P. 1
Rumus-rumus Termodinamika.docx

Rumus-rumus Termodinamika.docx

|Views: 300|Likes:
Published by Elsya Dhana Alfira
Rumus Hukum Termodinamika untuk Fisika
Rumus Hukum Termodinamika untuk Fisika

More info:

Published by: Elsya Dhana Alfira on Apr 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/08/2015

pdf

text

original

Rumus-Rumus Fisika Lengkap/Termodinamika

Subbagian ini akan menjelaskan rumus-rumus Hukum Pertama Termodinamika

Hukum Pertama Termodinamika

Perubahan energi dalam: Keterangan:
  

:Perubahan energi dalam Nm (Joule) U2:Energi dalam pada keadaan akhir Nm (Joule) U1:Energi dalam pada keadaan awal (Joule)

Usaha yang dilakukan oleh gas pada tekanan tetap:

Keterangan:
 

p: Besarnya tekanan

N/m2

: Perubahan volume m3

Rumus umum usaha yang dilakukan gas: Penghitungan energi dalam:

Gas monoatomik:

Gas diatomik:

Proses-proses termodinamika gas
Proses isobarik (tekanan tetap)

1.

Proses isokhorik adalah perubahan keadaan gas pada volume tetap. Proses isotermik adalah perubahan keadaan gas pada suhu tetap. Persamaan keadaan isotermik: .Diagram proses isobarik. Persamaan keadaan isobarik: Usaha yang dilakukan pada keadaan isobarik: 2. Grafiknya berupa garis lurus vertikal karena volumenya tidak berubah. Tidak ada usaha yang dilakukan pada proses isokhorik. Daerah berwarna biru menunjukkan besarnya usaha yang dilakukan gas. Proses isokhorik (volume tetap) Digram proses isokhorik. Persamaan keadaan isokhorik: 3. Daerah berwarna kuning sama dengan usaha yang dilakukan. Proses isobarik adalah perubahan keadaan gas pada tekanan tetap. Proses isotermis/isotermik (temperature tetap) Proses isotermik.

Proses adiabatik (proses tanpa perpindahan panas) Penyataan Proses adiabatik. maka: Ingat integral ini! maka persamaan di atas menjadi maka menjadi: 4. Warna biru muda menunjukkan besarnya usaha yang dilakukan. . Proses adiabatik adalah perubahan keadaan gas dimana tidak ada kalor yang masuk maupun keluar dari sistem.Usaha yang dilakukan pada keadaan isotermik:  Dari persamaan gas ideal  Rumus umum usaha yang dilakukan gas: maka: karena bernilai tetap.

Persamaan keadaan adiabatik: disebut eksponen adiabatis Tetapan Laplace: karena maka persamaan diatas dapat juga ditulis: Usaha yang dilakukan pada proses adiabatik: .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->