P. 1
pengaruh pengeringan

pengaruh pengeringan

|Views: 44|Likes:

More info:

Published by: Ayya Yayah El-Makhsun on Apr 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2013

pdf

text

original

MIKROBIOLOGI PANGAN

PENGARUH PENGERINGAN TERHADAP MIKROORGANISME
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

yaitu :  Proses perpindahan panas. yaitu proses menguapkan air dari dalam bahan atau proses perubahan bentuk cair ke bentuk gas. Ikan dalam kontak dengan didinginkan beku. es menyublim dan  Peristiwa yang terjadi selama pengeringan meliputi dua proses.  Pengeringan beku. sehingga membuat produk tidak cocok untuk pertumbuhan mikroba. uap akan dihapus dari ikan dengan pompa vakum. Panas ditransfer ke ikan dari udara panas atau dipanaskan permukaan. yaitu proses perpindahan massa uap air dari permukaan bahan ke udara.  Proses perpindahan massa. Produk makanan dapat dikeringkan dalam tiga cara yang berbeda:  Pengeringan udara. dan gerakan udara menghilangkan uap.DEFINISI PENGERINGAN  Pengeringan adalah pengawetan ikan dengan menghilangkan kadar air ikan daging dengan penguapan. .

Pengeringan Buatan: a. Pengeringan Alami : a.DEFINISI PENGERINGAN  Pengeringan dibagi menjadi 2 yaitu alami dan buatan: 1. Oven . Sun Drying  menggunakan sinar matahari Air Drying  menggunakan udara kering berhembus 2. b.

Vibrio parahaemolyticus. berkembang biak sangat banyak dan dimakan orang dimana mikroorganisme tersebut menyebabkan sakit. coli. .  Mikroba hanya tumbuh pada kisaran Aw tertentu.  Food Infection: Adalah masuknya mikroorganisme dalam makanan. Vibrio cholerae.AKTIFITAS MIKROBA  Pertumbuhan dan metabolisme dari mikroorganisme tergantung pada air yang tersedia  Aw (activity water ) adalah jumlah air bebas bahan yang dipergunakan oleh mikroba untuk pertumbuhannya. E. Shigella. Jenis-jenis mikroorganisme yang paling sering Salmonella.

Curve Growth Sumber: Dilbaghi. 2007 .

  Nilai Aw suatu bahan atau produk pangan dinyyatakan dengan skala 0 sampai 1. Sumber: Jay. kebutuhan aktivitas air mikroorganisme menurun dalam urutan sebagai berikut: Bakteri > Ragi > Mold.. Di bawah 0. tidak ada pertumbuhan mikrobiologi adalah mungkin. biskuit dll lebih rak stabil dan aman dibandingkan dengan makanan basah atau semi-basah. et al.  Nilai 0  tidak terdapat air bebas  Nilai 1  bahan pangan terdapat air bebas. 2007 . kue.60. Jadi makanan kering seperti susu bubuk.Kadar Aw (activity water) pada berbagai macam mikroorganisme  Secara umum.

Kadar Aw (activity water) pada berbagai macam mikroorganisme Sumber: Dilbaghi. 2007 .

2012 .Sumber: Aqualab.

2012 .Sumber: Aqualab.

2013 .Kadar Air dengan Aw (activity water) Sumber: Chaplin.

Produk Perikanan : Pengawetan ikan dengan pengeringan bertujuan mengurangi kadar air perkembangan mikroorganisme akan terhambat atau terhenti. Penggaraman menarik air dari permukaan badan ikan menghambat/menghentikan kegiatan-kegiatan mikroorganisme menjemurnya. . sinar matahari akan melanjutkan pengeringan sampai ikan cukup kering. .

Powerpoint maksimal 6 slide. 2. Perhatikan tata cara penulisan yang benar dan Makalah dijilid mika dan file dikumpulkan dalam bentuk file . Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya sesuai dengan jadwal kuliah pada masing-masing kelas. 5. Halophilic 4. 3. Buat powerpoint tentang materi “Pengaruh Pengeringan Terhadap Mikroorganisme”. . Gram negatif dan positif b. 1 kelas dibagi menjadi 5 kelompok sesuai absen dan harus urut absen. Cari spesifikasi jumlah Aw pada tiap mikroorganisme berdasarkan (masukkan ke dalam Makalah): a. Spora c. Buat Makalah tentang materi “Pengaruh Pengeringan Terhadap Mikroorganisme”.TUGAS !!!!!! 1.

THANK YOU .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->