PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA TAHUN 1984-2006

Oleh : Ika Lismarina (120331540704) Erga Kurniawati (120331540708) Donna Novita Sari (120331540728)

Rumusan Masalah 1 Bagaimana prinsip pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia? Bagaimana perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia tahun 1984-2006? Bagaimana perbandingan kurikulum pendidikan di Indonesia tahun 1984-2006? Bagaimana perbandingan kurikulum Kimia di Indonesia tahun 1984-2006? 2 3 4 .

Berpusat Pada Potensi. dan Seni Relevan dengan Kebutuhan Kehidupan PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM Menyeluruh dan Berkesinambungan Belajar Sepanjang Hayat Seimbang Antara Kepentingan Nasional dan Kepentingan Daerah . Perkembangan. Teknologi. dan Kepentingan Peserta Didik dan Lingkungannya Beragam dan Terpadu Tanggap Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Kebutuhan.

menjelajah dan meneliti lingkungannya d Kelemahan Banyak sekolah kurang mampu menafsirkan CBSA dan implementasinya terlalu membebani guru dan siswa .KURIKULUM 1984 a Latar Belakang (CBSA) Kurikulum 1975 dianggap sudah tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan masyarakat. b Ciri-ciri Menanamkan pengertian baru latihan Materi berdasarkan tingkat kesiapan Pendekatan keterampilan proses Tujuan instruksional Berpusat pada anak didik Pendekatan spiral c Kelebihan Memandang anak didik sebagai individu yang dapat dan mau aktif mencari sendiri. tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi.

KURIKULUM 1994 a Latar Belakang Adanya kelemahan kurikulum 1984 dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan sesuai UU Sistem Pendidikan Nasional b Ciri-ciri Sistem Catur Wulan Pengajaran dari konkrit ke abstrak Berorientasi pada muatan (isi) Pemantapan pemahaman siswa Bersifat Populis c Kelebihan Banyak materi menghasilkan banyak informasi dan adanya keterampilan di bidang nonakademis dari muatan lokal d Kelemahan Adanya permasalahan sebagai akibat dari kecenderungan pada pendekatan penguasaan materi .

terutama adanya kerancuan pada alat ukur kompetensi . psikomotorik c Kelebihan Mengutamakan pencapaian kompetensi siswa dengan metode pembelajaran dan sistem penilaian yang terpadu d Kelemahan Guru-guru tidak paham apa sebenarnya kompetensi yang diinginkan oleh kurikulum ini. afektif.KURIKULUM 2004 (KBK) a Latar Belakang Adanya kelemahan kurikulum 1994 dan lahir sebagai respon dari tuntutan reformasi b Ciri-ciri Pencapaian kompetens Penguasaan materi Silabus seragam Metode pembelajaran bervariasi Sumber belajar luas Penilaian kognitif.

KURIKULUM 2006 (KTSP) a Latar Belakang Kurikulum 2004 tidak menunjukkan hasil yang signifikan b Ciri-ciri Berorientasi pada keaktifan dan proses berpikir siswa Pembelajaran disesuaikan kondisi lingkungan setempat Tugas dan peran guru diarahkan pada keaktifan siswa c Kelebihan Adanya kebijakan pendidikan dalam konteks otonomi daerah d Kelemahan Menimbulkan beban baru pada proses pembelajaran dan dibutuhkan banyak pelatihan dan sosialisasi dalam pembuatan kurikulum .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful