NILAI-NILAI KEPERAWATAN

• Definisi Nilai
Tiga orang penulis klasik mengenai nilai (Kluckhohn, 1951; Maslow, 1959; Rokeach, 1973) menyatakan bahwa nilai adalah keyakinan personal mengenai harga atas suatu ide, tingkah laku, kebiasaan atau objek yang menyusun suatu standar yang mempengaruhi tingkah laku.

• Nilai dalam Keperawatan Profesional
1) Nilai Perawatan Suatu pernyataan umum telah muncul dalam keperawatan bahwa merawat bertindak sebagai nilai sentral keperawatan, memberikan suatu kerangka bagi penelitian profesional, pendidikan, dan pengembangan teori. 2) Nilai Advokasi Mendukung, menjunjung, dan berbicara bagi nilai yang dianut orang lain disebut advokasi. Kesehatan terpaku pada kesehatan itu sendiri, tetapi lebih diarahkan pada suatu makna di mana seseorang hidup dalam kehidupan yang berarti bagi diri mereka sendiri (American Nurse Association [ANA] Code of Ethics, 1985).

• Nilai dan Perilaku Keperawatan Esensial (American Association of Colleges of Nursing [AACN], 1986)
1. Altruisme (peduli dengan kesejahteraan orang lain)  Sikap & Kualitas Pribadi Perhatian, komitmen, kasihan, kemurahan hati, dan ketekunan.  Perilaku Profesional  Berikan perhatian penuh pada klien ketika memberikan perawatan.  Bantu rekan perawat lainnya dalam memberikan perawatan ketika mereka tidak dapat melakukannya.  Tunjukkan perhatian pada kecenderungan dan masalah sosial yang memiliki implikasi perawatan kesehatan. 2. Persamaan (memiliki kepentingan, hak, atau status yang sama)  Sikap & Kualitas Pribadi Penerimaan, asertif, tidak berpihak, hargai diri, dan toleransi.  Perilaku Profesional  Berikan asuhan keperawatan berdasarkan kebutuhan individu, bukan pada karakter pribadi.  Lakukan interaksi dengan perawat yang lain dengan cara yang tidak diskriminatif.

 Perilaku Profesional  Bertindak sebagai advokat dalam perawatan kesehatan. dan reflektivitas.  Dapatkan data yang cukup untuk membuat suatu keputusan untuk membuat suatu keputusan sebelum melaporkan adanya pelanggaran kebijakan organisasi.  Perilaku Profesional  Lindungi hak individu tentang kebebasan pribadi. dan illegal secara objektif dan aktual.  Pertahankan kerahasiaan klien dan staf. Estetika (kualitas objek. kejujuran. tidak etis.  Dukung dilakukannya diskusi terbuka pada isu-isu yang kontroversi dalam profesi.  Ciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi diri sendiri dan orang lain. dan objektivitas. harapan. kreativitas.  Perilaku Profesional  Adaptasi dengan lingkungan sehingga dapat memuaskan klien. 3.  Perilaku Profesional  Hargai hak individu untuk menolak perawatan. 4.  Rawat orang lain dengan hormat tanpa memandang latar belakang. kemanusiaan. sensitivitas. imajinasi. 5. keramahan. empati. dan orang yang memberikan kepuasan)  Sikap & Kualitas Pribadi Penghargaan.  Perlakukan individu sesuai dengan perlakuan yang ingin mereka terima. integritas. Martabat Manusia (mewarisi derajat dan keunikan sebagai individu)  Sikap & Kualitas Pribadi Pertimbangan.  Dukung hak perawat lain untuk memberikan berbagai alternatif pada rencana perawatan. sangat menghargai. Kebebasan (kapasitas untuk menerapkan pilihan)  Sikap & Kualitas Pribadi Percaya diri.  Laporkan praktik yang tidak kompeten. kemerdekaan. keingintahuan. rasionalitas. Kebenaran (jujur pada fakta atau realitas)  Sikap & Kualitas Pribadi Akuntabilitas. Keadilan (menjunjung moral dan prinsip legal)  Sikap & Kualitas Pribadi Keberanian.  Tempatkan diri dengan cara yang dapat meningkatkan kesan positif dalam keperawatan. 6. . kebenaran. dan percaya. moralitas. Ekspresikan pemikiran tentang perkembangan akses keperawatan dan perawatan kesehatan. keterbukaan. dan disiplin. 7.  Alokasikan sumber daya secara adil. peristiwa. penguasaan diri.  Perilaku Profesional  Dokumentasikan keperawatan secara akurat dan jujur.

 Berpartisipasi dalam usaha profesional untuk melindungi masyarakat dari kesalahan informasi mengenai keperawatan. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful