Macam-Macam Gunung di Indonesia

1. Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa UtamaHindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, danKabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

2. Gunung Ceremai (seringkali secara salah kaprah dinamakan "Ciremai") secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon,Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Posisi geografis puncaknya terletak pada 6° 53' 30" LS dan 108° 24' 00" BT, dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet. Nama gunung ini berasal dari kata cereme (Phyllanthus acidus, sejenis tumbuhan perdu berbuah kecil dengan rada masam), namun seringkali disebut Ciremai, suatu gejala hiperkorek akibat banyaknya nama tempat di wilayah Pasundan yang menggunakan awalan 'ci-' untuk penamaan tempat.

[3] Koordinat puncak gunung Sinabung adalah 3 derajat 10 menit LU." 4. Gunung ini mempunyai beberapa puncak. Kabupaten Karo. namun sejak 2003 menjadi wilayah perluasan Taman Nasional Gunung Halimun. Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara. Banyak yang mengira nama Gunung Salak berasal dari nama tanaman Salak. Secara administratif. Sinabung bersama Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatera Utara. Letak astronomis puncak gunung ini ialah pada 6°43' LS dan 106°44' BT. akan tetapi sesunguhnya nama gunung ini berasal dari bahasa sansekerta"Salaka" yang berarti perak. .156meter dan memiliki kawasan hutan Dipterokarp Bukit. Ada satu puncak lagi bernama Puncak Sumbul dengan ketinggian 1. "Welirang" dalam bahasa Jawa berarti belerang.Indonesia. Indonesia. hutan Montane. Gunung Welirang mempunyai ketinggian setinggi 3.460 meter. hutan Dipterokarp Atas. di antaranya Puncak Salak I dan Salak II. dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. 5. Jawa Barat. Indonesia.3. Gunung Salak merupakan sebuah gunung berapi yang terdapat di pulau Jawa. Pengelolaan kawasan hutannya semula berada di bawah Perum Perhutani KPH Bogor.211 m dan Salak II 2. Maka Gunung Salak bermakna "Gunung Perak. kini bernama Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Gunung Sinabung adalah sebuah gunung di Dataran Tinggi Karo. Tinggi puncak Salak I 2.926 m dpl. Gunung Salak termasuk dalam wilayah Kabupaten Sukabumidan Kabupaten Bogor. 98 derajat 23 menit BT. nama kuna) terletak di perbatasan Malang dan Mojokerto yang merupakan sebuah gunung yang terdapat di Pasuruan Jawa Timur. Gunung ini belum pernah tercatat meletus sejak tahun 1600. Sumatera Utara. Gunung Welirang (atau Walirang.180 m dpl. Ketinggian gunung ini adalah 2.

Gunung ini sangat indah menjulang tegak menggapai langit nan biru apabila dilihat pada pagi hari. Gunung Talamau adalah gunung yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat. Gunung Dempo (3159 mdpl) terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatandan provinsi Bengkulu. Atau apabila anda dari Jakarta. Dari terminal Pagar Alam. memang sesuai dengan namanya. sebelumnya dapat menumpang bus jurusan Bengkulu atau Padang.920 meter ini. Gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat ini memiliki ketinggian 2. kurang lebih 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Dibawah puncak gunung pada ketinggian sekitar 2. Di pabrik ini ada baiknya anda berkenalan dengan seseorang yang biasa dipanggil pak Anton. Provinsi Sumatera Barat. 7. terlebih dahulu anda harus mencapai kota Pagar Alam.750 m. terdapat 13 telaga. . kota ini jelas dikelilingi olehpegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi dari barisan tersebut adalah Gunung Dempo. Kota Pagar Alam. dan turun di Lahat. Dari ibukota Sumatera Selatan ini tersedia banyak bus ke arah Pagar Alam. termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif. berdampingan dengan Gunung Pasaman.6. terlebih dulu mencarter mobil/taksi untuk jurusan Pabrik Teh PTPN III yang jaraknya mencapai 15 km dari terminal. Untuk mencapai desa terdekat. beliau termasuk yang dituakan oleh para pencinta alam seantero Sumsel-Lampung. Nama-nama telaga diambil berdasarkan beberapa cerita legenda yang diyakini oleh penduduk disekitar Gunung Talamau.

8 x 10 km dan merupakan salah satu yang terbesar dan . Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. dekat pantai barat.805 mdpl. Padang. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Egon kembali aktif pada 2006 setelah vakum selama 75 tahun. atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra. Berapi Kurinci. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitatharimau sumatra dan badak sumatra. Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani. Bali. Di sebelah timur terdapat danau Bento. gunung ini memiliki kaldera berukuran 13. di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah kota Jambi. dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Indonesia. Korinci. 10. dan Bengkulu.703 meter dari permukaan laut. Gunung Kerinci terletak di Pegunungan Bukit Barisan.8. Terletak di barat laut Gunung Agung.Kabupaten Bangli. Gunung Egon adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Sikka. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktifdan terakhir kali meletus pada tahun 2009.Pulau Flores. Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3. dan dikenal sebagai Gunung Gadang. 9. provinsi Nusa Tenggara Timur. Egon tercatat meletus dahsyat pada 1925. gunung berapi tertinggi di Indonesia. Indonesia. Gunung ini memiliki tinggi 1. dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung Kerinci (juga dieja "Kerintji". Kerinchi. rawa berair jernih tertinggi di Sumatera.

Batur II dan Batur III. Sedangkan danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal. Dasar kaldera II terletak antara 120 . 1949). Abang). Kelimutu merupakan gabungan kata dari "keli" yang berarti gunung dan kata "mutu" yang berarti mendidih. dan putih.5 km. . Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7. Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m . Danau berwarna biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Provinsi NTT. 29.terindah di dunia (van Bemmelen. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda. Menurut kepercayaan penduduk setempat. Kecamatan Kelimutu. Walaupun begitu. warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.150 tahun yang lalu.300 dan 20. warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat. biru. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya.2152 m (puncak G. Gunung Batur terdiri dari tiga kerucut gunung api dengan masing-masing kawahnya. Batur I. lebar maksimum 2. Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores. Di dalam kaldera I terbentuk kaldera II yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 km. Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna .warna yang ada di dalam danau. Kabupaten Ende.Indonesia.300 m lebih rendah dari Undak Kintamani (dasar Kaldera I). 11.5 km. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo. Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar. yaitu merah. kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya sekitar 16 km2 yang yang dinamakanDanau Batur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful