P. 1
Homonim, Homograf, Homofon, Akronim, Sinonim

Homonim, Homograf, Homofon, Akronim, Sinonim

|Views: 762|Likes:
Published by Bontoan Friend
Pengertian dan contoh
Pengertian dan contoh

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Bontoan Friend on Apr 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2014

pdf

text

original

Homonim Homonim adalah kata yang sama lafal dan ejaannya dengan kata yang lain tetapi berbeda

maknanya karena berasal dari sumber yang berbeda . Contoh pasangan kata yang termasuk homonim: a. bisa : dapat bisa : racun b. buku : ruas buku : kitab c. salak : nama buah salak : bunyi gonggongan anjing c. bulan : waktu 30 hari bulan : nama satelit bumi d. genting : gawat genting : benda penutup atap rumah e. malam : nama waktu lawannya siang malam : nama zat bahan membatik Homograf Homograf adalah kata yang sama ejaannya dengan kata yang lain tertapi beda lafal dan maknanya. Contoh kata-kata yang termasuk homograf: a. apel (lafal e seperti pada teh) : upacara apel (lafal e seperti pada teman) : nama buah b. seminar (lafal e seperti pada teman) : bersinar-sinar seminar (lafal e seperti pada sate) : pertemuan ilmiah c. teras (kayu) lafal e seperti pada tebu): inti kayu teras (rumah) lafal e seperti pada : bagian depan rumah sate (beranda)

Homofon Kata yang sama lafalnya dengan kata lain tetapi beda ejaan dan maknanya. Contoh kata-kata yang termasuk homofon: a. sangsi : ragu-ragu sanksi : hukuman b. bank : tempat menanbung bang : panggilan untuk orang laki-laki c. hak : hak (sepatu) : hak (asasi)

Akronim Akronim ialah singkatan yang berupa gabungan huruf awal, gabungan suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata yang diperlakukan sebagai kata. 1. Akronim nama diri yang berupa gabungan huruf awal sari deret kata ditulis seluruhnya dengan huruf kapital. Contoh: ABRI – Angkatan Bersenjata Republik Indonesia LAN – Lembaga Administrasi Negara IKIP – Institut Keguruan Ilmu Pendidikan 2. Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal huruf kapital. Contoh: Akabri – Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia Bappenas – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional 3. Akronim yang bukan nama diri yang berupa gabungan huruf, suku kata, ataupun gabungan huruf dan suku kata dari deret kata seluruhnya ditulis dengan huruf kecil. Contoh: pemilu – pemilihan umum rapim – rapat pimpinan Jika dianggap perlu membentuk akronim, hendaknya diperhatikan syarat-syarat berikut: 1) Jumlah suku kata akronim jangan melebihi suku kata yang lazim pada kata Indonesia. 2) Akronim dibentuk dengan mengindahkan keserasian kombinasi vokal dan konsonan yang sesuai dengan pola kata Indonesia yang lazim. Sinonim Sinonim adalah suatu kata yang mempunyai bentuk yg berbeda akan tetapi mempunyai arti atau makna yang sama. Sinomin juga disebut dengan persamaan kata. Contoh Sinonim : - menunggu = menanti - bertemu = berjumpa

Antonim Antonim adalah suatu kata yang mempunyai arti berlawanan dengan yang lainnya. Antonim jug aa disebut dengan lawan kata. Contoh Antonim :

- besar x kecil - kanan x kiri - susah x senag - atas x bawah

Pseudonym Pseudonym (nama samaran) banyak dipakai para penulis dalam karya mereka. Pseudonim, kadangkala juga menunjukkan nama asli atau sifat/kebiasaan mereka. Contohnya, Samuel Langhorne Clemens (1835 - 1910), pengarang terkenal yang melejit lewat nama samarannya, Mark Twain. Konon, nama samarannya ini jauh lebih dikenal daripada nama aslinya. Beberapa karyanya yang cukup fenomenal a.l; The Adventures of Huckleberry Finn, The Adventures of Tom Sawyers, The Prince and the Pauper, A Connecticut Yankee in King Arthur’s Court serta satu buku non fiksinya, Life on the Mississipi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->