P. 1
praktikum urinaria

praktikum urinaria

|Views: 8|Likes:

More info:

Published by: Chyfa Ainur Al-Qifthy on Apr 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

Pengertian Urinaria adalah suatu sistem dimana terjadinya proses penyaringan darah sehingga darah bebas dari zat

– zat yang tidak tidak dipergunakan oleh tubuh dan menyerap zat – zat yang masih dipergunakan oleh tubuh(Syaifuddin, 2008). Sistem perkemihan merupakan suatu sistem dimana terjdinya proses penyaringan darah sehingga darah bebas dari zat-zat yang yang tidak dipergunakan oleh tubuh dan menyerap zat-zat yang masih dipergunakan oleh tubuh. Zat-zat yang tidak dipergunakan lagi oleh tubuh larut dlam air dan dikeluarkan berupa urin (air kemih). Ginjal (Ren) GINJAL TERLETAK DI BELAKANG KAVUM ABDOMINALIS PADA KEDUA SISI VERTEBRA T12 hingga LUMBALIS III DI BELAKANG RONGGA ABDOMEN (PERITONEUM) FUNGSI GINJAL - MENGELUARKAN ZAT TOKSIK/ RACUN KESEIMBANGAN CAIRAN - KESEIMBANGAN ASAM BASA (PH) MENGELUARKAN SISA METABOLISME (UREUM, KREATIN DLL) Bentuk ginjal seperti biji kacang. Ginjal kanan sedikit lebih rendah dari ginjal kiri, karena adanya lobus hepatis dexter yang besar. Ginjal kanan sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ginjal kiri karena tertekan ke bawah oleh hati. Kutub atas ginjal kanan terletak setinggi iga keduabelas, sedangkan ginjal kiri terletak setinggi iga kesebelas . Masing-masing ginjal memiliki lekukan yang disebut hilus pada bagian medialnya. Pada hilus, arteri renalis, vena renalis masuk ke dalam ginjal, hilus juga merupakan tempat keluarnya ureter. Arteri renalis merupakan percabangan dari abdominal aorta, dan vena renalis merupakan tempat kembalinya darah ke bagian inferior vena cava(lihat gambar 18-1). Ureter membawa urin dari ginjal ke kadung kemih. Struktur Ginjal Manusia memiliki sepasang ginjal terletak di belakang perut atau abdomen . Ginjal kanan biasanya terletak sedikit di bawah ginjal kiri untuk memberi tempat untuk hati. Di bagian atas ( superior ) ginjal terdapat kelenjar adrenal (juga disebut kelenjar suprarenal ). Ginjal bersifat retroperitoneal, yang berarti terletak di belakang peritoneum yang melapisi rongga abdomen . Kedua ginjal dibungkus oleh dua lapisan lemak (lemak perirenal dan lemak pararenal) yang membantu meredam goncangan. Pada orang dewasa, panjang ginjal sekitar 12-13 cm, lebarnya 6 cm, tebal 2,5 cm dan beratnya ± 140 gram ( pria=150 – 170 gram, wanita = 115155 gram) Setiap ginjal terbungkus oleh selaput tipis yang disebut kapsula fibrosa, terdapat cortex renalis di bagian luar, yang berwarna cokelat gelap, dan medulla renalis di bagian dalam yang berwarna cokelat lebih terang dibandingkan cortex. Bagian medulla berbentuk kerucut yang disebut pyramides renalis, puncak kerucut tadi menghadap kaliks yang terdiri dari lubanglubang kecil disebut papilla renalis. Hilum adalah pinggir medial ginjal berbentuk konkaf sebagai pintu masuknya pembuluh darah, pembuluh limfe, ureter dan nervus.. Pelvis renalis berbentuk corong yang menerima

