PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA TAHUN 1984-2006

Oleh : Ika Lismarina (120331540704) Erga Kurniawati (120331540708) Donna Novita Sari (120331540728)

Rumusan Masalah 1 Bagaimana prinsip pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia? Bagaimana perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia tahun 1984-2006? Bagaimana perbandingan kurikulum pendidikan di Indonesia tahun 1984-2006? Bagaimana perbandingan kurikulum Kimia di Indonesia tahun 1984-2006? 2 3 4 .

Berpusat Pada Potensi. dan Kepentingan Peserta Didik dan Lingkungannya Beragam dan Terpadu Tanggap Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Perkembangan. Kebutuhan. Teknologi. dan Seni Relevan dengan Kebutuhan Kehidupan PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM Menyeluruh dan Berkesinambungan Belajar Sepanjang Hayat Seimbang Antara Kepentingan Nasional dan Kepentingan Daerah .

KURIKULUM 1984 a Latar Belakang (CBSA) Kurikulum 1975 dianggap sudah tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan masyarakat. tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi. b Ciri-ciri Menanamkan pengertian baru latihan Materi berdasarkan tingkat kesiapan Pendekatan keterampilan proses Tujuan instruksional Berpusat pada anak didik Pendekatan spiral c Kelebihan Memandang anak didik sebagai individu yang dapat dan mau aktif mencari sendiri. menjelajah dan meneliti lingkungannya d Kelemahan Banyak sekolah kurang mampu menafsirkan CBSA dan implementasinya terlalu membebani guru dan siswa .

KURIKULUM 1994 a Latar Belakang Adanya kelemahan kurikulum 1984 dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan sesuai UU Sistem Pendidikan Nasional b Ciri-ciri Sistem Catur Wulan Pengajaran dari konkrit ke abstrak Berorientasi pada muatan (isi) Pemantapan pemahaman siswa Bersifat Populis c Kelebihan Banyak materi menghasilkan banyak informasi dan adanya keterampilan di bidang nonakademis dari muatan lokal d Kelemahan Adanya permasalahan sebagai akibat dari kecenderungan pada pendekatan penguasaan materi .

afektif.KURIKULUM 2004 (KBK) a Latar Belakang Adanya kelemahan kurikulum 1994 dan lahir sebagai respon dari tuntutan reformasi b Ciri-ciri Pencapaian kompetens Penguasaan materi Silabus seragam Metode pembelajaran bervariasi Sumber belajar luas Penilaian kognitif. psikomotorik c Kelebihan Mengutamakan pencapaian kompetensi siswa dengan metode pembelajaran dan sistem penilaian yang terpadu d Kelemahan Guru-guru tidak paham apa sebenarnya kompetensi yang diinginkan oleh kurikulum ini. terutama adanya kerancuan pada alat ukur kompetensi .

KURIKULUM 2006 (KTSP) a Latar Belakang Kurikulum 2004 tidak menunjukkan hasil yang signifikan b Ciri-ciri Berorientasi pada keaktifan dan proses berpikir siswa Pembelajaran disesuaikan kondisi lingkungan setempat Tugas dan peran guru diarahkan pada keaktifan siswa c Kelebihan Adanya kebijakan pendidikan dalam konteks otonomi daerah d Kelemahan Menimbulkan beban baru pada proses pembelajaran dan dibutuhkan banyak pelatihan dan sosialisasi dalam pembuatan kurikulum .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful