P. 1
Ppt_ruang Lingkup Biologi

Ppt_ruang Lingkup Biologi

|Views: 18|Likes:
Published by Dwi Yanti
ruang Lingkup Biologi
ruang Lingkup Biologi

More info:

Published by: Dwi Yanti on Apr 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2013

pdf

text

original

RUANG LINGKUP BIOLOGI

RUANG LINGKUP BIOLOGI
 Standar -

Kompetensi: Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Dasar: Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem dan bioma)

 Kompetensi

-

Tujuan Pembelajaran:
 Menjelaskan

Pengertian biologi  Menjelaskan cabang-cabang biologi  Menentukan cabang biologi yang sesuai untuk mengkaji suatu objek biologi

.

Bios (kehidupan) dan logos (ilmu)  Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan .o Mengapa ketika menjelang remaja muncul jerawat? o Mengapa sehabis olah raga merasa haus? o Mengapa buah mangga yang matang mengeluarkan bau harum yang khas?  Istilah biologi diambil dari bahasa Yunani.

 Biologi mempengaruhi kehidupan kita seharihari mulai dari hubungan kita dengan lingkungan.Lebih bijak terhadap lingkungan .  Dengan demikian. dengan memahami biologi diharapkan kita dapat: .memahami diri kita dan kehidupan sekitar kita .meningkatkan kwalitas hidup kita . hingga penyakit yang dapat menyerang tubuh kita. makanan yang kita konsumsi.

.

Animalia Monera Plantae Fungi Protista .

Fungi .

2. Molekul Sel Jaringan Organ Sistem Organ Organisme Populasi Komunitas Ekosistem Bioma Fungi . 3. 7. 9. 4. 6. 5.1. 10. 8.

Fungi BOTANI .

Fungi Zoologi .

Fungi Embriologi .

Fungi Ekologi .

Fungi Ekologi .

Ginekologi . Biologi Kelautan 23. Klimatologi 27. Zoologi 12. Sitologi 3. Fisiologi 7. Embriologi 21. Bakteriologi 16. Ornitologi 19. Algologi 22. Mamologi 20. Malakologi 14. Bioteknologi 24. Helmintologi 25. Morfologi 5. Taksonomi 8. Genetika 2. Entomologi 18. Virologi 15.Biologi mencakup berbagai bidang yang merupakan cabang-cabang biologi. Botani 13. Mikrobiologi 11. Farmakologi 26. Evolusi 10. Histologi 4. Contoh: 1. Anatomi 6. Ekologi 9. Mikologi 17.

Memecahkan permasalahan • Pangan • Sandang • Papan • Energi • Lingkungan • Kesehatan • Sosial 2. Meningkatkan kesejahteraan hidup .Biologi bermanfaat untuk: 1.

Mendengar 3. Mempelajari ilmu: 1. Mengamati 4. Membaca 2. Menyentuh 5.Ilmuwan = seseorang yang mempelajari ilmu. Merasakan Meneliti Meneliti/Menyelidiki dengan cara sistematis dan disertai dengan sikap ilmiah .

Melakukan Eksperimen 5. Mengumpulkan keterangan/data 3. Menemukan Masalah 2.Langkah-Langkah: 1. Menarik Kesimpulan 7. Menganalisis data hasil eksperimen 6. Membuat Hipotesis 4. Menulis laporan penelitian .

Suatu Penelitian dimulai dengan MASALAH Setelah ditemukan masalah maka DIRUMUSKAN Dalam bentuk pertanyaan yang spesifik .

Keterangan didapat dari kajian pustaka melalui buku ataupun wawancara para ahli Sumber keterangan harus jelas dan merupakan buah pemikiran para ahli di bidang tersebut .

KENAPA HIPOTESIS ITU JAWABAN SEMENTARA? .Jawaban sementara dari rumusan permasalahan yang diajukan pada langkah 1 menghasilkan HIPOTESIS (dugaan awal/jawaban sementara terhadap rumusan masalah) biasanya diperoleh setelah mengumpulkan data.

Untuk menjawab jawaban sementara (HIPOTESIS)maka perlu diadakan Percobaan/Eksperimen Untuk menyusun percobaan dibutuhkan Perencanaan .

Menentukan Variabel Variabel adalah ciri objek yang nilainya beragam Contoh: “PENGARUH BERBAGAI DOSIS PUPUK NPK PADA PERTUMBUHAN TANAMAN JAGUNG” Variabel: 1. Terikat Faktor yang berubah tergantung perubahan variabel bebas (pertumbuhan tanaman) 3. Bebas Faktor yang diubah oleh sang peneliti (dosis pupuk) 2. Kontrol Sengaja tidak diberi perlakuan untuk pembanding .

Dapat berupa ataupun data kualitatif data kuantitatif .

Data-data yang sudah didapat dari percobaan harus diterjemahkan atau dibuat kesimpulan. KESIMPULAN DAPAT MENDUKUNG HIPOTESIS ATAU TIDAK MENDUKUNG HIPOTESIS HASIL PERCOBAAN TIDAK HARUS SELALU MENDUKUNG HIPOTESIS .

Kepedulian terhadap lingkungan 4. Jujur terhadap fakta 8. Disiplin dan tekun . Bekerja sama 7.SIKAP ILMIAH 1. Mengembangkan keingintahuan 3. Berpendapat secara ilmiah dan kritis 5. Berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan argumentasi 2. Berani mengusulkan perbaikan dan bertanggung jawab terhadap usulan tersebut 6.

SIKAP ILMIAH Ilmuwan harus bersikap ilmiah: Dapat membedakan antara fakta dengan opini  Fakta: • Informasi yang diperoleh dari buktibukti pada data.  Opini • Pendapat mengenai peristiwa tertentu. . Dan berdasarkan fakta pun opini biasanya tidak ada data spesifik. • Opini dapat berdasarkan fakta atau tidak.

PERMASALAHAN  Apakah terdapat pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau? .

e. b. mengadakan observasi – merumuskan masalah – mengadakan eksperimen – menyusun hipotesis – menarik kesimpulan. identifikasi masalah – observasi – hipotesis – menarik kesimpulan.. .SOAL-SOAL Dalam praktiknya. urutan langkah-langkah metode ilmiah yang benar adalah . mengumpulkan data – merumuskan masalah – menyusun hipotesis – mengadakan eksperimens – menarik kesimpulan.. merumuskan masalah – pengumpulan keterangan – hipotesis – eksperimen – menarik kesimpulan. c. a. identifikasi masalah – hipotesis – observasi – eksperimen– menarik kesimpulan.. d.

fisiologi. mikrobiologi. patologi c. a.. d. organologi... d. b. Untuk memahami perikehidupan organisme yang tidak kasat mata maka kita harus memperdalam cabang biologi. virologi.SOAL-SOAL Cabang biologi yang megkhususkan bidang kajiannya pada organ tubuh makhluk hidup adalah. parasitologi b. e. morfologi. anatomi.. a. palaeontologi . c. sitologi.. E. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->