D I S U S U N

OLEH : [ XII IPA 2 ]

IMANUEL S. AJI AKBAR M. ARIFUDDIN M. ISHAK AHMAD RIJAL RESTAL SANJAYA AIDIN AKBAR MUH. RATANCA

. rahmat.... Towuti.. kami mengucapkan banyak terima kasih kepada guru pembimbing pihak yang bersangkutan......Kata Pengantar Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat..... kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk perbaikan makalah ini dimasa mendatang. dan hidayah-Nya lah sehingga kami murid – murid SMAN 1 TOWUTI dapat berhasil menyusun dan menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik.2012 PENYUSUN SEJARAH | 2 ..... atas bimbingan dari guru study pelajaran Sejarah..... dukungan. serta motivasi dari berbagai pihak. Kami mengakui bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.... Kami murid – murid SMAN 1 TOWUTI menyadari bahwa pembuatan makalah ini tidak lepas dari bantuan....... oleh karena itu... Oleh karena itu...

Perubahan yang terjadi itu mempengaruhi seluruh sector kehidupan masyarakatnya. Peristiwa perang dunia I dan perang dunia II merupakan contoh buruk dari perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. social. sehingga sering menimbulkan pertentangan dalam bentuk perang dingin. Setelah berakhirnya perang dunia II muncul perang dingin yang dimotori oleh dua kekuatan besar yakni blok barat (Amerika Serikat. dan budaya. Jutaan korban perang dunia menjadi fakta yang mengerikan. akan tetapi digunakan untuk saling menghancurkan.Latar belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah membawah perubahan yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat dunia. baik dalam bidang politik. Kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi tidak digunakan untuk kepentingan damai maupun kesejahteraan umat manusia. Pada masa ini juga terjadi perkembangan dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi terutama dalam bidang persenjataan dan tekhnologi ruang angkasa. ekonomi. SEJARAH | 3 . Persenjataan mutakhir sebagai hasil perkembangan tekhnologi masa itu hanyalah digunakan untuk memusnahkan umat manusia. Perang dunia I dan perang dunia II merupakan tragedy kemanusiaan yang sangat dahsyat. Dua kekuatan ini selalu bersaing memperebutkan pengaruh di dunia. yang banyak melibatkan banyak negara. Sebagai bagian dari perang dingin mereka mengembangkan berbagai tekhnologi dengan maksud untuk memperlihatkan pada dunia kehebatan dan kebesarannya. dan sekutunya) dan blok timur (Uni Soviet dan sekutunya).

Front Timur 3. Rusia. Jerman. Front Barat 2. Turki. Pecahnya perang dunia I disebabkan oleh beberapa factor: Kemajuan industry Politik kolonialisme dan imperialisme Poltik mencari kawan Perdamaian bersenjata Hampir semua Negara yang ada di Eropa terlibat perang dunia I. Amerika serikat. Front Balkan 5. Italia. Portugal. yunani. Pihak – pihak yang terlibat dalam perang dunia I adalah sebagai berikut : Pihak sentral ( blok Jerman ) yang terdiri dari 4 negara. Rumania. belgia. Front Italia 4. Inggris. Austria-Hungaria. Jepang dll. Front Laut SEJARAH | 4 . Serbia.HUBUNGAN ANTARA PERANG DUNIA DAN PERKEMBANGAN IPTEK A. Bulgaria. Pihak sekutu (blok perancis) yang terdiri dari 23 negara yang antara lain: Perancis. Perang dunia I yang melanda wilayah Eropa terbagi atas beberapa front atau wilayah peperangan. seperti: 1. Perang Dunia I  Meletusnya perang dunia I yang pada dasarnya merupakan perang saudara di Eropa antara Negara – Negara kolonial.

perjanjian Sevres (20 agustus 1920) antara sekutu dengan turki. sekretariat tetap 4. 4. ekonomi. Mahkamah internasional (international court of justice). dan budaya.  Akibat dari perang dunia I Perang dunia I banyak membawa perubahan dan kehancuran baik bagi Negara – negara yang menang maupun yang kalah. setelah perang dunia I berakhir. Germain(10 november1919) antara sekutu dengan austria . perjanjian Versailles(28 juni 1918)antara pihak jerman dan sekutu. 5. 2. Akhir dari perang dunia I (11 november 1918). Selama perkembangan liga bangsa-bangsa telah di selenggarakan beberapa perjanjian perdamaian di antaranya: 1. dewan keamanan 3.perubahan tersebut teratama terjadi pada sector politik. social. seperti: 1. baik negara-negara yang menang perang maupun negara-negara yang kalah perang sibuk mengadakan perjanjian-perjanjian perdamaian. perjanjian St. perjanjian Neuilly (27 november 1919) antara pihak sekutu dengan Bulgaria. 3. Liga bangsa-bangsa (league of nations) Liga bangsa-bangsa (LBB) sebagai sebuah organisasi tingkat dunia terdiri dari badan-badan yang mempunyai tugas dan wewenang yang sesuai dengan yang telah di tetapkan. B. Badan – badan yang terdapat dalam organisasi LBB di antaranya : 1. perjanjian Trianon (4 juni 1920)antara sekutu dengan hongaria. sidang umum 2. Protocol jenewa yaitu protocol yang di ciptakan oleh perdana menteri inggris dan perancis(1924). organisasi-organisasi tambahan organisasi-organisasi yang termasuk dalam liga bangsa-bangsa dengan status otonomi di antaranya: 1. ILO (international labour organization) 2. SEJARAH | 5 .

masa antara sesudah perang dunia I sampai perang dunia II dapat di bagi 2 yaitu: 1. kegagalan liga bangsa-bangsa dalam menjalankan tugasnya. e. masa antara tahun 1919-1930. Di tengah-tengah Negara Polandia terletak kota Dansig yang di tuntut oleh jerman . C. masa antara tahun 1930-1939.masa ini sering di sebut masa mencari kawan untuk mendapatkan bantuan kekuatan didalam menghadapi bahaya perang. Sedangkan Polandia menolak untuk menyerahkan kota Dansig. jerman tidak mengakui lagi perjanjian Versailles. Perancis. Rumania. Hitler menjawab dengan mengadakan perjanjian SEJARAH | 6 .2. b. dan Yunani dengan suatu keputusan untuk saling menjamin kemerdekaan masing .sehingga liga bangsa-bangsa di bentuk dan di coba di laksanakan. karena penduduknya adalah bangsa Jerman.merupakan masa orang sibuk mencari perdamaian. Zaman antara perang dunia I sampai perang dunia II di kenal dengan zaman perdamaian dan perlombaan persenjataan. Perjanjian perdamaian kellogg briand (perjanjian perdamaian paris). d. 3. 2) Sebab khusus menurut perjanjian Versailles wilayah Prusia timur (Jerman) di pisahkan dari Jerman dengan di bentuknya Negara Polandia (jalan keluar Jerman menuju ke laut). Perjanjian Locarno yaitu perjanjian jerman terhadap bekas lawannya( 1925). Perang dunia II Sebelum perang dunia II meletus. yang akhirnya politik aliansi ini menciptakan 2 blok Negara eropa yaitu blok Perancis dan blok Jerman hingga meletus dan berkembangnya perang dunia II. munculnya politik aliansi (politik mencari kawan) c. 2.masing Negara. bahkan Polandia menjalin hubungan dengan mengadakan perjanjian dengan Inggris. kekacauan dalam bidang ekonomi. munculnya paham ultranasionalisme (nasionalisme yang berlebih-lebihan). Meletusnya perang dunia II di sebabkan oleh beberapa factor yaitu: 1) Sebab-sebab umum meletusnya perang dunia II di antaranya : a.

Pada tahun 1941 semua milik Jerman. - Tahun 1943-1945  Italia di serbu oleh sekutu di bawah pimpinan jenderal Dwight david Eisenhower.  Pada tanggal 6 juni 1944.jerman kalah dalam pertempuran di Stalingrad . Selanjutnya tanggal 3 September 1939 Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman . hingga akhirnya pasukan Jerman keluar dari Rusia.  Sejak tanggal 19 november 1942 . Amerika Serikat cepat mengarah pada peperangan untuk melawan Amerika Serikat (poros). Periode terakhir (1943-1945) pihak As (jerman) berhasil di kalahkan oleh pihak sekutu. tentara Amerika Serikat dan Inggris berhasil melakukan serbuan ke normandia(perancis) di bawah pimpinan jenderal Eisenhower.Jerman – Rusia (23 Agustus 1939). yaitu perjanjian non – agresi . Cash and Carry (1941) c.dimana Rusia terus memukul mundur pasukan Jerman dengan serangan yang hebat. Jerman merasa terlindung dari segala intimidasi khusunya dengan Rusia. Jerman menyerang Polandia dan meletuslah perang dunia II. Dengan demikian.(saat-saat membalik) tahun 1942. Pada tanggal 24 agustus 1944. tetapi kemudian memihak sekutu) dengan: a. dimana kedua Negara tidak akan saling menyerang. dan Jepang dibekukan oleh Amerika Serikat. Land Lease Bill (1941) b. sekutu mendapat bantuan dari Amerika Serikat (yang mula-mula merupakan Negara netral. Italia. SEJARAH | 7 . Dengan adanya perjanjian Jerman – Rusia (23 Agustus 1939). o o Turning point . Pada tanggal 1 September 1939 .pihak As (Jerman) menang dan pihak sekutu kalah . Jalannya perang dunia II terjadi dalam 3 periode : o Periode permulaan (1939-1942) . Perancis berhasil di rebut. namun Belgia din bebaskan. Dilain pihak.

dengan pecahnya perang dunia II .hak-hak manusia. d) Tidak boleh ikut campur tangan mengenai urusan dalam negeri suatu Negara. SEJARAH | 8 .  Perjanjian perdamaian sekutu dengan jepang (1945 di jepang ). Organisasi PBB berdiri setelah melalui proses permufakatan dan perjanjianperjanjian perdamaian. Jerman menyerah tanggal 7 mei 1945 . c) Tidak boleh melanggar kedaulatan Negara lain .  Perjanjian sekutu dengan hongaria . Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) PBB atau United Nation Organisation (UNO) dapat di pandang sebagai kelanjutan LBB (liga bangsa bangsa).upaya perdamaian itu dilakukan melalui perjanjian perdamaian . b) Perselisihan harus diselesaikan dengan jalan damai dan tidak boleh ada perang .maka secara tidak langsung LBB telah bubar. e) Mengadakan tindakan kerja sama terhadap Negara-negara yang membahayakan perdamaian dunia. PBB sebagai badan dunia yang berdiri setelah perang dunia II .berbagai perjanjian perdamaian yang pernah di lakukan di antarnya:  Konferensi postdam (2 agustus 1945) antara jerman dengan sekutu. D.setelah jepang kalah dalam pertempuran di laut karang oleh tentara amerika serikat . Setelah berakhirnya perang dunia II .liga bangsa-bangsa gagal melaksanakan tugasnya. kemajuan social-ekonomi . selama berlangsungnya perang dunia II dan sesudah perang dunia II.memiliki suatu tujuan.  Perjanjian perdamaian sekutu dengan Austria (1945 di austria).  Jepang menyerah pada tanggal 2 september 1945.maka Negara-negara yang terlibat dalam perang itu menempuh upaya perdamaian .  Perjanjian perdamaian sekutu dengan italia (1945 di paris). yaitu: a) Menjamin perdamaian dunia .

Untuk dapat menjadi Negara anggota PBB terdapat beberapa syarat di antaranya : a) Cinta damai.  Mengambil tindakan-tindakan terhadap Negara yang mengancam perdamaian dunia. 2. Badan-badan yang membantu tugas PBB di antaranya: 1. social. PBB sebagai lembaga dunia memiliki badan-badan yang berkecimpung dalam berbagai urusan yang menyangkut masalah-masalah internasional. 3. SEJARAH | 9 .  Membuat pertemuan-pertemuan internasional tentang hal-hal yang termasuk tugas dan wewenangnya. pendidikan dan kesehatan di seluruh dunia.  Menyelesaikan sengketa dengan cara damai. Dewan ekonomi dan social (Economic andsocial council) Tugasnya adalah:  Mengadakan penyelidikan dan menyusun laporan tentang soal-soal ekonomi. c) Sanggup serta dan bersedia untuk memenuhi kewajiban-kewajiban yang tercantum dalam piagam PBB. d) Di setujui majelis umum atas usul dewan keamanan PBB. Negara-negara anggota PBB terus bertambah dan hingga September 2006 tercatat sebanyak 192 negara menjadi anggota PBB. b) Menerima dan menyetujui / tunduk kepada piagam PBB. Dewan keamanan PBB (security Council) Fungsi Dewan keamanan PBB adalah sebagai pelaksana kekuasaan eksekutif dangan tugasnya sebagai berikut :  Memelihara perdamaian dan keamanan internasional . Majelis umum ( General Assembly ) Badan ini sebagai badan legislative PBB dengan keanggotaannya terdiri atas semua wakil dari Negara anggota.  Membuat rencana-rencana perjanjian tentang soal-soal tersebut dengan Negara-negara anggota untuk di ajukan kepada majelis umum.

 Yuriprudensi (keputusan-keputusan hakim yang sudah-sudah) dan pendapat ahli – ahli hukum. Jepang. SEJARAH | 10 . Mahkamah Internasional (International court of justice) Mahkamah internasional berkedudukan di Den Haag (negeri Belanda ).  Adat kebiasaan internasional. seperti daerah yang dilepaskan dari jajahan Jerman.daerah-daerah perwalian itu adalah daerahdaerah yang di lepaskan oleh musuh-musuh sekutu setelah perang dunai II. Italia.sekretaris jenderal ini bertugas menyelenggarakan pekerjaan administrasi PBB. 6. 5.4. Tugas Mahkamah internasional adalah mengadili dan memutuskan perselisihanperselisihan internasional dengan berpedoman kepada:  Perjanjian-perjanjian internaisional .  Azas hukumyang berlaku bagi bangsa-bangsa yang beradab. Secretariat (secretary) Badan ini di ketuai oleh sekretais Jenderal di angkat oleh Majelis umum atas usul dewan keamanan PBB . Dewan perwalian (trusteeship council) Dewan perwalian ini merupakan suatu badan yang mengawasi dan memajukan daerah perwaliannya.