P. 1
Cara Membuat Laporan Kegiatan

Cara Membuat Laporan Kegiatan

|Views: 198|Likes:
cara membuat laporan
cara membuat laporan

More info:

Published by: Anindita Winda Lestari on Apr 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2015

pdf

text

original

CARA MEMBUAT LAPORAN KEGIATAN

Pengertian Laporan Kegiatan Laporan kegiatan adalah suatu ikhtisar tentang hal ikhwal pelaksana suatu kegiatan, yang harus disampaikan oleh pembina kepada pihak yang memberi tugas sebagai pertanggungjawaban.

Pentingnya Laporan Kegiatan Laporan kegiatan merupakan alat yang penting untuk : a. b. c. d. Dasar penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan. Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya. Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan. Data sejarah perkembangan satuan yang bersangkutan dan lain-lain.

Macam Laporan Kegiatan a. Ditinjau dari cara penyampaian, terdapat : 1) Laporan lisan, disampaikan secara lesan, biasanya dilakukan hal-hal yang perlu segera disampaikan laporan lisan dapat dengan tatap muka, lewat telepon , wawancara dan sebagainya. Laporan tertulis, disampaikan secara lengkap dalam bentuk tulisan.

2) b.

Ditinjau dari bahasa yang digunakan, terdapat : 1) 2) Laporan yang ditulis secara populer, yang menggunakan kata-kata sederhana, kadang-kadang diselingi dengan kalimat humor / lucu. Laporan yang ditulis secara ilmiah, sebagai hasil peneliti. Biasanya isinya singkat tetapi padat dan sistimatis serta logis.

c.

Ditinjau dari isinya, dapat dibedakan : 1) Laporan kegiatan, misalnya pelaksanaan perkemahan, pelaksanaan ujian

bagaimana ( how ). misalnya laporan wisata. Urutan isi laporan sebaiknya diatur. Laporan keuangan. Dasar hukum kegiatan. Tempat dan waktu kegiatan. kapan ( when ). Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya. menyangkut masalah penerimaan dan penggunaan uang. Petugas kegiatan. f. SKK. Latar belakang kegiatan. b. Sistimatika Laporan Hendaknya laporan lengkap. Persiapan dan rencana kegiatan. Peserta kegiatan. . Urutan isi laporan antara lain sebagai berikut : 1. penjelejahan dan sebagainya. dapat menjawab semua pertanyaan mengenai : apa ( what ). dimana ( where ). 2) 3) Laporan perjalanan. 2. d.SKU. siapa ( Who ). pengembaraan. c. Pendahuluan Pada pendahuluan disebutkan tentang : a. urutan fakta / datanya). d. e. Isi Laporan Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain : a. b. mengapa ( why ). Ruang lingkup isi laporan. Apa maksud dan tujuan kegiatan. Jenis kegiatan. sehingga penerima laporan dapat mudah memahami. Pramuka Garuda. urutan waktu pelaksanaan. c.

( Mabi.g. f. e. Runtut atau sistimatis. a. dan permintaan maaf bila ada kekurangankekurangan. d. g. Singkat dan padat. Dalam laporan dapat dilampirkan : photo-photo kegiatan. Memberikan Laporan kegiatan dengan tembusan kepada satuan/ lembaga yang terkait. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat. Isinya lengkap. tanda bukti. data dan persoalannya. 3. b. Kesulitan dan hambatan. Lain – lain. Mudah dipahami isinya. Sponsor dll ) . i. Menarik penyajiannya. Kwartir. Penutup Pada kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu. Hal-hal yang perlu diperhatikan Laporan diusahakan agar : a. Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang. Untuk mempermudah penyusunan laporan sebaiknya tetap mengacu pada proposal yang pernah diajukan. Berpegangan pada fakta. h. c. Tepat pada waktunya. c. surat-surat keterangan dan sebagainya ( copy ) b. Hasil kegiatan.

Hasil yang diharapkan II. PELAKSAAN (harus memuat tabel seperti terlampir) III. Rencana Kerja bulan selanjutnya (harus memuat tabel seperti terlampir) .I. PENDAHULUAN A. Kesimpulan B. PEMBAHASAN A. Tujuan D. Saran C. Kendala yang Dihadapi dan solusinya IV. PENUTUP A. Strategi pelaksanaan F. Perumusan Masalah C. Hasil / Pencapaian B. Latar Belakang B.

21 April 2011 contoh laporan diskusi Pengaruh Adanya Kegiatan PIB (Program Intensif Belajar) Acara :Diskusi Bersama Hari :Kamis Tanggal :31 Maret 2011 Pukul :Ruang Kelas X-1 (SMAN 1 TAMAN) Moderator :Andi Dwi Permadi Putra Narasumber :Anisa Dwi Wijayanti sebagai Pelajar Arda Bayu Apriliawan sebagai Pelajar Apriadi Khariri sebagai Pengamat Kegiatan PIB .ringkasan materi diskusi.tema diskusi .Susunan lap.pertanyaan + jawaban + masukan/sanggahan dlm diskusi Kamis.nama moderator / team pemateri .judul laporan diskusi . . diskusi: .

Menurut Anisa yang mendukung kegiatan PIB. Menurut Bapak Apriadi sebagai pengamat kegiatan PIB menyatakan pendapat Anisa dan Arda tidak salah. Apakah PIB itu sudah efektif ? Jawaban ! 1.Menurutnya keutamaan kegiatan PIB diadakan untuk membantu para siswa kelak dalam menghadapi SNMPTN. 2.itu sama juga memperbanyak siswa yang terlambat ke sekolah.banyak siswa SMANITA yang pro dan kontra dengan kegiatan PIB ini. .Sihingga menurutnya tindakan yang bisa diambil sebagai jalan tengah antara perbedaan pendapat itu adalah dengan memendekan waktu PIB dan guru harus memiliki strategi mengajar agar siswa tidak bosan saat PIB berlangsung. Sedangkan Menurut Arda yang kontra dengan kegiatan ini menyatakan bahwa PIB kurang efesien jikan dilaksanakan jika pulang sekolah dan waktu PIB sangat lama.ia mengatakan bahwa kegiatan PIB sangat banyak manfaatnya.dan mengobrol sendiri saat jam PIB berlangsung. Saat PIB berlangsung di usahakan oleh bapak/ibu guru untuk menciptakan suasana yang nyaman enjoy agar semua siswa bisa mengikuti PIB dengan enjoy.Hal ini menyebabkan para siswa yang mengantuk. Pertanyaan ! 1. Jika PIB dilaksanakan pada pagi hari menurut saya itu tidak efektif karena bagi siswa yang rumahnya terletak jauh sangat memberatkan apalagi sekarang juga banyak juga siswa yang terlambat.tidur.sehingga kegiatan PIB ini sia-sia.Kegiatan PIB yang diadakan oleh SMAN 1 TAMAN yang dilaksanakan sepilang sekolah setiap hari senin dan rabu.Jika PIB dilaksanakan di pagi hari. Apakah yang harus dilakukan agar semua siswa setuju dengan PIB ? 3. Jadi PIB akan lebih bermanfaat jikan mendapat penanganan yang baik dan bijaksana sehingga dapat diterima disemua pihak baik murid maupun guru. Bagaimana jikalau PIB dilaksanakan di pagi hari ? 2.

contoh Laporan diskusi Notulen Perkembangan Internet Tempat Tanggal Waktu Pemimpin rapat Acara Rapat 1) 2) 3) 4) 5) 6) : : : : : Kelas XI IPA Kamis. Belum. 24 Februari 2011 pukul 07. Pembacaan Pendahuluan Karya Tulis .3.25 WIB Rizki Aprilia Pendahuluan karya tulis Isi Solusi penggunaan internet Saran penggunaan internet Tanya jawab dan tanggapan Penutup Peserta Rapat : = = = : : 1 orang 36 orang 3 orang 40 Orang 1) Guru bahasa Indonesia 2) Siswa/siswi XI IPA 4 3) Pengurus karya tulis Jumlah Agenda Rapat I.00 WIB dengan mengucapkan salam serta perkenalan diri semua anggota kelompok II.Dan jam PIB masih dirasakan siswa masih terlalu lama.karena pada saat ini masih banyak siswa yang mengantuk saat jam PIB berlangsung.00 – 07. Pembukaan Rapat dibuka pukul 07.

teknologi jaringan komputer semakin berkembang pesat dan maju. dibahas oleh Nurmalita Winda IV. memperkuat iman. yaitu 1) Liza Noah (peserta) menanyakan tentang efek negative Internet di Indonesia Efek negatifnya yaitu bias terjadi perjuadian lewat internet. Tanya Jawab dan Tanggapan : Diisi oleh beberapa Penanya. Kemudian selanjutnya mengenai munculnya internet oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA). saat Departemen Pertahanan (DOD) Amerika Serikat mendanai sebuah proyek penelitian jaringan komputer. LKS bahasa Indonesia dan sebagian besarnya dari internet pada karyatulis. narasumber dan internet juga sumber sumber lainya III. penipuan. dampak positif dan negative pemakaian internet yaitu Internet sebagai media komunikasi. Luthfan (peserta) menanggapi tentang penjelasan yang terlalu singkat saat pembahasan isi karya Tulis Karena memakai power point jadi intinya saja yang dimuat dalam slide dan sisanya dibahas dengan lisan . dan perkembangan internet tahun 1960-an dan 1970an. Hal ini ditandai dengan adanya LAN (Local Area Network) yaitu jaringan komputer pada area lokal serta jaringan komputer yang lebih besar disebut WAN (Wide Area Network) dibahas oleh Desi Kurnia Hapsari. menambah kgeiatan/aktifitas diluar rumah atau outdoor dibawakan oleh Nurmalita Winda V. Pembahasan mengenai Solusi penggunaan Internet Pembahasan solusi penggunaan internet pada zaman sekarang ini yang meliputi kecanduan dan cara menanggulangi kecanduan tersebut dengan cara pembatasan diri. Pembahasan Isi karya Tulis Pembahasan karya tulis yang berupa pengertian Internet yaitu jaringan yang menghubungkan semua orang melalui PC di seluruh dunia dengan sebuah layanan dan koneksi. asal mula internet yaitu dimulai pada tahun 1969. Rizki Aprilia selaku pemimpin rapat memaparkan pendahuluan karya tulis yang telah dibuat.com 3) Rahmat Subarkah (peserta) menanyakan efek negative dan positif website jejaring social Membuat kita lupa waktu dan seringkali adanya penipuan pada anak dibawah umur tentang hadiah maupun undian 4) M. dan kriminalitas di dunia maya 2) Avi Sovia (peserta) menanyakan tentang daftar pustaka dari karya Tulis Buku erlangga.Setelah rapat dibuka.. awal mula internet merupakan Penelitian ini bertujuan untuk membangun jaringan komputer berskala nasional (Amerika) yang memungkinkan agen-agen pemerintah dan militer saling berkomunikasi dan berbagi informasi walaupun masing-masing agen menggunakan tipe jaringan yang berbeda. Pembukaan karya tulis tersebut memuat tujuan dibuatnya karya tulis yaitu untuk menegetahui cara perkembangan internet khususnya di negeri kita ini negeri indonesia dan metode penulisan karya tulis tersebut yang merupakan metode pustaka yaitu mengambil bahan karya tulis dari berbagai sumber seperti buku.

penukaran data. pengikat komunitas forum dan menyalurkan hobi dan membaginya ke orang lain di seluruh dunia khususnya pada teman temanya 7) Azizah Nadila (peserta) menangggapi tentang spesifikasi penjelasan Info yang diberikan VI. mencari atau memberi informasi. Penutup Presentasi Karya Tulis ditutup dengan ucapan terima kasih dan salam pada pukul 07. .5) Hamdiah Nurani (peserta) menanyakan tentang efisiensi biaya penggunaan internet Efisiensi penggunaan biaya internet sekarnag ini sudah sanagt terjangkau dibanding harus berlangganan koran ataupun majalah dikarenakan internet tidak menggunakan media apapun. Kesimpulan Sebaiknya kita membatasi penggunaan internet agar menghhindari kecanduan. Hanya memakai pulsa 6) Ayu Cintya (peserta) menanyakan tentang efek positif dan negative internet pada remaja Sebagai media penukaran informasi. 28 Februari 2011 Diketahui Oleh.25 WIB oleh smeua anggota kelompok Jakarta. Dan sebaiknya kita bisa memproteksi diri agar tidak terkena pengaruh negatif dari penggunaan internet dan sebaiknya berhati hati jika ada kenalan baru lewat dunia maya VII. Pemimpin Presentasi Karya Tulis Notulis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->