P. 1
PereCanaan PembanGunAn

PereCanaan PembanGunAn

|Views: 3|Likes:
Published by Yona Pelawi
silabus perencanaan pembangunan
silabus perencanaan pembangunan

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Yona Pelawi on Apr 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2014

pdf

text

original

SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP

)
MATA KULIAH KODE/SKS PROGRAM STUDI : : : PERENCANAAN PEMBANGUNAN RI 606 / 2 SKS MAGISTER TEKNIK SIPIL (MANAJEMEN REKAYASA INFRASTRUKTUR)

PERTEMUAN 1

POKOK BAHASAN Pendahuluan: Ilmu perencanaan, arti dan fungsi perencanaan, jenis perencanaan, dan peran perencanaa dalam pembangunan nasional. Proses perencanaan pembangunan: Proses pembangunan dengan perencanaannya, tujuan dan karakteristiik perencanaan pembangunan, dan unsur-unsur pokok dalam perencanaan pemba-ngunan.

TIU Mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dasar ilmu perencanaan, peranannya serta arti dn fungsinya.

SUB-POKOK BAHASAN 1.1. 1.2. Konsep dasar ilmu perencaan Peran perencanaan dalam pembangunan nasional Arti dan fungsi perencanaan Jenis-jenis perencanaan

SASARAN BELAJAR Setelah mengikuti sesi ini diharapkan mahasiswa dapat memahami pelbagai hal yang berkaiatan dengan perencanaan pembangunan. Yakni dari mulai ilmu perencanaan, arti dan fungsinya perencanaan, jenis hingga peranannya dalam pembangunan. Mahasiswa memahami dan dapat menjelaskan tahapan dalam proses perencanaan pembanguanan, unsur-unsur pokok dalam peren-canaan pembangunan, dan tujuan serta karakteristik perencanaan pembangunan.

REF. 1

1.3. 1.4. Mahasiswa mengetahui dan memahami proses perencanaan pembangunan, unsurunsur pokokl di dalamnya dan tujuan dan karakteristik perencanaan pembangunan.

2

2.1. Proses pembangunan dan perencanaannya 2.2. Tujuan dan karakteristik perencanaan pembangunan 2.3. Unsur-unsur pokok dalam proses perencanaan pembangunan

1,2,3

3

Perencanaan

Mahasiswa mengetahui,

3.1. Penelaahan kondisi,
Halaman 1 dari 3

Mahasiswa mengetahui dan

1,2

PERTEMUAN

POKOK BAHASAN pembangunan lingkup program dan kebijakan (1): Telaah kondisi, masalah, dam potensi pembangunan.

TIU memahami dan mampu melakukan penelaahan atas kondisi, masalah dan potensi yang bisa dikembangkan melalui pembangunan.

SUB-POKOK BAHASAN masalah, dan potensi pembangunan 3.2. Identifikasi kebijakan dasar pembangunan 3.3. Penysunan kerangka makro pembangunan

SASARAN BELAJAR memahami pelbagai langkah dalam menelaah kondisi, masalah, dan potensi pembangunan, mengidentifikasi atau merumuskan kebijakan dasar pembangunan dan dalam menyusun kerangka makro pembangunan. Mahasiswa mampu menje-laskan pelbagai sumber pembiayaan pembangunan, langkah dalam merencakan investasi sektoral dan regional serta organisasi pembiayaan pembangunan.

REF.

4

Perencanaan pembangun-an lingkup program dan kebijakan (2): Sumber-sumber pembiayaan pembangunan, program investasi sektoral, dan regional.

Mahasiswa mengetahui dan memahami sumber-sumber pembiayaan pembangunan, perencanaan program investasi sektoral dan regional.

4.1. Sumber-sumber pembiayaan pembangunan 4.2. Perencanaan program investasi sektoral dan regional 4.3. Organisasi perencanaan pengeluaran pembangunan

1,3

5

Perencanaan dan pelaksa-naan pembangunan (1): orientasi pelaksanaan pemba-ngunan dan perencanaan pelaksanaan tahunan.

Mahasiswa mengetahui dan memahami perencanaan pembangunan dan pelaksanannya.

5.1. Penentuan orientasi pelaksanaan rencana pembangunan 5.2. Penyusunan rencana pelaksanaan tahunan 5.3. Rencana anggaran pembangunan

Mahasiswa mengetahui dan mampu menjelaskan orientasi pelaksanaan pembangunan nasional, pelaksanaan tahunan rencana pembangunan, dan kaitan antara anggaran dan perrencanaan pembangunan.

1,3

6

Perencaan dan

Mahasiswa mengetahui dan

6.1. Peran stabilitas dalam

Mahasiswa mampu menje-laskan

1,3

Halaman 2 dari 3

PERTEMUAN

POKOK BAHASAN pelaksana-an pembangunan (2): Peranan stabilitas dalam pelak-sanaan rencana pemba-ngunan, pengawasan pelaksanaan rencana pemba-ngunan.

TIU memahami pentingnya stabilitas dan pengawasaan dalam pelaksanaan rencana pembangunan.

SUB-POKOK BAHASAN perencanaan pembangunan 6.2. Peran pengawasan dalam pelaksanaan rencana pembangunan 6.3. Bentuk organisasi pelaksanaan rencana pembangunan

SASARAN BELAJAR peran stabilitas da-lam perencaan pembangu-nan dan peran pengawa-san dalam pelaksanaan rencana pembangunan ser-ta organisasi pelaksanaan rencana pembangunan.

REF.

Referensi: 1. Tjokroamadjojo, B. (1995). Perencanaan Pembangunan. Penerbit PT Gunung Agung, Jakarta. 2. Mulyana, B.S. (2001). Perencanaan Pembangunan Nasional: Proses Penyusunan Rencana Pembangunan Nasional dengan Fokus Repelita V. Penerbit Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta. 3. Kunarjo (1992). Perencanaan dan Pembiayaan Pembangunan. Penerbit Universitas Indonesia (UI Press), Jakarta.

Halaman 3 dari 3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->