ISU STRATEGIS PERUSAHAAN : PT Freeport Indonesia

Karyawan Freeport Perpanjang Mogok Kerja Hingga Januari 2012
JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi mogok kerja serikat pekerja PT Freeport Indonesia akan terus berlanjut. Akibat belum adanya titik temu soal besaran upah dalam perjanjian kerja bersama (PKB) tahun 2011-2013, serikat pekerja menyatakan aksi mogok akan diperpanjang hingga 15 Januari 2012.

"Saat ini mogok masih terus dilakukan dan diperpanjang hingga 15 Januari 2012," ujar Juru Bicara Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia Juli Parorongan saat dihubungi KONTAN, Minggu (11/12/2011).

Namun, Juli menegaskan, apabila dalam waktu dekat ini sudah ada kesepakatan antara manajemen dan serikat pekerja, maka aksi mogok akan berakhir. Menurutnya, sejauh ini karyawan masih bersikukuh agar kenaikan upah pokok karyawan sebesar 7,5 dollar AS per jam. "Proses dialog terus dilakukan, kelihatannya sudah mendekati kesepakatan," ujarnya.

Pokok persoalan aksi mogok kerja ini adalah soal besaran upah bagi karyawan dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) 2011-2013. Semula, serikat pekerja menuntut adanya kenaikan upah sebesar 43 dollar AS per jam bagi pekerja dengan kapasitas tertinggi. Seiring waktu berjalan, tuntutan tersebut kemudian terus diturunkan hingga menjadi 7,5 dollar AS per jam.

Namun, manajemen tetap tidak setuju. Juru Bicara manajemen PT Freeport Ramdani Sirait menyebut, apabila tuntutan tersebut dipenuhi maka kenaikan gaji karyawan Freeport sebesar 400 persen. Sementara, kata Ramdani, "Manajemen telah menawarkan kenaikan upah pokok sebesar 35 persen," ujar Ramdani dalam pesan singkat kepada KONTAN, Minggu (11/12/2011).

Dia bilang, dialog masih terus dilakukan saat ini agar bisa dicapai kesepakatan upah yang adil dan wajar bagi dua belah pihak.

(Petrus Dabu/Kontan) Kompas. Dengan tercapainya kesepakatan itu. Kamis." jelas Ramdani. Untuk tujuan kemanusiaan. bantuan pendidikan. maka aksi mogok kerja ribuan karyawan yang dimulai pada 15 September 2011 telah berakhir dan pekerja akan mulai melapor ke posisi kerja masing-masing dalam beberapa hari mendatang. 15 Desember 2011. Ramdani mengatakan. manajemen PT Freeport Indonesia dan karyawannya akhirnya sepakat. Mereka juga sepakat bahwa negosiasi upah di masa depan akan didasarkan pada biaya hidup dan daya saing upah di Indonesia.Setelah mengalami kebuntuan berbulan-bulan. sehingga kenaikan upah karyawan kalau dijumlah bisa sekitar 40 persen.Mogok kerja karyawan PT Freeport Indonesia mulai dilakukan pada 15 September 2011. 14 Desember 2011. penyetopan pengiriman konsentrat ini dilakukan karena pipa yang mengalirkan konsentrat dari pabrik pengolahan yang terletak di dataran tinggi Gresberg ke tempat pengeringan di pelabuan telah dirusak dan dijarah. Senin. 12 Desember 2011 Freeport Sepakat Naikkan Upah Buruh 37 Persen Besar Kecil Normal TEMPO. dan tabungan pensiun. Aksi mogok ini menyebabkan perusahaan tambang yang beroperasi di Papua ini berhenti mengirimkan konsentrat (hasil olahan ore/biji tambang) baik ke pasar domestik maupun luar negeri. Ramdani Sirait. PT Freeport akan meningkatkan upah dasar sebesar 24 persen pada tahun pertama dan 13 persen di tahun kedua. Jakarta .CO. "Sesuai persyaratan yang disepakati. Persetujuan manajemen PT Freeport untuk menaikkan upah dasar karyawan masing-masing sebesar 24 persen pada tahun pertama dan 13 persen di tahun kedua itu tertuang dalam nota kesepakatan antara manajemen PT Freeport dan Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja yang ditandatangani di Jakarta. Selain itu. Juru bicara PT Freeport.com. Rabu. termasuk peningkatan tunjangan perumahan. . PT Freeport juga setuju untuk membayar satu kali bonus penandatanganan setara dengan tiga bulan upah dasar. mengatakan kedua pihak telah berhasil mencapai kesepakatan untuk dituangkan dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) XVII periode 2011-2013. Freeport akan menaikkan upah buruh 37 persen. PT Freeport sepakat untuk memberikan peningkatan manfaat.

Perbaikan jaringan pipa yang rusak secara substansial telah selesai dan PT Freeport telah mulai menjalankan kembali kegiatan di pabrik pengolahan. dan efisien.Menurut Ramdani. Pemogokan karyawan yang didasari oleh tuntutan kenaikan gaji. Perusahaan pertambangan milik Ameria Serikat itu terpaksa menghentikan operasinya. Bupati Mimika. menyambut gembira kesepakatan itu. Persoalan mendasar lainnya adalah porsi yang diterima pemerintah Indonesia yang dinilai tidak seimbang dengan . PT Freeport akan fokus dalam melanjutkan operasi perusahaan secara aman. harmonis. Terhentinya kegiatan produksi Freeport diakibatkan terjadinya kerusakan pipa pengalir konsentrat dan bahan bakar selama pemogokan. menuai kritik. Permasalahan mogok kerja itu sudah berminggu-minggu yang lalu. Saat ini. 15 Desember 2011 PT Freeport sudah memberi keputusan mengenai tuntutan kenaikan gaji karyawannya. Sudah lama. namun baru tanggal 14 Desember 2011 mendapat titik cerah dan puncaknya pada hari ini. Klemen Tinal. Pengiriman konsentrat diharapkan masih akan terbatas sampai kegiatan operasi penuh dipulihkan yang diharapkan pada awal tahun 2012. Salah satunya lantaran tidak adanya transparansi kepada masyarakat Indonesia ihwal sumber daya alam dan mineral yang dikeruknya dari pulau kaya di ujung timur Indonesia itu." kata Klemen Tinal. "Kami berharap semua pekerja dapat membuktikan prestasi dan menunjukkan kinerja yang bagus sehingga bisa membiayai kebutuhan hidup rumah tangga masing-masing. Pemogokan masal buruh Freeport boleh jadi merupakan sebuah puncak dari sebuah gunung es. manajemen Freeport dengan gembira telah mencapai ketentuan yang dapat diterima bersama dengan Serikat Pekerja dan menghargai dukungan serta bantuan dari berbagai instansi pemerintah dalam mencapai resolusi untuk kepentingan semua pihak. Dia berharap semua karyawan bisa bersikap tenang dan kembali ke tempat kerja. mengingat kegiatan di pabrik pengolahan telah berhenti beroperasi sejak 22 Oktober 2011.CO. 15 Desember 2011 ANALISIS : Kisruh PT Freeport Indonesia telah menyedot perhatian banyak pihak. kehadiran Freeport menyedot perhatian masyarakat. kini melebar ke masalah-masalah strategis lainnya. Mereka harus bernegosiasi dengan mitra kerjanya karena tidak mampu memenuhi kewajibannya lantaran hanya mengoperasikan kapasitas produksi sebesar lima persen saja. yang menyelimuti banyak persoalan sosial dan ekonomi di Tanah Papua. TEMPO.

hasil produksi yang diperoleh Freeport. Pemerintah harus lebih tegas dan memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya untuk kemakmuran rakyat. Dalam permasalahan tersebut juga ada enam isu strategis utama. maka pihak terbesar yang dapat mem-back up adalah pemerintah. Ditambah penghasilan pajak. Dari kaus ini membuktikan bahwa peran pemerintah sangat besar. .Keenam isu strategis tersebut mencakup luas wilayah kerja. Indonesia hanya menerima royalti dan kepemilikan saham yang kurang dari 10 persen. penerimaan negara atau royalti. kewajiban divestasi dan kewajiban penggunaan barang/jasa pertambangan dalam negeri. Apabila suatu perusahaan tidak mampu memenuhi kewajiban operasionalnya. kewajiban pengolahan dan pemurnian. perpanjangan kontrak. Nilai itu tidak seberapa dibandingkan dengan “harta karun” yang dikeruk Freeport ke AS dan dipasarkan ke penjuru dunia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful