PAKET UJIAN NASIONAL

Pilihlah salah satu jawaban yang tepat ! Jangan lupa Berdoa dan memulai dari yang mudah . 1. Nama ilmiah tomat adalah Solanum licopersicum sedangkan kentang adalah Solanum tuberosum, kedua tanaman ini …. . a. spesies sama, varietas sama b. spesies beda, varietas sama c. spesies sama, genus berbeda d. genus sama, spesies berbeda e. berbeda spesies maupun genus 2. Berbagai buah jeruk antara lain Bali, Nipis dan Pontianak. Hasil persilangan tanaman ini tidak pernah menghasilkan biji. Hal ini menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat …. . a. varietas d. genus b. ekosistem e. gen c. filogenetik 3. Perhatikan gambar di bawah ini !

Secara berurutan, hifa dan basidio karp adalah …. . a. A dan B d. D dan A b. A dan C e. E dan D c. C dan D

4. Beberapa jenis penyakit dapat ditularkan oleh virus atau bakteri. Manakah pernyataan berikut yang benar? penyak kelompo jenis it k a. Ebola Virus Pasteurella pestis Diplococcus b. TBC Bakteri pneumonia Tetanu c. Virus Clostridium tetani s d. Sifilis Bakteri Treponema paledum e. Tipus Virus Salmonella typhosa 5. Berdasarkan daur hidup virus x, y, dan z secara berurutan adalah …. .

1

sintesis absorbsi. lisis 6. sporangium – protalium – fase sporofit c. serkaria – metaserkaria dan mirasidium c. redia – serkaria dan larva bersilia e. sporokis – redia dan serkaria b. penetrasi. sporangium – fase sporofit – tumbuhan paku 7. dan z dari daur hidup tumbuhan paku ini menunjukkan …. penetrasi. a. sporokis – mirasidium dan serkaria 8. e. penetrasi. Diagram daur biogeokimia unsur C 2 . sporangium – protonema – tumbuhan paku d. . Perhatikan gambar daur hidup Fasciola hepatica! Tahap yang terjadi pada (X) dan bagian (Y). metaserkaria d. sintesis lisis. absorbsi. . d. a.a. (Z) adalah …. lisis. sorus – protonema – tumbuhan paku b. b. redia – sprokis dan serkaria. sintesis. absorbsi absorbsi. c. sorus – fase gametofit – fase sporofit e. Perhatikan gambar siklus hidup paku di bawah ini! Secara berurutan x. sintesis penetrsi. y.

a. 2 dan 3 d. 3 dan 4 10. fotosintesis dan respirasi c. tempat berlangsung siklus Calvin Yang merupakan ciri organel mitokondia adalah …. asimilasi dan fotosintesis 9.Atmosfir x Bakteri y Hewan Perombak Tumbuhan hijau Senyawa C di bumi Karbonat + kapur dalam gunung berapi Bahan bakar fosil Proses yang terjadi pada daur C yang ditunjukkan oleh x dan y secara berurutan adalah … . fotosintesis dan mati e. mengandung pigmen fotosintesis 3. a. terdapat sitokrom 2. transport aktif karena ada perbedaan larutan x dan y 12. respirasi dan mati d. Gambar Respirasi sel dan pembentukan RNA secara berurutan berlangsung pada bagian sel nomor …. a. 3. 2 dan 3 e. 1. respirasi dan fotosintesis b. Perhatikan gambar ! Proses transport zat yang menyebabkan peruba-an seperti pada gambar karena peristiwa …. 4 dan 5 b. osmosis dimana x hipertonis dan y hipotonis d. 1. osmosis dimana x hipotonis dan y hipertonis e. 5 dan 6 c. 2. 3 dan 4 b. . 1 dan 2 d. Perhatikan gambar ! 3 . . 1. tempat respirsi sel 5. 3 dan 5 11. Yang tercantum di bawah ini adalah ciri yang dimiliki organel sel : 1. memiliki membran rangkap 4. 4 dan 5 c. . difusi dimana x hipotonis dan y hipertonis c. difusi dimana x hipertonis dan y hipotonis b. 3 dan 4 e. a.

. . 14. c. vena paru-paru 4 . adalah …. vena paru-paru d. berfungsi menyerap zat-zat mineral dari dalam tanah c. berfungsi untuk menembus tanah d. x d. . ventrikel kiri. berfungsi untuk menutupi meristem apikal 13. sinartrosis adalah jika antara dua tulang yang dihubungkan tidak ada gerak c. 2. jika gerakan terbatas e. berfungsi menyerap zat-zat mineral dari dalam tanah e. Jaringan epitel yang melapisi bagian dalam jonjot usus ditentukan oleh gambar …. Pengertian yang tepat dari macam artikulasi di bawah ini. tudung akar. tudung akar. aorta. a. dan 3 secara berurutan adalah … . vena cava b. meristem apikal. ventrikel kanan. aorta. amfiartrosis jika gerakan yang terjadi sangat leluasa d. atrium kanan c. ventrikel kanan. berfungsi menye-rap zat-zat mineral dari dalam tanah b. sinartrosis. diartrosis. jika gerakan yang terjadi sangat terbatas b.Yang diberi label X adalah …. b. ventrikel kanan. adalah jika antara dua tulang yang dihubungkan tidak terjadi gerakan 15. a. bulu akar. amfiartrosis. Perhatikan gambar jantung ! Bagian yang diberi no-mor 1. meristem apikal. vena kanan atas. a. ventrikel kiri. X e. vena paru-paru. vena paru-paru. a. vena kanan bawah e.

1. 4. 5 sis-tem organ ! sebagai menyerap sari makanan. 1. Perhatikan gambar berikut ! Filtrasi dan pengumpulan urea terjadi pada nomor …. 3. 4. 4. 2. 6. Perhatikan gambar Yang berfungsi makanan se-cara keadaan darurat a. dan 2 b. tidak bergerak paru-paru membesar 18. reseptor 3. Perhatikan gambar ! Pada saat terjadi inspirasi pada pernapasan maka x akan …. a. 3. relaksasi dan rongga dada membesar e. neuron konektor 2. 5. neuron efektor 5. 2 dan 4 c. relaksasi dan rongga dada mengecil d. 1 dan 2 d. a. 5. 1. neuron sensorik 4. 3. 2. kontraksi dan rongga dada mengecil b. kontraksi dan rongga dada membesar c. 3. 5. 17. 1 dan 3 e. Perhatikan gambar telinga ! 5 . 2. 6.16. 6. 1. 1 dan 4 19. 4. dan 4 c. mencerna kimia dan mekanik serta membentuk darah pada adalah nomor …. 5. 3. 2. 6. 1. a. a. dan 3 d. . 5 c. 4. . 1. 5 b. Bagian dari sistem gerak reflek adalah …. . . 6. 4. 2 dan 3 b. 3. dan 2 20. dan 2 e. 5 d. 4. 1. neuron motorik 6. rangsang Urutan yang tepat sehingga muncul gerak reflek adalah … . 5. 2. 3. 1.

pemupukan. .Bagian telinga manusia yang berfungsi sebagai alat meneruskan gelombang suara. untuk perkembangan buah tanpa biji b. makan tumbuhan dipotong dgng lidah parutnya. . Amhpineura d. Diketemukan pada habitat darat seekor hewan dengan ciri sebagai berikut: Tubuhnya lunak. dipanakan Ubi. Perhatikan tabel ! 1 2 3 Air liur Tabung Komponen yang ditambahkan pada tabung Putih telur. Hewan tersebut tergolong dalam kelas . a. C dan E c. B. Lamellibranchiata b. pemupukan b. jumlah tanaman.. D dan C 21. a. rata-rata tumbuh pada hari ke-x e. Reaksi Biru Merah 6 1 2 . merangsang perkembangan buah secara polonasi d. mempunyai 2 pasang antena. luas lahan. pemupukan d. Scaphopoda 22. merangsang perkembangan buah secara fertilisasi e. Penggunaan praktis hormon auksin dalam pertanian adalah …. a. Dalam percobaan pertumbuhan tanaman ada 3 petak lahan I II III Luas lahan I X II X + 2 III X Pemupukan 2 cc/liter 2 cc/liter 2 cc/liter Variabel bebas dan variabel terikat pada eks-perimen tersebut secara berurutan adalah …. a. . luas lahan c. Gastropoda c. luas lahan 24. dapat menghambat rumput liar c. luas lahan. A. C dan D d. tubuhnya mempunyai cangkang tunggal. 10 tetes benedik. D dan E b. D. 10 tetes benedik. B. Cephalopoda e. menerima gelombang suara dan sebagai alat pendengar secara berurutan ditunjukkan oleh….. A. . jumlah tanaman. mempermudah buah jatuh dari pohon 23. B dan C e.

profase 2 dan anafase 1 e. a. arteri berpangkal pada serambi. profase 1 dan telofase 2 d. air liur sebagai pemecah karbohidrat men-jadi gula 25. putih telur mengandung protein tinggi yang beraksi dengan benedik d.. Gambar nomor 1 dan nomor 2 secara berurutan adalah … a. 1 dan 2 d. Perbedaan antara arteri dan vena adalah . 1 dan 3 e. profase 1 dan telofase 1 c. ubi dan sagu mengandung karbohidrat hasil fotosintesis b. b. sedangkan vena masuk ke bilik c. 2 dan 1 28. Perlakuan pada eksperimen sebagai berikut : 7 . a. . arteri mengalirkan darah ke luar dari jantung. ubi dan sagu mengandung karbohidrat dan gula c. sedangkan vena mengalirkan darah masuk ke jantung d. a. air liur sebagai pemecah molekul karbo-hidrat menjadi pati e. sedang-kan vena bermuara pada serambi kanan 27. dipanaskan bata Merah bata Kesimpulan yang dapat diambil dari eksperimen tersebut adalah …. sedangkan vena mengalirkan darah masuk menuju atrium kanan e. . sedangkan vena mengalirkan darah yang mengandung CO2. 4 dan 3 c. Gambar kloroplas ! Pada peristiwa anabolisme dalam hal ini fotosintesis pada salah satu tahapan proses fotosintesis diperlukan CO2 dan dihasilkan O2 secara berurutan proses-proses terjadi pada bagian ….3 dipanaskan Sagu. . profase 2 dan telofase 2 26. arteri berpangkal pada bilik kanan.. arteri mengalirkan darah yang mengandung O2. arteri mengalirkan darah ke luar dari atrium kiri. 10 tetes benedik. 3 dan 5 b. profase 1 dan anafase 1 b.

RNA duta dan RNA ribosom d. RNA ribosom dan asam amino 31. kodogen. 8 . setelah terkena cahaya ± 3 jam daun tana-man di petik 2. . GTC CTA CAG GAU CAG GAU GUC CUA CAG GAT Antikodon Sense GUC CUA CUG GAU CAG GAU GUC CUA CAG GAU G Pernyataan yang tepat pada tabel berikut ini : 30. RNA transfer dan protein b. Diagram sintesis protein A Transkripsi Kodon Menempel pada ribosom C Ribosom Translasi Asam amino B Pada skema tersebut A. RNA transfer dan polipeptida c. DNA. kodon dan antikodon e. RNA duta. c. O2 c. e. . Perhatikan gambar reproduksi sel berikut.Tabel pengamatan Warna biru tua 1. RNA transfer. C T A G T C translasi Pelengkap a. a. B dan C secara berurutan adalah …. kodogen. CO2 b. d. dihilangkan klorofilnya pada alkohol mendi-dih 4. air 29. daun dimatikan selnya melalai perebusan 3. udara e. b. a. cahaya d. dikeringkan ditetesi lugol Kesimpulan eksperimen tersebut adalah pada proses fotosintesis dibutuhkan ….

ruang terbuka b. Walnut 100% 34. kaldu cair yang sudh didihkan 100oC dituang dalam tabung reaksi kemudian ditutup rapat.5% 35. a. Dalam sebuah persilangan dihibrid pada ayam berjengger rose (RRpp) dengan ayam berjengger pea (rrPP) akan diperoleh turunan …. a. 4. 4 c. pembusukan 37. 1. Berapakah kemungkinan anak laki-laki yang lahir dengan golongan darah O dan hemofilia? a. 2. a. disimpan selama 5 hari pada kamar dengan suhu ruangan. a. C d. plasmid e. 3 d. 3. Pea 50% c. 2. Pada sebuah eksperimen. kromosom karena adanya insersi dan inversi d. spora d. 12. 2. 50% d. 1 b. Jika suaminya bergolongan darah B heterozigot dan normal. Spermatosit primer ditun-jukkan pada gambar yang berlabel …. Pea 100% e. Bakteri muncul karena … . 4 e. 1. 1.Tahap profase II. gen karena adanya inversi dan insersi b. perbedaan suhu c. B e. metafase II. . 3 32. Rose 50% b. 2. .5% b. gen karena adanya insersi dan inversi c. Seorang ibu hamil memiliki golongan darah A heterozigot pembawa sifat hemofilia. kromosom karena adanya delesi dan duplikasi e. 6. anafase II ditun-jukkan nomor…. yang terjadi secara berurutan adalah peristiwa mutasi …. Rose 100% d. Perhatikan gambar bukti evolusi ! 9 A B C D E a b c d e A B C D . 3. a. kromosom karena adanya defisiensi dan delesi 36. 3.125% c. A 33. Perhatikan skema berikut! a b c d e E Pada skema mutasi tersebut. Diagram gambar spermatogenesis. 25% e. E b. D c. muncul khdp bakteri dengan ditandai keruhnya air kaldu.

. persentase penduduk yang karir secle cel berjumlah …. 36% c. a. Pediococcus biji coklat coklat e. dalam waktu singkat dapat dihasilkan jumlah yang banyak e.000 jiwa menurut sensuspenduduk terdapat penderita sicle sel 3. ontogeni 38. rdiasi adaptif c.600 jiwa. filogeni b. homologi e. penggunaan radiasi untuk memperoleh pro-duk tidak berbahaya b. singkong tape requeforti b. 4% d. 16% 39. kedelai Aspergilus wentii kecap keju ½ c. biaya produksi sangat kecil karena hanya menggunakan air sebagai media 10 . harus mempunyai alat yang mutakhir untuk merubah gen d. Di kota Obama yang berpenduduk 90. Kultur jaringan merupakan teknologi tepat guna dalam memenuhi kebutuhan bibit unggul tanaman karena …. buah kopi Saccharomyces biji kopi 40. . a. . 6% e. . susu Leuconostoc lunak buah d. kemungkinan hilangnya faktor genetik sangat kecil c. Hasil bahan Mikro-organime dihasilkan Penicillium a. a. Bila melihat perkemba-ngan seperti pada gambar dikenal dengan istilah ….Salah satu bukti evolusi adalah membandingkan perkembangan embrio. analogi d. 32% b. Kombinasi bahan makanan jenis mikroba dan produk makanan hasil bioteknologi yang tepat ….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful