Manfaat dan efek tato bagi tubuh Tato merupakan salah satu bentuk seni yang akan menempel

seumur hidup di tubuh seseorang. Tapi seni merajah tubuh ini terkadang dilakukan dengan cara yang tidak aman yang berisiko infeksi penyakit serius ke tubuh. Lihat dulu plus minusnya, sebelum Anda atau orang terdekat Anda merajah tubuhnya.

Keputusan untuk membuat tato sebaiknya sudah dipikirkan secara matang, karena bentuk seni ini masih sangat sulit untuk dihilangkan. Menghapus tato butuh waktu lama, mahal dan bisa merusak jaringan kulit. Saat membuat tato pun sebenarnya sudah merusak jaringan dan menyebabkan traumatis pada kulit. Efek samping yang bisa muncul dari pembuatan tato adalah adanya risiko infeksi seperti penggunaan jarum yang tidak steril atau kandungan zat-zat berbahaya dari tinta yang dipakai. Beberapa korban mulai berjatuhan terkena infeksi virus Human Immunodeficiency Virus (HIV). Tinta tato umumnya terbuat dari suspensi partikel yang larut dalam air seperti merkuri, kadmium, timah dan besi yang disuntikkan di bawah kulit untuk membentuk suatu gambar dengan menggunakan jarum. Risiko infeksi juga bisa terjadi saat pembuatan tato karena tinta yang dipakai mengandung zat-zat berbahaya. Prof Helen Suh MacIntosh, pakar kesehatan lingkungan dari Harvard University mengatakan beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan dari proses tato yang tidak steril adalah: 1. Infeksi HIV AIDS 2. Hepatitis B atau C 3. TBC 4. Mycobacterium

arsen. Paparan benda-benda berat itu biasanya muncul bertahun-tahun setelah orang membuat tato. Untuk itu menurutnya bahan tato harus mencantumkan risiko dari kandungan logam berat. tintatinta ini juga dapat menyebabkan reaksi kulit pada beberapa orang. jaringan parut. kromium nikel. orang bisa terbakar atau tersengat tato karena logam berat dalam tintanya terpengaruh oleh medan magnet. logam-logam yang terdapat dalam tato yang digunakan pada kulit telah diketahui dapat menyebabkan reaksi alergi. dan juga dapat menyebabkan sensitivitas terhadap merkuri. Sama seperti logam berat pada tinta merah. termasuk timbal. dan arsen). antimon. Beberapa jenis tinta merah untuk membuat tato permanen memang mengandung merkuri dan sebagian lagi mengandung logam berat yang berbeda seperti kadmium atau oksida besi. Berikut plus minus membuat tato permanen seperti dilansir dari Scientific American dan Hubpages. Menurut Prof Helen. eksim. dan lain-lain serta yang banyak dikaitkan dengan kanker dan cacat lahir. Saat diperiksa dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) misalnya. Lepra. Sifilis 6. Malaria 7. kobalt. berilium. MInggu (25/12/2011): Kerugian memiliki tato permanen . Warna lain dari tinta tato standar juga berasal dari logam berat (termasuk timah.5.

4. Tato bisa mengekspresikan pribadi. 2. jika ingin menghapusnya tidak selalu berhasil 100 persen dan harganya pun sangat mahal. Ada risiko infeksi dari setiap pembuatan tato. Tato bisa menjadi ciri khas dari seseorang. seni atau pesan yang bermakna bagi sang empunya tubuh. Mode dan tren selalu berubah-ubah. 5. sumber Keyword : Manfaat dan efek tato bagi tubuh efek tato bagi tubuh . Ada kepuasan tersendiri jika memiliki sesuatu yang berbeda dengan orang lain. laser. lalu ingin menghapusnya. Bersifat permanen sehingga tidak bisa dihilangkan dengan mudah. Setelah bertahun-tahun warnanya bisa memudar atau muncul garis-garis patahan dari gambar tersebut. Keuntungan memiliki tato permanen 1. 7. 6. Beberapa teknik menghilangkan tato akhirnya dilakukan seperti dermabrasi (menggosok kulit hingga lapisan paling luarnya terkelupas). 3. Cryotherapy (menghilangkan dengan menggunakan nitrogen cair yang suhunya berada di bawah titik beku). Namun ada juga yang menyesal atau kurang puas. Pemilik tato permanen umumnya sadar bahwa 'lukisan' tersebut akan menempel di kulitnya sepanjang hayat. Mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat tato.1. mengiris kulit. krim anti-tato. bisa saja saat ini gambar tersebut sedang tren tapi bisa menjadi hal yang kuno beberapa tahun ke depan. Rasa sakit yang harus dirasakan oleh seseorang saat membuat tato karena pembuatannya menggunakan jarum berisi tinta sesuai warna yang diinginkan. Mungkin tato akan terlihat menarik saat masih berusia 20-an tahun. tapi akan menjadi hal yang aneh setelah berusia di atas 50-an tahun. 3. 2. seperti dari jarum yang tidak steril atau tinta yang dipakai mengandung zat-zat berbahaya.

bengkak.detik. tato harus dihilangkan jika ingin mengatasi masalah yang mengganggu kesehatan ini. tetapi bisa berlangsung bertahun-tahun setelah Anda menato tubuh. Risiko yang bisa muncul saat menato tubuh adalah jarum terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi penyakit. menjadi masalah lain yang ditimbulkan dari menato tubuh. kulit akan terasa gatal pada bagian tubuh yang ditato. dan HIV. Alergi Tato berwarna. pastikan alat yang digunakan steril dan higienis. Infeksi Tato bisa menimbulkan infeksi karena bakteri.Anda penggemar tato? Jika seni melukis tubuh adalah salah satu kegemaran Anda.com/5-risiko-menato-tubuht228493. Efeknya. Lebih spesifik lagi. bisa menyebabkan reaksi berupa alergi pada kulit. Masalah kulit lain Benjolan pada kulit di sekitar area yang ditato. tetapi tak ada salahnya memahami juga risikonya. Pilihan ini adalah sepenuhnya hak pribadi. tetanus. Semua masalah kulit atau penyakit karena tato bisa diatasi dengan perawatan dan pengobatan khusus.l993306frm . seperti hepatitis B. inilah risiko tato: 1. Bahaya mentato tubuh. dalam sejumlah kasus. Tandanya. 5. jika Anda pemula yang hendak mencoba-coba. Tato bisa menyebabkan infeksi kulit atau komplikasi lain. Alergi ini tak hanya muncul sesaat. kulit memerah. terutama warna merah. hepatitis C. dan bernanah. Komplikasi MRI Tato bisa menyebabkan bengkak atau kulit terbakar saat si pemilik tato menjalani pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI). Penyakit yang dibawa dari darah Saat menato. sakit. 4. Bahaya mentato kulit. Tags: 5 Risiko Menato Tubuh. Tato permanen pada tubuh bisa memengaruhi gambar hasil pemeriksaan MRI ini. Tato http://forum. simbol karakter diri. Apalagi.html?s=042d8552894e7ff8abd43e15889589c7&amp. Tato juga bisa mendorong pertumbuhan keloid atau jaringan kulit tambahan yang tumbuh di bekas luka. Bahkan. pastikan Anda sudah membekali diri dengan berbagai informasi seputarnya. 3. Efek negatif mentato kulit. MRI menggunakan medan magnetik kuat dengan teknologi terkomputerisasi untuk menghasilkan gambaran detail dari organ dan jaringan lunak dalam tubuh lainnya. 2. Dampak Negatif Tato Pada Kulit. atau disebut granulomas. Tato permanen akan ada selamanya pada bagian tertentu tubuh yang ingin Anda lukis gambar atau tulisan. Efek negatif tato permanen.

Belakangan ini. vitamin C merupakan vitamin yang paling banyak dikonsumsi orang. vitamin C dengan daya antioksidannya dianggap berperan dalam proses peremajaan kulit serta pencegahan penuaan dini akibat serangan radikal bebas dan paparan sinar matahari yang bisa menimbulkan gangguan-gangguan kulit tersebut. penggunaan yang tidak termasuk ilegalitas praktek dokter membuat penggunanya bertambah banyak. Seperti halnya teknik pengobatan lainnya. disamping banyak lagi pengaturan fungsi tubuh dan penyerapan zat-zat gizi tertentu. khasiat vitamin C tidak lagi sebatas dapat mengobati sariawan. Seiring berjalannya waktu. . vitamin C banyak bisa didapat dari buah-buahan seperti jeruk. Hasilnya sendiri masih tergolong beragam. Selanjutnya metode suntik vitamin C dapat dilakukan sekali dalam sebulan tergantung kebutuhan. suntik vitamin C dianjurkan dilakukan oleh tenaga medis yang ahli. Walau masih ada berbagai pro dan kontra dari beberapa kalangan peneliti. namun hampir setiap kali kita menemukan banyak pengakuan rata-rata kulit yang bertambah halus atau cerah dari para penggunanya. dan faktor ini juga yang menambah ketertarikan konsumen. apalagi mengingat harga yang masih tergolong cukup terjangkau. Pada kulit sendiri. Vitamin C merupakan antioksidan utama dari semua jenis vitamin dalam melawan radikal bebas. jambu biji. marak dibicarakan sebuah metode baru cara cepat dan mudah untuk mendapatkan wajah awet muda yaitu suntik vitamin C. pisang. Tentu Anda tidak ingin waktu dan biaya yang sudah dikeluarkan berakhir sia-sia kan? Ketika vitamin C yang diberikan memadai untuk sel kulit. Kalau dibilang baru. apel. Kepopuleran vitamin ini mungkin didorong oleh segudang manfaat yang bisa didapat dari konsumsinya. sebenarnya tidak juga.Sekilas Tentang Vitamin C dan Whitening injection Wajah tampak segar dan kencang di usia yang semakin dewasa tentunya merupakan dambaan setiap wanita dan berbagai usaha mulai dari yang alami hingga medis pun kerap dicoba demi wajah tetap terlihat muda. terkait dengan masalah kosmetis. tetapi vitamin C juga dipercaya sebagai salah satu bahan atioksidan yang bisa mencegah dampak buruk akibat dari radikal bebas. Secara alami. dan perubahan biasanya terlihat begitu memasuki minggu ke empat. namun penggunaan vitamin C melalui suntikan memang tambah populer sekarang ini. yang memang lebih umum untuk keadaan sehari-hari. ada kesempatan baik mengurangi kerutan dan meningkatkan kehalusan permukaan kulit hingga bisa meremajakan kulit. dan berperan besar juga dalam meningkatkan sistem imun dalam pertahanan tubuh terhadap penyakit. anggur. Beberapa survei konsumen banyak menyatakan bahwa dibanding beberapa jenis vitamin lain. dan inilah yang dimaksudkan sebagai awet muda dengan kulit tampak lebih segar. kesalahan suntik ataupun jarum yang tidak steril dapat mengakibatkan alergi. Pasalnya. Dosis yang digunakan dalam metode ini umumnya sekali suntik dengan frekuensi satu hingga dua kali dalam seminggu.

kandungan asam askrobat dalam vitamin tersebut akan mudah hilangntikan dalam proses metabolisme tubuh. Dalam 4 minggu biasanya perubahan sudah terlihat. vitamin C sebenarnya . Oleh fungsi inilah. Oleh akibat ini. Langsung sampai ke pembuluh darah. bayam. meski cara kerja umumnya tetap sama yaitu dengan menghambat kerja enzim tirosinase yang berperan dalam pembentukan pigmen. Suntikan Vitamin C dengan Tambahan Kolagen Sekarang. gizi buruk. Vitamin C dan Kesehatan Kulit Penggunaannya untuk kesehatan kulit sendiri sebenarnya didasarkan pada proses penuaan yang salah satunya dipicu oleh radikal bebas dimana keganasannya turut dipengaruhi oleh faktor usia.papaya dan sebagainya. Sebagai antioksidan. salah satu fungsi vitamin C pada kulit juga membantu pembentukan kolagen atau senyawa berisi asam amino yang kerjanya mirip seperti lem dalam melekatkan sel ini. cara suntik dianggap efektif mencapai sasaran. Beberapa pemicu termasuk yang tersering. brokoli. sinar matahari akan membuat enzim ini dipicu merangsang pembentukan pigmen sehingga bila proses tersebut dihambat kulit akan terlihat lebih bersih. kulit lebih bersih dan cerah. Kenyataan yang didapat dari banyak riset bahwa asupan secara alami sehari-hari seringkali tak mencukupi kebutuhan optimal dari standar kecukupan gizi karena pengaturan diet yang tidak sesuai (secara beragam orang dewasa dianjurkan mengkonsumsi vitamin C sedikitnya 75 mg-500 mg/hari secara ideal dan lebih besar bagi wanita hamil atau menyusui ) membuat banyak ahli menganjurkan tambahan konsumsinya dalam bentuk suplemen. penyuntikan vitamin C dengan tambahan kolagen yang sudah disenyawakan dalam beberapa produk tertentu juga terlihat cukup digemari. paprika dan sebagainya. Lebih lanjut. vitamin C juga berfungsi dalam menjaga kualitas pembentukan serta melindungi kolagen ini dari resiko kerusakannya oleh berbagai pemicu. Tak jarang juga seorang dokter mendapat pertanyaan mengenai perlunya tambahan kolagen ini dalam bahan injeksi tersebut. sehingga berfungsi menjaga kekenyalan dan kelenturan kulit. lingkungan bersih atau penuh polusi. Sehingga. Suntik vitamin C yang paling efektif adalah 1-2 kali seminggu. kolagen memang menjadi bagian utama dari jaringan penghubung tak hanya pada kulit tapi juga tulang dan persendian. vitamin C bekerja dalam meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat proses penyembuhan. Selanjutnya. sedangkan dari jenis sayuran seperti tomat. dan nilai optimalitas konsumsinya tadi sebenarnya lebih didasarkan pada individu tertentu dengan melihat banyak faktor termasuk berat ringannya aktifitas. penyakit. Akibatnya banyak terjadi kerusakan kulit yang membuat kulit tampak kusam dan berkerut serta pemunculan flek-flek hitam. polusi dan sinar ultraviolet. sekaligus juga terhadap jaringan kulit sehingga kulit bisa tampil lebih awet. Hasilnya. suntik dapat dilakukan sebulan sekali dan biasanya kulit akan terlihat lebih cerah setelah sepuluh kali penyuntikan. Penemuan belakangan produk-produk vitamin C dalam bentuk ester dinilai sebagian ahli lebih efektif terhadap tujuan ini. Suntikan lebih efektif? Mengapa disuntik? Jika vitamin C dikonsumsi melalui mulut. Namun jumlah asupan berlebihan juga tidak dianjurkan. Vitamin C menghambat kerja enzim tirosinase yang bertugas membantu pembentukan pigmen. vitamin C juga dapat menghambat proses penuaan diri dan menghaluskan kerut pada permukaan kulit. usia dan banyak lagi. bersinar dan cerah meski sebenarnya tak secara permanen bertambah putih. Karena itu. Perlu diketahui.

Ada beberapa penjelasan mengenai whitening injection: 1. 2. jika diberikansesuai dosis maka indikasi pasien tidak ada masalah. Selain itu. Whitening injection bertahan cukup lama. Vit.Selain diinjeksi. meletakkan harapan Anda tampil awet muda atau menjadi lebih putih HANYA dengan vitamin C tentu juga tak sepenuhnya bisa dibenarkan. baik . isi ampul dikhawatirkan tidak aman) dan disertai minum air putih 2-3liter/hari. Selain itu. tation. karena mengandung enzim yang dapat mengurangi pembentukan melanosit. dll untuk menjaga elastisitas kulit agar kulit tetap kencang dan tidak kendor. Jika berhenti skin whitening injection. keluhan kerutan dan permukaan kulit yang terlihat kasar akan bisa sedikit diatasi. asupan makanan dan banyaknya paparan radikal bebas yang sedikit banyak akan mengurangi kuantitas dan kualitas produksi kolagen terutama pada sel-sel kulit. Ada beberapa faktor yang telah disebutkan sebagian besar diatas seperti usia. 3. Begitupun.Carnitine. Sillorg.akan bekerja meningkatkan perlekatan kolagen sehingga pada penggunanya. sama sekali bukan berarti sebuah suntikan vitamin C yang diberikan berulangulang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini. pada kondisi-kondisi tertentu yang dipengaruhi oleh faktor usia. maka suntik (injeksi) vitamin C berefek baik untuk tubuh dan nyaris tidak ada efek samping. Sebuah zat suplemen tetap tak bisa menggantikan fungsi alami makanan sendiri. tapi juga menjadi kenyal dan indah. kondisi individual dan sebagainya yang harus menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih cara suntikan ini. Suntikan diberikan 10 kali atau lima kali dua ampul. Suntik Vitamin C + Kolagen sering digunakan untuk Lightening Treatment (pencerah kulit) yg fungsinya mencerahkan dan mengencangkan kulit. disarankan untuk tidak berada di bawah sinar matahari langsung yang dapat mengakibatkan pigmen melanin semakin aktif dan bertambah jumlahnya. Selagi sesuai dosis dan memakai produk yg asli (jika tidak asli. tetapi tetap merawat kulit sesuai saran dokter. Sebaiknya memakai krim whitening dan setelah dikondisikan dilakukan fruit acid whitening peeling sehingga sel kulit mati terangkat dan kulit baru dapat muncul ke permukaan. pasien seharusnya melakukan perawatan kulit lain jika kulit sudah banyak mengandung flek ataupun kusam karena banyak sel kulit mati. selama asupannya bisa diatur benarbenar cukup. Mengenai efek samping injection. Whitening injection sebaiknya dilakukan oleh dokter.C+Kolagen dicampur dengan produk2 pembakar lemak seperti L. skin whitening injection ini termasuk master of antioxidants dan berisi campuran vitamin dan collagen maka kulit pun tidak hanya cerah. dll hasilnya akan lebih maksimal. Selain mencerahkan kulit. heel. 4. Walaupun begitu. yang mengakibatkan kulit menjadi coklat kehitaman. Kunci dari perlu tidaknya penggunaan suntikan vitamin C jelas akhirnya akan terpulang pada kondisi pasien dan penilaian dari ahlinya sendiri. Juga pada Slimming Treatment (melangsingkan badan). Dicampur dengan beberapa produk lain (whitening agent) seperti plasenta. serta konsumsi makananbergizi atau pun suplemen antioksidan dan vitamin kulit. hanya faktor sinar UV dari sinar matahari harus benar-benar dijauhi dan rawatlah kulit secara teratur. penambahan kolagen dari luar tubuh dalam jumlah minimal menurut sebagian ahli masih bisa ditolerir.

Sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter.dengan krim dan perlindungan. Setelah itu. namun rambut pada daerah di sekitar tubuh yang di bleaching juga akan berubah warnanya menjadi lebih cerah dan menyerupai warna kulit. . Namun. Salah satu cara mudah mendapatkan kulit indah tersebut adalah dengan metode Skin Bleaching. Skin Bleaching bertahan 2-3 bulan dan sebenarnya tidak berbahaya. tentu saja Anda ingin tampil cantik dengan kulit yang bersinar. Bukan hanya kulit saja. tergantung jenis dan warna kulitnya. Meski tidak berbahaya. agar dapat diberikan terapi terbaik yang bertanggung jawab. bleaching pada dasarnya mengubah warna pigmen melanin kulit. Jangan sampai terjadi alergi setelah melakukan bleaching dan malah mengakibatkan gatal-gatal pada kulit. gatal-gatal akan hilang dengan sendirinya. Karena itu. Untuk bagian tertentu seperti tangan atau kaki saja hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam. Biasanya gatal-gatal sementara itu adalah proses adaptasi yang terjadi antara kulit dan krim bleaching. Anda juga mesti mengerti jenis kulit Anda sendiri. Gatal-gatal yang terjadi setelah proses bleaching bisa disebabkan oleh dua hal. jika belum terbiasa lebih baik mintalah bantuan ahli dan jangan mencoba mengaplikasikannya sendiri. kulit menjadi lebih putih dan tampak bercahaya. Tapi untuk seluruh badan. Penggunaan untuk jangka panjang dan kurang hati-hati dalam proses penggunaannya bisa menyebabkan kanker kulit. yaitu kulit sensitif dan faktor iritasi ringan yang bersifat sementara. Sekarang ini banyak wanita di Indonesia yang mendambakan kulit yang putih. termasuk faktor penyebab kulit agak hiperpigmentasi. maka kulit akan tetap cerah. kira-kira memerlukan waktu satu setengah jam. Apalagi mendekati hari bahagia. terutama jika dilakukan dengan benar. Prosesnya sendiri terbilang cukup cepat. tapi apakah Anda tahu apa itu Skin Bleaching? Skin Bleaching merupakan teknik menghilangkan atau mengurangi pigmen berwarna gelap yang diproduksi oleh sel melanosit sehingga menghasilkan kulit yang lebih putih dan cerah. Namun harus diingat ada faktor genetik yang menyebabkan warna kulit seseorang berbeda dengan yang lain. Hasilnya sudah dapat dipastikan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful