TUGAS KELOMPOK Mata Kuliah : Telaah Kurikulum Program Studi : Pendidikan Fisika Kelompok : (060710110 (060710110 ) ) 1.

Gerry Sugiarto 2. Anis Kurlia 3. Faizatul Mabruroh I. II. Kompetensi Dasar Bahan Ajar Fisika SMP Indikator 1. Mampu menjabarkan pengertian dari bahan ajar. 2. Mampu memahami penggunaan dan pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai media pembelajaran. 3. Mengetahui fungsi diktat dan buku sebagai salah satu sumber pada proses pembelajaran. 4. Mampu menggunakan sarana teknologi sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran. III. Materi Belajar mengajar bukanlah berproses dalam kehampaan, tetapi berproses dalam kemaknaan, di dalamnya ada sejumlah nilai yang disampaikan kepada anak didik. Nilai-nilai itu tidak datang dengan sendirinya, tetapi terambil dari berbagai sumber guna dipakai dalam proses belajar mengajar. Yang dimaksud dengan sumber-sumber bahan dan belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai tempat dimana bahan pengajaran terdapat atau asal untuk belajar seseorang (Drs. Udin Saripuddin Winataputra, M.A. dan Drs Rustana Ardiwinata, 1991;165). Dengan demikian, sumber belajar itu merupakan bahan/materi untuk menambah ilmu pengetahuan yang mengandung hal-hal baru bagi si pelajar. Sebab pada hakikatnya belajar adalah untuk mendapatkan hal-hal baru (perubahan). Sumber belajar pada hakikatnya banyak sekali tersedia di sekitar lingkungan kita.

(06071011022)

dan IX dengan penerbit Erlangga. Tanpa bahan pelajaran aktifitas belajar mengajar tidak akan berjalan. Sains Fisika SMP jilid VII. Bahan pelajaran menurut Dr. dan 3 dengan penerbit Departemen Pendidikan Nasional. serta kebijakan-kebijakan lainnya.Pemanfaatan sumber-sumber pengajaran tergantung pada kreatifitas guru. . yakni penguasaan bahan pelajaran poko dan bahan pelajaran pelengkap.Barus dan Poernomo Imam. 2. Karangan Marthen Kanginan. Karena itu. sebab bahan adalah inti dalam proses belajar mengajar yang akan disampaikan kepada anak didik. dan 3 untuk SLTP dengan penerbit Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. waktu. 3. 2. Lembar Kerja Siswa (LKS). Fisika 1. Beberapa referensi buku yang dapat dipakai dalam menunjang proses belajar mengajar Fisika di tingkat SMP antara lain : 1. Suryana. Ada dua persoalan dalam penguasaan bahan ajar ini. VIII. Belajar aktif Fisika untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama kelas 1. karena memang bahan pelajaran itulah yang diupayakan untuk dikuasai oleh anak didik. media teknologi lain seperti internet sebagai sarana utama maupun penunjang dalam proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan bahan pelajaran pelengkap atau penunjang adalah bahan pelajaran yang dapat membuka wawasan seorang guru agar dalam mengajar dapat menunjang penyampaian bahan pelajaran pokok. 2. karangan PK. Bahan pelajaran pokok adalah bahan pelajaran yang menyangkut bidang studi yang dipegang oleh guru sesuai profesinya (disiplin keilmuannya). Bahan ajar adalah substansi yang akan disampaikan dalam proses belajar mengajar. guru yang akan mengajar pasti memiliki dan menguasai bahan pelajaran yang akan disampaikan pada anak didiknya. Suharsimi Arikunto (1990) merupakan unsur inti yang ada di dalam kegiatan belajar mengajar. Pada mata pelajaran Fisika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bahan pelajaran atau bahan ajar merupakan komponen yang tidak bisa diabaikan dalam pengajaran. Karangan Dr. biaya. seorang guru dapat memanfaatkan berbagai macam sumber bahan ajar antara lain diktat atau buku sumber.

Begitu pun dengan mata pelajaran Fisika yang banyak tersedia di media ini. materi yang disajikan antara lain : a. Suhu dan Pemuaian. Sebagai seorang guru yang memiliki kewajiban menyampaikan bahan pelajaran yang ada di setiap jenjang diharapkan memiliki keterampilan dalam menguasai setiap bahan ajar yang akan disampaikan. Induksi Elektromagnetik. dalam proses belajar mengajar para guru juga dapat memanfaatkan sarana Lembar Kerja Siswa yang telah ada sesuai dengan mata pelajaran yang dibutuhkan. Energi Listrik. . materi yang disajikan antara lain : a. Dasar-dasar Elektronika. 2. f. Berikut disajikan beberapa materi atau bahan ajar yang disampaikan di SMP : 1. Di kelas IX. g. c. Radio dan Televisi. d. Selain itu beberapa LKS juga memberikan ringkasan singkat seputar materi yang disajikan. seperti internet. Bahan ajar lain yang dapat dimanfaatkan berupa sarana teknologi visual. Selain itu. Dan buku sumber lainnya yang berhubungan dengan mata pelajaran Fisika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian hari makin mengalami perkembangan yang pesat.4. Hukum Ohm dan Hambatan. Disajikan secara ringkas dan padat dengan metode pengemasan yang menarik. Kemagnetan. internet merupakan sarana yang cukup efektif dalam menunjang dan menyajikan materi-materi yang dibutuhkan pada setiap mata pelajaran. b. e. Gelombang dan Bunyi. Kalor dan Perpindahan. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan kumpulan soal-soal yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Di kelas VIII. Guna mempermudah pemahaman akan materi yang disajikan. b. Rangkaian Listrik. c.

IV. Selain dari media buku. Jakarta : Ganeca Exact. Bagaimanakah peran dari masing-masing bahan ajar dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di tingkat SMP? 4. Apakah yang anda ketahui mengenai bahan ajar? 2. Bahan Diskusi Pentingnya bahan ajar sebagai media utama dan penunjang proses belajar mengajar di sekolah. ___________ . 2007. Listrik Arus searah. dan Aswan Zain. . Seberapa efektifkah bahan ajar yang digunakan dalam menunjang materi yang dibutuhkan? 3. 2007. Medan gravitasi dan Medan Listrik. Bahan Pustaka Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Perangkat KTSP SMP Muhammadiyah. bahan ajar juga bisa diperoleh dari media visual lain seperti internet.d. Jelaskan! VI. Kamajaya. Dari jabaran materi yang disajikan. Syaiful. e. Pertanyaan 1. Seberapa efektifkah penggunaannya dalam proses belajar mengajar? V. g. Jakarta : Rineka Cipta. f. Inspirasi Sains : Pelajaran IPA Terpadu untuk SMP kelas VIII. Palembang : SMP Muhammadiyah 10. Magnet. Listrik Arus bolak-balik. 1997. Tedy Wibowo. diharapkan guru dapat memberikan pemahaman yang sesuai dengan jenjang yang diajarkan.