PENGERTIAN PARAGRAF

 Paragraf adalah karangan mini.  Paragraf adalah satuan bahasa tulis yang terdiri atas beberapa kalimat yang tersusun secara runtut, logis, dlm satu kesatuan ide yg tersusun secara lengkap, utuh, dan padu.

SYARAT PARAGRAF  KESATUAN  KESISTEMATISAN DAN KELENGKAPAN  KEPADUAN .

Tempat-tempat ibadah memang perlu bagi masyarakat (6). Perbedaan yang besar dalam masyarakat telah menimbulkan jurang pemisah antara si kaya dan si miskin (8). Mereka dapat menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk membangun tempat-tempat beribadah atau untuk kegiatan sosial lainnya (5). Pada umumnya tempat-tempat ibadah ini dibangun secara bergotong-royong dan sangat mengandalkan sumbangan para dermawan (7). Keluarga yang penghasilannya sangat rendah. Lain halnya dengan keluarga yang berpenghasilan tinggi (4). Hal ini sangat tergantung dari besarnya penghasilan setiap keluarga (2). ------.TDK TERBENTUK KESATUAN .Kebutuhan sehari-hari bagi setiap keluarga dalam masyarakat tidaklah sama (1). mungkin kebutuhan pokoknya pun sulit dipenuhi (3).

Sesungguhnya di desa itulah tersimpan potensi yang harus dimanfaatkan (3). . Dengan demikian.Orang-orang pada umumnya akan berpendapat bahwa kehidupan di desa merupakan kehidupan yang tidak layak di masa dewasa ini (1).  Urutan kalimat dalam paragraf di atas tidak  sistematis. orang-orang desa yang beranggapan salah tersebut segera meninggalkan desanya dengan harapan untuk dapat memperoleh kehidupan yang baik sehingga banyak orang malu kembali ke desanya dan mereka rela untuk menjadi tunawisma di kota (4). Justru di dalam masyarakat desa itulah suatu kehidupan yang damai dan tenteram (2).

Izzati menulis novel Kado untuk Ummi (KuU). sedangkan Faiz menulis kumpulan puisi Bunda dan Dunia. apalagi ditulis oleh anak-anak. Sri Izzati dan Abdurrahman Faiz. Lebih jauh. Tak heran. tak hanya mengisi ruang kosong itu.  Paragraf di atas memiliki kepaduan . Dua buku itu diterbitkan oleh Mizan. dua bocah ini menggetarkan khazanah sastra kitadengan karyanya yang diluncurkan berbarengan di QB World Pondok Indah Selasa (27/1).Tidak banyak buku sastra untuk anak-anak yang ditulis orang dewasa. kehadiran dua sastrawan yang sama-sama berusia 8 tahun.

seharusnya warga yang memiliki warung-warung dan kios-kios yang ada di jalan Jawa bermawas diri agar merapikan tempatnya agar tidak menggangu ketertiban lalau lintas dan para pengguna kendaraan bermotor juga harus selalu hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan di jalan itu.Di sepanjang jalan Jawa terdapat banyak warung-warung dan kios-kios yang berjajar di pinggir jalan serta adanya pengendara bermotor yang tidak tertib memarkir dan memakai kendaraan tersebut. .

DEDUKSI-INDUKSI C.ARGUMENTASI .PENGANTAR .DESKRIPSI .NARASI . DARI SISI ISI . DARI SISI TEKNIK PENALARAN .EKSPOSISI .PERALIHAN .PENGEMBANG .PENUTUP .JENIS PARAGRAF A.DEDUKSI . DARI SISI TEMPAT DAN FUNGSINYA DLM KARANGAN .INDUKSI .PERSUASI B.

Dia mengenakan sepatu kulitnya yang panjang. Kami segera juga disuruh oleh ayah masuk ke dalam kembali. mengenakan pistol di pinggangnya. Di bawah. . ada beberapa polisi dengan komandannya. hari sudah hampir pukul sembilan malam. dan tidak terdengar olehku mula-mula apa katanya pada ayah. topi helmnya. dan kemudian segera keluar. Sebentar kemudian ayah masuk dan cepat berpakaian. NARASI Ketika opas penjaga rumah berteriak-teriak memanggil ayah.

Sampailah ke sebuah “rumah” yang terbuat dari dinding pelupuh (bambu yang digetok). asal menempel pada tiang yang lapuk. Angin dengan leluasa menerpa rumah yang berukuran 7 X 6 m ini karena pelupuhnya berlubang…. Rumah panggung yang amat sederhana. DESKRIPSI Jalan dari Padang ke Kulumbuk Pau IX berkelokkelok. Melewati sawah yang subur dan kincir air. Lalu membelok melalui jalan setapak. .

Bibir pecah-pecah. . juga alis mata. Dilaporkan. Gejalagejala kelebihan vitamin A di antaranya rambut menjadi rontok. pigmentasi dan gatal-gatal pada kulit. terjadi pada anak-anak yang orang tuanya memberikan terlalu banyak vitamin A. Rambut yang tinggal menjadi kasar dan kering. EKSPOSISI Kelebihan vitamin A juga memberi gejala yang tidak dikehendaki orang. Dengan menghentikan vitamin A. dalam waktu beberapa minggu gejala ini akan menghilang.

Di samping itu. . ARGUMENTASI Masalah penelitian bahasa cukup rumit karena bahasa adalah sistemnya sistem. Kesulitan lain adalah karena bahasa itu pada dasarnya lisan dan diucapkan manusia yang bisa berubah setiap saat dan justru faktor manusiawi inilah yang menyulitkan penyelidikan bahasa. artinya ia mempunyai hierarki sistem. maka mau tidak mau kita harus bersedia menerimanya. variabel-variabel dalam penelitian bahasa. dan sesuatu yang terpadu sulit untuk diteliti daripada jika ia merupakan suatu satuan yang unit-unitnya mudah dipisahkan. maka biasanya para peneliti berusaha memisahkan salah satu komponen bahasa dan kemudian barulah komponen itu diteliti. Oleh karena sulitnya penelitian bahasa. Dengan demikian. Hal lain yang menyulitkan adalah karena bahasa itu bersifat terpadu (integrated). Cara semacam ini memang lemah. tetapi karena ini merupakan satu-satunya cara yang sementara ini bisa dilakukan. baik murni maupun terapan sangat sulit untuk dikontrol. penelitian bahasa menjadi ruwet.

Alam tropis Cristmas Island menghadirkan pesona eksotis yang menakjubkan dan takdimiliki oleh pulau lainnya. PERSUASI Cristmas Island tampak mungil di peta. Pada kenyataannya ia adalah pulau karang yang kokoh di Samudra India. sebuah resor berbintang 5 dengan kemewahan eksklusifnya menambah suasana liburan Anda di Cristmas Island lebih menyenangkan dan bergairah. . Cristmas Island Resort.

yakni kata yang diwakili oleh suku kata.TEKNIK PENALARAN  DEDUKSI Kemahiran berbicara anak berproses secara bertahap. Kemudian. Setelah itu. anak dapat mengucapkan vokal. anak dapat mengucapkan kata bentuk pivot. Mula-mula anak hanya bisa meraban. . Lalu. anak dapat mengucapkan konsonan.

Tampaknya. . dan di desa. Tidak sedikit di antara mereka yang memperhatikan dan peduli dengan keadaan lingkungan. masa depan generasi penerus masih dapat diharapkan. di dalam kota. Siswa yang berprestasi tinggi cukup banyak dan dapat ditemukan di mana-mana juga. INDUKSI Siswa yang rajin belajar dapat ditemukan dimana-mana. di pinggir kota.

Setelah menyelesaikan sekolahnya. . DEDUKSI-INDUKSI Belajar pada hakikatnya berlangsung sepanjang hayat. Proses itu berlangsung terus sampai tua. dia masih terus belajar. Pada usia 6-12 tahun anak mulai bersekolah di sekolah dasar. setidak-tidaknya belajar memecahkan masalah yang dihadapi setiap saat. anak sudah belajar di dalam keluargadan lingkungan sekitarnya. belajar itu tidak mengenal batas umur. Sejak bayi anak sudah belajar. Pendek kata. Sebelum masuk sekolah.

PENGANTAR .PENGEMBANG .DARI SISI TEMPAT DAN FUNGSINYA DLM KARANGAN • • • • .PERALIHAN .PENUTUP .

Penelitian ini menggunakan dua model rancangan. dan hasil belajar siswa. Uraian di atas merupakan deskripsi singkat rencana penelitian yang akan dilaksanakan dalam waktu 2 tahun. Hasil kegiatan tersebut selanjutnya digunakan untuk merumuskan draf model yang meliputi aspek strategi. serta hasil belajar siswa yang mengindikasikan diperolehnya dasar budaya-baca tulis.untuk memperoleh informasi tentang efektivitas penggunaan model. yakni rancangan pengembangan dan rancangan eksperimental yang akan berlangsung dalam tiga tahap.d. Penelitian ini berusaha merumuskan model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendekatan whole language yang dinilai dapat membentuk dasar budaya baca-tulis di kalangan siswa sekolah dasar (SD).Pada tahap I dilakukan kegiatan analisis terhadap pustaka relevan. Sampai saat ini Indonesia masih menghadapi masalah rendahnya minat bacatulis di kalangan masyarakat. semakin tinggi pula peradaban masyarakat tersebut.     Minat dan kemampuan baca-tulis merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan yang lebih tinggi. namun belum mencapai hasil maksimal. Semakin tinggi minat dan kemampuan baca-tulis masyarakat. kurikulum. Pada tahap III dilaksanakan dilakukan analisis statistik uji perbedaan. dan (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendekatan whole language. teknik. teks wacana. Tujuan jangka pendek penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis pendekatan whole language yang mencakup proses pembelajaran. dan hasil angket. 2010. Praktik penggunaan model ini dimaksudkan untuk membenahi model sampai dinilai memadai dan untuk mengetahui gambaran proses pelaksanaan. Adapun tujuan jangka panjangnya adalah terwujudnya dasar budaya baca-tulis di kalangan siswa SD. metode. materi. Pada tahap II dilakukan uji coba penggunaan model di sekolah. Uraian lebih rinci dapat dilihat pada naskah proposal lengkap. intensitas bacatulis siswa. intensitas kegiatan baca-tulis. . Sudah cukup banyak upaya yang dilakukan. yakni dari tahun 2009 s. dan evaluasi.