P. 1
Guru Adalah Pendidik Profesional Dengan Tugas Utama Mendidik

Guru Adalah Pendidik Profesional Dengan Tugas Utama Mendidik

|Views: 5|Likes:
Published by Victor Oktaviandi
asdasd
asdasd

More info:

Published by: Victor Oktaviandi on Apr 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2014

pdf

text

original

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi

peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, guru tidak hanya dituntut memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang kokoh sehingga dapat menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga, maupun masyarakat, dalam menciptakan pendidikan yang bermutu Sebagai seorang guru berprestasi dalam bidang kependidikan tentunya sangat membanggakan. Guru berprestasi, sebuah predikat yang layak disandang bagi guru dengan berbagai aktifitasnya. Guru berprestasi adalah (juga) guru yang selalu dekat dengan para siswanya. Mereka mencurahkan segala kemampuan dan keahliannya demi anak didiknya. Selain itu mereka masih memanfaatkan waktu luangnya untuk melakukan kegiatan-kegiatan terbaik lainnya. Untuk menjadi guru berprestasi, seorang guru harus memenuhi persyaratan, memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional dan menghasilkan karya kreatif atau inovatif dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan serta menghasilkan karya kreatif atau inovatif. Dalam mengukur prestasi seorang guru biasanya tiap tahun diadakan Lomba Guru Berprestasi dari tingkat kecamatan sampai tingkat. nasional. Berikut ini adalah contoh soalsoal lomba guru berprestasi atau biasa disingkat dengan gupres ditingkat kecamatan yang dimiliki oleh edukasi blog. Silahkan disimak dan semoga bermanfaat bagi teman-teman guru sekolah dasar dimana saja. Soal 1 Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas! 1. Jelaskan kompetensi yang harus dikuasai guru menurut PP 74 tahun 2008? 2. Apakah yang dimaksud kurikulum yang menurut saudara ketahui? 3. Apa tujuan pendidikan nasional seperti apa yang diamanatkan dalam UU No.20 tahun 2003? 4. Sebutkan 8 standar nasional pendidikan yang tertulis dalam PP 19 tahun 2005! 5. Meliputi apa sajakah penilaian berbasis kelas? 6. Sebutkan kelompok mata pelajaran berdasarkan permen 22 tahun 2007! 7. Buatlah silabus untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I semester I dengan tema diri sendiri dengan ketentuan sebagai berikut : Standar kompetensi : mendengarkan, memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilaksanakan. Kompetensi dasar : 1.1 menyebutkan tokoh dalam cerita, 1.2 melaksanakan sesuatu dengan perintah atau petunjuk sederhana 8. Sebutkan jenis administrasi proses pembelajaran yang biasa saudara kerjakan! 9. Apa yang dimaksud guru menurut PP 74 tahun 2008? 10. Apa yang dimaksud sertifikat pendidik menurut yang saudara ketahui? Soal 2 Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan tepat! 1. Kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar terdiri dari 5 kelompok mata pelajaran. Sebutkan 5 kelompok mata pelajaran tersebut!

Sebutkan 3 pilar utama itu! 15. Apa yang saudara ketahui tentang :    a. Berdasarkan undang-undang no 19 tahun 2005 ada 4 kompetensi seorang pendidik. Apakah yang digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan? 7. Visi b.2. Apa tujuan pendidikan nasional berdasarkarkan Sisdiknas RI No. Misi c. 22/2006? b. 20 tahun 2003? 4. Standar kelulusan tercantum pada permendiknas nomor dab tahun berapa? Soal 3 Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan tepat! 1. Pendidikan non formal c. Apa yang saudara ketahui :   a. Permendiknas No. 20 tahun 2003! 2. 23/2006? c. Apakah yang dimaksud dengan authenttic Assesment pada pembelajaran kontektual? 6. Sebutkan 5 contoh satuan pendidikan non formal menurut UU No. Model pembelajaran apakah yang menganut prisip dasar pembelajaran learning by doing? 5. Sebutkan jenis hukuman disiplin ringan menurut PP nomor 53 tahun 2005! 12. Permendiknas No. Sebutkan ciri-ciri guru yang profesional! 10. 4 macam kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sesuai PP 19/2005! b. Meliputi apa sajakah sarana pendidikan itu? 13. Peraturan pemerintah nomor dan tahun berapakah yang memuat tentang standar nasional pendidikan? Sebutkan 8 standar nasional pendidikan itu! 4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :    a. Jelaskan 4 kompetensi itu! 8. Dalam manajemen berbasis sekolah ada 3 pilar utama. Sebutkan tugas utama seorang guru! 9. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor dan tahun berapakah yang mengatur tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil? 11. 20 tahun 2003? 3. PP 19/2005 berisi tentang standar nasional pendidikan. Penjelasan singkat 4 macam kompetensi tersebut! 7. Pendidikan Formal b. Permendiknas No. Sebutkan 8 standar dalam lingkup standar nasional pendidikan! 6. 24/2006? . Berilah 2 contoh misi sebuah sekolah 5. Apa isi dari :    a. Sebutkan komponen-komponen silabus! 3. Apakah yang dimaksud dengan pendidikan menurut UU Sisdiknas RI No. Sebutkan sistimatika RPP secara lengkap! 14.

20/2003? 10. Siapa saja yang bisa disebut tenaga kependidikan menurut UU sisdiknas No. Sebutkan 8 kecerdasan menurut Howard Gardner! .8. Apa yang dimaksud dengan akreditasi? 9.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->