LAPORAN PRAKTIKUM AC KOMPRESSOR DOUBLE PISTON

Disusun oleh:

Nedi Setiawan

10504241023

PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012

Cairan refrigerant ini kemudian mengalir ke dalam evaporator. Cooler dalam melakukan pendinginan melakukan siklus menggunakan fluida (refrigerant) yang disebut dengan siklus pendinginan yang dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Expansion valve merubah cairan bertemperatur dan bertekanan rendah. ALAT DAN BAHAN 1. biasanya digunakan untuk daerah yang tropis seperti Indonesia.LAPORAN PRAKTEK AC KOMPRESSOR WANKEL A. gas refrigerant ini mengalir ke dalam condensor. Menjelaskan cara kerja kompresor tipe double piston B. kompresor melepaskan refrigerant yang bertemperatur tinggi dan bertekanan tinggi karena menyerap panas dari evaporator ditambah panas yang dihasilkan kompresor saat melakukan langkah pengeluaran (discharge stroke) 2. Sehingga secara tidak langsung refrigerant berhubungan langsung dengan udara ruangan dan terjadi penyerapan panas oleh refrigerant. mahasiswa diharapkan dapat : 1. 3. refrigerant menjadi cairan yang 5. Di dalam condensor. ToolBox C. Biasanya banyak dimanfaatkan di daerah yang bertemperatur dingin. Menjelaskan kondisi komponen kompresor tipe double piston 3. TUJUAN Setelah melaksanakan praktikum. AC dibagi menjadi dua jenis yaitu Heater dan Cooler. . Cairan refrigerant ini mengalir ke dalam receiver yang menyimpan dan menyaring cairan refrigerant sampai evaporator memerlukan refrigerant. Akibat adanya pelepasan panas pada system ke lingkungan. gas refrigerant mengembun kembali menjadi cairan. Heater merupakan alat yang dimanfaatkan untuk menghangatkan ruangan. DASAR TEORI AC merupakan alat yang dimanfaatkan untuk mengkondisikan suhu udara suatu ruangan sesuai dengan keinginan pemakai ruangan. 4. Sedangkan Cooler merupakan alat yang dimanfaatkan untuk mendinginkan ruangan. Membongkar dan memasang kembali unit kompresortipe double piston 2. Unit kompressor tipe Double Piston 2.

Mengangkat rumah katup . Mengangkat rumah katup Gambar 2. Akibat panas yang diserap refrigerant kembali menjadi gas dengan temperatur lebih tinggi dari temperatur sebelum masuk evaporator. putaran crank shaft diubah menjadi gerakan piston bolak-balik. Langkah Pembongkaran 1. Membuka silinder kop dengan baut-baut pengikat Gambar 1. Gas refrigerant ini kemudian kembali masuk ke kompresor. Salah satunya adalah kompresor tipe double piston. Membuka kopling magnet dari as kompressor 2. Saat bergerak dari TMA ke TMB terjadi proses pengisapan refrigrant dari evaporator dalam bentuk gas bertekanan rendah dan bersuhu rendah dan saat bergerak dari TMB ke TMA terjadi proses penekanan dan kenaikan tekanan dan suhu refrigrant.6. LANGKAH KERJA 1. begitu seterusnya. salah satu komponen utama yang diperlukan adalah kompresor. Kompresor adalah pompa yang menaikkan tekanan refrigerant sekaligus temperaturnya. Kompresor dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Melepas baut-baut pengikat silinder kop 3. Proses penaikan tekanan dan suhu dari evaporator ke kondensor menjadi tugas kerja kompresor dalam sistem AC. Kompresor tipe double piston yaitu kompresor yang konstruksinya terdiri 2 piston (double). Dalam tipe double piston ini. Dalam siklus diatas. D.

Melepas Baut pengikat conecting rod 6. Melepaskan Piston Gambar 5. Melepas Piston 8. Membuka tutup bak engkol dengan melepaskan baut pengikatnya Gambar 3. Memeriksa alat praktik dan dikembalikan secara tertib . Melepaskan poros engkol 2. Melepas tutup poros engkol 5.4. Dalam langkah perakitan. Melepaskan batang piston dean piston dengan melepas baut pengikat batang piston pada poros engkol Gambar 4. Langkah Perakitan 1. hal yang dilakukan adalah kebalikan dari langkah pembongkaran 2. Membuka pompa minyak pelumas 7.

Poros Engkol Kompressor AC tipe Double Piston . DATA PRAKTIKUM Gambar komponen A.E. Blok Silinder Kompressor AC tipe Double Piston B. Blok Silinder Gambar 1. Poros Engkol Gambar 2.

Connecting Rod Gambar 3. Connecting Rod Kompressor AC tipe Double Piston D. Tutup Crankshaft Gambar 5. Tutup Crankshaft . Pen Piston Kompressor AC tipe Double Piston F. Pen Piston Gambar 4.C. Piston E.

Fungsi Komponen Kompressor tipe Double piston terdiri dari beberapa komponen yaitu : a. c. Valve stopper H. Poros engkol Untuk meneruskan tenaga dari putaran mesin dan merubah gerak putar menjadi gerak lurus bolak balik b.juga sebagai dudukan katup tekan dan isap. Discharge dan Suction Gambar 7. Katup suction dan discharge unit Sebagai pembatas antara ruang tekanan rendah dan ruang bertekana tinggi. Suction dan Discharge F.G. Piston Untuk menghisap dan menekan refrigran yang masuk kedalam kompresor . Valve stopper Gambar 6. ANALISIS DAN PEMBAHASAN 1.

.dan untuk saluran pengisian refrigran. g) Dinding blok silinder sudah tidak rata Hal itu mungkin disebabkan karena sudah lama usianya dan digunakan untuk praktek secara terus menerus. Saluran masuk dan keluar Sebagai saluran keluar dan masuknya refrigran kedalam kompresor maupun keluar dari kompresor.kemudian dibuang. 2.dan biasanya menggunakan betel untuk melepas/membukanya d) Baut baut pengikat banyak yang hilang Hal itu mungkin disebabkan karena digunakan untuk praktek secara terus menerus dan ada mahasiswa yang mengambilnya e) Poros engkol masih baik f) Ring kompresi sudah hilang Hal itu mungkin disebabkan karena pada saat memasukan silinder kedalam blok sillinder tidak manggunakan alat yang benar dan menyebabkan ring kompresi putus.d. Analisis Kondisi Komponen a) Permukaan kepala piston tidak rata Hal itu mungkin disebabkan karena sudah lama usianya dan digunakan untuk praktek secar terus menerus b) Dua katup isap hilang Hal itu mungkin disebabkan saat praktek ada mahasiswa yang berusaha melepas dan tidak bisa mengembalikan lagi ke kondisi semula lalu tidak dipasang c) Lubang saluran oli yang masuk ke ruang engkol sudah aus Saat melepas bautnya tidak menggunakan alat yang semestinya.

Kompresor jenis ini memiliki beberapa keuntungan yaitu seperti kontruksinya sangat sederhana.G. . KESIMPULAN Berdasarkan hasil praktikum yang telah dilakukan. komponen pendukungnya tidak terlalu banyak dan rumit. dapat disimpulkan bahwa untuk kompressor Tipe Double piston ini mendesak untuk dilakukan perbaikan ataupun melengkapi komponen-komponen yang tidak ada.

com/doc/90973993/Kompresor-Double-Piston dikutip tanggal 16 September pukul 20.wordpress.00 http://www.H.00 . DAFTAR PUSTAKA .com/ dikutip tanggal 15 september 2012 pukul 21. http://blackheexzt.scribd.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful