P. 1
Jenis Jenis APD

Jenis Jenis APD

|Views: 35|Likes:
Published by M Iqbal Taheras

More info:

Published by: M Iqbal Taheras on Apr 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2014

pdf

text

original

1.

Alat pelindung kepala Alat pelindung kepala adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, terantuk, kejatuhan atau terpukul benda tajam atau benda keras yang melayang atau meluncur di udara, terpapar oleh radiasi panas, api, percikan bahan-bahan kimia, jasad renik (mikro organisme) dan suhu yang ekstrim. Jenis alat pelindung kepala terdiri dari helm pengaman (safety helmet), topi atau tudung kepala, penutup atau pengaman rambut, dan lain-lain (Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER.08/MEN/VII/2010 Tentang Alat Pelindung Diri). Macam-macam alat pelindung kepala diantaranya adalah: a. Topi Pelindung/Pengaman (Safety Helmet) Melindungi kepala dari benda keras, pukulan dan benturan, terjatuh dan terkena arus listrik. Jenis dari safety helmet ini 2 ada, yaitu helmet pekerja tambang bawah tanah atau terowongan bentuk pinggirannya lebar serta diatas lebih menonjol dengan dilengkapi gantungan atau tempat meletakkan senter, sedangkan helm yang digunakan di daerah tambang atau industri terbuka bentuknya biasa saja atau lebih umum. Warna dari safety helmet juga beragam, tetapi yang sering dijumpai di industri ialah warna kuning atau orange (untuk mekanik atau tekhnisi) dan warna putih (Biasanya di gunakan oleh formen atau Service Advisor [SA] ) b. Tutup Kepala Melindungi kepala dari kebakaran, korosif, uap-uap, panas/dingin c. Hats/cap Melindungi kepala dari kotoran debu atau tangkapan mesin-mesin berputar d. Topi Pengaman Untuk penggunaan yang bersifat umum dan pengaman dari tegangan listrik yang terbatas. Tahan terhadap tegangan listrik tinggi. Tanpa perlindungan terhadap tenaga listrik,biasanya terbuat dari logam 2. Alat pelindung pernapasan Berfungsi untuk melindungi organ pernapasan dengan cara menyalurkan udara bersih dan sehat dan/atau menyaring cemaran bahan kimia, mikro-organisme, partikel yang berupa debu, kabut (aerosol), uap, asap, gas/fume, dan sebagainya. Untuk mencegah masuknya kotoran-kotoran dapat menggunakan masker. Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan masker yaitu: a. Bagaimana menggunakan masker secara benar. b. Macam dari kotoran debu yang perlu dihindari. c. Lamanya menggunakan alat tersebut. Alat Pelindung Pernafasan terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu:

misalnya sumbat telinga dari kapas. Sumbat telinga dapat mengurangi bising sampai dengan 30 dB. bentuk. Respirator berguna untuk melindungi pernafasan dari debu. Oleh karena itu. sumbat telinga harus dipilih sesuai dengan ukuran. uap. Jenis ini biasa dikenal SCBA (Self contained breating appatus) atau alat pernafasan mandiri digunakan untuk tempat kerja yang terdapat gas beracun. Harga relative murah daripada tutup telinga (earmuff). Dapat dipakai dengan efektif tanpa dipengaruhi oleh pemakaian kacamata. posisi saluran telinga pemakainya. Respirator penyalur udara Membersihkan aliran udara yang tidak terkontaminasi secara terus menerus udara dapat dipompkana dari sumber yang jauh (dihubungkan dengan selang tahan tekanantau dari persediaan yang potabel (seperti tabung yang berisi udara bersih atau oksigen). Tidak membatasi gerak kepala. dan kabut. alat ini pembersihnya terdiri dari filter untuk menangkap debu diudara atau tabung kimia yang dapat menyerap gas. asap. Mudah dibawa karena ukurannya yang kecil. Kelebihan: 1.1. b. kabut. Kekurangan: 1. Alat pelindung telinga a. dan gas. Masker untuk melindungi debu atau partikel-partikel yang lebih besar yang kedalam pernafasan. 2. Umumnya bentuk saluran telinga manusia tidak lurus. Respirator pemurni udara Membersihkan udara dengan cara menyaring atau menyerap kontaminan dengan toksinitas rendah sebelum memasuki sistem pernafasan. plastik karet alami dan sintetik. . kemudian cara penggunan yang lain yaitu earplug yang dapat digunakan kembali (non disposable earplug) yang digunakan waktu yang lama terbuat dari karet atau plastik cetak. dan posisi saluran telinga untuk tiap-tiap individu berbeda-beda dan bahkan antar kedua telinga dari individu yang sama berlainan. dapat terbuat dari kain dengan ukuran pori-pori tertentu. tutup kelapa. Diameter saluran telinga berkisar antara 3-14 mm. walaupun sebagian kecil ada yang lurus. alat ini dapat dibedakan atas: a. 3. masuk 2. Sumbat telinga dapat terbuat dari kapas. bentuk. Sumbat telinga (ear plug) Ukuran.Alat ini dapat dibedakan atas. uap logam. 4. dibedakan menjadi earplug sekali pakai (disposable earplug) yaitu sumbat telinga yang digunkan untuk sekali pakai saja kemudian dibuang. Memerlukan waktu yang lebih lama dari tutup telingan untuk pemasangan yang tepat. Dalam pemakaiannya sumbat telinga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Relatif lebih nyaman dipakai ditempat kerja yang panas. menurut cara penggunannya. 3. anting-anting dan rambut. tetapi paling banyak 5-11 mm. 5.

Dapat membatasi gerakan kepala pada ruang kerja yang agak sempit. dipengaruhi oleh pemakaian kacamata. benturan atau pukulan benda keras atau benda tajam. Harganya relatif lebih mahal dari sumbat telinga 4. paparan partikel partikel yang melayang di udara dan di badan air. maka saluran telinga akan mudah terkena infeksi karena iritasi. Tidak mudah hilang. Alat pelindung mata dan muka Fungsi dari pelindung mata dan muka adalah melindungi mata dan muka dari paparan bahan kimia berbahaya. percikan benda. 2. Tutup telinga (ear muff) Tutup telinga terdiri dari dua buah tudung untuk tutup telinga. 3. 3. Tingkat proteksinya lebih kecil dari tutup telinga. 5. b. 4. Pada pemakaian yang lama. atau uap panas. sering ditemukan efektifitas telinga menurun yang disebabkan oleh bantalan mengeras dan mengerut akibat reaksi bahan bantalan dengan minyak kulit dan keringat. rambut yang menutupi telinga 3. Dapat dipakai yang terkena infeksi (ringan). Bila tangan yang digunakan untuk memasang sumbat telinga kotor. Kekurangan: 1. tutup kepala. dapat berupa cairan atau busa yang berfungsi untuk menyerap suara frekuensi tinggi. Satu ukuran tutup telinga dapat digunakan oleh beberapa orang dengan ukuran telinga yang berbeda. Kelebihan dan kekurangan dari tutup telinga (earmuff) adalah: Kelebihan: 1. pancaran cahaya. Tutup telinga digunakan untuk mengurangi bising sampai dengan 4050 dB dengan frekuensi 100-8000Hz.benda kecil. radiasi gelombang elektromagnetik yang mengion maupun yang tidak mengion. Tidak mudah dibawa atau disimpan 4. Diantaranya adalah: . Tidak nyaman dipakai ditempat kerja yang panas 2.2. Hanya dapat dipakai oleh saluran telingan yang sehat. panas. 4. 5. Sulit untuk memonitor tenaga kerja apakah memakai APT karena sukar dilihat oleh pengawas. Mudah dimonitor pemakaiannya oleh pengawas. anting-anting. Efektifitas dan kenyamanan pemakaiannya.

benturan. terpajan suhu yang ekstrim.a. baju yang pas dan tidak memakai perhiasan-perhiasan. c. pas (tidak longgar) pada dada atau punggung. Pelindung tangan (sarung tangan) adalah alat pelindung yang berfungsi untuk melindungi tangan dan jari-jari tangan dari pajanan api. uap logam. pekerjaan yang berpotensi bahaya peledakan. arus listrik. atau partikel yang melayang. Goggles Goggles memberikan perlindungan lebih baik dari pada safety glasses karena goggles terpasang dekat wajah. 5. suhu panas. pengecoran logam. Walaupun face shield melindungi wajah. 6. pukulan dan tergores. tempat kerja yang basah atau licin. Karena goggles mengitari area mata. terkena cairan panas atau dingin. Banyak face shield yang dapat digunakan bersamaan dengan pemakaian hard hat. Bahan beracun dapat terabsorbsi melalui kulit dan masuk ke badan. suhu dingin. industri. maka goggles melindungi lebih baik pada situasi yang mungkin terjadi percikan cairan. serbuk. Pakaian kerja sintetis hanya baik terhadap bahan-bahan kimia korosif. Alat pelindung tangan Kontak dengan bahan kimia kaustik atau beracun. sumber listrik. Jenis pelindung kaki berupa sepatu keselamatan pada pekerjaan peleburan. uap. tetapi face shield bukan pelindung mata yang memadai. bakteri) dan jasad renik. 7. Face shield Face shield memberikan perlindungan wajah menyeluruh dan sering digunakan pada operasi peleburan logam. kontruksi bangunan. Masker wajah Masker berfungsi untuk melindungi hidung dari zat-zat berbau menyengat dan dari debu yang merugikan. dan/atau bahaya binatang dan lain-lain. tetapi justru berbahaya pada . dan tergelincir. terinfeksi zat patogen (virus. radiasi mengion. alat pelindung kaki berfungsi untuk melindungi kaki dari tertimpa atau berbenturan dengan benda-benda berat. percikan bahan kimia.08/MEN/VII/2010 Tentang Alat Pelindung Diri. bahan kimia dan jasad renik. terkena bahan kimia berbahaya dan jasad renik. Alat pelindung tubuh Pakaian kerja harus dianggap suatu alat perlindungan terhadap bahaya-bahaya kecelakaan. b. dan kabut. radiasi elektromagnetik. tertusuk benda tajam. uap panas. Wanita sebaiknya memakai celana panjang. atau benda dengan suhu yang sangat dingin atau sangat panas dapat menyebabkan iritasi atau membakar tangan. sehingga pemakaian safety glasses harus dilakukan dengan pemakaian face shield. bahaya listrik. Alat pelindung kaki Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor PER. tidak berdasi dan tidak ada lipatan-lipatan yang mungkin mendatangkan bahaya. debu. jala rambut. bahan-bahan biologis. Pakaian tenaga kerja pria yang bekerja melayani mesin seharusnya berlengan pendek. bahan kimia.

cairan dan logam panas. . percikan bahan-bahan kimia. mikroorganisme patogen dari manusia. uap panas. 1986). radiasi. tumbuhan dan lingkungan seperti virus. pajanan api dan benda-benda panas. binatang. dan pakaian pelindung yang menutupi sebagian atau seluruh bagian badan. binatang. celemek (Apron/Coveralls). benturan (impact) dengan mesin. jacket. Pakaian pelindung berfungsi untuk melindungi badan sebagian atau seluruh bagian badan dari bahaya temperatur panas atau dingin yang ekstrim.lingkungan kerja dengan bahan-bahan dapat meledak oleh aliran statik listrik (Suma‘mur. Jenis pakaian pelindung terdiri dari rompi (vests). peralatan dan bahan. tergores. bakteri dan jamur.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->