P. 1
Kkm Kelas Ix (1,2)

Kkm Kelas Ix (1,2)

|Views: 11|Likes:
Published by Aso Nur Saputra
kkm
kkm

More info:

Published by: Aso Nur Saputra on Apr 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2013

pdf

text

original

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: IPA-FISIKA

Sekolah Kelas Semester KKM : SMP NEGERI I KALUKKU : XI : I (SATU) : Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Daya Kompleksitas Intake Dukung

Kompetensi Dasar dan Indikator 1. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Nilai KKM %

Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejalagejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari  Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu  Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik  Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik  Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menjelaskan konsep arus listrik dan beda

semi konduktor dan isolator)  Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian  Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik  Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder  Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit .potensial listrik  Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel  Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.  Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm) #  Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor.

(tegangan terpakai) Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan seharihari  Menjelaskan hubungan antara V.  Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik. . I dengan energi listrik yang digunakan. dan satuannya (kWh dan Joule)  Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter  Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain  Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan Mengemukakan alasannya.

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: IPA-FISIKA Sekolah Kelas Semester KKM : SMP NEGERI I KALUKKU : IX : II (DUA) : Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Daya Kompleksitas Intake Dukung Kompetensi dasar dan Indikator 2. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Nilai KKM % Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet  Menunjukkan sifat kutub magnet  Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan  Memaparkan teori kemagnetan bumi  Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi  Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi  Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari  Menyadari pentingnya .

pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi  Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik  Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan  Menjelaskan prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana  Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana cara kerja transformator  Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnetik dan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan 3.  Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan . Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya  Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari  Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.

dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya  Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi  Mendiskripsikan terjadinya gerhana bulan.model tata surya  Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau massa. dan sebagainya dengan menggunakan tabel Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet  Mendeskripsikan matahari sebagai salah satu bintang  Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari  Mendeskripsikan susunan lapisan matahari  Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi. bulan. jari-jari. gerhana matahari dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut  Menjelaskan fungsi satelit buatan. Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor . jarak ratarata ke matahari. Mendeskripsikan gerak edar bumi.

 Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor  Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan  Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan  Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi  Menjelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia  Menyadari bahayanya pengaruh negatif proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->