PENGARUH pH TERHADAP KELARUTAN

Jika kalian melarutkan garam CaF2 dan garam AgCl ke dalam air, maka apa yang akan terjadi??ya, garam akan melarut dan membentuk ion-ionnya. CaF2 (s) ⇄ Ca2+ (aq) + 2F- (aq) AgCl(s) ⇄Ag+(aq) + Cl-(aq) Apakah hanya reaksi kesetimbangan diatas yang terjadi bila kalian melarutkan kedua garam tersebut dalam air?analisislah, dengan membuka link ini ( http://www.smapgii1.sch.id/images/K1/jenis_jenis_garam.htm ) Anion F- yang terbentuk dari garam CaF2 merupakan basa konjugasi dari asam lemah HF, sehingga akan terhidrolisis dalam air melepas ion OH-. Kesetimbangan yang terjadi: F-(aq) + H2O (l) ⇄ HF (aq) + OH- (aq) Karena terdapat OH- dalam larutan, apakah perubahan pH akan berpengaruh pada kelarutan CaF2?? Lalu bagaimanakah pada anion Cl-?anion ini merupakan basa konjugasi dari asam kuat HCl maka di dalam air tidak akan terhidrolisis. Lalu apakah kelarutan AgCl akan berpengaruh jika terjadi perubahan pH?? Bagaimana pengaruh pH terhadap kelarutan suatu zat….?? Pengaruh pH terhadap kelarutan basa yang sukar larut Jika pH ↑, artinya konsentrasi OH- ↑ Maka kesetimbangan bergeser kekiri, kelarutan ↓ Mg(OH)2 (s)⇄Mg2+(aq) + 2OH-(aq) Jika pH ↓, artinya konsentrasi OH- ↓ Maka kesetimbangan bergeser kekiri, kelarutan ↑ Pengaruh pH terhadap garam yang sukar larut Perubahan ph hanya akan berpengaruh apabila garam sukar larut berasal dari asam lemah atau garam yang terhidrolisis sebagian dari asam lemah dan basa kuat. Barium karbonat (BaCO3) merupakan salah satu endapan yang sukar larut dalam air, maka keseimbangan berikut ini akan terjadi dalam larutan: Anion CO32- adalah anion dari asam lemah yang dapat terhidrolisis Jika pH ↑, artinya [OH-] ↑, kesetimbangan akan bergeser ke arah kiri dan [CO32-] ↑

CO32-(aq)+ H2O(l) ⇄HCO32-(aq) + OH-(aq) Jika pH ↓, artinya [OH-] ↓, kesetimbangan akan bergeser ke arah kiri dan [CO32-] ↓ Kemudian dalam persamaan berikut:

Senyawa ini sedikit larut dalam suasana asam karena mengalami reaksi sebagai berikut : Ca(PO4)3OH + 4 H +  5 Ca2+ + 3 HPO42.terutama setelah makan.Jika pH ↑. Kerusakan gigi dapat dicegah dengan menyikat gigi secara teratur. Pada saat itu terjadi demineralisasi gigi dimana gigi kehilangan komponen mineral gigi. proses kontak terus-menerus antara gigi dengan minuman bersoda akan mengikis email secara perlahan-lahan. Ca(PO4)3F + OH- . Dengan minum soft drink dengan pH rendah dan asam yang tinggi maka mengakibatkan pH mulut turun menjadi dibawah 5. Email terdiri dari senyawa hidroksiapatit.sehingga menyebabkan gigi menjadi rusak.5. maka [CO32-] ↓ sehingga kesetimbangan bergeser kekanan. kelarutan ↓ BaCO3(s) ⇄ Ba2+(aq) + CO32-(aq) Jika pH ↓.+ H2O Suasana asam dapat terjadi karena pengaruh bakteri dalam mulut ketika menguraikan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi. Salah satu cara lain adalah menambahkan senyawa fluoride kedalam pasta gigi. maka [CO32-] ↑ sehingga kesetimbangan bergeser kekiri. Menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung floride (F-) dapat mengubah senyawa hidroksiapatit menjadifluoroapatit. kelarutan ↑ Pengaruh pH terhadap kelarutan ditunjukkan pada pelarutan email gigi oleh asam. Komponen penyusun email gigi terdiri dari 2 jenis yaitu hidroksi apatit dan fluoro apatit. Ca5(PO4)3OH + F. Hal ini akan menyebabkan terjadinya demineralisasi email dan email akan rusak . Ca(PO4)3OH.

Berikut kilasan dari beberapa hasil penelitian dimaksud: .Akan tetapi beberapa penelitian terkait penggunaan bahan fluoride memang menghadirkan kesimpulan yang cukup mencengangkan.