RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) : ………………………………………… : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) : VIII (delapan) / 2 (dua

)

SMP/MTs Mata Pelajaran Kelas/Semester

Standar Kompetensi : 2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi Kompetensi Dasar Indikator : 2.4 Membuat dokumen pengolah angka sederhana : 1. Akademik : Membuat lembar kerja baru menggunakan Ms. Excel 2007 2. Budaya dan Karakter Bangsa : rasa disiplin, tanggung jawab dan mandiri. Alokasi Waktu : 15 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN 1. Akademik :      Melalui demonstrasi, peserta didik mampu membuat lembar kerja baru menggunakan Ms. Excel 2007. Melalui demonstrasi, peserta didik mampu menginputkan data sesuai dengan tipe data pada excel. Melalui demonstrasi, peserta didik mampu memilih area kerja. Melalui demonstrasi, peserta didik mampu mengatur lebar kolom pada lembar kerja excel. Melalui demonstrasi, peserta didik mampu mengatur tinggi baris pada lembar kerja excel.

2. Budaya dan Karakter Bangsa : melalui proses pembelajaran, peserta didik dapat menerapkan rasa disiplin, tanggung jawab, dan mandiri.

Data numeric akan ditampilkan rata kanan oleh excel. yaitu sebagai berikut : 1) Menggunakan mouse  Klik dan tahan mouse di awal range  Geser mouse sampai ke akhir range  Lepaskan tombol mouse . klik Create  Pilih Save. Tipe data alpha numeric atau teks Adalah tipe data berupa teks seperti huruf. b. Tipe data ini akan dibuat rata kiri. Tipe data ini merupakan tipe data terpenting dalam excel karena akan selalu digunkana dalam pengolahan data. 3. pembagian. Tipe data formula Adalah tipe data yang terdiri dari rumus-rumus. pilih New  Pilih Blank Workbook. symbol dan angka yang tidak akan diproses secara matematika. Membuat lembar kerja baru  Klik office button . c.B. Tipe data numerik atau angka Adalah data yang terdiri dari angka (0-9) yang akan diproses secara matematika. b.. Memilih area kerja a. Mengenal tipe data pada excel a. pilih juga direktori penyimpanan  Klik Save 2. seperti perkalian. Jika data yang kita masukkan adalah angka tetapi kita ingin menganggapnya sebagai teks. penjumlahan serta fungsi matematika lainnya. maka kita harus mengetikkan label prefix (‘) sebelum data tersebut. Memilih sel Memilih sel cukup dengan mengklik pada sel yang dituju. MATERI PEMBELAJARAN 1. Memilih range Untuk memilih atau mengaktifkan suatu range dapat dilakukan dengan 2 cara. kemudian beri nama file baru.

2) Menggunakan keyboard  Letakkan penunjuk sel di awal range  Tekan tombol SHIFT dan sorot range dengan menggunakan tanda panah 4. Cari menu Cells. Mengubah lebar kolom dengan lebar tertentu  Letakkan cell pointer pada kolom yang akan diubah.  Pada Tab Home. pilih menu Format. maka sorotlah seluruh kolom yang akan diubah. pilih Column Width . Jika kolom yang diubah lebih dari satu kolom. Mengatur lebar kolom a.

Jika kolom yang diubah lebih dari satu baris. Mengatur tinggi baris a. kemudian klik OK untuk menutup kotak dialog b. pilih Row Height  Akan muncul kotak dialog Row Height.  Klik dan geser cell pointer tersebut ke kiri atau ke kanan sesuai dengan lebar kolom yang kita inginkan. Mengatur tinggi baris dengan tinggi tertentu  Letakkan cell pointer pada baris yang akan diubah tingginya. maka sorotlah seluruh baris yang akan diubah. pilih menu Format. ketikkan tinggi baris yang diinginkan. kemudian klik OK untuk menutup kotak dialog b. sehingga cell pointer berubah menjadi panah dua arah.  Klik dan geser cell pointer tersebut ke atas atau ke bawah sesuai dengan tinggi baris yang kita inginkan. Cari menu Cells. 5. Akan muncul kotak dialog Column Width. sehingga cell pointer berubah menjadi panah dua arah. Mengatur tinggi baris menggunakan mouse  Arahkan cell pointer pada bagian bawah dari nomor baris yang akan diubah tingginya. . ketikkan lebar kolom yang diinginkan.  Pada Tab Home. Mengubah lebar kolom dengan menggunakan mouse  Arahkan cell pointer pada batas kanan kolom yang akan diubah.

Indikator dan Tujuan pembelajaran Kegiatan Inti Eksplorasi      Guru mendemonstrasikan cara membuat dokumen baru pada excel.C. Guru menjelaskan mengenai tipe data pada excel. kemudian meminta seorang siswa untuk membuat persis 9 menit 3 menit dengan yang dibuat guru di depan kelas. Guru menjelaskan cara mengatur tinggi baris. Konfirmasi  Guru mengkonfirmasi atau meluruskan hal- . Guru menjelaskan cara mengatur lebar kolom. KEGIATAN PEMBELAJARAN Tahapan Kegiatan Belajar Mengajar Alokasi Waktu Kegiatan Awal    Mengucapkan salam pembuka Absensi siswa Menyampaikan SK. kemudian mendemostrasikannya. kemudian mendemostrasikannya. Metode Pembelajaran Model pembelajaran Metode pembelajaran : Langsung : Demonstrasi D. Elaborasi  Guru menunjukkan sebuah lembar kerja dengan menggunakan tipe data. Guru menjelaskan cara memilih area kerja. KD. lebar kolom dan tinggi baris tertentu. kemudian mendemostrasikannya. kemudian mendemostrasikannya.

NIP. Meminta beberapa siswa untuk 3 menit untuk menyimpulkan materi hari ini Guru menyampaikan materi pertemuan selanjutnya Salam penutup E. NIP. ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN  Alat  Media F. Kepala SMP ……………. Penilaian Psikomotor Penilaian psikomotor dilakukan secara kelompok yang meliputi penilaian kinerja pada saat praktek berlangsung : Laptop dan LCD Proyektor : Ms. Juni 2012 Guru Mata Pelajaran. Excel 2007 Mengetahui. PENILAIAN a. . dan kehadiran siswa b. Singaraja. Penilaian Afektif Mengacu pada sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. ……………………………. mengemukakan pendapat. ………………………………. SUMBER BELAJAR  LKS Teknologi Informasi dan Informatika kelas VIII semester genap  Internet G. mengerjakan tugas.hal yang masih dianggap kurang dipahami oleh siswa Kegiatan Penutup     Guru menanyakan kepada siswa terkait kejelasan materi yang telah diajarkan.

kolom C = 20. 3 Isi kolom C dengan data teks : Nama. simpan di direktori D. kolom D = 15 Atur tinggi baris = 25  Mengatur tinggi baris Praktek Tampilan : . dalam folder Excel. Made. Excel 2007 Praktek   Memilih area kerja Memasukkan data sesuai Praktek dengan tipe data pada excel  Mengatur lebar kolom Praktek Atur lebar kolom B = 13.Lampiran Uji Praktek Indikator pencapaian kompetensi  Teknik Instrumen Buatlah sebuah lembar kerja baru dengan nama Latihan. 90. Putu. 1.5. Komang Isi kolom D dengan data : Nilai. 80. Bekerjalah pada range B2-D5 Isi kolom B dengan data teks : Nomor. 95 Membuat lembar kerja baru Praktek menggunakan Ms. 2.

Rubrik Penilaian Ranah Afektif No 1 2 3 Penilaian Sikap dalam menyimak dan mengemukakan pendapat Sikap dalam mengerjakan tugas/latihan yang diberikan Kehadiran Skala 1 2 3 4 Keterangan : 1) Sikap Sangat aktif = 4 Aktif =3 Kurang aktif = 2 Pasif =1 2) Kehadiran Tepat waktu Sakit/terlambat 5 menit Izin/terlambat 10 menit Alpha/terlambat ≥ 15 menit =4 =3 =2 =1 3) Rumusan Rerata Afektif Af = Sikap aktif dan menyimak + Kehadiran 3 Af : rerata afektif Hasil rerata dikonversikan sebagai berikut : Kriteria Af = 4 3 ≤ Af < 4 2 ≤ Af < 3 1 ≤ Af < 2 0 ≤ Af < 1 Nilai A B C D E .

Rubrik Penilaian Ranah Psikomotor No 1 2 3 4 5 Aspek Penilaian Membuat lembar kerja baru Memilih area kerja Memasukkan data sesuai tipe data Mengatur lebar kolom Mengatur tinggi baris Jumlah skor yang diperoleh Nama siswa A B C … Pengisian skor : Skor 4 3 2 1 Keterangan Sangat baik Baik Kurang Sangat kurang Nilai yang diperoleh : N = Jumlah skor yang diperoleh 20 x 100 Keterangan : Skor 90-100 80-89 70-79 60-69 N<60 Keterangan Sangat baik Baik Sedang Kurang Sangat kurang .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful