Tugas Sistem Informasi Manajemen

BAB IV Pengguna dan Pengembang Sistem

Oleh: Valensia Amanda Nugraha – 410910027 Elen Novita Yosep – 410910008 Ade Febriany Sumpana - 410810001

Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Machung Malang 2011

A. Organisasi Bisnis Sistem organisasi dikembangkan dan digunakan untuk mendukung keseluruhan organisasi eksekutif dan area bisnis. Area bisnis dasar perusahaan adalah keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi dan pemasaran. Sistem informasi eksekutif dirancang untuk digunakan oleh manajer tingkat strategis perusahaan dan lima sistem informasi di tingkat yang lebih rendah, dimana mencakup kebutuhankebutuhan informasi dari area bisnis tersebut. Sistem informasi ini dirancang khusus untuk organisasi fisik, yaitu cara sumber daya fisik dialokasikan ke berbagai area fisik perusahaan, divisi, wilayah, distrik, cabang, dll.

Gambar 1 Sistem Informasi yang Dikembangkan untuk Mendukung Tingkatan-Tingktana dan Area-area Organisasional

B. Organisasi Layanan Informasi 1. Sumber Daya Informasi Sumber daya informasi terdiri atas piranti keras komputer, piranti lunak komputer, spesialis informasi, pengguna, fasilitas, basis data dan informasi. Sumber daya informasi ini merupakan tanggung jawab dari chief information officer (CIO) maupun manajer area pengguna. 2. Spesialis Informasi

operasi dan keamanan. Programmer . Analis sistem juga harus mampu untuk mendefinisikan masalah dan membuat dokumentasi tertulis suatu masalah. Spesialis informasi meliputi: a. DBA memiliki empat area utama yaitu: perencanaan. Spesialis Jaringan Spesialis jaringan bekerja dengan analis sistem dan pengguna dalam membuat jaringan komunikasi data yang menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar. Analis Sistem Analis sistem bertugas untuk mengembangkan sistem-sistem baru dan memperbaiki sistem-sistem yang sudah ada. Administrator Basis Data Administrator basis data merupakan bagian yang bertanggung jawab pada database administrator (DBA). b. Spesialis jaringan harus mampu menggabungkan keahlian di bidang komputasi maupun telekomunikasi. e. Webmaster Webmaster memiliki beberpa tugas yang perlu dilaksanakan yaitu:   Bertanggung jawab atas isi dan penyajian situs web perusahaan Bekerja sama dengan spesialis jaringan untuk memastikan jaringan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan maupun sekutu bisnis selalu terbuka   Mampu memanipulasi dan merancang grafik gambar Melacak orang-orang yang mengunjungi halaman web perusahaan d. c.Spesialis informasi merupakan karyawan yang bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi atas tersedianya sumber daya informasi dalam sebuah perusahaan. implementasi.

Struktur Organisasi Layanan Informasi 1. CIO Manajer Pengembangan Sistem Manajemen Pemeliharaan Sistem Manajer Operasi Komputer Pegawai Operator Manajer Administrasi Basis Data Administrator Basis Data Manajer Jaringan Analis Sistem Analis Sistem Spesialis Jaringan Programmer Programmer Gambar 2 Struktur Organisasi bagi Unit Layanan Informasi Perusahaan Tersentralisasi 2. Operator Operator akan bertugas untuk memonitor konsol.Programmer menggunakan dokumentasi yang dibuat oleh sistem analis untuk membuat kode program computer yang mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. penggunaan struktur organisasi tersentraisasi maupun desentralisasi memiliki beberapa kesulitan. Selain itu perubahan yang pesat . f. Struktur Organisasi Inovatif Dalam penerapannya dalam dunia IT. Tren dari Struktur Tersentralisasi ke Desentralisasi Beberapa perusahaan mulai mendesentralisasi kebanyakan sumber daya informasinya dengan mengalokasikan mereka ke unit-unit bisnis dan memberikan wewenang bagi unit unntuk memutuskan bagaimana sumber daya akan diaplikasikan. yaitu dimana IT memerankan peran yang lebih besar di perusahaan dari pada masa lalu. mengganti kertas printer. C. mengelola perpustakaan pita dan disk penyimpan data serta melakukan tugas serupa lainnya.

Awal tahun 1980-an. Adanya komputasi pengguna akhir dipengaruhi oleh:  Dampak pendidikan komputer. c. Di tingkat manajemen yang lebih rendah. sehingga tetap mempertahankan biaya tetap pada tingkat minimum. dampak program komputer dalam suatu manajemen perusahaan mulai terlihat. b. Pengguna dari sistem informasi perusahaan adalah sumber daya informasi pentig yang dapat memberikan satu kontribusi nyata dalam mencapai sasaran strategis dan meraih keunggulan kompetitif. namun akan menyediakan sumber daya informasi sehingga inovasi tersebut dapat dicapai oleh area-area bisnis. Model platform (platform model) Layanan informasi yang tidak secara aktif mengawali inovasi bisnis. mulai diisi dengan orang yang memiliki keahlian computer yang baik. Perkembangan yang semakin maju.menuntut agar struktur memberikan perhatian khusus untuk mengembangkan pengetahuan dan keahlian informasi bagi pengguna sistem maupun pengembang. D. Model terskala (scalable model) Sumber daya harus diperoleh begitu peluang muncul dan harus dengan cepat dilepaskan ketika peluang-peluang tersebut tidak terjadi lagi. membuat penggunaan sistem informasi dan teknologi yang . Komputasi Pengguna Akhir Komputasi pengguna akhir (end user computing/ EUC) merupakan pengembangan seluruh atau sebagian sistem informasi oleh pengguna. Terdapat 3 struktur inovatif yaitu: a. Model sekutu (partner model) Layanan informasi yang bekerja dengan area bisnis dalam menggunakan teknlogi informasi guna menghasilkan inovasi bisnis.

 Peranti lunak siap pakai.digunakan manajer pun turut maju ke tingkat manajemen yang lebih tinggi. Peranti lunak siap pakai yang kemampuannya ditingkatkan dengan sedikit keahlian mengimplementasikan suatu sistem berbasis komputer yang memudahkan perusahaan dan pengguna-pengguna individual untuk menggunakannya. Layanan informasi tidak dapat memberikan respons yang cukup cepat untuk memenuhi tuntutan pengguna. Hal ini membuat beberapa pengguna harus menunggu antrian selama dua atau tiga tahun sebelum pekerjaan mereka terselesaikan. 1. . Gambar tersebut menunjukkan bagaimana spesialis informasi berfungsi sebagai perantara yang memisahkan pengguna dari komputer. Banyaknya computer mikro dengan harga murah. dan antrian pekerjaan yang akan dikerjakan computer mulai menumpuk.  Murahnya peranti keras.  Antrian layanan informasi. sehingga pengguna dapat memperoleh peranti kerasnya dengan memesan di toko komputer. Rantai Komunikasi Tradisional Gambar 3 Rantai Komunikasi Tradisional Gambar diatas merupakan aliran komunikasi dua arah.

sedngkan spesialis informasi adalah pakar dalam bidang teknologi dan kurang memiliki pengetahuan dalam . E. Keuntungan dari komputasi pengguna akhir adalah:  Menyamakan kemampuan dan tantangan.  Mempersempit jarak komunikasi.2. Pengguna Sebagai Suatu Sumber Daya Informasi Dalam memutuskan bagimana perusahaan akan mempergunakan sumber daya informasinya. manajemen puncak harus memberikan perhatian yang cukup besar tentang bagaimana cara komputasi pengguna akhir akan dilaksanakan. Pengguna memberikan kebebasan bagi spesialis informasi untuk lebih berkonsentrasi pada organisasi secara luas dan sistem-sistem yang rumit. Rantai Komunikasi Komputasi pengguna Akhir Gambar 4 Rantai Komunikasi Komputasi Pengguna Akhir Gambar diatas menunjukkan suatu alur komputasi pengguna akhir dimana pengguna akan tergantung pada spesialis informasi untuk mendapatkan dukungan pada tingkat tertentu. teknologi berbiaya rendah. Salah satu hambatan pengembangan sistem komputasi adalah komunikasi pengguna dan spesialis informasi. Spesialis juga memiliki lebih banyak waktu untuk memelihara sistem yang sudah ada. dan peranti lunak yang siap pakai telah memungkinkan pengguna menciptakan beberapa sistem. sehingga pada akhirnya akan memaksimalkan manfaatnnya dan meminimalkan resikonya. Kombinasi antara pendidikan computer.

antara lain:  Sasaran sistem yang buruk. pengguna akhir tidak dapat menyamai profesionalisme dari spesialis informasi dalam hal perancangan sistem. Pengguna akhir menerapkan aplikasiaplikasi yang seharusnya dijalankan dengan cara lain. maka tidak akan terdapat jarak komunikasi. dengan asumsi data tersebut akurat. Tidak adanya kendali pusat atas akuisisi peranti keras yang tidak sesuai dan peranti lunak yang berlebihan pada perusahaan.  Hilangnya keamanan. Hal tersebut berdampak pada output yang terkontaminasi yang dapat menyebabkan manajer salah dalam mengambil keputusan.hal tersebut. karena tidak ada kebutuhan untuk berkomunikasi. Apalagi pengguna akhir tergesa-gesa dalam menyiapkan dan menjalankan sistem. Pengguna akhir dapat pula “melakukan pengulangan” dengan memgembangkan sistem yang sebelumnya pernah dikembangkan oleh pengguna yang lain.  Hilangnya integritas data. Pengguna mengembangkan aplikasi dan sebagian dari sitem mereka sendiri. jarak ini akan menyempit. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien. Selain memiliki keuntungan juga ada risiko dari komputasi pengguna akhir. Meskipun memiliki tingkat kompetensi teknis yang cukup tinggi. seperti secara manual. mereka cenderung  mengabaikan kebutuhan untuk mendokumentasikan rancangannya sehingga sehingga sistem tidak dapat dipelihara. Pengguna akhir yang tidak hati-hati dalam memasukkan data ke dalam basis data perusahaan dapat membuat pengguna lain menggunakan data yang salah. Pengguna akhir yang tidak dapat menjaga data dan peranti lunak.  Sistem yang dirancang dan didokumentasikan dengan buruk. sehingga memberikan peluang penjahat komputer .

SIM. Hilangnya kendali.  Proses pengembangan sistem  Proses pengembangan sistem adalah cara yang ditempuh untuk mengembangkan suatu sistem informasi. memperoleh. manajemen. . dan membagikan informasi guna memecahkan suatu permasalahan. keuangan. Kriteria Pendidikan. F.  Dasar-dasar bisnis  Dasar-dasar bisnis adalah topik-topik yang berkaitan dengan akuntasi.  Pengetahuan informasi  Pengetahuan informasi adalah kemampuan untuk menggunaka. dll.Pengetahuan Dan Keahlian Yang Dibutuhkan Untuk Karier Di Bidang Layanan Informasi Untuk dapat terus berkarir di bidang layanan informasi maka pekerja dituntut untuk memiliki kriteria yang ditentukan seperti yang ada di bawah ini: 1.  Teori sistem  Teori sistem adalah suatu teori yang menggambarkan suatu fenomena dalam bentuk struktur-struktur sistem normatif. Pengetahuan pengembangan sistem Jenis pengetahuan yang diperlukan dalam pengembangan sistem adalah sebagai berikut:  Pengetahuan komputer  Pengetahuan komputer adalah kemampuan untuk menggunakan komputer guna mendapatkan pemrosesan yang dibutuhkan. Pengguna akhir mengembangkan sistem untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri tanpa menyelaraskan dengan suatu rencana yang dapat mendukung komputer untuk perusahaan.untuk mengakses ke sistem dan merugikan perusahaan dalam banyak hal.

 Pembuatan model sistem  Pembuatan model sistem adalah cara untuk mendokumentasikan suatu sistem biasanya menggunakan diagram seperti entity relationship diagram. Peranti lunak yang berfungsi untuk menyimpan pengetahuan dalam bentuk proses dan prosedur perusahaan. . data flow diagram. 2.  Kreativitas  Kreativitas adalah penciptaan ide atau solusi yang sepenuhnya atau separuhnya baru. Mengelola Pengetahuan Yang Ditunjukkan Oleh Sumber Daya Informasi Perusahaan Sumber daya informasi perusahaan meliputi: 1. 2. G. Keahlian pengembangan sistem Jenis-jenis keahlian yang dibutukan dalam pengembangan sistem:  Keahlian komunikasi  Keahlian informasi adalah kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada satu orang atau lebih dengan menggunakan komunikasi lisan.  Kepemimpinan  Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengarahkan orang lain agar melaksanakan tugasnya. dan class diagram. tulisan maupun gambar.  Kemampuan analitis  Kemampuan analitis adalah studi dan pemahaman akhir atas suatu situasi dengan tujuan untuk merumuskan respon maupun solusi. Peranti keras 3. Basis data berfungsi untukk menyimpan pengetahuan dalam bentuk datadan informasi yang mencerminkan sumber daya dan operasi perusahaan.

dasar-dasar bisnis. penanggalan elektronik dan konferensi video bisa dimanfaatkan memecahkan masalah yang para manajer hadapi. Keunggulan dari otomatisasi kantor adalah memberikan kemudahan untuk berkomunikasi bagi orang-orang di dalam dan di luar perusahaan. Dengan adanya apilkasi. Otomatisasi Kantor Otomatisasi kantor adalah seluruh sistem elektronik baik formal maupun informal yang berhubungan dengan komunikasi informasi dari dan ke orang lain di dalam maupun di luar perusahaan. Aplikasi otomatisasi seperti email. Berikut ini adalah model otomatisasi kantor yang menunjukkan bagaimana para pemecah masalah menggunakan aplikasi berbasi komputer maupun berbasi non komputer: Gambar 5 Model Otomatisasi kantor Model di atas menunjukkan bahwa aplikasi-aplikasi berbasis komputer berinteraksi dengan suatu basis data yang dipopulasi oleh informasi yang diperoleh dari dalam perusahaan dan dari lingkungan.4. Pengguna dan spesialis informasi berfungsi untuk menyimpan pengetahuan dalam bentuk seperti pengetahuan komputer.aplikasi dari otomatisasi kantor maka terjadi pergeseran dari pemecahan masalah administratif ke manajerial. teori sistem. pengembangan serta pembuatan model sistem. . H.

Telecommuting Telecommuting muncul pada tahun 1970an seiring dengan murahnya harga komputer mikro dan peralatan komunikasi yang memungkinkan individu-individu bekerja di rumah. Hoteling menyediakan fasilitas terpusat yang dapat dibagi . I. Pengertian kantor maya adalah suatu tempat untuk melakukan pekerjaan kantor yang dapat berpindah-pindah karena dihubungkan oleh suatu jenis kemampuan komunikasi elektronik. Adapun beberapa keuntungan dengan adanya telecommuting:   Memberikan fleksibilitas pada pekerja dalam menjadwalkan tugastugas pekerjaannya Perusahaan memberikan perhatian lebih besar kepada para telecommuter dibandingkan dengan karyawan kantor biasa yang lain Selain itu juga terdapat beberapa kerugian yang terjadi dengan adanya telecommuting:    Sifatnya terisolasi sehingga telecommuter merasa kurang dianggap penting dalam suatu organisasi. Di bawah ini ada beberapa jenis kantor maya: 1. dan melakukan rapat tanpa harus bertemu satu sama lain. Kantor Maya Konsep kantor maya menjadi mungkin dengan adanya aplikasiaplikasi dari otomatisasi kantor.Dengan adanya aplikasi tersebut maka mereka dapat berkomunikasi. Munculnya kekhawatiran akan kehilangan pekerjaan atau terganggunya karir Meningkatnya ketegangan keluarga karena batasan antara tanggung jawab kantor dan rumah menjadi kabur 2. menjadwalkan rapat. Hoteling Hotelling adalah salah satu konsep kantor maya yang lebih luas hingga meliputi seluruh karyawan yang hanya datang ke kantor apabila dibutuhkan.

Biaya peralatan yang lebih rendah karena para pekerja dapat berbagi peralatan yang digunakan sehingga perusahaan tidak perlu membeli seperangkat alat kantor pada setiap orang. 4. Biaya fasilitas yang lebih rendah karena perusahaan tidak perlu menyediakan kapasitas kantor yang besar sehingga memungkinkan turunnya biaya untuk sewa dan perluasan kantor. Namun disamping itu juga terdapat beberapa kerugian dari hoteling yaitu pekerja merasa tidak memiliki ruangan kantor pribadi.Kantor . Memberikan kontribusi sosial karena dengan adanya kantor maya maka perusahaan dapat mempekerjakan orang-orang yang sebelumnya tidak memiliki peluang untuk bekerja seperti orang yang memiliki cacat tubuh. Keuntungan kantor maya adalah sebegai berikut: 1. Kekhawatiran akan resiko keamanan karena data dan informasi rahasia akan lebih sulit dikendalikan di dalam kantor maya. hilangnya perasaan berada dalam suatu komunitas. dan potensi dampak negatif pada budaya korporat. maupun manula. 2. 3. Keuntungan hoteling adalah pemanfaatan sumber daya ruangan yang lebih efektif dan fokus yang lebih baik pada apa yang dibutuhkan untuk mendukung personel kantor. Kantor maya terkadang menuntut dedikasi yang lebih besar dari pekerja dari pada kantor tetap. 2.bersama oleh pekerja jika terdapat kebutuhan akan ruangan dan dukungan kantor. Berkurangnya penghentian pekerjaan karena aktivitas perusahaan akan tetap berjalan meskipun cuaca buruk. Selain itu juga terdapat beberapa kerugian yang ditimbulkan dengan adanya kantor maya: 1. Jadi pekerja perlu untuk melakukan reservasi atas fasilitas tertentu terlebih dahulu. Moral yang rendah. Pekerja perlu kedisiplinan dan motivasi yang tinggi untuk dapat berhasil dalam menjalankan kantor maya. dapat disebabkan karena pekerja kurang berinteraksi satu sama lain.

Organisasi Maya Organisasi maya dipicu dengan adanya kantor maya namun sifatnya lebih luas yaitu meliputi seluruh operasi dalam perusahaan yang dirancang sedemikian rupa shingga tidak terikat pada lokasi-lokasi fisik. analis sistem. K. di mana pekerjaan dapat dilakukan di hampir semua tempat. Menempatkan Pengguna Sistem Dan Spesialis Informasi Pada Perspektif Manusia menjadi salah satu bagian penting dalam pengembangan dan penggunaan sistem informasi. webmaster. J. Keduanya bekerja sama dalam satu tim pengembangan. database administrator dan operator. Muncul istilah Three I Economy (Information. . Para pelaku utama adalah pengguna dan spesialis informasi. Tidak hanya pengembangan saja yang berubah namun organisasi pada akhirnya kan menuju pada organisasi maya. ide dan kecerdasan. Intelligence) seiring dengan berkembangnya industri yang memiliki nilai tambah dalam bentuk informasi. Semakin berkembangnya organisasi dan kantor maya maka akan semakin banyak perubahan yang terjadi. Namun perlahan-lahan pengguna dapat melakukan seluruh pekerjaan pengembangan. Idea. Spesialis informasi meliputi programmer. Seperti menurunnya permintaan gedung-gedung pencakar langit dan transportasi.maya lebih cocok untuk orang-orang yang senang bekerja sendiri dan menjadi atasan bagi diri mereka sendiri. Setiap orang juga dituntut untuk dapat menguasai Three I economy agar dapat tetap eksis mengikuti perubahan yang ada.

Sebutkan sumber-sumber daya informasi!  Piranti keras komputer  Piranti lunak komputer  Spesialis informasi  Pengguna  Fasilitas  Basis data  Informasi 2. Sebutkan dua manfaat utama dari EUC?  Menyamakan kemampuan dan tantangan  Mempersempit jarak komunikasi 5.Pertanyaan: 1. Apa saja risiko dari EUC?  Sasaran sistem yang buruk  Sistem yang dirancang dan didokumentasikan dengan buruk  Pengguna sumber daya informasi yang tidak efisien  Hilangnya intergritas data  Hilangnya keamanan  Hilangnya kendali 4. Siapakah pengguna awal dan pengguna akhir OA?  Pengguna awal: bagian sekretariat dan administratif  Pengguna akhir: manajer dan professional 6. Apakah keuntungan dan kerugian dari kantor maya? Keuntungan dari kantor maya:  Biaya fasilitas lebih rendah  Biaya peralatan lebih rendah  Berkurangnya penghentian pekerjaan  Kontribusi sosial Kerugian dari kantor maya:  Moral yang rendah  Kekhawatiran akan risiko keamanan . Sebutkan spesialis-spesialis informasi!  Analis sistem  Administrator basis data  Webmaster  Spesialis jaringan  Programer  Operator 3.

kertas dan catridge tinta e) Biaya pendanaan perguruan tinggi . 3. memberikan akses untuk printer. berlokasi di kampus. memiliki jam-jam operasi yang berbeda-beda. Biaya pembelian sebuah komputer dan printer bagi seorang mahasiswa Biaya mahasiswa dapat akses ke internet Biaya lab komputer (dikalikan dengan jumlah lab yang didanai oleh Perguruan tinggi) a) Biaya peranti keras komputer b) Biaya peranti lunak komputer c) Biaya asisten lab d) Biaya printer. konsep kantor maya akan diaplikasikan kepada sebuah perguruan tinggi. menawarkan akses atas bantuan dalam menggunakan computer dan piranti lunak dan memberikan unsure-unsur pendidikan lainnya. Pertanyaan: Keunggulan ekonomis apakah yang dapat direalisasikan jika perguruan tinggi menerapkan konsep kantor maya untuk kebutuhan komputasi mahasiswa? Anda mungkin ingan memmbuat satu spreadsheet untuk melakukan perbandingan sehingga anda dapat mendokumentasikan estimasi yang anda buat dan juga melakukan perubahan-perubahan untuk mengukur pengaruh ekonomi dari perubahan pada estimasi anda.Case Study Dalam studi kasus ini. 2. Namun sayangnya saat ini mahasiswa telah memiliki akses computer dan jaringan di luar kampus maupun di asrama-asrama. dimana kantor maya akan lebih berkonsentrasi terhadap penggunaan laboratorium komputer di kampus. Pastikan anda memasukkan paling sedikit unsur-unsur berikut ini : 1. Kebanyakan perguruan tinggi memiliki laboratorium komputer yang digunakan oleh para mahasiswa. Laboratorium ini akan mendukung tugas mata kuliah.

000.000.000.000 3.000.000.000.000 12.000.000 12.000 15.Penyelesaian: Kondisi yang terjadi: Jumlah mahasiswa Jumlah computer yang disediakan Julah netbook yang diberikan : 100 orang : 30 unit : 100 unit Pemasukkan diperoleh dari biaya SPP mahasiswa Sistem anggaran dihitung dalam kurun waktu pertama untuk tahun pertama Misalnya saja pemasukkan setiap mahasiswa untuk semester satu sebesar Rp 15.000.000.000.000 48.000.000.Konsep kantor maya pada kasus ini adalah:   Bagimana mahasiswa dapat menggunakan fasilitas yang diberikan oleh perguruan tinggi untuk dapat menunjang kegiatan belajar Bagaimana mahasiswa dapat memanfaatkan akses internet yang disediakan oleh perguruan tinggi tanpa harus menunggu jadwal kuliah yang ada di laboratorium Tabel Anggaran Komputasi Pra Kantor Maya Jumlah Kebutuhan Deskripsi 30 unit Komputer dan meja Paket 30 unit Software Biaya listrik Biaya telepon 20 unit 2 unit Alat-alat listrik AC Harga Satuan @ Rp 7./bulan @ Rp 1.Sehingga.000 .000.000.= Rp 1. 100 mahasiswa x Rp 15.000./unit @ Rp 4.000.000.500./unit Jumlah 210..000.000.000./bulan @ Rp 6.

/bulan @ Rp 300.000./bulan Jumlah 250.000.500.000.000.000 5.000./bulan .000 5.000.000 2.000 1.000 1.000 1.000 1.000 800.500.000 1.000 1./bulan @ Rp 500.000./unit @ Rp 2.500.000 500.000 397.000.000.000 800.800.000 4.500.000.250.000.200.000 24.000.000.000 24.000 Tabel Anggaran Komputasi Pasca Kantor Maya Jumlah Kebutuhan Deskripsi 100 unit Netbook Paket 100 unit Software Biaya listrik Alat-alat listrik Lemari – Pak Server Printer Scanner LCD projector Kertas Tinta Alat tulis kantor Teknisi Hotspot Internet Provider Biaya perawatan Biaya tidak terduga TOTAL Harga Satuan @ Rp 2.000 6.200.000.000 1.000.000 50 unit 1 unit 2 unit 1 unit 1 unit 12 rim 1 orang 5 unit @ Rp 2.000.000 50.000.000 24.000.000 1.000.000.000 250.000.000 353.000.500.200./unit @ Rp 125.000 1.000 6.000.000 5.000 500./bulan 5.1 unit 1 unit 1 unit 2 unit 1 unit 1 unit 12 im 1 unit 1 orang 1 orang 1 orang Loker mahasiswa Lemari Lemari arsip Printer Scanner Lcd projector Kertas Tinta Alat tulis kantor Telepon Pegawai Teknisi preparasi computer Teknisi komputasi computer Biaya perawatan Biaya tidak terduga TOTAL @ Rp 1.000 500.000.000 5.000.000.000 18.000.000.000 4.000./bulan @ Rp 2.000.

Keuntungan ekonomis yang diperoleh setelah menerapkan kantor maya yaitu: Biaya Fasilitas PRA Penerapan konsep kantr maya > Biaya Fasilitas PASCA Penerapan Konsep Kantor Maya .Sehingga.

Bab 4 Pengguna dan Pengembang Sistem. Napu. Sistem Informasi Manajemen. 2000. Serry Gustiani. 2005. 2007. dan Jane P. Edisi 10. Alih bahasa: Ali Akbar Yulianto. Hasil Studi Kasus “Kantor Maya”. Lutvianty K. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo.. Panigoro.html. diakses tanggal 02 Oktober 2011). 2002. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. (http://sim10- 1. Bab IV Pengguna dan Pengembang Sistem.com/2010_11_01_archive. .Shell. Kenneth C. Yogyakarta:Andi.DAFTAR PUSTAKA Anonim. Jakarta:Salemba. Jr. Edisi 8 jilid 1. Laudon. Alih Bahasa: Erwin Philippus.blogspot. Laudon. Raymond McLeod dan George P. Online..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.