasa (Language error). Siswa Merupakan pengguna yang hanya bisa melihat laporan rekap nilai yang dimaksud dan tidak bisa melihat data secara keseluruhan. Rencana implementasi sistem ini juga merupakan tahapan lanjutan dari perancangan sistem. Kesalahan suatu proses (run-time-error). merupakan kesalahan didalam penulisan source program yang tidak sesuai dengan diinginkan 2.

lama pembuatan dan test satu program : 10 Program : 2 Orang : 3 Hari Banyakya Program (10 ) × Rata-rata Program ( 3 ) 2 = 17 Hari (Ket 1 Minggu = 5 Hari kerja ) Jadi lamanya pembuatan program dan test program adalah 4 minggu ii. Pelatihan Personil Tujuan pelatihan terhadap para personil dalam memberikan latihanlatihan yang menerapkan aplikasi dari buku petunjuk yang telah dibuat. Dan dipakai juga untuk membantu pengopersian sistem. Banyaknya program 2. Jumlah programmer 3. Pembuatan buku petunjuk Pembuatan buku petunjuk bertujuan untuk memberikan petunjuk kepada pemakai tentang bagaimana cara mengoperasikan sistem dalam pemakaian sistem usulan ini. Adapun perhitungan waktu yang dibutuhkan untuk program ini adalah : Banyakya Program (n) × Rata-rata Program (h) Programer (p) Diketahui : 1. Dengan pelatihan diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal.Kegiatan pengujian program ini dilakukan secara berulang-ulang samapi program tersebut sudah diperkirakan mempunyai kemungkinan kecil dalam melakukan kesalahan. Perkiraan pembuatan modul dilakukan selama 5 hari iii. Pelatihan dilakukan dan diperkirakan selama 5 hari 45 . Adapun kegiatan ini meliputi bagaimana cara penggunaan sistem bagi tiap-tiap bagian.

Diperkirakan memakan Waktu selama 15 hari vi. instruktur dan data siswa yang diperlukan untuk kelancaran aplikasi agar bisa diproses dengan komputer. Dan peralihan ini memakan waku sampai 15 hari viii.iv. Pengujian sistem Tahap ini bertujuan untuk melakukan uji coba aplikasi secara keseluruhan apakah sistem berjalan dengan baik secara keseluruhan. Peralihan sistem merupakan suatu kegiatan sistem lama digantikan dengan sistem yang baru dan ini tidak bisa berjalan mulus dikarena kebiasaan yang lama harus ditinggalkan dan memakai sistem yang baru. Waktu yang perlukan adalah 15 hari 46 . Hal-hal yang harus dievaluasi dalam tahapan ini meliputi Input maupun Output dan prosedur kerja. Peralihan sistem Setelah sistem diuji dan dinyatakan layak untuk digunakan maka tahap selanjutnya adalah peralihan sistem. Pengoperasian sistem dan evaluasi sistem Pada tahap ini aplikasi yang telah dibuat dijalankan secara penuh dengan menggunakan prosedur yang telah ditentukan. Dan tahap ini memerlukan waktu selama 5 hari vii. dan diperkirakan memakan waktu selama 5 hari v. Perekeman data Merupakan kegiatan perekaman data-data mata diklat. Penyiapan data Penyimpanan data bertujuan untuk menyiapkan data yang akan dimasukan kedalam file-file untuk selanjutnya diproses.

Jadwal Implementasi Tabel 4.1 Jadwal Implementasu 47 .b.

48 . agar pemasukan data-data tersebut bisa memberikan informasi secara tepat dan memakan waktu yang sangat cepat e. Komputer sangatlah penting dalam era khususnya dalam hal pekerjaan dan menjadikan pekerjaan lebih efektif dan efisien. bisa meringankan pekerjaan dalam memasukkan nilai siswa khusunya di LPK Muhammdiyah.BAB V PENUTUP A. entry data dan lain sebagainya d. dapat diambil kesimpulan adalah sebagai berikut : c. Lebih dari itu akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam hal pemberian informasi mengenai laporan-laporan yang dibuat. termasuk juga dalam melakukan aktifitas sehari-hari seperti : pengolahan kata. pengolahan data. KESIMPULAN Setelah penulis menguraikan beberapa isi dalam tugas akhir ini. Dengan dibuatnya sistem ini. Dengan rancangannya sistem aplikasi administrasi nilai ini. kita bisa mengimbangi teknologi yang semakin pesat khususnya dibidang komputer dalam rangka penanganan data-data.

Dalam hal perangkat penunjang yang penulis cantumkan dalam tulisan ini baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. hendaknya dipenuhi guna keberhasilan dalam aplikasi data yang akan dilakukan. Dalam memasukkan data hendaknya operator yang bertugas diperlukan ketelitian yang sangat tinggi sehingga data akan memberikan informasi secara benar dan akurat g. Sistem ini masih jauh dari sempurna.B. sedangkan dalam perkembangan teknologi yang sangat cepat dan menuntut program aplikasi yang lebih cepat dibandingkan program aplikasi yang sebelumnya. 49 . SARAN Dalam pembuatan tugas akhir ini penulis memberikan saran khusunya pada LPK Muhammadiyah dan umumnya kepada semua pihak adalah sebagai berikut : f. bahkan jika perlu dan memungkinkan ditambah perangkat-perangkat yang lebih tinggi yang penulis anjurkan agar aplikasi dapat bekerja dengan maksimal h. maka penulis menyarankan untuk memperbaharui atau meng Update program aplikasi yang digunakan.

199. Informatika. 2005 50 . Jakarta Kristanto Harianto IR. Andi. Kuningan. 2003. 2004. CV Dua Selasa. 2005.Davis Gordon. MMSi. 2003. 2006. Jakarta Kadir Abdul. PPM. Elexmedia Komputindo. 2000. Bandung. Bahasa Pemrograman Windows Dan Internet. Andi Yogyakarta Kroenko David M. belajar Sendiri Microsoft Basic 6.5 Dan Visual Basic. Jakarta Hadi Rahadian. Elexmedia Komputindo. 2002. Membuat Laporan Dengan Crystal Report 8. Konsep Dan Perancangan Database. Konsep Dan Tuntunan Praktis Basis Data.DAFTAR PUSTAKA Alam M. Seni Pemrograman Visrus Menggunakan Visual Basic. Panji Gumilang. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Dengan Metologi Orientasi Objek. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Ir. Yogyakarta Nugroho Adi ST. Surabaya Sadewa Aat. 2002 Pardosi Mico. Agus J. DSI Publishing Sugiono.0. Pemrograman Terstruktur. Jakarta B. Dasar-Dasar Desgin Dan Implementasi Database Processing Jilid I. Erlangga.

0. UUP (Unit Penerbit & Percetakan) YKPN. Andi Yogyakarta. 2000. 51 . 2000. Yogyakarta Wahana Komputer. Sistem Basis Data. Semarang Wahyu Winarno Wing.Sutanto Edy. Sistem Informasi Manajemen. Tip & Trik Pemrograman Visual Basic 6. 2004. Graha Ilmu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful