BAB I PENDAHULUAN

1.1.

Latar Belakang Ilmu gizi adalah mata kuliah yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran di setiap Akademi Keperawatan. Dalam hal kesehatan yang berhubungan dengan manusia, tentunya penting sekali dalam pembelajaran ilmu gizi yang mana akan menjadikan syarat utama dalam pemenuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Menyangkut materi diet rendah purin di tingkat I Akademi Keperawatan Cianjur, maka kami menyusun kajian-kajian dan materi yang berhubungan dengan materi itu dalam makalah ini. Adapun latar belakang yang lain adalah untuk menyelesaikan salah satu tugas mata kuliah ilmu gizi di Akper Cianjur.

1.2. 1.2.1.

Tujuan Tujuan umum Tujuan umum penyusunan makalah ini adalah untuk memahami tentang Diet Rendah Purin.. 1.2.2. Tujuan khusus Tujuan Khusus penyusunan makalah ini adalah untuk memahami: Pengertian Diet Rendah Purin Klasifikasi Penyakit Pada Diet Rendah Purin Jenis Diet Rendah Purin

1.3.

Sistematika Penulisan Sistematika penulisan dalam makalah ini terdiri dari KATA PENGANTAR DAFTAR PUSTAKA BAB I PENDAHULUAN

1 Klasifikasi Penyakit Pada Diet Rendah Purin 2.1.2. Kesimpulan 3. Pengertian Diet Rendah Purin 2.3.3 Prinsip diet rendah purin 2.2. Saran BAB II DIET RENDAH PURIN 2. Pengeluaran asam urat menurun terjadi pada penyakit ginjal atau dengan . Sedangkan asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin.2 Diet Penyakit Batu Ginjal 2. Peningkatan asam urat disebabkan karena produksi asam urat meningkat atau pengeluaran asam urat menurun.1 Tujuan Diet 2. Tujuan 1.1 Diet Asam Urat/Gout Artritis 2.4 Indikasi Pemberian Diet 2. Sistematika Penulisan BAB II DIET RENDAH PURIN 2.1.5 Contoh Menu Sehari 2.1.2 Jenis Diet Rendah Purin BAB III PENUTUP 3.1.2.1.1.1.2 Syarat Diet 2.2.1. Pengertian Diet Rendah Purin Purin adalah protein dari golongan nukleoprotein. Latar Belakang 1.1.1. Peningkatan produksi asam urat berasal dari makanan yang banyak mengandung protein yang akhirnya peningkatan pembentukan purin (pada penyakit tertentu).

asam β-hidroksibutirat dan aseton) yang membuat urine menjadi lebih asam sehingga menyulitkan ekskresi asam urat. Oleh karena kebanyakan makanan yang kaya urine juga kaya protein dan oleh karena asam urat adalah produk akhir metabolisme protein.1. 2. Banyak cairan untuk membantu pengeluaran asam urat e. Mengurangi pembentukan asam urat dengan cara mengurangi pemberian makanan tinggi purin 2. .2 a. suatu produk menengah metabolisme protein yang terdapat dalam setiap sel. 2. mineral.1 Tujuan Diet 1. Menormalkan berat badan 2. Lemak sedang. Kadar asam urat yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan penimbunan kristal asam urat pada cairan sendi (penyakit gout) dan dalam ginjal (batu ginjal).3 Mengkonsumi makanan rendah purin.1.1. sementara asupan purin dalam diet yang normal dapat mencapai 1000 mg per hari atau lebih. maka diet rendah purine juga harus mengandung protein sedang. menambah kumpulan asam urat tubuh sesudah metabolisme. Hidrat arang membantu pengeluaran asam urat c. protein. Senyawa urat dapat dihasilkan tubuh dalam metabolisme purin dan diekskresikan keluar lewat ginjal.pemberian obat-obat tertentu. Diet penyakit gout dan hiperurisemia merupakan diet rendah purin dengan cara menghindari atau membatasi jenis-jenis makanan yang tinggi purin (JASBUKET). Cukup kalori. Kandungan lemak yang tinggi dalam makanan akan menimbulkan asidosis (karena pembentukan keton bodies yang terdiri dari asam asetoasetat. Karena asam urat lebih mudah larut dalam urine yang alkalis. dan vitamin Prinsip diet rendah purin 1. Purine. Hidrat arang tinggi. diet rendah purin harus mengandung lebih banyak hidrat arang dan lebih sedikit lemak dengan jumlah cairan yang memadai untuk membantu pengeluaran kelebihan asam urat. yaitu 120-150 mg sehari b. 3. Lemak cenderung menghambat pengeluaran asam urat d. Jumlah purin yang dikonsumsi per hari pada diet ini adalah 120-150 mg. Syarat Diet 2.

1. 2. tahu. Semua jenis buah Teh.1. ikan tongkol.4 Indikasi Pemberian Diet Diberikan pada penderita batu ginjal asam urat dan Grout Artritis. 8. tenggiri.07.07.30) Vegemeat rendah lemak dengan saus putih Nasi beras giling Nanas segar Hari 2 Makan Pagi (06. angsa dan burung minuman dan makanan yang mengandung alcohol ragi Contoh Menu Sehari Hari 1 Makan Pagi (06. banding 50 g/hari. 2.00 . ekstrak daging.45 . susu. 5. bayam. otak. paru-paru. tempedan oncom maksimal 50 g.18. usus. 6. hati. jamur maksimum 50 g/hari. kopi dan minuman mengandung soda Semua macam bumbu Bahan makanan yang tidak boleh diberikan protein hewani : sardine. kaldu.5             Semua sumber karbohidrat Protein Hewani : daging atau ayam. 7. kerang. kacang buncis.00)  Pepaya  Daging  vegetaris  Nasi beras  Susu Krim Hangat . bawal. Bahan makanan yang boleh diberikan 1. Minyak dalam jumlah terbatas Semua sayuran kecuali asparagus.2.12.00) Pisang Dadar telur kentang (1 porsi) Roti putih dengan selai Nasi beras giling Kopi kedelai dengan susu rendah lemak Makan Tengah Hari (11. jantung.00 . 3.15) Steak tahu rendah lemak Tumis dan labu kacang panjang Nasi beras giling Salad buah atau Jus Makan Malam (18. bebek. kacang polong. keju Protein nabati : kacang-kacangan kering maksimal 25 g. 3.1. kembang kol. 2.00 . 4. limpa. telur.

18.00 .07.00)  Roti selai  Bubur Cokelat Rendah Lemak  Serbat Makan Tengah Hari (11.00 .45 .30)  Labu dan Jamur  Nasi Beras Giling  Puding Agar-agar Hari 3 Makan Pagi (06.Makan Tengah Hari (11.12.12.15)  Gluten Asam Manis  Pucuk Ubi Jalar Rebus  Nasi Beras Giling  Jus Makan Malam (18.18.00 .15)  Daun nasi-nasi rebus  Kelapa Muda Segar  Jus Makan Malam (18.30)  Kacang Merah Pedas Rendah Purine (1/2 mangkok)  Nasi Beras Giling Kandungan Purin dalam Bahan Makanan KATEGORI KELOMPOK 1 Kandungan Purin Tinggi (100-1000 mg/100 g) MAKANAN Otak Hati Jantung Ginjal Jeroan Ekstrak Daging / Kaldu Daging Bebek Ikan Sarden Makarel Kerang ANJURAN Sebaiknya dihindari KELOMPOK 2 Kandungan Purin Sedang (9-100 mg/100 g) Daging Sapi & Ikan (Kecuali yang terdapat dalam kelompok 1) Ayam Udang Tahu Tempe Boleh di konsumsi Tidak berlebihan/dibatasi .45 .

Tujuan diet ini adalah untuk mencapai dan mempertahankan status gizi optimal serta menurunkan kadar asam urat dalam darah dan urin. Klasifikasi Penyakit Pada Diet Rendah Purin 2.2 1. 6. 7. 2. 4. Gout Arthritis adalah radang pada sendi yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat dalam darah.00 Nasi Semangka/pisang kukus Telur Ceplok Air Tumis Labu Siam dan wortel .1 Diet Asam Urat/Gout Artritis Asam urat adalah senyawa sukar larut dalam air yg merupakan hasil akhir metabolisme purin. 5. ikan sarden). Gout biasanya menyerang jari – jari kaki. Beberapa syarat diet penyakit gout adalah sebagai berikut : Energi sesuai dengan kebutuhan tubuh.2. lutut. Bila berat badan berlebih atau kegemukan. 2) Boleh dikonsumsi setiap hari 2. yaitu 10-15% dari kebutuhan energi total Hindari bahan makanan sumber protein yang mempunyai kandungan purin >150 mg/100 g Lemak sedang yaitu 10-20% kebutuhan energi total Karbohidrat dapat diberikan lebih banyak (65-75% kebutuhan energy total) Vitamin dan mineral cukup sesuai dengan kebutuhan Rata-rata asupan cairan yang dianjurkan adalah 2. Juga dalam minuman beralkohol dan makanan kaleng. asupan energi sehari dikurangi secara bertahap sebanyak 500-1000 kkal Protein cukup. kekacangan) atau hewan (daging.5 liter Contoh Menu : Pagi Pukul 10. jeroan. pergelangan tumit. Secara alamiah purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup. yukni makanan dari tanaman (sayur. 3. Hal ini disebabkan karena metabolisme purin yang tidak sempurna. terutama ibu jari kaki.00/16. buah.KELOMPOK 3 Kandungan Purin Rendah Asparagus Bayam Daun Singkong Kangkung Daun dan Biji Melinjo Nasi Ubi Singkong Jagung Roti Mie / Bihun Cake / Kue Kering Puding Susu Keju Telur Sayuran dan Buah (kecuali sayuran kel. jari – jari tangan dan siku.

daun mlinjo.Susu.Buah (kecuali yang dilarang) max 100 grm/hari Makanan yang diperbolehkan: . mie. keju.Bayam.Kacang-kacangan kering max 25 grm/hari . bihun . nefrolitiasis).Kentang/ ubi . daun pepaya. kopi . asparagus Makanan yang dibatasi: . soft drink.Tahu/ tempe maksimal 100 grm/hari .2. penyumbatan aliran kemih atau infeksi. perdarahan. roti.Beras.Sayuran (kecuali yang dilarang) max 200 grm/hari . talas . sardin . makaroni.2 Diet Penyakit Batu Ginjal Batu Ginjal di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri. ikan asin. Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis. Diet ini bertujuan: Membantu memperlambat pertumbuhan dan mencegah pembentukan batu ginjal Makanan yang tidak boleh dimakan: .Salak. teh kental. kepiting. daun singkong.Susu Skim Malam Nasi Semur ayam Siang Pepes tahu Nasi Tumis Kacang HIjau Ikan Bakar Pisang Raja Tempe Goreng Cah sawi dan wortel Pepaya 2. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). ikan teri.Minuman soda.Buah-buahan yang dikeringkan .

keju.3 Jenis Diet Rendah Purin Diet rendah purin dibagi menjadi 2 jenis. ekstrak daging/kaldu. bebek. jantung. makarel. 1. Daging.5-2. roti dan olahan terigu lainnya.Telur. ikan tanpa tulang . krim. Diet Rendah Purin 1/DRP I (1500 kkal) 2.  Hindari makanan yang mengandung purin tinggi (>100 mg/100 gram bahan makanan). semua jenis sayuran (tapi dibatasi untuk jenis-jenis tertentu) dan semua jenis buah. ikan. Contoh : nasi. kerang. daging. Contoh : susu. santan. kacang-kacangan dan hasil olahannya serta lemak hewan. jeroan. kerang. ginjal. remis.Gula Penderita diharuskan minum 3 liter/hari. Contoh : otak. 2. susu asam.  Konsumsi makanan yang menghasilkan sisa basa tinggi. yaitu: 1.5 liter perhari Batasi makanan yang menghasilkan sisa asam tinggi. telur.. hati. Penatalaksanaan :   Konsumsi cairan dalam jumlah banyak. ikan sarden. minyak kelapa. Diet Rendah Purin II/ DRP II (1700 kkal) Bahan makanan sehari DRP I Bahan makanan Berat (g) Beras Telur ayam Ayam tanpa kulit Ikan Tempe Sayuran 200 50 50 50 50 250 Urt 3 gls nasi 1 butir 1 ptg sedang 1 ptg sedang 2 ptg sedang 21/2 gelas Berat (g) 250 50 50 50 50 300 Urt 31/2 gls nasi 1 butir 1 ptg sedang 1 ptg sedang 2 ptg sedang 3 gelas DRP II . kelapa. buillon.

2 23383 1. Gout Arthritis adalah radang pada sendi yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat dalam darah. pergelangan tumit. Asam urat adalah senyawa sukar larut dalam air yg merupakan hasil akhir metabolisme purin.5 289 26. lutut. Gout biasanya menyerang jari – jari kaki. jari – jari tangan dan siku.0 198 DRP II 1700 65 31. Kesimpulan Purin adalah protein dari golongan nukleoprotein.5 559 16.1 207 BAB II PENUTUP 3.Buah Minyak Gula pasir 400 15 10 4 ptg sedang 11/2 sdm 1 sdm 4 sdm 400 15 20 20 4 ptg sedang 11/2 sdm 1 sdm 4 sdm Tepung susu skim 20 Nilai Gizi DRP I Energi (kkal) Protein (g) Lemak (g) Karbohidrat (g) Serat (g) Kalsium (mg) Besi (mg) Vitamin A (RE) Tiamin (mg) Vitamin (mg) 1500 61 31 247 25 547 15. Peningkatan asam urat disebabkan karena produksi asam urat meningkat atau pengeluaran asam urat menurun.1.4 23373 1. Sedangkan asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. . terutama ibu jari kaki. Hal ini disebabkan karena metabolisme purin yang tidak sempurna.

blogspot. DAFTAR PUSTAKA Hartono. 1993.com/2009/11/4-faktor-yang-perlu-diperhatikan. 3. Andri. Saran Semoga dengan selesainya makalah ini diharapkan agar para pembaca khususnya mahasiswa Akper Pemda Cianjur dapat lebih mengetahui dan memahami tentang Diet Rendah Purin.com/artikel/2006/06/diet-mencegah-batu-ginjal http://ahligiza.2. Jakarta: EGC RS Cipto Mangunkusumo Persatuan Ahli Gizi Indonesia. perdarahan. penyumbatan aliran kemih atau infeksi. 1999. http://www.Batu Ginjal di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri.tanyadokteranda. Jakarta: PT Gramedia Jakarta Utara. Asuhan Nutrisi Rumah Sakit. Dan dapat mengaplikasikannya dalam dunia keperawatan.html .