KIMIA ANORGANIK 2

Ratna Kusumawardani, S.Si; M.Pd

Pengertian Alkali
Logam alkali adalah unsurunsur pada golongan I A yang berarti abu , mudah melepaskan elektron, serta banyak terdapat dalam bentuk senyawa.

Logam alkali memiliki titik leleh rendah tetapi senyawa ioniknya mempunyai titik leleh

SPU .

Keelektronegatifan.Sifat logam Alkali 1. Jari-jari dan kerapatannya dari atas kebawah semakin . titik leleh. energi ionisasi. titik didih dari atas kebawah semakin kecil 2.

Litium Kalium Cesium Natrium Rubidium Fransium Logam alkali tanah terdiri dari: Berilium Magnesium Calsium Stronsium Barium Rubidium Unsur pada golongan ini memiliki sifat yg hampir sama. yakni sbg reduktor. . pembentuk basa dan mempunyai warna yang indah sehingga digunakan sebagai kembang api.

.

.

natrium (kuning). Untuk litium (merah). kalium (ungu).Bersifat lunak seperti karet penghapus ( dapat diiris dengan pisau ) Logam alkali berwarna putih mengkilap seperti perak Bila dipanaskan/dibakar muncul warna khas. sesium (biru). rubidium (merah). .

. hal ini disebabkan jari-jari logam alkali sgt besar.Kereaktifan logam alkali sangat besar.

merupakan logam yang paling reaktif. mudah melepaskan valensinya (ns1) membentuk senyawa dgn tingkat oksidasi +1 Senyawa2 logam alkali umumnya tergolong senyawa ion dan mudah larut dalam air. Maka tidak heran jika banyak ditemukan di air .

.

.

Pembuatan Natrium Logam natrium diperoleh dari elektrolisis leburan (lelehan) NaCl yang dicampur dgn CaCl2 menggunakan sel down. CaCl2 berfungsi menurunkan titik leleh dari 800°C menjadi 500°C .

.

.

Kegunaan Unsur Alkali

.

.

.

.

kebanyakan digunakan sebagai basa dalam proses produksi bubur kayu dan . Natrium hidroksida membentuk larutan alkalin yang kuat ketika dilarutkan ke dalam air. adalah sejenis basa logam kaustik. Natrium Hidroksida terbentuk dari oksida basa.Natrium hidroksida (NaOH) dikenal sebagai soda kaustik atau sodium hidroksida. Ia digunakan di berbagai macam bidang industri.

juga dikenal dengan garam dapur. natrium . atau halit. Senyawa ini adalah garam yang paling memengaruhi salinitas laut dan cairan ekstraselular pada banyak organisme multiselular.Natrium klorida. Sebagai komponen utama pada garam dapur. adalah senyawa kimia dengan rumus molekul NaCl.

yang memerlukan reaksi natrium klorida. Lalu NaHCO mengendap sesuai persamaan . sebagai obat penetral asam bagi penderita asidosis tubulus renalis (ATR) atau rhenal tubular acidosis (RTA). Natrium bikarbonat larut dalam air. amonia.Berbentuk kristal. Senyawa ini juga digunakan sebagai obat. Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida. NaHCO3 umumnya diproduksi melalui proses Solvay. dan karbon dioksida dalam air. sering terdapat dalam bentuk serbuk. Soda kue juga diproduksi secara komesial dari soda abu (diperoleh melalui penambangan bijih trona. yang menyebabkan roti "mengembang". yang dilarutkan dalam air lalu direaksikan dengan karbon dioksida.

10H2O telah dikenal sebagai garam . Ketika anhidrat . sedangkan decahydrate Na2SO4 .Natrium sulfat adalah natrium garam asam sulfat. itu adalah padatan kristal putih dari rumus Na2SO4 dikenal sebagai mineral thenardite .

saltpeter. Selain itu. dan telah ditambang secara luas untuk tujuan itu.Natrium nitrat ialah tipe garam (NaNO3) yang telah lama digunakan sebagai komposisi bahan peledak. Senyawa ini ditemukan secara alami dalam sayuran hijau berdaun. untuk pembuatan deterjen dan dalam proses Kraft kertas pulping. bahan bakar padat roket. dan soda niter. . Senyawa ini juga disebut caliche. Natrium nitrat memiliki sifat antimikrobial sehingga digunakan sebagai pengawet makanan. kaca dan pelapis tembikar.

.

.

.

Logam alkali tanahpun mudah melepaskan elektronnya membentuk senyawa dgn tkt oksidasi +2. Semua logam alkali tanah pada suhu kamar berwujud padat.bawah alkali. berwarna putih perak. kecuali berilium berwarna abu2. Logam alkali tanah di alam . namun dengan 2 elktron valensi (ns2) yang dimilikinya.

dapat disimpulkan bahwa larutan 2+ .Data Ksp dan sifat kelarutan dalam metode pengendapan dapat digunakan untuk menganalisis ion-ion alkali tanah dalam larutan Kelarutan Alkali Tanah Dari data di atas.

.

.

.

Untuk mengetahui kelarutan senyawa logam alkali tanah. kelarutan logam alkali tanah bergantung pada nomor atom ion logamnya dan jenis anionnya. dapat dilakukan dengan mereaksikan larutan yang mengandung ion2 logam alkali tanah dgn beberapa anion berikut yg konsentrasi dan pHnya sama. .Kelarutan Alkali Tanah Senyawa alkali tanah pada umumnya sukar larut dalam air.

.

.

.

.

.

.

.

.Kulit kerang/tiram merupakan sumber kalsium. Fotografi sinar-X pada usus manusia menggunakan senyawa BaSO4.

.

.

.

.

.

Masker K2O dengan sistem Tertutup (a) Logam litium terapung di air karena massa jenisnya lebih kecil dari air. . (b) Logam natrium harus disimpan dalam minyak tanah.

.

.

NaCl . NaClO e. NaClO4 b. NaClO3 c. NaClO2 d.LATIHAN SOAL 1. Diantara senyawa-senyawa di bawah ini yang disebut natrium klorit adalah …… a.

Logam natrium sangat lunak c. hal itu dibuktikan dengan ……… a. natrium mudah bereaksi dengan air . Nyala natrium berwarna kuning b. Basanya sangat kuat d. garamnya mudah larut dalam air e. Logam natrium merupakan reduktor kuat.2.

Energi ionisasinya lebih tinggi dibanding dengan logam lain b. Ionisasi logamnya tidak mengalami reduksi c. sebab…………. Sifat reduktornya lemah. a. Sifat oksidatornya lemah d. Garam halidnya mempunyai titik leleh tinggi e. . Pada eletrolisis garam alkali tidak pernah menghasilkan garam.3.

Makin kebawah kelarutan garam sulfat makin besar e. Alasan yang paling tepat adalah ……………. Titikleburnya tinggi dibandingkan dengan logam lain d.4.Logam alkali lebih reaktif dibandingkan dengan logam alkali tanah. a.Mempunyai nomor atom genap c.Makin kebawah makin sukar melepaskan elektron .Terdapat di alam dalam keadaan bebas b.

.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful