ASBAB AN NUZUL

Hasbi Ash Shiddieqy) . dan nuzul berarti turun.1. terdiri dua kata “asbab. • Menurut istilah adalah sesuatu kejadian yang karenanya diturunkan Al Qur’an untuk menerangkan hukumnya di hari timbul kejadian-kejadian itu dan suasana yang di dalamnya Al Qur’an diturunkan serta membicarakan sebab yang tersebut itu baik langsung sesudah terjadi sebab itu ataupun kemudian lantaran sesuatu hikmah (M. jama dari sabab. yang berarti latar belakang. PENGERTIAN ASBAB AN NUZUL Secara bahasa .

1. Berupa pernyataan tegas dan jelas dengan mengunakan kata sebab  2. Berupa pernyataan tidak tegas dan jelas  .

Keduanya shahih akan tetapi salah satunya mempunyai penguat ( murajjih ) dan lainnya tidak . Penyelesaiannya dengan jalan mengambil yang kuat rajihannya . dapat dilakukukan beberapa al ternatif : 1. Bila salah satu shahih yang lainya tidak.3. maka ambil yang shahih 2. BERBILANGNYA ASBABUN NUZUL SUATU AYAT • Kemungkinan munculnya beberapa riwayat tentang sebab turunya.

Penyelesaiannya dengan menganggap terjadinya beberapa sebab bagi turunnya ayat tersebut  4. keduanya dapat diambil sekaligus . . Penyelesaiannya dengan menganggap berulangulang ayat itu turun sebanyak asbab an. Keduanya shahih dan keduanya sama-sama tidak mempunyai penguat akan tetapi . tidak mempunyai penguat dan tidak mengambil keduanya sekaligus karena waktu peristiwanya jauh berbeda . 3. Keduanya shahih .nuzul .

5. Membantu dalam memahami ayat dan menghindarkan kesulitannya 3.Nya melalui Al Qur’an 2. Memberikan Pengetahuan tentang rahasia dan tujuan Allah mensyari’atkan agama. Dapat menolak dugaan adanya Hasr dalam ayat yang menurut lainnya mengandung Hasr 4.Nuzul 1. Urgensi dan Kegunaan Asbab An. Mempermudah untuk menghafal ayat-ayat Al Qur’an serta memperkuat keberadaan wahyu dan ingatan orang yang mendengarnya jika mengetahui sebab turunnya . Dapat mentakhsis hukum pada sebab menurut ulama yang memandang bahwa yang mesti diperhatikan kekhususan sebab dan bukan keumuman lafadz . .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful