P. 1
110419080-Agnesis-Ginjal

110419080-Agnesis-Ginjal

|Views: 34|Likes:
Published by Dhinie Noviani
dfgg
dfgg

More info:

Published by: Dhinie Noviani on Apr 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2013

pdf

text

original

Agnesis Ginjal

• Agenesis ginjal adalah kegagalan pembentukan ginjal selama perkembangan janin.Agenesis ginjal bisa sepihak, dengan satu ginjal hadir, atau bilateral, tanpa ginjal atau ginjal hadir sangat sedikit.

Apa yg menyebabkan agnesis ginjal • Saat ini. penyebab pasti agenesis ginjal tidak diketahui. Agenesis ginjal diperkirakan menjadi "Multifaktorial" kondisi. Ada juga laporan dari keluarga dengan ginjal turun-temurun Agenesis (beberapa anggota keluarga memiliki agenesis ginjal) . yang berarti bahwa beberapa faktor (termasuk genetika dan lingkungan) yang diperlukan untuk agenesis ginjal terjadi.

kalau pada ginjal pada sisi yang lain (kontra lateral) berfungsi normal. atau scanning. Kelainan ini biasanya ditemukan secara kebetulan pada saat pemeriksaan kesehatan rutin/screening. .Unilateral • Manifestasi klinis akibat agenesis ginjal unilateral tidak tampak. IVP. USG.

hidup sehat. Individu dengan agenesis ginjal unilateral biasanya mengarah normal. Menghindari cedera dan praktik kesehatan dasar yang penting untuk mempertahankan kualitas hidup. prognosis untuk agenesis ginjal unilateral sangat baik. .Prognosis • Dengan tidak adanya cedera ginjal atau penyakit.

Kelainan • Kelainan duktus mesonefrik unilateral pada saat embrio menyebabkan kelainantunas ureter dan kelainan saluran reproduksi pria yang sesisi (ipsilateral). .

hipoplasia atau tidak adanya tuba atau ovarium. danaplasia atau tidak didaptkannya vagina . Adalah kelainan organreproduksi yang terjadi bersamaan dengan agenesis ginjal adalah uterus bikornua atauunikornua.i sindroma Rokitansky-kuster Hauser. hipoplasia uterus.Cond’ • Pada wanita kelainan yang terjadi y.

.Komplikasi • Pria : – Terjadi kelainan tunas ureter dan kelainan saluran reproduksi pria yang sesisi(ipsilateral). Maka akan dijumpai satu vas deferens atau hipoplasia tertis padasatu sisi.

hipoplasia atau tidak adanya tuba atau ovarium. dan aplasia atau tidak didaptkannya vagina. .Cond’ • Pada wanita: – kelainan organ reproduksi yang terjadi bersamaan denganagenesis ginjal adalah uterus bikornua atau unikornua. hipoplasia uterus. Kelainan ini disebut dengan sindroma Rokitansky-kuster Hauser.

dan dirancang untuk menilai apakah ginjal unilateral berfungsi dengan baik.Tes ini biasanya dilakukan sekali setahun. tidak ada ginjal back-up tersedia untuk mempertahankan hidup. Pemantauan berkala sangat penting karena jika soliter ginjal menjadi sakit atau rusak.• Tidak ada perawatan yang diperlukan untuk agenesis ginjal unilateral selain mengendalikan komplikasi jika mereka muncul. • Fungsi ginjal dipantau secara reguler pemeriksaan fisik yang memeriksa tekanan darah dan darah dan tes urine . .

Pengobatan • Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor dan angiotensin reseptor blocker dua kelas obat tekanan darah yang juga dapat melindungi fungsi ginjal dan mengurangi proteinuria. • Diuretik juga dapat digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah dengan membuang kelebihan cairan dari tubuh. .

Bentuk sporadis BRA memiliki penyebab yang tidak diketahui yang mungkin atau mungkin tidak genetik. .Bilatelar • Agenesis ginjal bilateral (BRA) adalah suatu kondisi yang jarang diperkirakan terjadi dalam bentuk autosom resesif sporadis dan. Hal ini berpikir bahwa BRA dapat diwariskan dalam bentuk resesif autosomal. disebabkan oleh warisan dari dua salinan yang rusak dari gen.

tetapi tidak dapat mengeluarkannya.Cond’ • kasus agenesis ginjal bilateral. sering didapatkan oligohidramnion berat padakehamilan 14 minggu. Keadaan ini terjadi karena janin meminum cairan amnion. Janin akan dapat bertahan hidup sampai lahir karena ginjalnya tidak diperlukan untuk pertukaran zat-zat buangan tetapi akan mati beberapa hari setelah lahir. .

. sebuah transplantasi ginjal diperlukan untuk kelangsungan hidup. pasien mungkin memiliki penyakit paru-paru kronis atau gagal ginjal kronis. Jika bertahan hidup berkembang menjadi anak usia dini.Prognosis • Agenesis ginjal bilateral memiliki prognosis yang sangat buruk. Penyebab umum kematian adalahkegagalan pernapasan dan gagal ginjal akut selama periode neonatal. Jika paru-paru memiliki perkembangan yang cukup. Hal ini biasanya fatal dalam beberapa hari pertama kehidupan. Setelah transplantasi ginjal. prognosis ditingkatkan.

hipoplasia paru ± paru. serta vesikulaseminalis. pneumothoraksspontanea. tidak dijumpai adanya buli ± buli atau ereter. atresiatrachea dan duodenum. syndroma Potter (wajahnya aneh). . labiopalatoskisis dan kelainan otak.Kelainan • Cacat berat lahir menyertai keadaan ini pada 85% kasus termasuk tidak adanya atau kelainan vagina dan rahim. Cacat di system lain juga sering ditemui antara lain cacat jantung. pneumomediastinum. vas deferens.

Setelah prognosis jangka panjang kelangsungan hidup ditentukan. • Evaluasi juga dibuat dari setiap malformasi lain dalam sistem tubuh. rencana pengobatan dapat diatasi.Cond’ • Neonatus yang lahir dengan agenesis ginjal bilateral segera ditempatkan di unit perawatan intensif neonatal . ventilasi mekanis dapat menyediakan bantuan pernapasan. tidak ada perawatan lebih lanjut mungkin saja memutuskan tindakan. . Jika pengembangan paru-paru cukup untuk menanggapi pengobatan. Jika neonatus dengan agenesis ginjal bilateral gangguan pernapasan parah dari hipoplasia paru parah. Tingkat ginjal dan fungsi pernapasan segera dinilai .

D • Perlu Growth hormone • Pemberian obat anti hipertensi • Obat diuretik . asupan & kalsium karbonat : dapat digunakan Vit.Pengobatan • Pembatasan natrium.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->