6. Pada bagian medulla ginjal manusia dapat pula dilihat adanya piramida yang merupakan bukaan saluran pengumpul.Kaliks adalah Organ atau rongga berbentuk mangkok. kemudian mereabsorpsi cairan dan molekul yang masih diperlukan tubuh.Sinus Ginjal adalah rongga berisi lemak yang membuka pada hilus. Diperkirakan ada 1 juta nefron dalam setiap ginjal. 8. tubulus proximal. Lemak Perirenal ð Jaringan adipose yang terbungkus Fasia Ginjal. 3. Lapisan dinding ureter terdiri dari: 1. Lapisan sebelah dalam lapisan mukosa . ansa henle. b. Ureter Terdiri dari 2 saluran pipa masing-masing bersambung dari ginjal ke vesika urinaria. Nefron berfungsi sebagai regulator air dan zat terlarut (terutama elektrolit ) dalam tubuh dengan cara menyaring darah. 4.Parenkim Ginjal adalah jaringan ginjal yang menyelubungi struktur sinus ginjal.5 cm. Bagian paling luar dari ginjal disebut korteks .urin yang diproduksi ginjal.Ureter adalah fibromuskuler yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih. Lapisan tengah lapisan otot polos 3. 7. Panjangnya ± 25-30 cm. Fasta Renal ð Pembungkus terluar. Molekul dan sisa cairan lainnya akan dibuang.Jaringan Ikat Pembungkus a. bagian lebih dalam lagi disebut medulla . Kapsul Fibrosa ð Membran halus transparan yang langsung membungkus Ginjal. Bagian paling dalam disebut pelvis . c. 5. Ginjal dibungkus oleh lapisan jaringan ikat longgar yang disebut kapsula . tubulus distal dan tubulus urinarius. Medula terdiri dari piramida ginjal dan papila. Unit fungsional dasar dari ginjal adalah nefron yang dapat berjumlah lebih dari satu juta buah dalam satu ginjal normal manusia dewasa. b. 9.Papilla renalis adalah Ujung pyramid ginjal yang tumpul. dengan penampang 0. Dinding luar jaringan ikat (jaringan fibrosa) 2. 2. Struktur halus ginjal terdiri dari banyak nefron yang merupakan unit fungsional ginjal. Ureter sebagian terletak pada rongga abdomen dan sebagian lagi terletak pada rongga pelvis. Terbagi menjadi dua atau tiga calices renalis majores yang masing-masing akan bercabang menjadi dua atau tiga calices renalis minores.Lobus Ginjal terdiri dari satu piramipa ginjal. Nefron terdiri dari : Glomerulus. a.Hilus adalah tingkat kecekungan tepi medial Ginjal. Hasil akhir yang kemudian diekskresikan disebut urin Bagian Ginjal: 1. Korteks tersusun dari tubulus dan pembuluh darah Nefron.Pelvis Ginjal adalah perluasan ujung proksimal ureter.

Bagian-bagian nefron: a.5 juta nefron yang pada dasarnya mempunyai struktur dan fungsi yang sama.Lapisan dinding ureter menimbulkan gerakan-gerakan peristaltic yang mendorong urin masuk ke dalam kandung kemih. Unit fungsional ginjal adalah nefron. Organ ini berbentuk seperti buah pir (kendi). sebelum berbalik dan kembali ke cortex. Vesika Urinaria (Kandung Kemih) Vesica urinaria merupakan kantong berotot yang dapat mengempis. 4. NEFRON Di ulangi lagi. 3. Fungsi vesica urinaria: (1) Sebagai tempat penyimpanan urine. Dapat dibedakan dua jenis nefron: 1. Unit fungsional ginjal adalah nefron. Peredaran darah vesika urinaria : Umbilikalis distal → arteri vesikalis superior Vena → anyaman Pembuluh limfe → duktus limfatikus (sepanjang arteri umbilikalis) Persarafan vesika urinaria : Diatur oleh torako lumbal dan cranial dari system persarafan otonom. Glomerolus . Nefron kortikalis yaitu nefron yang glomerulinya terletak pada bagian luar dari korteks dengan lingkungan henle yang pendek dan tetap berada pada korteks atau mengadakan penetrasi hanya sampai ke zona luar dari medula. 3.5 juta nefron yang pada dasarnya mempunyai struktur dan fungsi yang sama. Dinding kandung kemih terdiri dari: 1. Tunika submukosa. Pada manusia setiap ginjal mengandung 1-1. letaknya d belakang simfisis pubis di dalam rongga panggul. 2. Vesika urinaria dapat mengembang dan mengempis seperti balon karet. 2. Vesika urinaria bekerja sebagai penampung urin. Lapisan sebelah luar (peritoneum). terletak dibelakang simfisis pubis. Pada manusia setiap ginjal mengandung 1-1. Lapisan mukosa (lapisan bagian dalam). dan (2) mendorong urine keluar dari tubuh. Tunika muskularis (lapisan berotot). Nefron juxtamedullaris yaitu nefron yang glomerulinya terletak pada bagian dalam dari korteks dekat dengan cortex-medulla dengan lengkung henle yang panjang dan turun jauh ke dalam zona dalam dari medula.

Tubulus proksimal Tubulus proksimal berfungsi mengadakan reabsorbsi bahan-bahan dari cairan tubuli dan mensekresikan bahan-bahan ke dalam cairan tubuli. c. Berfungsi sebagai tempat filtrasi sebagian air dan zat yang terlarut dari darah yang melewatinya. Urethra pars Prostatica 2. Selain itu.Suatu jaringan kapiler berbentuk bola yang berasal dari arteriol afferent yang kemudian bersatu menuju arteriol efferent. Bagian bawah dari lengkung henle mempunyai dinding yang sangat tipis sehingga disebut segmen tipis. Kapsula Bowman Bagian dari tubulus yang melingkupi glomerolus untuk mengumpulkan cairan yang difiltrasi oleh kapiler glomerolus.Lengkung Henle Lengkung henle membentuk lengkungan tajam berbentuk U.2 cm. 3. Uretra Merupakan saluran sempit yang berpangkal pada vesika urinaria yang berfungsi menyalurkan air kemih ke luar. terdiri dari: 1. Setiap duktus pengumpul terbenam ke dalam medula untuk mengosongkan cairan isinya (urin) ke dalam pelvis ginjal. d. Duktus pengumpul (duktus kolektifus) Satu duktus pengumpul mungkin menerima cairan dari delapan nefron yang berlainan. 2. Tubulus. Terdiri dari pars descendens yaitu bagian yang menurun terbenam dari korteks ke medula. terbagi menjadi 3 yaitu: 1. Lengkung henle berfungsi reabsorbsi bahan-bahan dari cairan tubulus dan sekresi bahan-bahan ke dalam cairan tubulus. dan pars ascendens yaitu bagian yang naik kembali ke korteks.7-16. sedangkan bagian atas yang lebih tebal disebut segmen tebal. Pada laki-laki panjangnya kira-kira 13. Urethra pars membranosa ( terdapat spinchter urethra externa) . b. berperan penting dalam mekanisme konsentrasi dan dilusi urin.Tubulus distal Berfungsi dalam reabsorbsi dan sekresi zat-zat tertentu.

Terdapat pembukaan kecil. dimana terletak muara vas deferens . Artinya. sekitar 15 cm dan melintas di corpus spongiosum penis. lapisan longgar mengandung pembuluh darah dan saraf. Uretra pada pria Pada pria. panjang uretra sekitar 20 cm dan berakhir pada akhir penis . pars spongiosa/cavernosa . dinamakan sesuai dengan letaknya: pars praprostatica . Sphincter urethra terletak di sebelah atas vagina (antara clitoris dan vagina) dan urethra disini hanya sebagai saluran ekskresi . Sphincter urethra menjaga agar urethra tetap tertutup. Pria memiliki uretra yang lebih panjang dari wanita.2 cm (Taylor). terletak sebelum kelenjar prostat . 2. merupakan kelanjutan otot polos dari Vesika urinaria. wanita lebih berisiko terkena infeksi kantung kemih atau sistitis dan infeksi saluran kemih. Urethra pars spongiosa. Lapisan otot polos. .5 cm dan di lateral terdapat kelenjar bulbouretralis . pars prostatica . 3. 3-5 cm (Lewis). Urethra pada wanita panjangnya kira-kira 3. Uretra pada pria dibagi menjadi 4 bagian. Lapisan mukosa.7-6. sekitar 1. Mengandung jaringan elastis dan otot polos. terletak di prostat. Dinding urethra terdiri dari 3 lapisan: 1. Lapisan submukosa. pars membranosa .3.

.

.

dkk. Bagian Ilmu Fisiologi Fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin. Jakarta: EGC Pearce. Buku Ajar FISIOLOGI KEDOKTERAN Edisi II. Sistem Urogenitalia Fisiologi Ginjal. Lorraine. 2006. Fisiologi manusia dari sel ke sistem . 2. 1997. Harris. Siregar. 2006. Edisi ketiga.  Pricw.  Sherwood. Makassar. Efelin C.Daftar pustaka Guyton dan Hall. 6/E. Anatomi Fisiologi Untuk Siswa Perawat. Alsevier Science. Anatomi dan fisiologi untuk paramedic Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Syaifuddin. 2007. 3. pathophysioloy: clinical concepts of disease processes. Jakarta: EGC 1. 1995.

H. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran.Ac.Ganong. 1998. EGC : Jakarta Drs. Anatomi Fisiologi untuk Siswa Perawat. B. EGC : Jakarta Kumala. Davis tahun penerbitan : 2007 judul buku : Essentials of Anatomy and Physiology .A. 1997. EGC : Jakarta pengarang : F. Syaifuddin. Poppy dkk. Kamus Saku Kedokteran Dorland. 1998. William F.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->