P. 1
Makalah Tentang Trik - Trik Corel Draw

Makalah Tentang Trik - Trik Corel Draw

|Views: 241|Likes:
Published by noer_azie

More info:

Published by: noer_azie on Apr 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2015

pdf

text

original

MAKALAH MEMBUAT PETA TIGA DIMENSI ( 3D ) DENGAN MENGGUNAKAN COREL DRAW

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Teknologi Informasi Komputer

Disusun oleh : HOERUMAN

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL SMA MUHAMMADIYAH SINGAPARNA 2011

menggunakan shape tool. dalam makalah ini penulis akan menjelaskan mengenai langkah – langkah dalam pembuatan nya. Latar Belakang Coreldraw adalah salah satu program desain grafis yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para desainer untuk mendesain logo-logo perusahaan kaos brosur iklan dan lain-lain. Perusahan Corel didirikan tahun 1985 dan memiliki markas di Ottawa.2. sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk gambar vektor atau pembuatan vektor. membuat shape dasar. 1. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini adalah :    Mengetahui salah satu fasilitas dalam corel draw Menambah pengetahuan siswa dalam membuat peta tiga dimensi Megetahui langkah – langkah dalam pembuatan peta tiga dimensi dengan corel draw . Produk Corel yang paling terkenal adalah Corel Draw.BAB I PENDAHULUAN 1. khususnya dalam pembuatan peta tiga dimensi.Versi terakhirnya versi 14 yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008.1. pengguna produk Corel telah mencapai lebih dari 40 juta dan produk Corel telah dijual di lebih dari 75 negara.Perusahaan yang menjadi saingan Corel adalah Adobe. menggunakan bazier tool. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan. Kanada. Berdasarkan data. tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. . Oleh karena itu. Fasilitas yang terdapat dalam coreldraw sangat banyak. Untuk bisa menggunakan fasilitas tersebut kita harus mngetahui langkah – langkah dalam pembuatan nya. diantaranya adalah : mengubah garis dan outline. mengedit gambar. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Corel adalah perusahaan pembuat perangkat lunak komputer. membuat stempel dan membuat peta tiga dimensi.

Produk Corel yang paling terkenal adalah Corel Draw. klik dimana ingin meletakkan gambar tersebut. Berdasarkan data. Versi terakhirnya versi 15 yang dinamai X5 dirilis pada tanggal 23 Februari 2008. nama jalan. Anda juga bisa memasukkan gambar tersebut melalui klik drag dari explorer ke coreldraw . Perusahan Corel didirikan tahun 1985 dan memiliki markas di Ottawa. pengguna produk Corel telah mencapai lebih dari 40 juta dan produk Corel telah dijual di lebih dari 75 negara. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan. Langkah dalam membuat peta 3 dimensi dengan menggunakan Corel DrawYang harus dilakukan pertama kali adalah mengetahui bentuk kasar jalan. Masukkan image dari google maps yang sudah diprint screen dengan cara klik menu File Import ( CTRL + I ) . 1. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. nama gedung dan pelengkap penunjuk arah. Coreldraw adalah salah satu program desain grafis yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para desainer untuk mendesain logo-logo perusahaan kaos brosur iklan dan lain-lain. Kanada.BAB II PEMBAHASAN Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel. Corel adalah perusahaan pembuat perangkat lunak komputer. .Versi terakhirnya versi 14 yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008. bisa menggunakan peta yang sudah ada melalui google maps dan di print screen selanjutnya masukkan ke dalam coreldraw dengan cara mengimportnya (CTRL + I ). sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa. Kanada. Untuk mengakhiri import.Perusahaan yang menjadi saingan Corel adalah Adobe. tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk gambar vektor atau pembuatan vektor.

. Usahakan agar seluruh garis yang dibuat saling menutup / menimpa antara garis satu dengan lainnya.2. Untuk menggunakan tool ini Anda lakukan klik pada titik pertama dan klik pada titik kedua. Perbesar view (jarak pandang) dengan cara menggeser scroll mouse Anda agar langkah menjiplak ini lebih mudah. Jika Anda tidak menjiplak buat langsung jalan yang dipakai pada peta menggunakan bezier tool. Gunakan bezier tool. Untuk pindah tool gunakan tombol spasi pada keyboard dan tekan sekali lagi tombol spasi sehingga tool berubah sesuai tool pertama (dalam hal ini bezier tool). atau Anda bisa melakukannya klik drag agar jalan path yang dihasilkan berupa kurva ( lekuk ). Selanjutnya kita akan melakukan langkah path ( menjiplak gambar dari google maps ). Kunci letak gambar tersebut agar tidak pindah lokasi dengan cara klik kanan pada gambar dan pilih Lock Objek 3.

. Perbaiki sekali lagi pada garis-garis yang belum menutup sempurna.Untuk mengubah jenis garis atau mengedit garis gunakan shape tool Jika Anda sudah selesai menjiplak peta selanjutnya hapus gambar dengan cara klik kanan pada gambar pilih Unlock dan delete.

Gabung semua objek dari garis menjadi satu bagian menggunakan Weld . Perbesar ukuran garis dengan menyeleksi kesemua garis bisa dengan cara SHIFT+CLICK garis satu persatu atau menyorot semuanya dengan pick tool kemudian mengganti ukuran garis menjadi 16 pt 5.4. Ubah garis menjadi objek dengan cara menyeleksi semua garis dan klik Menu Arrange > Convert Outline to Objek 6.

9. Warnai objek shape tersebut dengan warna putih dengan cara klik warna putih dan klik kanan warna hitam pada pallete warna sehingga objek shape mempunyai garis berwarna hitam (palete warna ada pada sebelah kanan workpace) 8. Seleksi semua objek ( jalan dan tulisan jalan ) dan gabung dengan cara klik kanan pada salah satu objek terseleksi pilih Group ( CTRL + G ) 10. Ketik jalan yang ada dengan text tool ( F8 ) dan putar sesuaikan dengan arah jalan (usahakan ukuran font sama dan berada di dalam badan jalan). Lakukan proses transformasi pada objek terseleksi diatas menggunakan Interactive Envelope Tool. Jika semua teks sudah pada tempatnya. Sesuaikan bentuk transformasi dengan view yang Anda inginkan .7. ubah menjadi kurva dengan cara seleksi semua teks jalan dan klik Menu Arrange > Convert to Curve.

Pecah lagi gabungan antara jalan dan teks dengan cara klik kanan pada objek jalan dan pilih UnGroup ( CTRL + U ) 13. Posisikan jalan yang kedua ini berada di bawah jalan yang kedua dan ganti warna menjadi warna hitam. 14. Letakkan objek jalan kedua tersebut berada di bawah objek jalan pertama ( menimpa ) menggunakan klik kanan > Order > To Back of Page ( SHIFT + Page Down ). Menggunakan Shape tool tutup pojok-pojok jalan sehingga menyerupai objek 3 dimensi. Lakukan double klik untuk menambah titik point. Pilih objek jalan saja menggunakan Pick Tool dan lakukan KLIK + DRAG diakhiri KLIK Kanan ( lakukan copy paste jika kesulitan pada teknik ini ) sehingga jalan menjadi dua. Jika sudah selesai dan sesuai dengan yang diinginkan klik Menu Arrange > Convert to Curve. usahakan jenis titik point pada pojok- . 12.11.

rumah. Selanjutnya buat gedung. Hasil yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut . Tulis nama tempat. nama gedung sesuai dengan namanya menggunakan text tool. tempat penting dan sebagainya dengan Rectangle Tool (F6 ) kemudian ubah menjadi 3 dimensi menggunakan extrude 16. Untuk menutup pojok jalan ini aktifkan dulu snap to objek sehingga titik yang akan kita pindah akan lengket pada objek paling dekat. Letakkan objek tersebut pada tempat yang sesuai dengan peta Anda.pojok jalan berupa line ( garis lurus ). 15. Ulangi Membuat objek berbeda sesuai dengan cara 15 untuk gedung dan tempat lainnya. 17. Copy dan paste pada tempat-tempat yang diinginkan.

.

Setelah itu ikuti tahapan yang sesuai dengan yang sudah dijelaskan. maka dapat disimpulkan bahwa dalam penbuatan peta tiga dimensi hal yang harus pertama kita ketahui adalah bentuk kasar jalan. 3. Oleh karena itu. . Cara nya bisa dengan menggunakan peta yang sudah ada melalui google maps dan di print screen selanjutnya masukkan ke dalam coreldraw dengan cara mengimportnya. hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan penulis.1 Kesimpulan Berdasarkan uraian di atas.BAB III PENUTUP 3. penulis memyarankan untuk pembuat makalah selanjutnya agar lebih banyak dalam mencari referensi sehingga hasil nya bisa maksimal. nama jalan. nama gedung dan pelengkap penunjuk arah.2 Saran Dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan baik dalam penulisan maupun isi dari makalah nya.

com/membuat-peta-3d-dengan-coreldraw.DAFTAR PUSTAKA http://www.wikipedia.scribd.org .com http://www.html http://www.ahlidesain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->