P. 1
KONSEP KELUARGA

KONSEP KELUARGA

|Views: 15|Likes:
Published by Nila Almira
definisi keluarga, keperawatan keluarga, konsep keluarga
definisi keluarga, keperawatan keluarga, konsep keluarga

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Nila Almira on Apr 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/20/2013

$4.99

USD

pdf

text

original

KONSEP KELUARGA

DEFINISI
WHO (1969) : - Keluarga adalah kumpulan anggota rumah tangga yg saling berhubungan melalui pertalian darah, adopsi atau perkawinan

DUVALL (1976) :
- Sekumpulan orang yg dihubungkan o/ ikatan perkawinan, adopsi, kelahiran yg bertujuan menciptakan dan mempertahankan budaya yg umum, meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional dan sosial dari tiap anggotanya

ttp terdiri dari beberapa komponen yg masing-2 mempunyai sebagaimana individu miliki .GILLIS (1983) : - Keluarga adalah sebuah kesatuan yg kompleks dg atribut yg dimiliki.

Depkes RI (1988) : .Unit terkecil dari masyarakat yg terdiri dari Kepala Keluarga dan beberapa orang yg berkumpul dan tinggal disuatu tempat dibawah satu atap dlm keadaan saling ketergantungan .

mereka saling berinteraksi satu sama lain dan mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya . perkawinan atau adopsi.Salvicion G Bailon dan Aracelis Maglaya (1978) .dua atau lebih individu yg hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah.

istri dan anaknya atau ayah dan anaknya atau ibu dan anaknya (UU No. 10/1992) .• Keluarga adalah unit terkecil masyarakat terdiri dari suami.

1998) .• Keluarga adalah kumpulan dua orang/lebih yang hidup bersama dg keterikatan aturan dan emosional dan setiap individu punya peran masing-masing (Friedman.

Suatu sistem sosial yg terdiri dari individu-2 yang tergabung dan berinteraksi secara teratur satu dg yg lain yg diwujudkan dg adanya saling ketergantungan dan berhubungan utk mencapai tujuan bersama .Leininger .

Adanya ikatan perkawinan dan pertalian darah atau adopsi 4.Kesimpulan karakteristik keluarga: 1. Hidup dalam satu rumah tangga . Unit terkecil dari masyarakat 2. Terdiri dari 2 orang/lebih individu 3.

sbg suami. Bertujuan menciptakan dan mempertahankan suatu budaya dan meningkatkan perkembangan fisik. Dibawah asuhan Kepala Keluarga 6.anak.Kesimpulan……………………………….kakak dan adik 8. istri. Berinteraksi satu sama lain 7. 5. psikologis dan sosial anggotanya . Masing-masing mempunyai peran sosial .

sosio-ekonomi dan kebutuhan seksual 4. Sebagai perantara bagi kebutuhan harapan keluarga dg harapan masyarakat 3. Mempengaruhi pembentukan identitas individu dan harga diri .Tujuan dasar pembentukan keluarga : 1. Memenuhi kebutuhan anggota klg dan menstabilkan kebutuhan kasih sayang. Unit dasar yg berpengaruh kuat bagi perkembangan individu 2.

Ada hubungan yg kuat antara status klg dg status kesehatan anggotanya 3. Melalui perawatan kesehatan klg (self care.Alasan keluarga sbg fokus sentral perawatan : 1.perpisahan dll) mempengaruhi anggota klg yg lain 2. Dalam unit klg disfungsi (penyakit. cedera. konseling) dapat mengurangi fr resiko krn pola hidup dan bahaya lingkungan . penkes.

4. Keluarga merupakan sistem pendukung yg sangat vital bagi kebutuhan individu . Adanya masalah -2 kesehatan pada salah satu anggota menjadi fr resiko bagi anggota klg yg lain 5. Tingkat pemahaman dan berfungsinya individu dipengaruhi o/ klg 6.

Setiap anggota keluarga mempunyai peranan dan fungsinya masing-masing . Ada perbedaan dan kekhususan .Setiap anggota memiliki kebebasan tetapi mereka juga mempunyai keterbatasan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya masingmasing 3. Terorganisasi .Ciri-ciri Struktur keluarga (Anderson Carter) : 1.Adanya saling ketergantungan antara anggota keluarga 2 . Ada keterbatasan .

Keluarga tanpa anak (diadic nuclear) .ibu.dan anak-anak ayah sbg pencari nafkah.adlh keuarga yg terdiri dari ayah. ibu sbg ibu RT Varian Keluarga inti adalah : a. Keluarga pasangan suami istri bekerja b.Suami istri sdh berumur tp tdk mempunyai anak .Tipe/Bentuk keluarga Keluarga Tradisional : • Keluarga Inti(Nuclear Familiy).

ayah tiri) .Klg dg suami istri terpisah secara sukarela krn tugas d.c.Reconstituted nuclear .( ibu.Pembentukan klg baru dr klg inti melalui perkawinan kembali .anak. Commuter family .

paman.saudara sepupu.keponak an.misalnya. Keluarga Berantai(Serial Familiy).adlh keluarga yang terdiri dari wanita dan pria yang menikah lebih dari satu kali dan merupakan satu keluarga inti . Keluarga Besar(Extended Familiy).bibi dan sebagainya f.e.kakek.nenek.adlh keluarga inti di tambah dengan sanak saudara. . .

Keluarga dengan orang tua tunggal(single parent) . terjadi karena perceraian atau kematian .g.keluarga dg 1 org kepala rumah tangga yaitu ayah atau ibu.

Keluarga Non tradisional 1. Cohibing couple .Terdiri dr dua org atau satu pasangan yg tinggal bersama tanpa menikah . Unmaried Parent and child .Communal family .Dalam satu rumah tdpt 2 atau lebih pasangan monogami tanpa pertalian keluarga dg anak-2nya dan bersama-2 dlm penyediaan fasilitas 2.Terdiri dr ibu dan anak dari hasil adopsi 3.

Bagaimana tipe keluarga di Indonesia ?? Menganut UU no 10 th 1992 : .Keluarga adalah unit terkecil yg terdiri dari suami-istri atau suami-istri dan anak .

selaras. memiliki hubungan yg serasi. seimbang antar anggota klg dg masyarakat dan lingkungan . bertaqwa kpd Tuhan Yang Maha Esa. mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan material yg layak.Pasal 1 menyatakan : Bahwa keluarga sejahtera adalah klg yg dibentuk berdasar atas perkawinan yg sah.

Struktur kekuatan keluarga Adalah • kemampuan individu untuk mengontrol. mempengaruhi dan mengubah tingkah laku anggota keluarga .

Komponen utama dr struktur klg ?? PENGARUH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN .

Pengaruh/kekuasaan dominansi ?? • TINGKAT PENGGUNAAN TEKANAN FORMALINFORMAL Kepada ORLA dan BERHASIL MEMAKSAKAN PANDANGANNYA .

PENGAMBILAN KEPUTUSAN : • Proses pencapaian persetujuan untuk melakukan serangkaian tindakan atau menjaga status Quo • Alat u/ menyeleseikan segala sesuatu • Manifestasi kekuasaan dalam klg • Otoritas/wewenang (keyakinan yg dianut klg berdasar KULTUR dan NORMATIF) .

8. 5. 2. Kekuasaan/wewenang yang sah Kekuasaan yg tak berdaya/putus asa Kekuasaan referen Kekuasaan sumber Kekuasaan ahli Kekuasaan penghargaan Kekuasaan memaksa Kekuasaan afektif Kekuasaan manajemen ketegangan . 6.Dasar-dasar kekuasaan keluarga : 1. 4. 7. 9. 3.

Matrilineal : .Klg sedarah yang terdiri dari sanak saudara sedarah dalam beberapa generasi di mana hubungan itu di susun melalui jalur garis ibu .Klg sedarah yg terdiri dr sanak saudara sedarah dlm bbrp generasi dimana hubungan berasal dr jalur ayah 2.Struktur Keluarga 1. Patrilineal : .

Patriakal . Matriakal .yang dominan dan memegang kekuasaan dalam keluarga adalah di pihak ibu 3.yang memegang kekuasaan dalam keluarga adalah ayah dan ibu .Pemegang Kekuasaan Dalam Keluarga 1.yang dominan dan memegang kekuasaandalam keluarga adalah di pihak ayah 2. Equalitarian .

dan beberapa sanak saudara yang menjadi bagian keluarga karena adanya hubungan dengan suami atau istri .3. Patrilokal : . Keluarga kawinan : .Sepasang suami istri yang tinggal bersama keluarga sedarah istri 4.Sepasang suami istri yang tinggal bersama keluarga sedarah suami 5.Hubungan suami istri sebagai dasar bagi pembinaan keluarga. Matrilokal : .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->